Last Updated on May 27, 2022 by appkey
Sering bingung bagaimana cara membuat artikel review yang baik sesuai update algoritma Google terbaru? Tidak perlu panik! Berikut ini ada contoh-contoh artikel review terbaru yang bisa Anda tiru.
Update algoritma Google terbaru mengubah cara membuat artikel review dari sebelumnya. Terdapat pakem-pakem baru yang wajib diikuti supaya artikel blog atau web Anda dinilai SEO friendly. Apa sajakah?
Yuk langsung kita simak ciri-ciri artikel yang SEO friendly plus contoh artikel review terbaru Google di bawah ini!
Daftar Isi
Update Algoritma Google Terbaru: Product Review Update
Algoritma Google selalu diperbaharui dari waktu ke waktu. Setiap perubahannya pun wajib dicermati, karena dapat memberi efek yang signifikan pada ranking website Anda.
Kali ini, Google merilis update algoritma terkait product review (artikel review produk). Pembaharuan tersebut telah aktif semenjak 1 Desember 2021 lalu sampai sekarang.
Mengutip langsung dari Blog Central resmi milik Google, update algoritma ini bertujuan untuk memudahkan pembaca mengakses artikel-artikel review berkualitas.
Tak hanya itu, konten review yang berbobot juga diharapkan membantu calon konsumen menentukan produk terbaik sesuai kebutuhan masing-masing.
Akibatnya, tulisan review produk Anda harus dibuat lengkap, spesifik, dan rinci agar bisa masuk peringkat atas halaman 1 Google.
Akan lebih bagus lagi hasilnya kalau ulasan dibuat langsung oleh orang-orang profesional di bidangnya, atau pernah menggunakan produk dan jasa yang diulas (review berdasarkan pengalaman nyata pribadi).
Update algoritma ini juga secara otomatis menurunkan ranking artikel ulasan yang singkat dan tanpa contoh. Jadi jangan buang-buang waktu, segera update konten review Anda sekarang juga!
Catatan penting: update algoritma Google terbaru ini hanya berlaku untuk tulisan review dalam bahasa Inggris (update dalam bahasa lainnya, termasuk bahasa Indonesia, akan menyusul). Tulisan artikel non-review tidak terdampak update ini.
Baca juga : Pengertian dan Struktur Artikel yang Baik dan Benar
7 Ciri Artikel yang SEO Friendly sesuai Update Algoritma Google Terbaru
Jangan panik dengan update algoritma Google terbaru beserta dampaknya. Masih ada banyak cara mudah menyiasati pembaharuan SEO beserta contoh artikel review terbaik untuk diikuti!
Belum terlambat untuk segera mengupdate artikel review di blog Anda sesuai pedoman terkini. Namun sebelum menulis, pahami dulu ciri artikel yang SEO friendly menurut algoritma Google terbaru berikut ini:
1. Tulis Review dari Perspektif Profesional
Sistem Google saat ini mengedepankan artikel-artikel ulasan “terverifikasi” buatan profesional di bidangnya. Jadi, sekadar membuat review sesuai niche website saja masih belum cukup.
Semisal Anda menulis review obat sakit kepala paling manjur. Nah, artikel tersebut harus ditulis oleh seorang dokter supaya lebih diakui keasliannya oleh Google.
Alternatif lainnya, tulisan review Anda minimal harus mencantumkan keterangan “telah ditinjau dan disetujui oleh [nama profesional]”. Contohnya untuk ulasan rekomendasi obat sakit kepala: “ulasan artikel ini telah ditinjau dan disetujui oleh dr. Ayu Mulia.”
Tinjauan profesional menjadi hal yang dinilai penting dalam berbagai artikel review kekinian. Validasi para ahli menambah kepercayaan pembaca terkait kebenaran isi artikel.
Tips menerapkan poin ini:
- Mintalah bantuan pada kenalan Anda yang bekerja atau memiliki keahlian di bidang produk atau jasa yang Anda tulis.
- Merekrut proofreader untuk mengecek kebenaran dan keakuratan informasi review.
- Selalu cantumkan keterangan bahwa isi konten telah dicek oleh seorang ahli.
Baca juga : Update Website Anda dengan 8 Algoritma Google Terbaru Ini
2. Jelaskan Plus dan Minus Produk
Cara membuat artikel review produk maupun jasa sejatinya cukup mudah. Meski demikian, ternyata masih banyak orang tidak mempraktekkannya dengan benar.
Ciri artikel review yang SEO friendly berikutnya adalah memuat plus (keunggulan) dan minus (kelemahan) produk. Namun nyatanya sebagian besar orang hanya terfokus mengulas sisi baik produk saja.
Tindakan tersebut dinilai kurang tepat oleh Google, sebab menjadikan review bersifat subjektif. Seolah-olah Anda sedang mempromosikan keunggulan produk alih-alih mengulas daya gunanya.
Pembaca pun kurang menyukai artikel review yang seperti ini, sebab mereka paham bahwa tidak ada produk yang sempurna 100%. Calon pembeli cerdas pasti ikut mempertimbangkan kelemahan produk sebelum bertransaksi.
Tips menerapkan poin ini:
- Jabarkan sisi keunggulan produk maupun jasa serinci mungkin. Hal-hal apa saja yang dirasa bermanfaat dari produk?
- Jelaskan fitur-fitur produk, kegunaan, serta daya tahannya.
- Jelaskan dampak yang bisa dirasakan pengguna, baik dampak langsung maupun jangka panjang (setelah 1 minggu, 1 bulan, atau 6 bulan pemakaian).
- Ulas kelemahan produk, disertai solusi untuk menyiasatinya.
- Boleh gambarkan tingkat kegunaan dan daya tahan produk dalam bentuk persentase atau grafik untuk memudahkan pemahaman pembaca.
3. Sertakan Bukti Pendukung dalam Artikel Review
Google sangat menyukai artikel review yang disertai bukti-bukti pendukung tulisan Anda, seperti foto, video, dan audio.
Sebisa mungkin, sisipkan beberapa foto atau video pendek yang memperlihatkan tata cara pemakaian produk dalam review. Tampilan visual tentunya dapat menjadikan pemahaman pembaca lebih solid.
Apabila Anda membuat ulasan seperti uji speaker, maka Anda dapat mencantumkan file audio hasil percobaan ke artikel blog.
Tips menerapkan poin ini:
- Anda dapat menggunakan foto atau video yang diambil sendiri ketika mencoba produk. Memakai karya sendiri dapat menambah nilai plus
- Kalau memakai gambar dari sumber lain, harap cantumkan nama pembuat (hak cipta) demi menghindari plagiat.
4. Bandingkan dengan Produk atau Jasa yang Serupa
Tips selanjutnya, sebutkan beberapa produk atau jasa serupa dalam artikel Anda. Mayoritas orang mempraktekkan cara membuat artikel review ini karena menjadikan pembahasan lebih lengkap dan menarik.
Kebanyakan pembaca memilih artikel review karena mereka tidak tahu persis produk atau jasa yang paling pas dengan kebutuhan. Menyediakan banyak perbandingan membantu seseorang tahu produk/jasa terbaik, atau setidaknya, cocok sesuai keinginan mereka.
Semisal Anda mengulas 10 smartphone 5G harga 2 jutaan. Setiap produk pasti punya kelebihan, kekurangan dan spesifikasi masing-masing. Nantinya konsumen dapat memilih 1 tipe smartphone yang dirasa paling sesuai dari list.
Tips menerapkan poin ini:
- Kumpulkan produk atau jasa yang serupa dalam satu kategori secara spesifik.
- Boleh urutkan review berdasarkan harga (termurah ke termahal), tingkat popularitas, dan lain-lain.
- Buat list secukupnya, jangan terlalu banyak menyertakan info produk (maksimal 10 – 15 item).
- Buat ulasan mendalam (mencakup spesifikasi, keunggulan dan kelebihan) per list produk.
- Bandingkan satu produk dengan yang lain (Apa persamaan mereka? Apa poin menarik dari produk A daripada B? Apa perbedaan/hal yang tak dimiliki produk C dari A? Dll.)
5. Jelaskan Pilihan Anda
Setiap artikel review biasanya ditutup dengan pendapat penulis terkait produk yang paling baik menurut mereka secara pribadi.
Google pun sangat menganjurkan adanya simpulan seperti ini dalam tulisan. Namun tidak cuma sekadar memberi pernyataan terkait produk pilihan saja, Anda harus menyertakan alasannya juga.
Semisal dari artikel “10 smartphone android 5G harga 2 juta”, Anda menyimpulkan bahwa HP merek A yang terbaik dari semuanya. Lalu kenapa Anda memilih ponsel tersebut? Apa keunggulan yang menjadikannya paling baik di antara 9 HP lainnya?
Tips menerapkan poin ini:
- Cukup buat ringkasan pendek sebagai simpulan. Jangan mengulang pembahasan karena akan menjadikan artikel bertele-tele.
6. Sisipkan Link Penjual Produk atau Jasa
Jangan lupa menyisipkan link toko online produk maupun kontak dari jasa-jasa yang diulas! Kehadiran link eksternal sekarang terhitung sebagai salah satu ciri artikel yang SEO friendly.
Link URL toko memudahkan pembaca untuk membeli produk usai membaca review Anda. Mereka hanya perlu memencet tombol atau link ke e-commerce yang Anda sediakan, lalu memesan produk. Sangat praktis, bukan?
Tingkat kepuasan pembaca terhadap artikel Anda pun otomatis meningkat, dan hasilnya, Google akan merekomendasikan web Anda di ranking 1.
7. Penuhi Checklist Pertanyaan Penting saat Menulis Review
Terakhir, Anda dapat menggunakan list pertanyaan berikut ini sebagai panduan saat menulis contoh-contoh artikel review terbaru. Yuk dicatat:
- Untuk produk inovasi/keluaran terbaru: Apa perbedaan produk versi sekarang dengan terdahulu?
- Sudahkah ulasan memuat informasi unik dari pengalaman konsumen (tidak hanya sekadar menulis ulang deskripsi dari penjual)?
- Sudahkah mencantumkan foto, audio, link eksternal, video terkait pengalaman penggunaan produk?
- Apa yang membedakan produk yang Anda ulas dari item sejenis milik pesaingnya?
- Adakah solusi simpel untuk mengatasi kekurangan produk?
- Apa saja hal-hal yang patut dipertimbangkan kalau ingin membeli produk/jasa?
- Adakah hal-hal yang menjadi “efek samping” produk pada konsumen?
Contoh Artikel Review Menurut SEO Google Terbaru
Masih bingung bagaimana sebaiknya mulai menulis artikel review sesuai pakem baru Google? Berikut contoh artikel review sederhana yang dapat Anda jadikan inspirasi:
Review Jasa Pembuatan Web + App Murah di Bali
Apakah Anda ingin memiliki aplikasi dan website bisnis canggih, tapi dengan modal terbatas? Tenang saja! Sekarang Anda bisa mendapatkan paket lengkap jasa web & app berkualitas di APPKEY.
Tidak seperti perusahaan IT lain yang menjual paket software terpisah, APPKEY mengemas layanannya ke dalam paket super ekonomis untuk semua jenis bisnis. Dalam setiap pemesanan, Anda bisa memperoleh software aplikasi mobile, web backend, dan jaminan garansi penuh selamanya.
Fitur-fitur aplikasi e-commerce APPKEY sama canggihnya dengan olshop kekinian seperti Tokopedia dan Shopee. Mulai dari fitur keranjang, push notification, katalog, payment gateway, dan manajemen profil simpel untuk memudahkan pengelolaan toko.
Hebatnya lagi, Anda bisa memilih sendiri paket kategori aplikasi bisnis di APPKEY sesuai tipe usaha. Ada aplikasi e-commerce, klinik online, kurir (delivery), ojek dan taksi online, sampai app meeting webinar dan restoran canggih. Semua bisa dipesan dengan harga sesuai budget Anda!
Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi https://appshop.co.id/ sekarang juga untuk memesan aplikasi bisnis pertama Anda! Dapatkan juga promo dan diskon menarik lainnya dari APPKEY hari ini.
Contoh artikel review di atas telah mencakup ciri-ciri artikel yang SEO friendly sesuai update Google terbaru. Jabaran ulasan produk aplikasi APPKEY telah memuat gambaran deskripsi produk, spesifikasi fitur-fitur layanan, link kontak pemesanan, sekaligus keunggulan dan inovasi produk.
Anda masih bisa mengembangkan contoh artikel review di atas, tentunya dengan menambahkan beberapa gambar atau video ulasan yang relevan. Selamat mencoba!
Itulah dia contoh artikel review dan cara membuatnya sesuai ketentuan update algoritma terbaru Google. Yuk segera update tulisan review Anda dengan pakem-pakem di atas. Dijamin, deh, artikel Anda akan lebih berbobot dan menarik di mata Google!
Mari temukan lebih banyak tips dan trik sukses bisnis online lainnya di MARKEY. Baca gratis sekarang di https://markey.id/ atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore), ya. Sayonara!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.