Last Updated on June 25, 2022 by
Mau bisnis Twitter Anda sukses? Ingin banyak orang melihat iklan produk Anda di Twitter? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui 8 poin penting dari Twitter analytics berikut ini!
Twitter analytics adalah strategi yang mempelajari algoritma Twitter terbaru. Algoritma Twitter merupakan kunci penentu apakah tweet promosi Anda layak ditayangkan ke beranda konsumen atau tidak.
Tapi tenang saja, sebab, menganalisis algoritma Twitter bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu memerhatikan 8 poin berikut ini agar bisa mengukur seberapa efektif model bisnis Twitter yang sedang dijalankan.
Yuk langsung simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!
Baca juga : 7 Cara Agar Twitter Rame untuk Olshop & Freelancer Termudah!
Daftar Isi
Belajar Twitter Analytics : Apa Itu Algoritma Twitter?
Tidak hanya Google saja yang bekerja menggunakan algoritma, tetapi juga sosial media. Salah satu sosmed kekinian yang diketahui bekerja memakai algoritma adalah Twitter.
Apa itu algoritma Twitter? Algoritma Twitter adalah cara seleksi postingan tweet yang hadir di beranda Anda. Saat ini, algoritma terbaru Twitter menyortir tweet berdasarkan relevansi atau interaksi terakhir yang Anda lakukan.
Semisal Anda sering memberi like, retweet atau komentar pada postingan bertopik kesehatan. Maka secara otomatis, timeline Anda akan dipenuhi oleh tweet tentang info medis juga.
Cara kerja algoritma Twitter terbaru mirip seperti algoritma Instagram. Sistem ini diharapkan dapat membuat user lebih betah menyimak informasi yang mereka sukai di Twitter.
Perubahan algoritma tentunya mengubah strategi promosi bisnis di Twitter. Anda tidak dapat lagi menerapkan cara-cara marketing lama di Twitter, dan harus menggantinya sesegera mungkin. Ini karena algoritma lama Twitter masih bekerja berdasarkan waktu (real time).
Sistem lawas Titter hanya menampilkan tweet-tweet menurut waktu pembuatannya. Jika Anda mengakses Twitter hari ini di pagi hari, maka otomatis timeline memprioritaskan tweet-tweet yang dibuat pagi ini alih-alih postingan kemarin sore.
4 Manfaat Algoritma Twitter Terbaru
Berikut adalah sejumlah manfaat penting dari algoritma Twitter terbaru yang wajib Anda pahami:
1. Meningkatkan Engagement
Sistem algoritma dapat membantu meningkatkan engagement pada konten tweet maupun akun Anda. Ini karena linimassa Twitter merekomendasikan hal-hal yang paling disukai, dibutuhkan atau dirasa paling relevan dengan keinginan user. Otomatis, peluang konsumen untuk berinteraksi dengan konten Anda semakin besar.
2. Bermanfaat Menjadi Mesin Pencari
Algoritma baru Twitter juga memungkinkan pengguna menemukan banyak informasi yang relevan sesuai kebutuhan. Contohnya konsumen mencari kata kunci “olshop trift murah”.
Kemudian, algoritma akan bekerja mencari akun-akun atau postingan yang paling cocok dengan keyword tersebut. Cara kerja ini mirip seperti Google Search. Maka dari itu, model bisnis Twitter Anda bisa dioptimalkan dengan strategi SEO.
3. Meningkatkan Kepuasan Pengguna
Kepuasan pengguna dapat meningkat lebih maksimal berkat mekanisme algoritma terbaru. Kesesuaian info konten dengan minat serta kebutuhan konsumen akan mendongkrak rasa puas saat menggunakan Twitter.
4. Meminimalisir Spam
Algoritma akan mencegah timeline menampilkan informasi yang tidak relevan atau sesuai kesukaan pengguna. Akibatnya, Anda bisa terbebas dari konten-konten yang bersifat spam.
8 Poin Utama Twitter Analytics untuk Memaksimalkan Promosi Bisnis
Setelah memahami apa itu algoritma baru Twitter, fungsi dan cara kerjanya, kini tibalah kita pada bagian yang terpenting: Twitter analytics.
Twitter analytics bisa menjadi metode terbaik untuk mengukur sejauh mana performa kampanye iklan Anda. Analytics dapat mengungkap hal-hal penting, seperti:
- Jumlah view tweet
- Konten yang paling banyak menerima engagement.
- Jumlah dan asal traffic.
- Waktu terbaik untuk memposting konten.
Lalu bagaimana cara melakukan Twitter analytics ini? Anda bisa mencoba menganalisis 8 poin yang memengaruhi algoritma Twitter terbaru berikut ini:
1. Gender Pengguna
Studi terbaru menemukan bahwa 70% pengguna Twitter saat ini adalah laki-laki. Pria terbukti lebih aktif bermain sosial media satu ini ketimbang wanita. Situasi ini berbeda dengan platform sosmed lain, seperti TikTok atau Instagram yang mayoritas penggunanya adalah perempuan.
Aspek gender pengguna sangat penting dalam proses pemahaman buyer persona. Buyer persona adalah identitas dari target konsumen bisnis online Anda.
Promosi Anda bisa jadi lebih tepat sasaran dan memikat dengan memahami buyer persona. Cobalah perhatikan kembali iklan-iklan yang dibuat khusus untuk konsumen pria dan wanita. Sudah pasti karakteristiknya akan sangat berbeda.
2. Pemakaian Media
Media-media seperti gambar, foto, video, poll, dan GIF adalah hal-hal penting yang dipertimbangkan dalam analisis konten Twitter. Mengapa?
Algoritma canggih Twitter ternyata tidak hanya mempertimbangkan teks saja. Teknologi baru ini juga dapat menilai kualitas konten non-teks dalam tweet Anda.
Selain itu, respon followers terhadap tweet berisi media dan teks saja pastinya berbeda. Ada konsumen yang lebih suka menyimak info dalam visual, namun ada juga yang membutuhkan penjelasan lengkap via thread.
Cobalah mencari tahu jenis media apa yang paling banyak mendulang engagement pada profil Anda. Jika tweet berisi foto sukses mendapat banyak interaksi, itu artinya followers Anda paling suka tipe konten ini. Selanjutnya Anda bisa memperbanyak konten promosi dengan media foto.
3. Latar Pendidikan Pengguna
Apakah konsumen target Anda mayoritas berasal dari S1? Atau, Anda menyasar konsumen berupa anak sekolah dan ibu rumah tangga? Semua pertanyaan ini juga wajib dijawab oleh hasil analisis performa akun Twitter.
Selain analisis gender, Anda harus meriset latar belakang pendidikan dari followers. Ini karena setiap kelompok masyarakat mempunyai tingkah laku pemakaian sosmed yang berbeda.
Misalnya lulusan sarjana atau pendidikan tinggi lainnya, kebanyakan memakai Twitter sebagai tempat penambah wawasan dan diskusi. Sedangkan anak muda yang masih di bangku sekolah murni memakai Twitter untuk hiburan.
Setiap kelompok konsumen juga menikmati kualitas iklan yang berbeda sesuai kebutuhan serta daya pemahaman masing-masing. Iklan yang terlalu ‘gamblang’ dan hard-selling mungkin tidak akan disukai oleh orang-orang berpendidikan tinggi. Namun pastinya ada juga yang mudah dipengaruhi iklan-iklan sederhana.
Pun menurut hasil Twitter analytics yang pernah dilakukan, 42% user Twitter saat ini rata-rata merupakan lulusan perguruan tinggi. Itulah mengapa Twitter menjadi sosmed kedua dunia dengan user lulusan kuliah terbanyak. Sedangkan posisi pertama diduduki oleh LinkedIn.
4. Relevansi Keyword
Relevansi kata kunci dalam sebuah tweet dengan engagement audiens sangat memengaruhi performa postingan Anda.
Semakin akurat kata kunci konten dengan keinginan user, maka mereka pasti “meninggalkan jejak” berupa like, komentar, retweet atau menambahkan ke bookmark. Mereka juga bisa mengklik link pemesanan produk yang tercantum di postingan.
Sekarang pertanyaannya adalah: sudahkah tweet promosi Anda memuat keyword yang tepat? Proses analisis akun Twitter bisa mengungkap kualitas keyword dalam tweet Anda. Apabila postingan belum memuat kata kunci terbaik, segera pelajari cara meriset keyword untuk konten.
5. Pola Interaksi
Poin penting selanjutnya dalam analisis promosi Twitter adalah pola interaksi pengguna. Banyak model bisnis Twitter yang sukses karena mereka memahami pola interaksi dari audiensnya.
Semisal, target konsumen Twitter dari brand A suka merespon konten-konten yang viral dan clickbait. Maka, brand tersebut akan menggencarkan strategi viral marketing.
Sedangkan target brand B adalah kelompok pengguna yang menyukai konten berbobot. Alhasil mereka menghadirkan lebih banyak konten iklan soft-selling edukasi. Pola interaksi seperti ini juga menjadi pertimbangan penting menurut algoritma.
Hasil aalisis Twitter juga memperlihatkan jumlah engagement yang akun Anda peroleh per tweet. Cobalah mencari tahu tweet konten mana yang paling banyak interaksinya dan penyebabnya. Lalu, mulailah produksi post-post yang mirip demi mendulang lebih banyak engagement.
6. Usia Konsumen
Faktor usia punya pengaruh tersendiri terhadap iklan Twitter. Terdapat pertumbuhan sebesar 16% dari jumlah total anak muda yang mencari info produk di Twitter ketimbang Google.
Twitter saat ini menghadirkan banyak sekali informasi bermanfaat. Anda tidak perlu repot membuka website bisnis hanya untuk membaca deskripsi, keunggulan atau testimoni sebuah item/layanan.
Namun sampai saat ini, baru konsumen berusia muda saja yang cenderung mencari informasi dari sosmed. Jadi kampanye bisnis Twitter Anda bisa lebih cepat berkembang jika target konsumen Anda kebanyakan dari usia muda.
7. Waktu Online
Jangan lupa juga untuk menelaah poin waktu online konsumen. Meskipun algoritma Twitter terbaru tidak lagi berdasar sistem waktu, tetap ada kemungkinan postingan Anda mudah ditemukan followers kalau dipublikasikan ketika mereka sedang online. Dengan begini Anda bisa memperoleh jumlah engagement yang lebih banyak.
8. Asal Traffic dari Eksternal Link
Meskipun Twitter menjadi salah satu sosmed dengan pengguna terbanyak, faktanya masih sedikit user yang benar-benar fokus memakai 1 aplikasi ini saja.
Lebih dari 90% orang memiliki banyak akun sosmed sekaligus: Twitter, Snapchat, Instagram, Facebook, TikTok, dan seterusnya. Akibatnya, asal traffic akun Anda bisa didapat dari berbagai sumber.
Sangat mungkin ada orang yang mem-follow akun Twitter bisnis Anda karena melihat postingan di Instagram. Atau, ada yang menshare link tweet Anda ke WhatsApp. Namun Anda hanya perlu mengecek sumber asal traffic terbanyak untuk memaksimalkan promosi.
Itulah seluruh aspek yang penting dipertimbangkan saat mencoba Twitter analytics. Semoga insight di atas mampu memaksimalkan strategi bisnis Twitter Anda saat ini, ya!
Temukan lebih banyak kiat sukses bisnis online menarik lainnya hanya di MARKEY. Cukup klik https://markey.id/ sekarang atau download MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.