Last Updated on February 13, 2021 by
Di zaman sekarang, membeli makanan dari restoran kesayangan dapat dilakukan hanya dari rumah saja. Berkat inovasi teknologi berupa aplikasi delivery order berbasis android, siapapun kini bisa memesan makanan dari mana saja dan kapan saja.
Pernahkah Anda mencoba memesan makanan menggunakan aplikasi delivery makanan? Jika iya, aplikasi delivery makanan apakah yang paling sering Anda gunakan?
Ada banyak sekali brand yang merilis aplikasi delivery makanan. Sebut saja contohnya seperti Go-Food, Grab Food, Sayurbox, Yummybox, Lemonilo, hingga Shopee Food. Untuk Anda yang tertarik membuat bisnis delivery makanan sendiri, Anda juga bisa lho membuat aplikasi delivery makanan dengan nama brand sendiri!
Ada banyak juga keuntungan yang bisa Anda raih dengan berbisnis delivery makanan memakai aplikasi sendiri, seperti:
- Menjangkau semua pelanggan tanpa terkecuali. Dengan adanya aplikasi, siapapun bisa memesan makanan tanpa terhalangi situasi cuaca hujan, malas bepergian, lelah sepulang bekerja, sibuk, dan lain-lain.
- Minim resiko untuk bisnis makanan pemula. Anda bisa memasarkan produk secara lebih hemat biaya sekaligus mengecek respon masyarakat memakai aplikasi saja.
- Terbukti meningkatkan omset secara signifikan. Mengingat aplikasi delivery makanan online bisa menjaring semua pelanggan, maka otomatis omset bisnis Anda akan meningkat secara signifikan.
- Lebih mudah dan efisien untuk mengembangkan usaha kuliner Anda. Konsumen bisa terlayani dengan lebih baik dan praktis. Semakin banyak konsumen yang terlayani dengan baik, maka akan semakin cepat pula kualitas dan rating aplikasi meningkat.
Namun agar bisnis delivery makanan dapat meraih omset maksimal, Anda wajib memastikan aplikasi delivery makanan brand Anda sudah punya 8 fitur wajib berikut ini.
Daftar Isi
Pastikan Aplikasi Delivery Makanan Anda Punya 8 Fitur Ini
Masyarakat kekinian, termasuk Anda, tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi. Aplikasi menjadi inovasi IT terbaik dan praktis untuk menjawab banyak kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah memesan makanan atau mengirim barang (delivery order). Dengan memakai aplikasi, bisnis Anda bisa meraih omset jutaan secara lebih praktis.
Namun penting untuk diingat bahwa sebuah aplikasi tidak mungkin berjalan tanpa fitur. Fitur adalah menu dalam aplikasi yang bisa dijalankan untuk membantu pengguna memenuhi kebutuhannya. Contoh penggunaan fitur oleh user seperti membantu mencari produk, men-check out produk, membayar produk, dan lain-lain.
Fitur-fitur di dalam sebuah aplikasi harus lengkap, jelas dan mudah digunakan. Tujuannya tak lain agar setiap pengguna semakin dimudahkan dalam menikmati layanan yang disediakan. Berikut ini adalah 8 fitur yang wajib ada dalam aplikasi delivery barang dan makanan Anda:
Keranjang Belanja Virtual
Fitur pertama adalah keranjang belanja. Fitur ini wajib ada dalam aplikasi delivery order Anda untuk memudahkan konsumen men-check out lebih dari 1 produk sekaligus.
Keranjang belanja virtual memiliki banyak kegunaan. Seringkali konsumen tertarik untuk membeli lebih dari 1 item produk dari toko online Anda. Ada pula yang sengaja berbelanja banyak karena ingin memanfaatkan voucher diskon yang mereka punya. Untuk itu, keranjang belanja akan bermanfaat sebagai wadah penampung semua produk yang dipilih konsumen.
Dengan keranjang belanja, konsumen tidak perlu men-check out pesanan 1 per 1 dan membayar ongkos kirim berulang kali. Tak peduli seberapa banyak pesanan konsumen, mereka bisa memesannya sekaligus dan cukup membayar 1x biaya kirim.
Pun keranjang belanja virtual membantu konsumen dalam proses pengecekan ulang item pesanan sebelum membayar. Keranjang belanja akan menampilkan seluruh pesanan konsumen secara lebih rapi dan lengkap (tidak tercecer).
Panel Pengelola Admin
Fitur selanjutnya yang wajib ada di aplikasi delivery barang adalah panel admin. Tanpa panel admin, Anda tidak bisa mengelola bisnis delivery dengan baik. Sebuah panel admin harus mencakup banyak menu, seperti:
- Pengelolaan bisnis harian.
- Registrasi dan data-data pengguna.
- Laporan transaksi harian, mingguan maupun bulanan.
- Pengelolaan produk (penambahan, pengeditan dan penghapusan produk jualan).
- Monitor informasi pengiriman paket, dan lain-lain sesuai kebutuhan bisnis.
Sesuai namanya, panel admin ini hanya akan muncul untuk pihak pengelola bisnis saja. Konsumen biasa tidak dapat melihat bagian panel admin ini. Jadi, Anda harus berkonsultasi pada pihak pengembang aplikasi agar tidak keliru menempatkan panel admin dalam user interface aplikasi.
Manajemen Pesanan
Sebagai ganti dari panel admin, konsumen wajib diberikan fitur manajemen pesanan. Fitur manejemen makanan pada aplikasi delivery makanan berguna untuk memudahkan konsumen mengecek dan memonitor pesanan makanan delivery mereka sendiri.
Fitur manejemen pesanan ini biasanya mencakup order pesanan yang sedang berlangsung dan juga daftar history pesanan atau riwayat belanja. Konsumen bisa mengecek daftar riwayat pesanannya kapan saja secara lengkap dengan rincian waktu pesanan, lokasi restoran dan total harga belanja. Anda juga bisa menambahkan fitur canggih agar konsumen bisa memesan kembali produk dari daftar history.
Push Notification Real-Time
Aplikasi delivery makanan Anda masih sepi interaksi dari pengguna? Mungkin Anda belum memakai fitur push notification real-time. Fitur push notification adalah notifikasi yang biasa muncul di layar smartphone Anda meskipun Anda tidak sedang memakai aplikasi. Fitur ini bermanfaat untuk mengirim aneka informasi terbaru ke pelanggan sekaligus memastikan mereka tidak ketinggalan apapun.
Canggihnya, push notification bisa mengirimkan notifikasi secara real-time alias detik itu juga saat Anda selaku admin menjalankan fitur ini. Semisal Anda mengirimkan pesan ‘diskon flash sale makanan’ sekarang, maka notifikasi tersebut akan langsung muncul di smartphone pengguna. Hasilnya, mereka akan langsung terdorong untuk mengecek notifikasi dan tertarik untuk berbelanja. Cara yang praktis untuk memaksimalkan engagement dan omset, bukan?
Menu Voucher dan Diskon
Siapa di sini yang tidak suka voucher dan diskon belanja? Faktanya, 100% konsumen suka saat mendapat voucher dan diskon belanja. Pasalnya, dengan memakai voucher dan diskon, konsumen bisa memperoleh harga belanja yang jauh lebih murah.
Semisal konsumen A membeli 4 item makanan seharga 100 ribu rupiah. Ketika ia membayar dengan menyertakan voucher diskon 50%, maka harga 4 item makanan tadi otomatis berubah menjadi 50 ribu rupiah saja. Menggiurkan, bukan?
Untuk itulah, aplikasi delivery order Anda wajib memiliki menu voucher dan diskon secara khusus. Dengan adanya fitur ini, diharapkan konsumen dapat menemukan semua voucher dan diskon penawaran terbaru dengan praktis. Selain itu, Anda bisa turut menyertakan menu ‘Voucher Saya’ sebagai tempat pengumpulan voucher yang sudah diklaim konsumen.
Manajemen Pengiriman Produk
Gunakan juga fitur manajemen pengiriman produk sebagai inovasi yang membedakan aplikasi Anda dengan aplikasi delivery makanan brand lain. Fitur manajemen pengiriman produk memungkinkan setiap pengguna untuk mengelola sendiri kapan mereka ingin pengiriman dilakukan.
Inovasi ini merupakan jawaban dari masalah kedatangan pesanan saat pemiliknya tidak sedang berada di rumah. Masalah tersebut sering kali menyulitkan para kurir dan juga pemilik pesanan. Namun fitur manajemen pengiriman produk memungkinkan setiap konsumen untuk memesan makanan kapan saja mereka ingin.
Semisal konsumen B teringat belum menyiapkan makan malam saat sedang bekerja di siang hari. Sebab takut terlupa atau kelelahan pada malam harinya, maka konsumen B memutuskan untuk memesan makan malamnya siang itu juga. Namun agar makanannya tetap hangat, konsumen B menyesuaikan jam pengantaran makanan dengan jam pulang kerjanya nanti memakai fitur manajemen pengiriman produk.
Fitur yang sangat praktis, bukan? Pengguna bisa memilih sendiri tanggal dan waktu pengiriman produk melalui aplikasi. Fitur yang sama juga dimiliki admin agar bisa mengelola pesanan secara realtime.
Manajemen Produk dan Kategori
Tidak ingin konsumen bingung mencari makanan pilihan dari ratusan produk yang ada? Pastikan aplikasi Anda dilengkapi dengan fitur manajemen produk dan kategori untuk memudahkan pembeli menemukan produk idaman. Anda bisa mengelompokkan seluruh produk ke dalam beberapa kategori. Jadi, konsumen juga akan terbantu untuk melihat-lihat produk secara spesifik dalam 1 kategori yang diinginkan.
Interface Keseluruhan yang Mudah
Terakhir, semua fitur di atas tentunya harus ditampung dalam sebuah interface keseluruhan yang mudah digunakan. User interface adalah tampilan keseluruhan dari aplikasi ketika dijalankan. Pastikan semua fitur dan menu tersusun rapi, jelas, dan mudah dimengerti pengguna awam, ya! Fitur-fitur canggih aplikasi Anda otomatis tidak akan bermanfaat jika pengguna tidak tahu bagaimana cara menemukan dan menggunakannya.
Dapatkan Aplikasi Delivery Order Berbasis Android Terbaik Langsung Di Sini!
Anda telah melihat 8 fitur yang wajib ada di aplikasi delivery order untuk memaksimalkan kualitas aplikasi dan omset bisnis. Namun kini kita dihadang dengan pertanyaan kedua: bagaimana cara mendapatkan aplikasi delivery makanan yang sudah dilengkapi 8 fitur di atas?
Tidak perlu pusing. Saat ini, memiliki aplikasi delivery barang khas brand sendiri adalah hal yang mudah. Cukup hubungi jasa pembuatan aplikasi online APPSHOP sekarang juga, maka Anda sudah bisa memperoleh paket pengembangan aplikasi delivery order berbasis android dengan harga termurah se-Indonesia!
APPSHOP adalah jasa pembuatan aplikasi online terbaik dari Bali yang siap membantu mengatasi semua kebutuhan aplikasi Anda. APPSHOP menyediakan banyak paket pengembangan aplikasi multi-platform (iOS dan Android) yang bebas Anda kustomisasi sendiri sesuai kebutuhan. APPSHOP juga menyediakan konsultasi gratis sepuasnya dengan tenaga IT profesional untuk Anda yang masih bingung caranya mengoptimalkan bisnis online berbasis aplikasi.
Anda bisa mulai dengan mencoba Paket Aplikasi APPSHOP Delivery untuk melancarkan bisnis restoran online Anda. APPSHOP akan melayani semua kebutuhan Anda, mulai dari konsultasi ide dan permasalahan bisnis, pembuatan aplikasi online, hingga perilisan aplikasi di Google Play dan Apple App Store. Semuanya terfasilitasi dalam 1x pembayaran saja, sangat hemat dibandingkan jasa pengembang aplikasi lainnya yang menyediakan pelayanan secara terpisah!
Yakin tidak ingin mengambil kesempatan bisnis praktis bersama APPSHOP? Daripada menyesal di belakang, yuk klik https://appshop.co.id/delivery/ sekarang dan raih promo sekaligus kesempatan menjadi pengelola restoran online beromset jutaan bersama APPSHOP.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.