Last Updated on August 22, 2022 by
Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengelola bisnis klinik kesehatan online pemula adalah menyamakan metode pengelolaan klinik mereka dengan online shop biasa. Cara ini sangat keliru! Bisnis klinik kesehatan online Anda seharusnya dikelola dengan metode khusus agar mampu menggaet hati dan kepercayaan pasien untuk berobat di tempat Anda.
Anda bisa perhatikan sendiri, dari awal pendiriannya saja, bisnis online shop dan klinik online sudah memiliki tujuan yang berbeda. Bisnis klinik kesehatan online tak hanya hadir untuk memperoleh keuntungan, melainkan memiliki misi mulia untuk mendorong terciptanya pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik.
Sementara online shop biasa hanya berfokus untuk memperoleh keuntungan penjualan.
Lantas bagaimana cara mengelola bisnis klinik online yang benar? Tenang saja, kami sudah merangkum secara rinci strategi marketing klinik kesehatan terbaik sebagai cara menarik hati pasien paling ampuh! Dengan pedoman strategi marketing klinik kesehatan ini, dijamin, bisnis klinik kesehatan online Anda akan dengan mudah melesat menjadi pilihan nomor 1 di masyarakat. Yuk langsung saja kita simak cara-caranya!
Daftar Isi
Inilah 5 Cara Menarik Hati Pasien Terbaik ke Klinik Online Anda
Semua masyarakat tentunya setuju bahwa kebutuhan layanan kesehatan yang baik dan mumpuni sangatlah penting. Inovasi pun terus dilakukan demi meningkatkan kepuasan dan keefektifan layanan kesehatan, salah satunya melalui aplikasi klinik online.
Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah tersebut. Aplikasi klinik online adalah alternatif terbaik untuk berobat dari mana dan kapan saja. Dengan aplikasi, Anda tidak perlu repot bertatap muka dengan dokter untuk memperoleh resep obat.
Tak berhenti sampai di situ, kehadiran aplikasi klinik online turut dipandang sebagai peluang usaha baru yang mulia di masyarakat. Selain mendapatkan keuntungan dari pengelolaan klinik, Anda dan tim klinik bisa menolong banyak jiwa yang memerlukan pengobatan cepat dari dokter.
Akan tetapi, masih banyak pengelola klinik online yang tidak tahu betul cara menarik hati pasien dengan baik. Kebanyakan orang memilih mengandalkan kata-kata promosi klinik kesehatan tanpa mengoptimalkan elemen-elemen lainnya. Cara tersebut juga keliru. Daripada meraba-raba, lebih baik langsung coba praktekkan strategi marketing klinik kesehatan terefektif berikut ini:
1. Harga Spesial untuk Pemeriksaan Pertama
Strategi marketing klinik kesehatan pertama adalah memberikan harga spesial untuk pemeriksaan pertama pasien. Anda bisa memberikan voucher gratis atau diskon khusus pengguna baru pada aplikasi klinik. Dijamin, pasien akan langsung memanfaatkan voucher gratis tersebut dengan baik.
2. Menggunakan Metode Komunikasi Langsung dalam Aplikasi
Selanjutnya, pastikan aplikasi klinik Anda memiliki metode komunikasi terpraktis untuk memfasilitasi pasien dan dokter. Biasanya, pelanggan tidak ingin repot berpindah aplikasi hanya untuk mengirim pesan.
Saran kami, sediakan fitur live chat pada aplikasi klinik yang Anda punya. Dengan begini, dokter dan pasien dapat terhubung satu sama lain langsung dalam 1 aplikasi. Jangan lupa untuk menyertakan fitur-fitur komunikasi lainnya seperti telepon atau video call berkualitas baik. Fitur telepon dan video call bisa menjadi opsi paling praktis agar pasien bisa langsung mengomunikasikan penyakitnya ke dokter tanpa repot mengetik.
3. Promosi Teratur dengan Media Sosial
Promosi tetap menjadi kunci sukses strategi marketing klinik kesehatan. Di sini, Anda bisa menggunakan kata-kata promosi klinik kesehatan untuk menggaet perhatian konsumen. Penggunaan kata-kata promosi klinik kesehatan yang tepat juga masih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan engagement bisnis di internet.
Namun mengandalkan kekuatan kata-kata promosi saja tidak cukup. Anda perlu mempertimbangkan elemen lain yang tak kalah penting seperti platform berpromosi serta strateginya. Untuk platform, Anda bisa memakai media sosial karena praktis, gratis dan memiliki potensi engagement tinggi mengingat semua orang saat ini menggunakan media sosial.
Agar promosi klinik di media sosial semakin efektif, praktekkan juga poin-poin berikut:
Menggunakan SEO Tools
Lakukan promosi klinik yang lebih efektif dan berhasil signifikan dengan memanfaatkan beragam SEO tools. Menggencarkan strategi marketing klinik kesehatan berbasis SEO terbukti memudahkan Google untuk menemukan aplikasi klinik Anda dan menampilkannya di posisi pertama penelusuran user. Dari sini, Anda bisa mendulang lebih banyak traffic, konversi dan engagement bisnis.
Menonjolkan Kelebihan Klinik
Ingat, klinik online memiliki tujuan mulia untuk menolong banyak pasien memperoleh layanan kesehatan terbaik. Jadi saat berpromosi, sebisa mungkin untuk tidak terlalu terfokus pada penjualan layanan/jasa saja. Buatlah daftar keunggulan atau kelebihan dari layanan klinik online Anda, kemudian tonjolkan hal tersebut ke masyarakat.
Sedikit bocoran untuk Anda: konten promosi yang hanya berfokus pada deskripsi produk dinilai sangat tidak menarik oleh konsumen. Konsumen lebih suka jika isi penawaran berfokus pada solusi atau penyelesaian dari masalah yang mereka hadapi.
Melakukan Branding
Terakhir, jangan lupa lakukan branding saat mempromosikan layanan klinik di media sosial. Branding adalah hal yang penting dalam sebuah usaha, termasuk di usaha klinik online sekalipun.
Branding yang positif akan lebih mudah menarik kepercayaan calon konsumen, sebab mereka sudah bisa melihat sendiri kualitas dan nilai pelayanan dari klinik Anda. Begitu juga sebaliknya. Tentunya Anda akan menghindari berobat ke klinik online yang identitas atau reviewnya buruk, bukan?
Kabr gembiranya, melakukan branding secara online bukanlah hal yang sulit. Kami juga menyiapkan tutorial lengkapnya dalam artikel khusus: Cara Memasarkan Produk Online dengan Membuat Branding Online yang Bagus dan Tepat
4. Berikan Kartu Pelanggan (Loyalty Cards)
Saat mendirikan bisnis online di bidang jasa seperti klinik, maka otomatis kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Pelanggan yang selalu puas cenderung akan selalu bertahan menjadi konsumen tetap bisnis Anda. Di sini, kecerdasan dan upaya Anda untuk menjalankan strategi marketing klinik kesehatan akan diuji.
Lalu, bagaimana caranya agar konsumen bisa tetap senang berobat di tempat Anda?
Salah satu strategi marketing klinik kesehatan yang menarik untuk dicoba adalah loyalty cards (kartu loyalitas pelanggan). Anda bisa memberikan loyalty card virtual di aplikasi yang bisa secara otomatis merekam poin bonus yang didapat di setiap aktivitas/transaksi pasien.
Nantinya, pasien bisa memperoleh diskon atau kesempatan check-up gratis ketika poin mereka sudah terkumpul dalam jumlah tertentu. Kombinasi pelayanan terbaik sekaligus tawaran hadiah dijamin ampuh untuk menumbuhkan rasa loyalitas pasien. Silahkan dicoba!
5. Pakai Aplikasi Klinik Berkualitas
Terakhir sekaligus terpenting, gunakanlah aplikasi klinik berkualitas untuk mengembangkan usaha. Inilah bedanya klinik online dengan bisnis online biasa. Jika dalam bisnis online biasa Anda bebas memakai aplikasi apa saja, maka klinik online harus dijalankan pada aplikasi khusus untuk klinik.
Aplikasi klinik online terbukti memudahkan Anda dalam melakukan banyak hal, seperti mengelola jadwal konsultasi pasien dan dokter, menyediakan loyalty cards, terhubung dengan apotek untuk penjualan obat ke pasien, dan masih banyak lagi.
Bahkan, memakai aplikasi klinik online juga akan memudahkan Anda untuk melakukan branding. Pemakaian aplikasi klinik online secara khusus akan otomatis meyakinkan konsumen bahwa layanan Anda memang resmi dan profesional.
Rekomendasi aplikasi klinik terbaik saat ini dari kami adalah Klinik App by Appkey. Klinik App bisa dipakai kapan saja, dimana saja, bahkan oleh pemula yang belum berpengalaman mengelola klinik online. Klinik App adalah aplikasi paling fleksibel di tahun ini sebab berbasis multi-platform (bisa digunakan di iOS maupun Android). Jadi, semua orang bisa mengakses layanan Anda terlepas dari apa jenis gadgetnya.
Beberapa fitur unggulan yang hanya akan Anda dapatkan dari Klinik App antara lain:
Push Notification
Fitur ini akan mengirimkan notifikasi apa saja terkait jadwal konsultasi, ketersediaan dokter, layanan check-up, maupun info diskon terbaru secara real-time ke pasien. Tidak perlu lagi merasa cemas akan ketinggalan informasi.
Loyalty Cards (Stamp Card dan Kupon)
Setiap pasien bisa mendapatkan stamp card di setiap kali mereka melakukan aktivitas transaksi di Klinik App. Kumpulkan sebanyak-banyaknya stamp untuk nanti ditukarkan dengan kupon diskon khusus atau hadiah menarik lain.
Jadwal Konsultasi dan Check-Up
Fitur aplikasi ini akan memudahkan setiap pasien dalam memesan dan mengatur jadwal check-upnya sendiri. Fitur ini juga sudah tersinkronisasi dengan formulir elektronik yang bisa diisi pasien untuk memesan layanan check-up.
Terdapat pula alarm otomatis untuk mengingatkan pasien jika sudah hampir tiba waktunya untuk melakukan konsultasi.
Maps
Jika pasien butuh penanganan lebih lanjut secara tatap muka dengan tim medis, aplikasi Klinik App sudah terintegrasi dengan fitur maps khusus sebagai penunjuk arah otomatis ke lokasi klinik. Pasien tidak perlu repot mencari alamat klinik di GPS manual.
News dan Informasi Perawatan
Terakhir, ada fitur news yang berisi beragam artikel kesehatan menarik untuk dibaca gratis oleh pasien. Artikel-artikel tersebut juga dapat meningkatkan wawasan setiap pengguna Klinik App tentang cara-cara memelihara kesehatan yang benar. Selain itu ada juga fitur informasi perawatan yang memuat deskripsi lengkap layanan jasa yang tersedia untuk pasien, mulai dari identitas dokter, tarif, durasi dan bentuk penanganan masalah.
Klinik App by Appkey terbukti sangat siap untuk memudahkan aktivitas pengelolaan bisnis klinik online Anda, bukan? Yuk dapatkan layanan paket lengkap pengembangan Klinik App by Appkey sekarang juga dengan mengklik: https://appshop.co.id/klinik/.
Dengan harga paling terjangkau se-Indonesia, Appkey menawarkan proses pengembangan bisnis klinik digital secara praktis dan lengkap, mulai dari konsultasi rencana pengembangan usaha, pembangunan aplikasi sesuai permintaan Anda, hingga pendaftaran aplikasi ke platform Google Play dan AppStore.
Kesempatan baik ini tidak akan datang dua kali, jadi segera raih peluang bisnis klinik online Anda bersama Appkey sekarang!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.