Last Updated on August 4, 2023 by
Bayangkan saja jika Anda memiliki outlet tanpa ada signage ke atasnya – tanpa nama, tanpa jendela dan tidak ada keistimewaannya. Anda mungkin berharap agar orang-orang datang karena penasaran. Namun, mereka akan segara keluar dari toko Anda ketika mengetahui Anda hanya menjual produk A sementara yang mereka cari adalah produk B. Namun, jika Anda memiliki toko dengan nama yang tepat dan mungkin gambar produk di atasnya, ini akan menarik begitu banyak orang yang lewat, dan mereka akan meminta apa yang Anda jual, dan beberapa pelanggan ini akan memberi tahu target potensial lainnya tentang pengalaman membeli mereka dan tentang produk dan toko Anda. Hal ini juga berlaku jika Anda memiliki bisnis online. Hal ini merupakan gambaran dari cara kerja seo.
SEO (optimasi mesin pencari) adalah proses membuat halaman web mudah ditemukan, mudah dijelajahi, dan mudah dikategorikan. Ini tentang membantu pelanggan Anda mengetahui bisnis Anda dari ribuan perusahaan lain di dunia maya.
SEO adalah bagian integral dari strategi pemasaran digital. Ini pada dasarnya berkaitan dengan langkah holistik untuk mengarahkan pelanggan ke bisnis Anda melalui platform online.
Dan untuk melakukan itu, kita harus memastikan peringkat situs web lebih tinggi di SERP (Search Engine Result Page/halaman hasil mesin pencari). Untuk memberi Anda gambaran tentang hal ini, mari kita mulai dengan fakta bahwa hampir 14 miliar pencarian online dilakukan setiap bulan. Kemunculan ekonomi global hampir membuat setiap bisnis memiliki keberadaan online.
Bayangkan saja sebagian kecil dari 14 miliar pencarian itu terjadi untuk bisnis Anda. Untuk mencapai tolok ukur itu, situs web Anda harus memiliki peringkat lebih tinggi di SERP, harus berkinerja baik di pemasaran media sosial, dan kegiatan PPC (pay per click) harus sangat baik begitu juga dengan aspek pemasaran digital lainnya.
Dengan menerapkan SEO yang tepat Anda bisa membuat peringkat situs web berada di halaman pertama SERP. Dan pada umumnya orang akan memindai dan meninjau dua halaman pertama dari SERP. Hampir, 74% konsumen menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi bisnis lokal.
Dibandingkan dengan pemasaran online, seperti PPC, pemasaran media sosial, program pemasaran email dan SEO memberikan ROI yang cukup baik untuk itu. Setiap hari, hampir 80-90% pelanggan memeriksa ulasan online sebelum akhirnya membeli produk apa pun di internet dan bahkan untuk produk yang dijual di toko offline.
Baca juga : Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap!
Daftar Isi
Cara Kerja SEO Dalam Meningkatkan Peringkat Pada Mesin Pencari
Mesin pencari bukan manusia tetapi perangkat lunak yang merayapi konten halaman web. Jadi, tidak seperti search engine manusia yang digerakkan oleh teks. Mereka menyelesaikan sejumlah kegiatan yang membawa hasil pencarian dengan cara merangkak, memindai dan menyimpan (atau indeks), menindak dengan mengukur keterkaitan, dan menampilkannya di search engine. SEO menampilkan hasil peringkat situs web berdasarkan beberapa elemen yang membangun skor kualitas web antara lain sebagai berikut:
- Nama dan URL situs web
- Konten halaman
- Tag meta
- Karakteristik Tautan
- Kegunaan dan aksesibilitas
- Desain halaman
Cara Kerja SEO Sesungguhnya Sehingga Layak Dijadikan Cara Menaikkan Rating Website
Crawling
Setiap mesin pencari memiliki perangkat lunak, yang dikenal sebagai Crawler atau Spider (crawler Google bernama Googlebot), yang merayapi konten halaman web. Crawler ini tidak dapat melihat setiap hari untuk halaman baru yang muncul atau halaman yang diperbarui, beberapa crawler mungkin tidak mengunjungi halaman web selama satu atau dua bulan.
Penting juga untuk diketahui bahwa perayap ini tidak dapat merayapi gambar, Flash Film, JavaScript, frame, halaman yang dilindungi kata sandi, dan direktori.
Karena itu, jika Anda memiliki sebagian besar hal tersebut di situs web Anda, akan lebih baik untuk melakukan tes simulator kata kunci untuk melihat apakah ini dapat dilihat oleh crawler. Mereka yang tidak dapat dilihat tidak akan diindeks atau diproses. Sehingga perlahan-lahan akan hilang dari mesin pencari.
Indexing
Setelah perayapan konten, Spider menyimpan halaman yang diindeks dalam database raksasa dari mana mereka dapat diambil setelah pengguna memasukkan string pencarian atau kata kunci terkait.
Kembali, ini adalah hal yang mustahil untuk dilakukan manusia manusia, tetapi untuk mesin pencari, ini adalah pekerjaan mereka setiap hari. Terkadang, search engine bisa saja tidak dapat memahami konten halaman suatu situs web. Dan untuk menghindari hal itu, Anda perlu mengoptimalkan halaman web Anda dengan benar.
Pekerjaan pencarian
Dengan setiap permintaan pencarian, proses mesin pencari, misalkan dalam membandingkan frase kunci yang dicari dengan halaman yang diindeks dan disimpan dalam catatannya. Lebih dari jutaan halaman memiliki frasa pencarian yang sama.
Jadi, search engine dalam hal ini melakukan tindakan mengukur relevansi semua halaman dan mencocokkannya dengan apa yang diindeks sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan pengguna dalam SERP.
Algoritma
Algoritme pencarian adalah alat diagnostik yang mengambil teka-teki (ketika ada pencarian dengan kata kunci tertentu), memilah-milah catatan yang berisi kata kunci yang di katalog dan URL yang memiliki relevansi dengan kata kunci tersebut, memperkirakan beberapa kemungkinan jawaban, lalu memperkirakan pengembalian halaman yang memiliki kata atau frasa yang dicari, baik di body konten atau di URL yang mengarahkan ke halaman. Tiga algoritma pencarian yang ada yaitu Algoritma On-site, Off-site, dan Whole-site.
Setiap jenis algoritme pasti melihat berbagai aspek laman web, seperti tag Meta, tag judul, tautan, kepadatan kata kunci, dll., Namun semuanya merupakan bagian dari algoritma yang jauh lebih besar.
Itulah alasan mengapa string pencarian yang sama menghasilkan hasil yang berbeda di mesin pencari yang berbeda yang memiliki algoritma berbeda.
Dan semua search engine ini (primer, sekunder, dan bertarget) secara berkala terus mengubah algoritma mereka, jadi Anda harus tahu bagaimana beradaptasi dengan perubahan ini jika Anda ingin tetap berada di atas. Ini membutuhkan keahlian SEO yang baik.
Menampilkan
Hasil akhir dari semua proses di atas akan terlihat di hasil pencarian. Situs web yang teroptimasi dengan baik biasanya akan dimunculkan di halaman pertama pada halaman hasil pencarian.
Cara Kerja SEO Pada Pemasaran Digital
Tampaknya, memang tidak ada perbedaan antara SEO dan pendekatan pemasaran digital; keduanya menjalankan fungsi yang sama dan memiliki fungsionalitas yang sama. Hanya saja untuk kebutuhan pemasaran, berbagai cara bisa digunakan.
Untuk memahami hal ini, kita perlu memperhatikan konsep-konsepnya. Dan sekarang ini kita sedang membahas bagaimana cara kerja SEO yang dijadikan dasar dari kegiatan pemasaran digital ini.
Penggiat SEO dalam hal ini berperan dalam membawa kunjungan organik, sementara pemasar digital membidik keberadaan online dari sebuah perusahaan yang melampaui SEO.
Dalam praktiknya, seorang konsultan SEO biasanya menangani bidang pemasaran digital lainnya. Dan seluruh paket layanan pemasaran digital SEO dapat dinamai dalam Paket SEO karena pelanggan pada dasarnya memahaminya dengan lebih mudah.
Misalnya, ada beberapa faktor yang benar-benar membantu SEO dalam hal memilih kata kunci yang tepat, seperti blogging dengan konten SEO, pemasaran kontekstual, pemasaran perilaku, iklan seluler, teks-Alt dalam iklan banner, pemasaran media sosial, RSS, pemasaran viral, dan iklan konten video. Dan untuk itu pemasaran digital yang solid dan strategi SEO harus ada.
SEO – Pemasaran Digital Terpadu
Sejauh ini, SEO disebut pemasaran digital terpadu oleh beberapa pakar pemasaran. Mengapa demikian?
Semakin ke sini sepertinya penggunaan SEO menjadi penting untuk keberhasilan pemasaran digital secara keseluruhan. Dan kita akan mendapatkan ide yang sangat bagus jika kita dengan cermat mencermati perubahan paradigma SEO selama bertahun-tahun.
Di pertengahan 90-an ketika SEO pertama kali muncul dalam gambar, pengiriman manual, tag kata kunci Meta, dan isian kata kunci adalah teknik yang biasa diperlukan untuk mendapatkan peringkat yang baik di SERP.
Kemudian pada tahun 2004, untuk mendapatkan trafik web, anchor text yang terkait dengan pemberian tautan atau back link, pembelian tautan dari injektor spam komentar blog otomatis, dan pembuatan situs web antar-tautan dilakukan. Kemudian pada tahun 2011, pemasaran media sosial dan inklusi pencarian vertikal menjadi metode utama untuk melakukan SEO.
Algoritma mesin pencari terus melakukan pembaruan dari waktu ke waktu demi menghasilkan traffic. Taktik yang digunakan pada tahun 2004 sudah usang sekarang karena panggilan baru adalah sesuatu yang lain.
Saat ini, begitu banyak teknik baru yang benar-benar mengubah cara konsultan SEO bekerja meskipun pemahaman dasarnya tetap sama, seperti tag judul, tag H1, dan subjek yang disukai semua orang.
Media Sosial
Pemasaran media sosial semakin penting karena meningkatnya penggunaan pendekatan pemasaran viral melalui Facebook, LinkedIn, Twitter, Yammer, dan Google+. Situs jejaring sosial ini harus sejalan dengan praktik terbaik SEO untuk sepenuhnya mengendalikan potensi SEO.
Semakin banyak tautan yang menargetkan peringkat yang lebih tinggi
Reputasi pribadi telah menjadi aspek penting. Bangunan sekolah lama memiliki beberapa improvisasi. Kepercayaan umum tentang peringkat tinggi dalam hasil pencarian berubah – strategi konten kini bukanlah cara utama, tetapi menghasilkan tautan masuk berkualitas tetap sebagai elemen SEO yang sangat penting untuk mempengaruhi peringkat.
Konsep ‘tautan’ berubah dalam hal itu. Gagasan utama di balik pembuatan tautan tradisional untuk mengukur semua tautan do-follow yang dapat dihasilkan sebuah situs web dan abaikan sama sekali semua tautan no-follow. Prakteknya adalah membangun sebanyak mungkin tautan.
Sistem itu memiliki kekurangan yang dimiliki oleh beberapa pemasar black hat, dan akhirnya Google mengubah algoritmanya, yang benar-benar mengakhiri praktik praktik pembuatan tautan tradisional. Ini dikenal sebagai spamming. Bahkan blog yang bertujuan untuk menghasilkan tautan juga kini dilarang.
Blogging tamu hanya benar-benar berfungsi dengan baik jika ingin menghasilkan audiens baru, menampilkan diri Anda sebagai seorang ahli, dan terlibat dengan komunitas target Anda.
Tautan tersirat
Disebut tautan tersirat karena pada dasarnya tidak ada tautan untuk kembali ke situs sumber. Sebutan merek dan kutipan online harus dibuat dengan hati-hati dan dimasukkan dengan baik ke dalam konten situs; ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Dalam konten, penyebutan merek umumnya terhubung ke produk atau layanan, dan bagaimana mereka terhubung ke konten dijelaskan.
- Penilaian yang lebih baik dalam otoritas merek: Google tidak memberikan banyak kepentingan pada praktik pembuatan tautan tradisional sebelumnya. Otoritas merek baru akan memerintah dalam bentuk penyebutan merek.
- Tidak ada manipulasi sama sekali: Teks dan tautan Anchor tidak dapat dimanipulasi sekarang. Praktik black hat untuk menghubungkan ke situs yang sama sekali tidak relevan dengan situs sumber digantikan oleh merek yang disebutkan atau kutipan online. Setelah sebuah merek dengan sempurna dituangkan ke dalam konten situs, tautan tersirat harus menunjuk ke situs yangrelevan dengan situs sumber.
- Mempengaruhi sinyal sosial melalui penyebutan merek: Penyebutan merek atau kutipan online dianggap sebagai faktor penting untuk memanfaatkan sinyal sosial untuk SEO. Tautan yang dihasilkan melalui media sosial adalah tautan no follow yang tidak memengaruhi peringkat SERP. Tetapi ketika konten sumber apa pun dibagikan, dikomentari, ditweet, atau dikutip secara sosial dengan atau bahkan tanpa tautan tersirat ini, konten akan diangkat ke peringkat tertinggi. Seluruh proses back-linking melalui media sosial ini disebut optimasi media sosial.
- Kutipan online merupakan faktor penting untuk SEO lokal: SEO lokal menargetkan pelanggan potensial dari perusahaan kecil dan menengah. Kutipan selalu baik untuk SEO lokal. Di sini, penggunaan nama, alamat, dan nomor kontak dipertimbangkan oleh Google untuk gambaran yang lebih besar.
Keseimbangan antara penautan tradisional dan penyebutan merek
Anda tidak bisa menganggap bahwa hanya penyebutan merek yang ada saat ini, dan penautan tradisional adalah sesuatu yang sudah usang. Perlu ada keseimbangan antara keduanya. Kepentingan yang setara harus diberikan. Hanya saja, Anda harus menghindari memiliki rasio yang lebih tinggi dalam tautan kilat ke penyebutan merek Anda untuk menghindari kemungkinan bahaya terkena spam yang dapat memengaruhi merek Anda.
Google menyukai praktik konten visual yang viral karena ini adalah cara yang tepat untuk menjaga rasio tautan ekspres yang baik dengan penyebutan merek. Blogging tamu dapat digunakan untuk mempromosikan merek. Strategi membangun tautan harus seadil dan sealami mungkin.
Gunakan setiap jalan yang memungkinkan untuk menanamkan sebutan merek – media sosial, blog tamu, komentar, dan umpan RSS yang bisa menjadi viral.
Terakhir adalah mempersiapkan situs web Anda yang berfokus pada audiens target Anda dan apa yang layak mereka dapatkan. Konten yang relevan dan berharga harus dibuat dalam hal ini.
Optimalisasi media sosial memiliki pendatang baru, pengoptimalan video: Pakar SEO hari ini tahu bagaimana mengoptimalkan konten video, mendistribusikannya secara efektif, dan mengukur kemanjurannya dengan cara yang bermakna.
Pencarian berbayar, rencana optimasi bersama harus mengikuti inisiatif pencarian berbayar dengan upaya yang baik dengan tim pencarian organik untuk hasil maksimal di kedua sisi.
Penggunaan data: Kemampuan untuk memahami, menimbang, dan menggunakan data secara efisien untuk mengarahkan strategi dan berbagi sumber daya dalam anggaran terbatas untuk ROI tertinggi (pengembalian investasi) adalah parameter penting lainnya.
Faktor-faktor lain dari bagaimana cara kerja SEO modern lainnya adalah: Rasio pentalan, kecepatan situs, dan baru-baru ini, konten di atas flip diketahui sebagai faktor signifikan dalam algoritma mesin pencari paling penting.
Juga, menampilkan iklan, termasuk penargetan perilaku atau pemasaran bertarget ulang dan iklan kontekstual menggunakan kata kunci bertarget yang dihasilkan dalam praktik pencarian organik.
Yang terpenting, Anda harus memiliki gagasan yang menyeluruh tentang kampanye pemasaran dan model bisnis, sehingga Anda dapat bekerja dengan cara yang menggugah.
Cara Membuat Strategi SEO
Untuk memiliki sistem SEO yang baik, Anda harus memiliki strategi SEO yang baik. Di bawah ini adalah beberapa poin yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri saat menetapkan strategi SEO:
- Target pasar Anda: SEO tidak dimaksudkan untuk mengumpulkan lalu lintas web sebanyak mungkin untuk menjual barang Anda. Beberapa kondisi geografis dan demografi pelanggan sangat penting di mana dan bagaimana Anda akan mendapatkan pelanggan Anda. Penyesuaian yang baik pada bagian-bagian ini akan membuat berhasil maju. Google Analytics akan membantu Anda dalam penyelidikan tentang faktor-faktor ini.
- Berkonsentrasilah pada pendekatan ramah-seluler: Situs web Anda harus dapat dilihat dengan tampilan yang baik pada perangkat seluler dan memberikan kepuasan yang sama kepada pelanggan Anda yang mengakses situs Anda di komputer pribadi mereka. Satu hal yang pasti, penggunaan ponsel saat ini sudah sangat jauh mengalahkan desktop. Jadi, pastikan untuk mementingkan hal itu dengan memeriksa kinerja situs web Anda pada aplikasi seluler. Uji URL situs web Anda dalam uji Ramah Seluler dari Google untuk mengetahui hal ini.
- Opsi lainnya di Mesin Pencari: Situs web Anda tidak hanya berkinerja baik di Google, tetapi di setiap search engine lainnya seperti Yahoo, dan lain-lain. Setiap search engine memiliki algoritma pencarian berbeda yang perlu Anda ketahui dan karenanya penting membuat situs web Anda kompatibel untuk pencarian ini. Karena Pengguna Anda dapat berasal dari mana saja.
- Kata kunci yang sesuai dengan ROI Anda: Luangkan waktu untuk memperbaiki kata kunci yang relevan. Fokus pada kata kunci Long Tail sebagai yang mendefinisikan perilaku pengguna. Keberhasilan kata kunci harus diukur dalam hal ROI Anda (pengembalian investasi).
- Hapus situs web dan konten tidak berkualitas: Situs web yang ramah pengguna, navigasi yang jelas, kata kunci SEO, tag Meta yang dioptimalkan, tag judul, dan kepadatan kata kunci yang seimbang dalam konten kualitatif, relevan, dan konsisten adalah tujuan utama. Setiap halaman harus dibangun di sekitar tema kata kunci, dengan konten yang unik dan tidak dijiplak. Seharusnya berisi kata kunci juga. “Konten adalah komitmen, bukan kampanye.”
- Kualitas dan tautan yang relevan serta media sosial: Anda harus memberi perhatian yang baik dalam membangun kualitas dan tautan yang relevan di mana Anda bisa mendapatkan jumlah lalu lintas web yang baik. Dan sejalan dengan SEO, Anda perlu menyiapkan platform media sosial yang lengkap dan terkini. Anda harus ingat sejumlah besar lalu lintas dihasilkan melalui kehadiran sosial bisnis Anda.
Kesimpulan
Setiap kali, algoritme SEO berubah akan memberikan tantangan di depan Anda. Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan – tidak ada sistem SEO statis yang akan bertahan selamanya karena “SEO adalah proses yang tidak pernah berakhir.”
Dengan mengubah perilaku pelanggan online, mesin pencari juga telah mengembangkan kebijakan yang berbeda. Tetapi Anda harus berpikir realistis tentang audiens target Anda, preferensi dan ketidaksukaan mereka, kegunaan situs web, dan rencana optimasi harus dipikirkan dengan matang.
Beberapa orang mungkin hanya memikirkan peringkat dalam SERP tanpa peduli tentang penggunanya. Crawler setelah mengindeks konten akan memperhatikan kualitas dan relevansinya.
Jika menemukan beberapa cara tidak jujur diambil untuk peringkat dalam hasil pencarian, seperti mengirim spam, dan dalam kasus yang mengerikan, mesin pencari akan benar-benar melarang situs web Anda.
Karena itu, tugas utamanya adalah memikirkan pengguna Anda terlebih dahulu, bagaimana mereka menavigasi situs Anda, dan kepuasan mereka dalam menggunakan situs web Anda; semua ini akan secara langsung mempengaruhi popularitas situs begitu juga dengan waktu yang mereka habiskan di setiap halaman dapat mempengaruhi peringkat situs.
Dan semua pertimbangan ini membuat SEO banyak bekerja. Anda harus menjadwalkan waktu harian ke dalam rutinitas Anda untuk upaya SEO.
Pada dasarnya, saat membangun situs baru, rencana SEO juga harus dilakukan, tetapi jika sudah dibangun, dan Anda memasukkan tugas-tugas SEO di dalamnya, Anda perlu memberikan arti pentingnya dan mengoptimalkannya dengan benar.
Setelah memasukkan semua ini, strategi pemasaran digital dengan gerakan SEO seimbang akan pasti berhasil menempatkan situs Anda pada peringkat teratas.
Sekian tulisan kami tentang bagaimana cara kerja SEO dalam meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Semoga bermanfaat.
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.