Last Updated on February 17, 2021 by
Diera digital saat ini, segalanya serba online. Bahkan, jika internet super cepat 5G, sudah diperkenalkan di Indonesia. Sehingga mau apa saja bisa lewat online seperti belajar, ujian, bekerja, audisi, rapat, jualan, belanja, promo, beli tiket, bayar tagihan, mengurus rumah yang dilengkapi teknologi IoT, hingga kegiatan yang dianggap tidak terlalu penting. Artinya, kini kita harus segera memiliki website sendiri untuk keperluan bisnis atau organisasi.
Daftar Isi
Mengapa Harus Memiliki Website?
Website merupakan suatu wadah atau media untuk melakukan segala aktivitas online. Dengan memiliki website, segala aktivitas online Anda dapat terjamin keamanannya.
Saat ini, sebenarnya sebagian besar masyarakat sudah memiliki website. Namun, kebanyakan masih mengembangkan atau meningkatkan websitenya tersebut. Karena, dari segi trafik atau jumlah pengunjung yang datang kewebsite masih sedikit, dan posisi website juga belum berada dihalaman pertama hasil pencarian search engine.
Bagi yang sudah memiliki website dan sudah terbiasa menggunakan website tentu sudah tahu cara untuk meningkatkan website, tetapi bagi pemula yang baru memiliki website atau baru belajar website, terkadang mereka masih bingung atau tidak tahu cara meningkatkan website. Hal ini memang wajar, karena mereka belum paham bagaimana seluk-beluk website.
Pengertian SEO
SEO adalah singkatan dari search engine optimization. SEO adalah tindakan atau upaya mengoptimalkan sebuah website agar website mencapai rangking teratas dihasil pencarian google atau search engine lain.
Dengan memperoleh rangking teratas dihalaman pertama hasil pencarian, peluang website atau blog untuk mendapatkan trafik organik semakin meningkat.
Analogi Sederhana Mengenai SEO
Kami ilustrasikan SEO adalah dengan stand makanan tradisional yang ada diacara culinary night yang sering diadakan saat weekend dipusat kota. Misalnya, Anda ikut berjualan makanan tradisional lokal dengan menaruh stand diacara culinary night.
Pada acara festival kuliner itu, selain stand atau lapak Anda ada juga ratusan stand jajanan milik pedagang lain yang sejenis dengan stand jajanan milik Anda. Jika demikian, ada kemungkinan, para pengunjung atau pelanggan akan kesulitan untuk menemukan dengan mudah stand Anda.
Tetapi, lain halnya bila distand diberikan penanda khusus agar mudah ditemukan atau dilirik pengunjung, seperti lampu kerlap-kerlip yang dipasang pada stand, warna spaduk yang mencolok yang menampilkan gambar menu jualan Anda, memutar musik pada stand, promo pelayanan yang ramah, dan lain sebagainya. Hal ini kemungkinan dapat menarik banyak pengunjung dengan cepat datang kestand Anda.
Kita anggap stand jajanan adalah halaman website yang berisi konten. Sedangkan, stand jajanan yang telah diberikan penanda khusus, diilustrasikan sebagai sebuah halaman website yang sudah dilakukan atau ditanam berbagai SEO teknis dan lokasi acara culinary night sebagai internet.
Dengan melihat dari ciri atau tanda khusus yang mudah dikenali, search engine akan mudah menemukan sebuah halaman website yang paling relevan dengan keyword yang si pencari. Sehingga akan membuat sebuah website mendapatkan rekomendasi dari search engine dan website terpampang dihalaman pertama hasil pencarian (SERPS).
Otomatis website juga akan mendapatkan banyak pengunjung. Setelah menjelaskan pengertian dari SEO adalah, selanjutnya kami akan mulai membahas topik utama pada artikel kali ini yaitu SEO teknis.
SEO Teknis
SEO teknis adalah cara, pola, dan formula yang tepat untuk optimalisasi website dengan SEO yang sebelumnya telah dipelajari atau dikembangkan oleh beberapa orang pakar SEO. Teknis ini merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan seluruh proses SEO.
Jika melakukan SEO teknis yang salah, maka kemungkinan upaya melakukan SEO pada website tidak akan berhasil atau tidak memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang Anda harapkan (rangking website dimesin penelusuran tidak meningkat dan tidak ada trafik pengunjung kepada website Anda).
Karena penting SEO adalah teknis yang maka banyak orang ingin belajar SEO dan mencoba untuk mendalami SEO teknis dengan mengikuti pelatihan atau kursus SEO online ataupun offline yang disediakan oleh penyedia jasa SEO.
Bahkan ada juga yang belajar sendiri dari buku panduan atau artikel yang tersedia diwebsite yang mengupas tuntas habis semua hal tentang SEO. Pada dasarnya, dalam dunia SEO terdapat dua SEO teknis, yaitu teknik black hat dan teknik white hat. Untuk lebih jelasnya lagi tentang dua SEO teknis tersebut. Simak informasi berikut ini:
Teknik Black Hat SEO
Teknik optimasi SEO adalah yang hitam, kotor, dan spam yang dilakukan dengan cara mengakali peraturan term of service search engine agar websitenya cepat terindeks oleh search engine. Jika, terdeteksi oleh search engine.
Maka website yang menggunakan teknik ini akan mendapatkan hukuman penalti dari search engine dan websitenya akan tenggelam bahkan dihapus dari daftar mesin pencarian. Ada beberapa contoh teknik yang 2 atau 3 tahun lalu masih dianggap teknik bersih SEO.
Sekarang, telah digolongkan menjadi teknik black hat. Karena sudah diblacklist atau dicap sebagai spam oleh search engine. Contoh-contohnya itu seperti guest book, blog comments, link wheel, pyramid, web 2.0, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Teknik White Hat SEO
Teknik optimasi SEO adalah yang “bersih”, halus, dan natural. SEO teknis yang tidak melanggar aturan term of service search engine. Melakukan SEO pada sebuah website dengan menggunakan teknik white hat merupakan pekerjaan yang memerlukan proses.
Karena, dilakukan bukan hanya sekali yang hasilnya akan diperoleh secara instan, melainkan harus dikerjakan terus menerus secara konsisten. Maka hasilnya akan terlihat dalam jangka panjang dan website juga tetap aman. Teknik white hat ini merupakan teknik yang disarankan oleh para pakar SEO.
Jadi, jika Anda belajar dan menerapkan teknik SEO ini, bukanlah tindakan yang salah atau sekadar buang waktu saja. Berdasarkan ruang lingkupnya, teknik white hat SEO adalah yang dilakukan untuk mengoptimasi website terbagi menjadi dua bagian.
SEO On Page
SEO On Page adalah segala teknik SEO yang dilakukan untuk optimasi website dari dalam halaman website itu sendiri dengan memperhatikan UX dan UI: seperti mengatur dan menganalisa meta tags, loading speed, mobile friendly, dan riset keyword untuk menentukan keyword (judul, deskriptif, dan isi konten). Berikut penjelasan mengenai beberapa SEO teknis tersebut.
Mengatur dan Menganalisa Meta Tags
Meta tags terdiri dari title tags dan meta description.
Title Tags
Ini adalah judul yang judul dihalaman hasil pencarian search engine. Buatlah judul yang menarik, singkat, padat dan jelas. Menggunakan kata-kata yang tidak terlalu panjang agar tidak melewati batas yang sudah ditentukan search engine.
Meta Description
Meta description adalah teks yang singkat yang letaknya berada di bawah title tags. Teks ini berisi sebuah penjelasan singkat mengenai isi artikel atau konten website. Umumnya, teks tulisan dengan 120 karakter.
Loading Speed
Menurut survey yang telah dilakukan google, 57% pengunjung akan bosan dengan loading speed yang lambat yang kecepatan loadingnya lebih dari 3 detik. Meningkatkan loading speed adalah teknis yang harus dilakukan dalam optimasi website.
Karena, loading speed merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan ranking sebuah website di hasil pencarian. Betapa pentingnya loading speed ini, sampai google membuat alat untuk meningkatkan loading speed pada website. Nama alatnya disebut google light house.
Mobile Friendly
Mengoptimasi website menjadi mobile friendly adalah salah satu SEO teknis yang sangat penting. Hal ini karena, website mobile friendly menjadi prioritas utama bagi mesin pencari dan pengguna internet kekinian.
Website mobile friendly ini adalah website yang dapat diakses oleh pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile apapun seperti hp smartphone, tablet, dan laptop. Website mobile friendly disebut juga website yang responsif dan adaptif.
Artinya, website yang dapat menyesuaikan tampilannya sesuai dengan ukuran layar pada perangkat yang sedang digunakan. Ketika website mobile friendly ini diakses pada hp smartphone, tampilan website seperti ukuran huruf teks, gambar, dan video akan terlihat ikut mengecil, menyesuaikan ukuran layar hp smartphone.
Riset Keyword
Riset keyword adalah SEO teknis yang paling advanced. Penulis artikel atau blog diwebsite wajib melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat sebuah konten.
Hal ini agar mengetahui trend apa yang sering dicari pengguna internet disearch engine. Setelah itu, penulis dapat menentukan keyword yang paling relevan dengan konten website yang akan dibuatnya.
Pada dasarnya, riset keyword dilakukan supaya dapat membantu dalam menyusun konten website yang lebih baik lagi. Untuk dapat melakukan riset keyword dengan mudah, Anda dapat mencoba menggunakan beberapa tool riset keyword yang tersedia secara gratis pada internet. Adapun beberapa contoh “tool” untuk riset keyword tersebut adalah sebagai berikut:
• Google Trends
• SEMrush
• Ubersuggest
• KW Finder
• Keyword Shitter
• Google Related Search
• Answer The Public
• Soovle
• Moz
Off Page SEO
Selain dari dalam halaman website, optimasi website dapat diterapkan dari luar halaman website. Teknik itu disebut dengan off Page SEO.
Teknik SEO ini seperti membangun backlink (link building), share di jejaring sosial, branding (mempopulerkan brand website agar mudah ditemukan pengunjung), dan masih banyak lagi teknik yang lainnya.
Kesimpulan
Dari pembahasan artikel diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa dijaman sekarang kita harus memiliki website sendiri yang dapat digunakan sebagai wadah atau media untuk melakukan segala aktivitas online yang terkait dengan urusan bisnis ataupun organisasi.
Akan tetapi, membangun sebuah website itu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan proses yang panjang agar website berada diranking teratas hasil pencarian google dan search engine lainnya.
Untuk membangun website, ternyata tidak cukup hanya merilis konten yang banyak. Diperlukan juga berbagai SEO teknis yang efektif dan legal. SEO teknis yang efektif artinya, teknis SEO yang paling cocok diterapkan untuk mengoptimasi website.
Karena, setiap website mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Cara atau SEO teknis yang digunakan juga bisa berbeda-beda pula. Sedangkan, SEO teknis legal artinya, SEO teknis yang “bersih” dan natural, tidak menyalahi pedoman term of service dari search engine.
SEO teknis yang legal ini disebut juga teknis white SEO. Pada intinya, mempraktikkan serangkaian SEO teknis ini, membutuhkan proses yang panjang dan tentunya waktu yang tidak sedikit. Perlu kesabaran dan upaya yang konsisten dalam menerapkannya untuk mencapai hasil yang memuaskan.
Jangan mengambil “jalan pintas” dengan menggunakan berbagai teknis black hat SEO yang dilarang. Karena,cepat atau lambat tindakan Anda itu, pasti terdeteksi oleh algoritma pencarian. Jika, sudah terdeteksi, maka akan fatal akibatnya.
Bukan membuat website Anda menjadi naik peringkat dan banyak pengunjung. Tetapi, website Anda akan tenggelam dan lebih fatal lagi website Anda akan dibanned dari daftar hasil pencarian search engine.
Demikianlah,pembahasan artikel kali ini. Semoga informasinya dapat bermanfaat. Selamat mencoba SEO teknis White hat yang sudah dijelaskan tadi di atas.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.