Last Updated on May 28, 2022 by appkey
Nama Google Analytics sering digaungkan oleh komunitas SEO sebagai situs web analitik terbaik masa kini. Fiturnya yang lengkap, akurat dan gratis menjadikan software web analytics ini sebagai pilihan yang tepat untuk mengecek kinerja platform bisnis online Anda. Dengan Google Analytics, Anda bisa mengecek kemajuan, popularitas hingga engagement media bisnis online semudah satu kali klik!
Anda belum tahu apa itu Google Analytics dan fitur-fitur di dalamnya? Jangan khawatir! Mari langsung simak pembahasan lengkapnya tentang software tools SEO milik Google tersebut di bawah ini.
Daftar Isi
Apa Itu Google Analytics? SEO Tools No. 1 Google
Google tak hanya hadir sebagai search engine untuk mencari aneka informasi menarik dari jagat maya. Perusahaan teknologi raksasa ini turut meluncurkan beragam tools bermanfaat guna membantu perkembangan bisnis online masyarakat seluruh dunia. Inovasi tersebut pun diwujudkan dalam bentuk website analytics bernama Google Analytics.
Baca juga : Google Analytics (Instalasi dan Cara Penggunaan)
Sesuai namanya, Google Analytics adalah software untuk menganalisis kinerja dari sebuah website bisnis, mulai dari melacak pengunjung, menghitung jumlah kunjungan, melihat jumlah engagement konten bisnis, serta masih banyak lainnya. Sampai sekarang, sudah ada 27 juta lebih website bisnis yang terkoneksi dengan layanan gratis website analytics Google.
Umumnya, perusahaan online menggunakan bantuan Google Analytics untuk mencari data-data guna merancang strategi pemasaran bisnis yang lebih baik. Namun ada juga yang memakai hasil perincian software ini untuk mengoptimalkan website sehingga lebih disukai dan banyak digunakan masyarakat.
Fungsi utama dari Google Analytics adalah memperoleh informasi pengunjung website perusahaan Anda serta aktivitas yang mereka lakukan selama berkunjung. Dengan mengenali siapa saja orang yang menyambangi website e-commerce Anda, maka akan jauh lebih mudah untuk Anda memberikan penawaran produk atau jasa kepada mereka. Otomatis, penjualan bisnis pun dapat ditingkatkan.
Selain itu masih ada fungsi-fungsi lainnya dari Analytics yakni:
- Meriset keywords serta ide-ide trending untuk dijadikan konten
- Mengoptimalisasi website agar menduduki posisi teratas di mesin pencari (SEO)
- Menganalisis tingkah laku pengunjung dan engagement konten
- Membuat laporan data ataupun hasil analisis dengan cepat dan praktis
Tertarik untuk mencoba mengembangkan bisnis online Anda bersama Analytics? Yuk klik link websitenya sekarang di: https://analytics.google.com/analytics/web/
5 Ragam Manfaat Analytics
Mengapa optimalisasi dan pengecekan performa website bisnis itu penting? Mengapa kita tidak biarkan saja website bisnis yang sudah ada, dan cukup berfokus mengupload produk serajin mungkin?
Bayangkan jika Anda memiliki toko fisik yang tidak terawat, memiliki banyak peralatan kerja yang rusak, dan tampilan toko sudah kusam plus tidak menarik. Apakah kondisi toko yang seperti ini mampu menarik perhatian calon konsumen baru? Jelas tidak mungkin.
Begitu pula dengan website bisnis yang menjadi “toko” jualan Anda di dunia maya. Website yang tidak terawat, konten produk yang dibuat asal-asalan, apalagi terdapat link rusak pada web akan sangat menurunkan kualitas toko online Anda.
Ingat, ada jutaan kompetitor website lain di luar sana. Jika Anda tidak peduli akan performa website bisnis Anda, maka jangan heran kalau semakin lama, website perusahaan akan semakin tenggelam di halaman pencarian Google konsumen.
Google Analytics hadir untuk membantu Anda mencari tahu apakah konten-konten jualan Anda mengalami kemajuan engagement atau tidak. Meningkatnya peringkat website Anda di halaman pencarian Google pun menjadi manfaat nyata yang bisa dinikmati dengan bantuan Analytics. Jika website Anda sukses menduduki peringkat teratas di kolom pencarian, lebih banyak konsumen akan datang dengan sendirinya ke toko online Anda.
Selain itu, ada pula 5 manfaat lainnya dari Analytics untuk bisnis online:
Memantau Medsos Bisnis
Selain website, bisnis online kini banyak dilakukan di media sosial karena platform ini mampu membangun citra brand dan memberikan efek signifikan terhadap perkembangan bisnis. Untuk itu, Analytics bisa memantau seluruh aktivitas media sosial bisnis Anda, mengetahui engagement konten, menganalisis traffic yang didatangkan dari medsos ke website, serta masih banyak lagi.
Mengenali Karakteristik Pengunjung
Setiap pengunjung website memiliki karakteristik yang unik yang perlu dikenali agar penjualan bisa berlangsung tepat sasaran. Analytics siap membantu Anda mencari identitas masing-masing pengunjung seperti lokasi akses, tipe browser yang digunakan, aktivitas, hingga bahasa yang mereka gunakan. Semua data tersebut bisa digunakan untuk membuat konten yang paling sesuai dengan minat serta kebutuhan setiap pengunjung.
Membantu Pencapaian Tujuan Perusahaan
Manfaat Analytics selanjutnya adalah membantu proses pencapaian tujuan bisnis online Anda. Cukup atur rencana-rencana yang hendak diwujudkan, seperti meningkatkan penjualan, share di sosial media, hingga peningkatan e-mail dan subscription. Selanjutnya Analytics akan mencatat setiap progress yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan.
Menganalisis Sumber Traffic
Setiap website memiliki sumber traffic yang berbeda-beda, terlebih jika Anda sering menyebarkan konten website perusahaan via media sosial atau aplikasi e-commerce. Analytics mampu mengenali sumber traffic website toko Anda seperti referral, kolom search, link URL direct, campaigns dan media sosial.
Mengetahui media yang paling banyak mendatangkan traffic website dapat membantu Anda memaksimalkan pemasaran di platform tersebut. Selain itu, Anda bisa mendongkrak kembali media-media pemasaran yang dirasa kurang mendatangkan traffic. Pada akhirnya, website toko Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic.
Memantau Perkembangan Konten
Manfaat terakhir Analytics adalah memantau perkembangan konten website yang Anda posting. Anda bisa mengetahui konten yang dikunjungi terbanyak untuk digunakan sebagai highlight promosi. Selain itu Anda juga memperoleh insight lengkap interaksi, komentar, share, dan view untuk setiap konten menggunakan Analytics.
4 Fitur Canggih Analytics untuk Meningkatkan Kualitas Toko Online
Analytics mempunyai beragam fitur unggulan gratis guna mencapai tujuan pemaksimalan toko online Anda. 4 fitur berikut ini sangat membantu untuk mendapatkan informasi terkait performa website toko online Anda:
Repoting
Fitur reporting bermanfaat untuk memberikan laporan terkait beragam aspek website. Ada banyak jenis laporan di Analytics seperti laporan iklan, konversi, pengunjung, akuisisi, diagram alur pengunjung, laporan real-time, dan tingkah laku konsumen. Laporan-laporan tersebut dapat diunduh serta dibagikan via aplikasi ke seluruh rekan kerja di kantor Anda.
Analytics Intelligence
Selanjutnya adalah fitur Analytics Intelligence yang bisa memberikan Anda informasi terkait data perubahan serta trend terbaru, kinerja website toko online hingga kemajuan bisnis yang sedang Anda jalankan. Fitur ini juga dilengkapi dengan pedoman lengkap agar siapapun bisa memahami data-data yang dimunculkan.
Collecting dan Management Data
Untuk mengumpulkan dan memanajemen data, Analytics dilengkapi dengan protokol OM (open measurement), library JavaScript, dan aplikasi SDK. Kombinasi ini memungkinkan Anda untuk mengimpor data dari aneka aplikasi di luar Analytics.
Analysis dan Visualization Data
Fitur terakhir adalah analysis dan visualization data. Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk membaca, menganalisis dan memvisualisasikan data-data mentah menjadi suatu kesimpulan.
Kelebihan dan Kekurangan Google Analytics
Pembahasan terakhir dalam artikel ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Google Analytics. Mengetahui sisi plus dan minus Analytics dapat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan hendak menggunakan software ini untuk perusahaan ataupun tidak.
Kelebihan (+) Google Analytics
Salah satu keunggulan software ini adalah memiliki fitur yang lengkap, berkualitas, dan bisa digunakan siapa saja secara gratis. Terdapat pula beragam kelebihan lainnya untuk mendukung proses optimalisasi dan analisis kondisi website perusahaan:
- Mengidentifikasi lokasi dari setiap pengunjung website perusahaan Anda.
- Mempermudah pemasaran website sekaligus melacak penghasilan yang didapat dari Google AdSense.
- Mencatat semua daftar pengunjung, termasuk menampilkan pengunjung baru dan yang datang berulang kali.
- Memperlihatkan nama perangkat yang digunakan pengunjung untuk mengakses website perusahaan Anda dan bahasa komputer mereka.
- Menampilkan durasi kunjungan setiap orang serta tingkat bounce.
Kelemahan (-) Google Analytics
Meski memiliki banyak keuntungan, sayangnya tools SEO ini masih mempunyai sejumlah kekurangan yang patut Anda waspadai. Jika tidak ditangani dengan baik, maka kelemahan-kelemahan situs web analitik Google ini dapat pula menurunkan atau menghambat performa website perusahaan Anda:
- Kinerjanya agak memperlambat jalannya website ataupun blog perusahaan.
- Cukup rumit dipakai untuk orang awam atau pemula.
- Harus login ke akun agar bisa mendapatkan data-data statistik web yang lengkap
- Agak tidak praktis, karena masih menuntut pengetahuan dan skill Anda terkait SEO untuk bisa menggunakan tools-tools dengan optimal.
Itulah pembahasan lengkap terkait Google Analytics untuk memaksimalkan website bisnis online Anda. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda, ya. Jangan pernah patah semangat dan teruslah mencoba mengembangkan bisnis online Anda agar semakin sukes!
Lengkapi pula pemahaman Anda terkait bisnis online dengan beraneka artikel-artikel informatif lainnya dari website kami. Sampai jumpa di pembahasan menarik berikutnya!
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.