Last Updated on September 1, 2020 by
Six Sigma adalah pendekatan yang sangat efektif yang menciptakan perbaikan dalam proses bisnis dengan memajukan setiap sektor perusahaan. Ini menggunakan metode statistik dan analitis untuk mengurangi variasi dalam produk akhir.
Dan merupakan cara yang bagus untuk membantu seseorang memahami karakteristik dan manfaat teknik yang digunakan selama implementasinya. Ada beberapa modul proyek Six Sigma yang menggunakan contoh-contoh ini untuk membantu pelajar memahami cara sistem beroperasi.
Daftar Isi
Apa itu Six Sigma?
Six Sigma adalah metode yang peningkatan kualitas , SIX SIGMA berasal dari kata SIX yang berarti 6 dan SIGMA yang merupakan satuan dari Standar Deviasi yang dilambangkan dengan simbol σ. Six Sigma adalah metodologi kontrol kualitas yang dikembangkan pada tahun 1986 oleh Motorola.
Metode ini menggunakan tinjauan berdasarkan data untuk membatasi kesalahan atau cacat dalam dan proses. Six Sigma menekankan perbaikan waktu siklus sementara pada saat yang sama mengurangi cacat produksi ke tingkat tidak lebih dari 3,4 kejadian per juta unit. Dengan kata lain, sistem adalah metode untuk bekerja lebih cepat dengan lebih sedikit kesalahan.
Dalam beberapa tahun terakhir, ini telah berkembang menjadi filosofi manajemen bisnis yang lebih umum, berfokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan. Juga meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan serta mempertahankan produk dan layanan bisnis.
Six Sigma berlaku untuk semua industri. Banyak vendor, termasuk Motorola sendiri, menawarkan pelatihan Six Sigma dengan sertifikasi khusus yang mengusung nama yellow belt, green belt, dan black belt. Berikut ini informasi selengkapnya untuk Anda.
Proses Transformasi Bisnis Six Sigma
DMAIC adalah metodologi standar yang digunakan oleh praktisi Six Sigma. Six Sigma menggunakan proses manajemen berbasis data yang digunakan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan proses bisnis.
Lima Fase Metode DMAIC
Define
Dimulai dengan pendekatan yang berpusat pada pelanggan.
- Masalah bisnis ditentukan dari perspektif pelanggan.
- Tujuan ditetapkan. Apa yang ingin Anda capai? Sumber daya apa yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan?
- Petakan prosesnya. Verifikasi dengan pemangku kepentingan bahwa Anda berada di jalur yang benar.
Measure
Difokuskan pada metrik proyek dan alat yang digunakan dalam pengukuran.
- Ukur masalah Anda dalam angka atau dengan data pendukung.
- Tentukan ukuran kinerja.
- Evaluasi sistem pengukuran yang akan digunakan. Bisakah itu membantu Anda mencapai hasil Anda?
Analyse
Tahap ketiga menganalisis proses untuk menemukan variabel yang berpengaruh.
- Tentukan apakah proses Anda efisien dan efektif. Apakah proses tersebut membantu mencapai apa yang Anda butuhkan?
- Hitung tujuan Anda dalam angka. Misalnya, kurangi barang cacat sebesar 20%.
- Identifikasi variasi menggunakan data historis.
Improve
Fase ini adalah tempat Anda mengidentifikasi bagaimana Anda dapat meningkatkan implementasi proses.
- Identifikasi kemungkinan alasannya.
- Temukan hubungan antar variabel.
- Tetapkan toleransi proses, yang didefinisikan sebagai nilai tepat yang dapat dimiliki variabel tertentu, dan masih berada dalam batas yang dapat diterima, misalnya, kualitas produk tertentu. Batasan mana yang membutuhkan X untuk menahan Y dalam spesifikasi? Kondisi operasi apa yang dapat mempengaruhi hasil? Toleransi proses dapat dicapai dengan menggunakan alat seperti pengoptimalan yang kuat dan set validasi.
Control
Dalam fase terakhir ini, Anda menentukan bahwa tujuan kinerja yang diidentifikasi pada fase sebelumnya diterapkan dengan baik dan perbaikan yang dirancang dapat berkelanjutan.
- Validasi sistem pengukuran yang akan digunakan.
- Tetapkan kemampuan proses. Apakah tujuannya tercapai? Misalnya, apakah tujuan pengurangan barang cacat sebesar 20 persen akan tercapai?
- Setelah langkah sebelumnya terpenuhi, terapkan prosesnya.
Manfaat Six Sigma
Sebagai metodologi baru, Six Sigma berfokus pada tujuan yang dapat diukur, terutama tujuan keuangan. Anda dapat mencapai tujuan melalui keputusan berdasarkan data, berdasarkan proses statistik, dan bukan hipotesis.
Memang, banyak perusahaan mengkredit Six Sigma dengan memberi mereka tabungan yang besar. Misalnya, Motorola menawarkan penghematan sebesar $ 17 miliar.
Meskipun hasil awal pekerjaan dengan Six Sigma di GE kurang menjanjikan, antara tahun 1995 dan 2000, proses Six Sigma dikatakan telah menghemat $ 12 miliar perusahaan. Lebih dari 50 persen perusahaan Fortune 500 menggunakan Six Sigma dan mengkredit metodologi tersebut dengan penghematan lebih dari $ 400 miliar dalam dua dekade terakhir.
Ini biasanya merupakan praktik yang digunakan oleh perusahaan besar, dan beberapa menganggap bahwa metodologi memerlukan adaptasi yang signifikan untuk organisasi kecil. Selain itu, sertifikasi formal mungkin sangat mahal bagi perusahaan kecil, terutama untuk sertifikasi yang lebih maju.
Namun, para ahli juga melihat keunggulan Six Sigma untuk semua organisasi, seperti:
Pemetaan Proses Operasi
Pemetaan proses adalah proses diagram alur untuk menyediakan dokumentasi proses bisnis tertentu. Berbagai saran perbaikan yang cerdik keluar melalui diagram alur proses kerja.
Penghapusan Limbah
Limbah yang didefinisikan di sini adalah segala sesuatu yang tidak produktif terhadap pengembangan layanan atau produk yang dikirimkan kepada klien. Setelah mengidentifikasi ide perbaikan, menghilangkan pemborosan adalah tindakan alami sesuai dengan proses Six Sigma.
Mengurangi Jumlah Cacat
Dengan identifikasi cepat area masalah dan masalah yang terus berlanjut, bersama dengan teknik penghapusan limbah yang efektif, Anda dapat mengurangi jumlah kesalahan secara substansial. Ini membantu menciptakan solusi yang memuaskan untuk klien Anda.
Lingkup Perbaikan Berkelanjutan
Jika karyawan mendapatkan pelatihan dalam Six Sigma, mereka memiliki keahlian yang diperlukan untuk mengidentifikasi hambatan dan terus bekerja untuk meningkatkan peluang. Ini, dalam jangka panjang, dapat meningkatkan layanan dan produk Anda secara signifikan.
Kepuasan Pelanggan
Sebuah bisnis akan menerapkan proses yang ditingkatkan dan peningkatan kontrol kualitas dengan metodologi Six Sigma. Ini menghasilkan produk jadi yang lebih baik. Itu, mengarah pada kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.
Loyalitas Pelanggan
Pelanggan yang bahagia adalah pelanggan setia suatu merek dan mereka kembali untuk melakukan pembelian di masa mendatang. Untuk mencapai pelanggan setia, produk harus tetap konsisten dalam kualitasnya.
Kesimpulan yang Lebih Baik
Referensi dari mulut ke mulut yang baik diberikan oleh pelanggan yang puas. Pelanggan yang bahagia selalu kembali lagi. Semua ini diterjemahkan menjadi aliran pendapatan yang lebih baik.
Kepuasan Karyawan
Salah satu manfaat Six Sigma adalah bagaimana Six Sigma dapat mengarahkan karyawan ke tujuan bersama. Six Sigma menawarkan para pemimpin kesempatan untuk mengklarifikasi dan merasionalisasi pesannya. Selain itu, hasil yang ditingkatkan dapat menciptakan rasa persahabatan. Ini mengarah pada hasil yang lebih baik.
Contoh Six Sigma
Beberapa contoh six sigma profil tinggi termasuk yang berikut ini.
General Electric
Meskipun mempekerjakan personel khusus terbaik yang tersedia dan menggunakan teknologi terbaru, GE memiliki masalah dengan kualitas produk dan layanan secara keseluruhan. Ini menggunakan Six Sigma sebagai uji coba, dan merampingkan proses jaminan produknya, menghasilkan peningkatan pendapatan.
Wipro
Sebagai pemimpin dalam industri pengembangan perangkat lunak, produksi barang konsumen dan layanan pelanggan masih kurang. Cacatnya segera dinetralkan dengan bantuan implementasi Six Sigma.
Microsoft
Rahasia di balik catatan layanan dan lini produk bintang mereka adalah Six Sigma. Pemimpin perangkat lunak dan produk sekarang dianggap sebagai anak poster untuk implementasi Six Sigma.
Motorola
Sebagai salah satu perusahaan besar pertama yang menggunakan Six Sigma, ia menerapkannya sebagai percobaan untuk merampingkan kualitas produk dan layanan guna meningkatkan pendapatan. Hasilnya sangat menggembirakan, dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan
[business-about]
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.