Last Updated on December 30, 2023 by APPKEY-HERI
Pernahkah Anda berbelanja di toko-toko yang menjual barang secara eceran? Jika diperhatikan, pedagang ritel adalah pedagang yang paling banyak di sekitar kita. Selain itu, pedagang ini dapat dijumpai dengan mudah dalam keseharian.
Para pedagang ecer juga menawarkan aneka produk dengan harga terjangkau. Alhasil, tidak mengherankan jika kita bergantung kepada pedagang eceran untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari.
Dalam dunia ekonomi dan bisnis, bentuk usaha ecer ini dikenal dengan sebutan bisnis ritel. Perdagangan ritel telah hadir dari ratusan abad lalu dan masih eksis sampai hari ini.
Bahkan, perusahaan ritel dikenal mampu bertahan dalam segala situasi, termasuk pandemi virus Corona yang membuat banyak aktivitas perusahaan lesu. Pun menjalankan bisnis ritel adalah solusi jika Anda ingin memiliki pendapatan yang melimpah ruah.
Ingin mengetahui lebih banyak seputar dunia bisnis ritel? Yuk langsung simak artikel berikut ini!
Daftar Isi
Perusahaan Ritel Adalah
Sebelum menelisik lebih lanjut tentang potensi bisnis ritel, Anda harus memahami arti kata “bisnis ritel” itu sendiri. Apa itu bisnis atau perusahaan ritel? Kata ritel adalah serapan dari bahasa Inggris “retail” yang merujuk pada aktivitas penjualan dan penawaran barang langsung kepada konsumen.
Berangkat dari definisi tersebut, kita dapat menarik pemahaman dari perusahaan ritel. Perusahaan ritel adalah perusahaan-perusahaan yang menjual produk secara langsung kepada konsumen akhir. Alhasil, perusahaan ritel menjadi pihak penyalur terakhir dalam mata rantai distribusi produk. Pihak yang menjalankan bisnis ritel juga dikenal dengan nama retailer atau pengecer.
Jelas, bisnis ritel adalah perantara antara produsen atau distributor grosir dengan masyarakat. Pihak ritel biasanya akan membeli produk dalam jumlah besar dari produsen atau distributor grosir dengan harga murah. Selanjutnya, perusahaan ritel akan menaikkan harga tersebut guna mendapat keuntungan saat menjualnya ke masyarakat.
Bisnis ritel adalah nama lain dari bisnis eceran. Perusahaan ritel akan menjual produk secara satuan (ecer) dengan harga ekonomis ke masyarakat. Nantinya, masyarakat akan mengonsumsi atau menggunakan produk yang mereka beli untuk memenuhi kebutuhan pribadi.
Barang-barang di toko eceran umumnya tidak dijual kembali oleh pembeli, dan hal inilah yang menjadi pembeda antara toko grosir dengan ritel. Selain menjadi salah satu sumber mata pencaharian, ritel memiliki sejumlah fungsi lainnya di bidang perekonomian. Fungsi-fungsi ritel yakni:
- Menguntungkan produsen dan distributor yang menjadi agen tempat ritel membeli barang dagangan
- Menyebarluaskan produk dari produsen ke masyarakat
- Membantu memenuhi kebutuhan harian konsumen
- Turut aktif mempopulerkan produk ke masyarakat melalui sistem promosi
Calon Pengusaha Wajib Tahu, Ciri-Ciri Bisnis Ritel Adalah
Setelah memiliki gambaran akan bisnis ritel, selanjutnya adalah memahami ciri-ciri sebuah retailer. Anda tentunya harus memahami ciri-ciri retailer untuk bisa menyusun strategi yang baik saat hendak membuka bisnis ritel. Ciri-ciri umum dari perusahaan ritel adalah:
Memberikan Pelayanan Langsung ke Konsumen
Ciri pertama dari ritel adalah melayani konsumen secara langsung. Ciri ini adalah yang paling menonjol dari bisnis ritel sekaligus membedakannya dengan jenis perusahaan lain. Bisnis ritel selalu menawarkan aneka produk serta diskon kepada masyarakat agar tertarik untuk berbelanja.
Selain itu, aktivitas perdagangan di ritel juga tergolong cepat, praktis, dan mudah. Semakin praktis sistem berbelanja di perusahaan yang Anda kelola, maka akan semakin besar potensi kesuksesan usaha Anda. Selain mengutamakan pelayanan prima ke konsumen, Anda juga harus bisa menyesuaikan harga produk yang dijual agar mampu bersaing dengan baik di pasaran.
Menjual Produk Secara Satuan
Ciri khas lainnya dari bisnis ritel adalah menjual produk secara satuan. Produk satuan dikenal memiliki harga yang agak lebih mahal dibandingkan produk grosir. Jadi Anda harus pintar-pintar menetapkan strategi promosi serta harga jual.
Ada banyak metode promosi jitu yang sering diterapkan usaha eceran, mulai dari berpromosi secara kreatif, menerapkan metode bundling, hingga memberikan diskon flash sale kepada konsumen.
Selain itu, Anda juga harus senantiasa memastikan stok produk tersedia di toko. Hal ini penting mengingat tujuan konsumen berbelanja adalah untuk mendapatkan benda yang dibutuhkan. Terlebih jika Anda sedang melakukan promo dan toko kebanjiran oleh pembeli. Bayangkan betapa kecewanya pembeli jika sudah sampai di toko dan tidak mendapat barang yang mereka cari.
Menyediakan Beragam Kebutuhan Pelanggan
Retailer yang baik dan sukses umumnya adalah toko yang menyediakan beragam kebutuhan pelanggan. Semakin lengkap jenis produk yang dijual, maka akan semakin banyak pelanggan mendatangi toko Anda.
Toko yang menyediakan beragam produk cenderung digemari sebab mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dalam sekali berbelanja di satu tempat. Hal ini akan lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya dari konsumen.
3 Jenis Ritel Populer di Masyarakat
Bisnis ritel seperti apa yang seharusnya Anda buat? Jangan bingung! Anda bisa menentukan dari awal ritel apa yang hendak Anda dirikan berdasarkan jenisnya. Ritel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan lokasi, produk yang dijual, serta status kepemilikannya.
Berdasarkan Lokasi
Berdasarkan lokasi, ritel dapat dibedakan menjadi strip mall dan ritel gabungan. Strip mall merupakan ritel yang mempunyai akses langsung ke jalanan umum masyarakat. Ritel jenis ini berdiri sendiri di sebuah lahan khusus. Sedangkan ritel gabungan adalah beberapa perusahaan ritel yang berdiri di suatu wilayah. Bersama-sama, mereka semua membangun sebuah perusahaan besar.
Berdasarkan Produk
Pembagian ritel menurut produk yang dijual adalah service retail, product retail, dan non-store retail. Service retail menawarkan jasa dan product retail menjual produk (barang). Sedangkan, non-store retail memasarkan produk melalui media tertentu seperti vending machine.
Berdasarkan Status Kepemilikan
Pengelompokan ritel terakhir adalah menurut status kepemilikannya, yakni waralaba, kelompok usaha dan mandiri. Ritel waralaba bekerja dengan sistem franchise. Ritel kelompok usaha beroperasi menggunakan sistem jaringan yang terkait dalam suatu manajemen seperti swalayan. Sedangkan, ritel mandiri berdiri sendiri menggunakan tempat dan modal milik pribadi seperti warung dan toko kelontong.
Contoh Bisnis Ritel yang Wajib Dicoba
Ada banyak sekali jenis ritel yang dapat kita temui dalam keseharian. Anda pun bebas menentukan hendak mulai mendirikan ritel di bidang apa tentunya. Akan tetapi, jika Anda masih belum tahu hendak membuka ritel apa, maka ada baiknya untuk menyimak contoh bisnis ritel berikut ini. Wajib dicoba dan dijamin laris manis!
Online Ritel (E-commerce)
Tahun 2020 dikenal sebagai era online, di mana hampir semua aktivitas masyarakat dijalankan menggunakan teknologi internet. Memanfaatkan situasi ini, Anda bisa membangun ritel yang menjual barang atau jasa dan berinteraksi dengan konsumen via online, seperti e-commerce.
Café Kopi
Kopi tengah menjadi minuman yang naik daun di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda milenial. Anda bisa membuka ritel waralaba atau mandiri berupa café kopi yang menjual beragam varian menu es kopi kekinian. Dijamin laris!
Beauty Clinic
Inspirasi ritel menguntungkan berikutnya adalah beauty clinic alias klinik kecantikan. Usaha yang satu ini tergolong menjanjikan sebab sudah memiliki pasarnya sendiri, yaitu para kaum hawa. Anda bisa mendirikan ritel waralaba dari beauty clinic ternama dan memberikan beragam service serta produk kecantikan untuk memanjakan kebutuhan konsumen. Tertarik untuk mencoba?
Itulah pembahasan kali ini terkait bisnis ritel. Jangan lupa sebelum mendirikan bisnis ritel, Anda harus membuat perencanaan matang terkait usaha yang hendak dibuat. Tentukan ritel yang paling cocok dengan kondisi pasar, strategi penjualan dan modal Anda. Semoga artikel edisi kali ini mampu menginspirasi Anda dan jangan lupa untuk mengecek artikel inspiratif lainnya dari kami!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.