Cara Bikin Iklan di Google Terbaru

Bagaimana cara bikin iklan di Google? Bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis atau usaha ada pentingnya untuk melakukan marketing supaya semakin banyak orang mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kegiatan marketing tidak hanya bisa membuat bisnis atau usaha semakin dikenal masyarakat saja, melainkan bisa meningkatkan pemasukkan.

Jika pemasukan meningkat, maka keuntungan yang akan didapat pun juga meningkat. Berbagai kebutuhan atau informasi bisa didapatkan dengan mudah melalui Google. Beriklan di Google juga memberikan Anda solusi plus plus, serta keefektifan yang tinggi. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika beriklan di Google. Pada bahasan kali ini, akan membahas tentang cara bikin iklan di Google sehingga Anda bisa segera mempraktekkannya tanpa membuang-buang waktu.

Keunggulan Iklan di Google

Seiring perkembangan zaman berbagai cara marketing telah bermunculan. Dari marketing yang tadinya bersifat tradisional, kini kegiatan marketing bisa juga dilakukan secara online. Bahkan marketing secara online dinilai lebih efektif dibandingkan cara tradisional yang mana mengharuskan Anda mencetak flyer dan mungkin mempekerjakan SPG atau SPB. Lebih efektif yang dimaksud yaitu  mulai dari soal biaya, target, dan waktu. Beriklan di Google adalah salah satu cara marketing yang sempurna di zaman ini. Pasalnya, setiap harinya atau setiap jamnya ada banyak sekali orang yang mengakses mesin pencarian yang satu ini.

Google sampai saat ini menyediakan banyak sekali fitur atau layanan yang sudah ramai digunakan pengguna internet. Dari banyaknya layanan yang disediakan Google, ada satu layanan Google yang akan kita gunakan untuk keperluan marketing, terlebih untuk beriklan. Adapun layanan dari Google yang dimaksud ini adalah Google Adwords.

Google Adwords adalah layanan dari Google yang dirancang khusus untuk beriklan. Sebagai fitur khusus untuk beriklan, Google Adwords ini memiliki berbagai keunggulan yang beberapa tak akan Anda temukan di media beriklan lainnya. Berikut beberapa keunggulan dari Google Adwords yang harus Anda ketahui.

Beberapa Keuntungan Bikin Iklan di Google

Cara bikin iklan di Google adalah cara iklan yang sangat sederhana. Anda tak perlu pergi ke agensi advertising atau menghubungi mereka untuk mendapatkan jasa iklan yang Anda inginkan. Dibahasan ini nanti akan dibahas bagaimana cara beriklan di Google. Nantinya Anda akan membuktikan sendiri bagaimana mudahnya beriklan di layanan internet yang satu ini.

Anda juga tak perlu bingung memilih jenis iklan yang lebih spesifik karena Google sendiri akan memberitahu Anda mana yang paling cocok untuk produk Anda. Bagaimana cara Google memberitahu hal ini? Tetap simak bahasan ini supaya Anda mengetahuinya. Meskipun bersifat individu saat Anda mengiklankan produk atau jasa Anda. Anda tak perlu khawatir tidak akan bisa beriklan di sana. Terutama untuk Anda yang tidak memiliki latar belakang marketing atau teknologi informasi.

Selain nantinya akan dibahas bagaimana cara bikin iklan di Google, tanpa mengetahui lebih spesifik pun cara beriklan di fitur Google ini terhitung bukanlah prosedur yang sulit untuk dilakukan. Tujuannya adalah supaya Anda terhindar dari kendala dan hasilnya bisa maksimal. Apalagi jika Anda sudah tergabung dalam Google Adwords, mereka akan senantiasa memberikan panduan yang jelas supaya kegiatan beriklan bisa lebih mudah dan lebih menyenangkan. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai keuntungan beriklan di Google Adwords, yaitu :

Beriklan Menjadi Lebih Terjamin

Tidak semua media beriklan bisa menjamin kualitas jasa mereka dan tidak semua agensi advertising bisa menjamin sesuai target atau  tidaknya produk yang Anda iklankan. Inilah salah satu keunggulan yang ditawarkan Google Adwords, bahwasannya iklan yang akan Anda pasang sudah pasti terjamin. Tak hanya terjamin saja, bahkan Anda bisa mengatur supaya iklan Anda lebih terjamin targetnya. Terdengar menarik bukan? Google adalah mesin pencarian yang paling populer, ya atau tidak? Jawabannya jelas iya.

Dengan nama yang sudah besar ini, pastinya akan membuat apapun yang Anda pasang di Google mudah ditemukan orang, terutama pengguna internet.  Iklan yang akan Anda pasang di Google Adwords akan ditaruh di halaman pertama pencarian Google. Ya, semuanya ditaruh di halaman pertama. Dengan hal ini bisa kita simpulkan bahwa Google Adwords tidak memasang tarif iklan berdasarkan letak penaruhan halaman. Tidak dipasang iklan dengan tarif lebih murah di halaman kedua namun lebih mahal di halaman pertama.

Soal akurasi juga tak perlu diragukan lagi. Jika pengguna internet mengunjungi situs Google dan menemukan iklan Anda, maka pengguna internet sudah pasti akan melihat iklan Anda. Jika sudah terlihat iklan Anda oleh pengguna internet, maka besar kemungkinannya mereka akan mengunjungi situs Anda. Pada akhirnya si pengunjung akan dapat mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Biaya Relatif Murah

Pebisnis mana yang tidak mau beriklan dengan hanya mengeluarkan rupiah yang kecil? Pastinya semua pebisnis akan berusaha supaya pengeluaran yang harus dikeluarkan kecil namun bisa menarik banyak pemasukan. Hal ini tentunya tak lain supaya pebisnis tak kesulitan dalam mengumpulkan modal namun tetap mendapatkan keuntungan dalam berbisnis.

Sayangnya, ada juga pebisnis yang langsung tergiur beriklan murah tanpa memandang bagaimana kualitasnya. Pada kenyataannya tak semua agensi advertising bisa memberikan jasa beriklan yang berkualitas. Apalagi kalau yang ditarifkan adalah nominal kecil. Meski demikian, tak menutup kemungkinan tetap ada agensi advertising yang bisa menarik harga murah namun tetap berkualitas.

Di Google Adwords Anda akan memiliki pengalaman beriklan dengan harga yang relatif kecil. Bahkan dengan menghilangkan kata “relatif” pun juga tetap benar adanya. Sudah siapkah Anda mengetahui berapa biaya untuk beriklan di Google Adwords?Jawabannya bervarian, hanya saja nominal minimal yang harus Anda ketahui untuk bisa beriklan di Google haruslah Anda ketahui. Hanya dengan 1000 Rupiah saja Anda sudah bisa beriklan di Google Adwords! 1000 Rupiah adalah harga termurah dan masih ada jenis iklan lainnya dari Google Adwords yang harganya lebih mahal. Namun, meskipun lebih mahal tetap saja hitungannya relatif murah.

Memberikan Laporan Perkembangan

Tak hanya memberikan laporan perkembangan saja, ada hal lain yang harus Anda catat dari beriklan di Google Adwords ini. Hal yang menjadi salah satu keunggulan beriklan di Google Adwords ini berupa memberikan Anda laporan yang akan terjadwal dan akurat.Ini menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk bergerak mengembangkan bisnis atau usaha Anda.

Dengan laporan iklan yang disediakan, Anda akan mengerti bagaimana proses marketing dan bisa melakukan evaluasi setelahnya. Dengan mengerti bagaimana kemajuan dari iklan Anda, Anda akan lebih mengerti apa yang harus dilakukan. Hal yang bisa dikatakan menjadi pertanggungjawaban ini akan membuat kegiatan marketing lebih efektif dan terstruktur.

Cukup banyak dan menarik keunggulan yang dimiliki Google Adwords sebagai media beriklan. Karena beberapa keunggulan diatas, kini Anda sudah bisa membuat pertimbangan apakah akan beriklan di Google Adwords atau tidak. Menjadi keputusan yang cerdas apabila Anda memutuskan untuk memanfaatkan Google Adwords sebagai media beriklan. Jika iya, maka simak cara bikin iklan di Google berikut supaya Anda bisa segera mempraktekkannya.

Cara Beriklan di Google Adwords 

Berikut ini adalah langkah demi langkah yang harus Anda pahami betul untuk bisa beriklan melalui Google Adwords  :

Membuat Akun di Google Adwords

Tentunya hal paling awal untuk bisa beriklan di Google Adwords adalah memiliki akun disana. Ya, Anda kali ini akan diajak membuat akun terlebih dahulu di Google Adwords. Caranya tak sulit. Untuk membuat akun ini Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci “Google Adwords” saja di mesin pencarian Google. Bisa juga dengan langsung mengunjungi website resminya, yaitu di adwords.google.com.

Setelah masuk ke halaman Google Adwords, lihat di bagian atas halaman. Anda akan menemukan opsi “Mulai Sekarang” hal yang sama juga bisa Anda pilih jika Anda menggunakan settingan bahasa inggris, “Get Started”. Setelahnya Anda akan diberikan dua isian, yaitu email dan situs website Anda. Situs website ini bukan situs website pribadi Anda, melainkan situs website yang ingin Anda iklankan.

Setelah berhasil untuk Anda isikan, selanjutnya bersama-sama dengan Google Anda akan membuat campaign untuk iklan Anda, terus simak prosedur berikut untuk melakukan campaign.

Membuat Campaign 

Campaign di Google Adwords yang ada biasa disebut dengan PPC Campaign. Inilah langkah yang akan memberikan Anda kesempatan untuk membuat modifikasi secocok mungkin dengan apa yang Anda inginkan. Pada awalnya, Anda akan mengatur poin-poin yang cukup penting dan usahakan untuk mengisinya dengan keadaan yang sebenarnya. Pasalnya jika Anda tak serius mengisikannya maka Anda bisa saja rugi nantinya.

Adapun poin-poin yang dimaksud antara lain kata kunci atau keyword yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan bisnis atau usaha Anda, geogatering yang Anda inginkan, berapa anggaran dana yang Anda siapkan untuk satu harinya, berapa anggaran dana untuk satu bulannya, dan yang terakhir adalah salinan dari iklan Anda.

Salinan yang dikumpulkan ini harus mencakup beberapa hal, yaitu gambar iklan yang bersifat opsional, halaman yang akan dituju atau biasa disebut landing page. URL yang akan dituju atau destination URL, URL yang akan ditampilkan, satu baris deskripsi yang berisi 3t karakter saja, tajuk iklan atau heading dari iklan Anda yang berjumlah 25 karakter, dan lain sebagainya.

Mulai Beriklan

Itu tadi baru awalan cara bikin iklan di Google, yang mana baru mengisi administrasinya saja dan iklan yang akan Anda iklankan saja. Berikut ini Anda akan masuk ke caranya beriklan di Google Adwords.Poin yang harus Anda siapkan pada prosedur nomor dua diisikan pada tampilan layar “Kampanye Pertama Anda”. Jangan lupa untuk memastikan isian yang Anda isi sudah benar. Selanjutnya, kemudian Anda akan menemukan isian “Tetapkan Tawaran Anda”.

Di sini Anda akan mengisikan nominal sebagai deposit selama Anda beriklan di Google Adwords. Uang yang telah dibayarkan ini akan terpotong oleh biaya yang harus Anda bayarkan. Setelah terisi semua dan Anda yakin sudah benar, pilih saja opsi “Simpan dan Lanjutkan”. Jika sudah, Anda bisa langsung melakukan transaksi dengan cara memilih opsi “Pembayaran”.

Bertransaksi

Sebenarnya cara bikin iklan di Google sudah berakhir begitu saja pada bahasan kali ini, namun tetap akan dibahas apa saja yang harus Anda ketahui dari model transaksi untuk beriklan di Google Adwords ini. Umumnya, transaksi di Google Adwords menggunakan kartu kredit. Setelah Anda mengklik opsi “Pembayaran”, Anda akan ditampilkan beberapa isian tentang informasi kartu kredit Anda.

Setelah mengisi data informasi kartu kredit Anda, nantinya Google akan melakukan uji penarikan dana pada kartu kredit Anda dan jika lolos Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi. Setiap bulannya akan ada tagihan untuk beriklan di Google Adwords ini. Namun tenang saja, besarnya tagihan kartu kredit ini akan sesuai dengan target iklan yang telah Anda pasang sebelumnya. Perlu diketahui bahwasannya pengaturan tentang anggaran dan target iklan tadi hanya bisa Anda lakukan sekali saja, oleh karena itu pastikan data yang sudah Anda isikan sudah benar dan valid.

Bermitra dengan Google Ads

Cara bikin iklan di Google memang mudah dan tak sulit bukan? Tak hanya mudah dilakukan atau diaplikasikan saja, Google Adwords juga memberikan banyak sekali keunggulan yang sulit didapatkan di media beriklan lainnya. Bahkan harga beriklan disini pun sifatnya relatif murah. Berdasarkan situs resmi Google Ads, ada hal-hal beriklan di Google Ads yang harus Anda ketahui. Untuk bermitra atau mengembangkan bisnis usaha Anda di Google Ads maka Anda akan memasang iklan di media yang telah memiliki partner dan pengembang.

Di website resminya Anda akan mengetahui siapa pengembang dari Google Ads ini, skrip Google Ads, berkenalan dengan Google Ads API, dan tag pemasaran ulang dari Google Ads. Produk terkait yang bisa Anda dapatkan di Google Ads antara lain shopping campaign, Chrome, dan Google Bisnisku. Google Ads juga menyediakan berbagai solusi beriklan yang pas untuk bisnis atau usaha Anda. Adapun solusi yang bisa Anda dapatkan ini antara lain solusi bisnis, G Suite, Think with Google, Adsense, dan AdMob.

Tujuan utama dari beriklan di Google Ads ini  adalah Google Ads akan membuat usaha Anda memiliki kunjungan lebih banyak, membuat usaha Anda lebih banyak dihubungi, serta meningkatkan pengunjung toko  Anda. Benar saja, ada fitur dari Google bernama Google Maps yang memudahkan pengguna internet untuk menemukan lokasi dari toko Anda. Beriklan di Google Ads seperti Google Adwords akan memberikan Anda solusi yang pas dalam hal marketing.

Terlebih lagi cara bikin iklan di Google adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Selain akan mendapatkan panduan dari Google sendiri, Anda juga akan menemukan atau mengerti bagaimana cara membuat iklan di sana, yaitu sesuai prosedur diatas. Solusi yang ditawarkan Google ini sangat menjawab kebutuhan marketing pada zaman ini.

Marketing secara offline atau tradisional sudah bukan menjadi trend marketing untuk saat ini. Meski demikian tak menutup kemungkinan Anda tetap mempercayakan marketing secara offline.  Hanya saja perlu Anda ketahui bahwa saat ini banyak orang mengandalkan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka. Beriklan di Google akan menjadi solusi yang pas untuk bisnis kecil atau start up karena hanya memerlukan modal yang kecil.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol