Marketing

SEO Specialist | Cara Menjadi Seorang Pakar SEO

Menjadi seorang SEO specialist tentunya adalah idaman seluruh para bloger di Indonesia bahkan di dunia sekalipun tanpa terkecuali. Menjadi seorang SEO berarti Anda telah mampu dan berhasil untuk menjadi seorang bloger yang bisa dikatakan telah sukses dan berhasil. Namun apakah hal ini cukup mudah bagi kita para pemula yang baru menggeluti dunia per-blogeran di Indonesia khususnya. Maka jawabannya adalah tidak ada satu hal pun yang sulit selama kita mau berusaha dan berjuang. Karena ketika kita ingin mengarah pada  segala hal yang berkaitan dengan kesuksesan maka kita sebagai seorang manusia hendaknya mau memperjuangkan agar keberhasilan tersebut selangkah ada bersama kita. Seorang SEO specialist tentunya bukan orang-orang biasa yang tidak mau bekerja keras. Menjadi seorang SEO adalah hal yang susah-susah gampang. Hal ini karena kebanyakan orang ingin menjadi sukses dengan cara yang instan. Namun hal ini harusnya tidak berlaku bagi Anda yang ingin menjadi seorang pakar SEO. Karena tidak ada satu hal pun di dunia yang bisa didapatkan tanpa ikhtiar dan doa, kecuali memang seseorang itu memiliki warisan yang tidak akan habis di makan tujuh turunan. Menjadi seorang pakar SEO adalah keinginan terpendam yang harus diwujudkan dan diperjuangkan keberhasilannya untuk diri kita sendiri. Pengertian SEO Yang Wajib Kamu Ketahui SEO sendiri merupakan singkatan dari kata Search Engine Optimization. Seorang bloger pasti sangat ingin menjadi seorang SEO. Bagaimana tidak menjadi seorang SEO berarti setiap hasil atau karya Anda akan menjadi sebuah halaman yang sangat menarik hati para pengunjung. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan apabila bisa menempatkan artikel Anda di mesin pencarian dan menjadi incaran para pengunjung. SEO sendiri merupakan sebuah pencapaian yang harus dan wajib di dapatkan oleh para bloger. Agar bisa sukses menjadi seorang SEO maka banyak hal yang perlu dilakukan. SEO…

Pemasaran Rumah Sakit | Strategi Pemasaran di Era Modern

pemasaran rumah sakit tetaplah vital dan dikedepankan kendati rumah Sakit merupakan salah satu institusi pelayanan kesehatan yang tidak selalu berorientasi pada profit semata. Rumah sakit mempunyai peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Menurut keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 340/MENKES/PER/III/2010 Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara Paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Masuknya Indonesia ke zaman globalisasi (komunikasi) di mana persaingan pasar bebas yang mengharuskan kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan, Kuasailah informasi niscaya engkau akan menguasai dunia. Oleh karena itu pemasaran rumah sakit yang baik sangat penting agar rumah sakit terus bertahan dalam persaingan dan berkembang menjadi lebih baik. Menurut Taurany (2008), solusi terbaik untuk menghadapi globalisasi adalah dengan menyiapkan daya saing yang tinggi melalui kepemimpinan yang memicu pada perubahan dan manajemen yang profesional, manajemen perubahan, peningkatan manajemen mutu, pengembangan sumber daya manusia, sarana dan teknologi, peningkatan kepuasan konsumen, peningkatan budaya organisasi, pemasaran yang efektif, dan peningkatan mekanisme dan kegiatan mengantisipasi, memantau dan menganalisis perubahan-perubahan lingkungan yang dampaknya berupa ancaman dan berupa peluang. Berikut ini ada 5 faktor penting nya Rumah sakit melakukan pemasaran : Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengantarkan kita memasuki era pasar yang bebas dimana batas geografi tidak lagi menjadi masalah. Semakin bebas dan mudahnya mobilitas masyarakat untuk memilih Rumah sakit dimana akan berobat menyebabkan persaingan antara Rumah sakit semakin ketat Banyak pesaing-pesaing baru bermunculan karena regulasi pemerintah di bidang kesehatan yang memang mendorong bertumbuhnya Rumah sakit baru. Intinya, semua aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk menghasilkan keunggulan bersaing yang mengikuti siklus, semua aktivitas harus diarahkan untuk menciptakan nilai unggul bagi pelanggan. Pada zaman dahulu Rumah sakit adalah sebuah institusi…

5 Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Anda

Untuk meningkatkan penghasilan dari bisnis yang dijalankan, sebagai salah satu wirausahawan Anda tentu sangat paham benar tentang betapa pentingnya sebuah strategi pemasaran yang pas dan efektif untuk bisnis Anda. Apa saja? Anda akan mengetahuinya dengan segera, karena di sini akan diberikan informasi mengenai 5 strategi pemasaran yang efektif bagi bisnis yang tengah Anda jalankan saat ini. Prinsip dari penggunaan strategi pemasaran sama halnya, ketika kita hendak menangkap tikus dengan menggunakan kucing hitam atau kucing putih. Sebab, dalam menjalankan bisnis, tak peduli apakah Anda hendak menggunakan hard selling atau short selling, karena yang terpenting cara yang digunakan dapat meningkatkan kemajuan bisnis tersebut. Tujuan dari dilakukanya strategi marketing, adalah untuk meningkatkan penjualan dari pembeli. Selain itu, teknik marketing juga berguna untuk memperkenalkan produk maupun brand Anda kepada publik. Jika saat ini, Anda merasa bahwa selama ini telah melakukan berbagai cara, namun tetap sepi pembeli. Cobalah untuk renungkan terlebih dahulu, “apakah masyarakat sudah mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan?” Jika belum, maka Anda harus memperkenalkannya kepada publik, yakni dengan posting di media sosial, membuat dan menyebarkan brosur, memasang iklan dan melakukan berbagai upaya lainnya. Lantas, bagaimana jika saya baru saja memulai bisnis? Dan, bagaimana caranya untuk mengetahui strategi pemasaran yang benar-benar efektif? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di sini akan direkomendasikan 5 strategi pemasaran yang efektif bagi bisnis Anda. Adapun informasi selengkapnya, dapat dilihat dari sini : 5 Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Bisnis Anda Dari sekian banyak, strategi pemasaran yang ada, ada lima strategi pemasaran yang paling efektif untuk bisnis Anda. Adapun diantaranya adalah : Memilih Lokasi Yang Strategis Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah, memilih lokasi usaha yang strategis. Bagi yang memasarkan bisnis secara offline, Anda memang harus mempertimbangkan lokasi…

9 Elemen Pemasaran yang Penting Untuk Memenangkan Persaingan

9 Elemen Pemasaran yang Penting Untuk Memenangkan Persaingan

Persaingan merupakan suatu kegiatan yang wajar ketika kita sebagai manusia mulai hidup bermasyarakat. Dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat tentunya manusia pasti memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik dari pada orang lain. Maka dari itu munculah sifat-sifat atau keinginan untuk lebih baik dari pada orang lain. Manusia memang memiliki kecenderungan ini. Terlebih manusia sebagai makhluk Tuhan yang hidup secara sosial bermasyarakat memang membutuhkan rasa atau sifat ingin bersaing dengan orang lain untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik daripada orang lain. Namun persaingan disini harus pada tahap positif. Persaingan yang baik tidak boleh saling sikut antara satu orang dengan orang lain melainkan berjalan pada persaingan positif. Dalam menjalankan bisnis terlebih, persaingan pasti terjadi. Hal ini karena bisnis adalah peluang bagi setiap orang untuk mendapatkan sebuah hasil berupa keuntungan. Dewasa ini banyak sekali orang yang  bersaing dalam hal bisnis. Bisnis menjadi salah satu ladang dimana kita bisa mencari uang dengan cara tersebut tanpa bersusah payah menjadi seorang pekerja yang harus menurut pada bosnya. Saat ini banyak orang mulai saling sikut dalam hal persaingan bisnis. Ada yang menggunakan cara positif juga ada yang menggunakan cara negatif demi memenangkan sebuah persaingan bisnis tersebut. 9 Elemen Pemasaran dalam Berbisnis Untuk memenangkan sebuah persaingan bisnis, anda harus memiliki 9 elemen pemasaran penting yang harus anda kuasai jika ingin memenangkan persaingan dalam hal bisnis. Terapkan 9 elemen pemasaran ini dalam diri anda dan anda akan merasakan manfaatnya pada bisnis yang anda miliki. 9 Elemen Pemasaran : Rencana atau Planning Bisnis yang Jelas dan Tepat Pertama yang akan kita bahas adalah rencana atau planning bisnis yang jelas dan tepat. Berbicara mengenai perencanaan bisnis maka perencanaan tersebut harus jelas dan tepat. Planning bisnis yang jelas akan membuat kita tidak kesusahan untuk…

4 Bauran Pemasaran | Pengertian, Komponen dan Konsepnya

4 Bauran Pemasaran | Pengertian, Komponen dan Konsepnya

4 bauran pemasaran termasuk salah satu unsur penting dalam sebuah kegiatan pemasaran. Jika dijelaskan secara sederhana, bauran pemasaran terdiri dari beberapa aktivitas yang saling terkait mulai dari pembuatan sebuah produk hingga produk tersebut ada di tangan konsumen. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai konsep bauran pemasaran. Pengertian 4 Bauran Pemasaran 4 bauran pemasaran dikenal juga dengan istilah Marketing Mix yang pada dasarnya merupakan kumpulan dari beberapa variabel pemasaran. Tujuan dari diterapkannya bauran pemasaran agar produk yang dibuat oleh perusahaan dapat mencapai target pasar yang tepat. Untuk pertama kalinya, konsep 4 bauran pemasaran ini diperkenalkan oleh W.Y Stanton pada tahun 1978. Sesuai dengan namanya, tentu saja, 4 bauran pemasaran ini tersusun oleh 4 komponen yang dapat juga disebut sebagai 4 unsur inti dari pemasaran sebuah produk. Apa saja 4 komponen pembentuk bauran pemasaran tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. Komponen yang Membentuk 4 Bauran Pemasaran Komponen dari bauran pemasaran itu juga sering dikenal dengan sebutan 4P, sebab dalam bahasa Inggris, 4 komponen bauran pemasaran semuanya diawali dengan huruf awalan P, yaitu: Product (Produk) Produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dikonsumsi, baik itu yang sifatnya nyata ataupun yang bersifat tidak berwujud karena dalam bentuk layanan jasa, pengalaman ataupun ide. Produk yang ditawarkan harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam segmen target tertentu. Setiap produk pasti memiliki siklus hidup, oleh sebab itu, pihak yang bertanggung jawab terhadap pemasaran produk tersebut harus mampu memahami tentang siklus hidup yang dimiliki oleh produk yang akan dipasarkannya kemudian harus pula dapat menyusun perencanaan yang matang agar proses pemasaran dapat berjalan lancar dan hasilnya pun sesuai dengan ekspektasi. Seseorang yang berprofesi sebagai pemasar memang harus mampu memahami seluk beluk permasalahan dari sebuah produk yang akan…

5 Jenis Pemasaran Produk yang Masih Efektif Untuk Bisnis

5 Jenis Pemasaran Produk yang Masih Efektif Untuk Bisnis

5 jenis pemasaran banyak dicari oleh para pebisnis untuk bisa memilih konsep yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Konsep ini memiliki peranan yang sangat penting karena bisa mempengaruhi pendapatan Anda dalam berbisnis. Sebelum memulai bisnis, tentu Anda sudah menetapkan tujuan utama mengapa Anda menjalankan bisnis tersebut. Namun, tujuan saja tidak cukup jika Anda tidak bisa menjalankan bisnis dengan baik. Untuk itu, Anda membutuhkan konsep pemasaran untuk membuat detail strategi yang Anda lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan. Konsep pemasaran yang dipilih harus disesuaikan dengan manfaat produk, jenis produk dan juga pasar yang akan ditargetkan. Terdapat lebih dari 5 jenis pemasaran yang bisa Anda pilih sebagai strategi. Untuk bisa bersaing dengan para kompetitor, Anda harus menggunakan jenis pemasaran yang sesuai zamannya. Jangan sekali-kali menggunakan cara yang kuno karena hal tersebut bisa membuat Anda kalah dengan kompetitor lain. Konsep pemasaran yang tepat juga bisa mempertajam kemampuan Anda dalam bidang marketing. Anda bisa dengan mudah memahami keinginan pelanggan Anda serta memiliki cara yang paling efektif. Pengertian Pemasaran Pemasaran merupakan teknik yang digunakan untuk bisa melakukan pengenalan kepada pelanggan. Konsep pemasaran ini harus bersifat efektif karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi optimalisasi bisnis Anda. Pemilihan konsep pemasaran harus efektif untuk berbagai hal seperti biaya, pencapaian target dan pengembangan produk. Beberapa hal tersebut akan berbanding lurus dengan keuntungan yang bisa didapatkan. 5 Jenis Pemasaran yang Paling Efektif Memang terdapat banyak sekali jenis pemasaran yang bisa dipilih untuk menjalankan bisnis. Namun, terdapat 5 jenis pemasaran yang dinilai paling efektif untuk dijalankan. Dengan mengetahui detail dari jenis pemasaran, maka Anda bisa menyusun konsep terbaik untuk bisnis. Berikut akan dijabarkan beberapa jenis konsep pemasaran yang efektif. Berbasis layanan Tidak terlalu dipikirkan dalam pemasaran, namun hal ini tidak kalah…

Pemasaran Terpadu | Teori Pemasaran & Strateginya (Lengkap)

Pemasaran Terpadu | Teori Pemasaran & Strateginya (Lengkap)

Pemasaran terpadu merupakan sebuah proses perencanaan pemasaran dan komunikasi yang memiliki peran untuk melakukan evaluasi di setiap elemen pemasaran. Pemasaran jenis ini merupakan sarana yang digunakan oleh para produsen dan distributor dalam memasarkan produk milik mereka. Pemasaran ini merupakan sebuah proses yang berlangsung dalam sebuah hubungan kemasyarakatan dengan memberikan sebuah manfaat kemudahan bagi produsen dalam menciptakan suatu produk barang/jasa yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Pemasaran jenis ini berguna sebagai bentuk timbal balik antara proses pembuatan suatu produk barang/jasa dari produsen dan bentuk pemenuhan kebutuhan dari para konsumen. Pemasaran ini terjadi sebagai bentuk pemenuhan atas kegiatan penawaran dan pertukaran produk serta layanan pada konsumen. Pemasaran Terpadu : Faktor yang Mempengaruhi Pemasaran terpadu merupakan sebuah perencanaan pemasaran yang ada pada setiap perusahaan maupun pelaku usaha baik skala besar maupun skala kecil. Setiap perusahaan atau pelaku usaha pasti memiliki sebuah pAndangan tersendiri dan sebuah filosofi manajemen yang berbeda-beda dalam menjalankan roda perekonomian perusahaan maupun usaha yang dimiliki. Sebelum beranjak pada teori yang berkaitan dengan pemasaran terpadu, alangkah lebih baik jika kita membahas terlebih dahulu faktor-faktor yang berpengaruh pada pemasaran tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain: Nilai Visi Manajemen Setiap perusahaan atau pelaku usaha memiliki visi yang dipegang teguh. Masing-masing perusahaan maupun pelaku usaha memegang teguh sebuah visi yang dibuat dan dilakukan secara hati-hati dari awal hingga berlangsungnya kegiatan yang menguntungkan dalam sebuah perusahaan atau usaha. Visi yang dipegang biasanya berkaitan dengan keinginan pencapaian yang ingin diraih suatu perusahaan atau usaha tertentu. Nilai visi manajemen merupakan salah satu faktor yang bepengaruh dalam pemasaran terpadu. Perbedaan visi manajemen pada setiap perusahaan atau pelaku usaha membuat nilai yang diemban pada setiap perusahaan atau pelaku usaha terkait juga berbeda-beda. Nilai visi menentukan seberapa kuat, tangguh…

Pemasaran Konvensional Paling Efektif | Strategi Marketing

Pemasaran Konvensional Paling Efektif | Strategi Marketing

Pemasaran Konvensional adalah salah satu jenis pemasaran yang dilakukan secara langsung (bukan online) dengan metode-metode konvensional (menggunakan kebiasaan umum yang lazim digunakan). Pembeli mendatangi langsung calon penjual secara bertatap muka dan begitu pula sebaliknya. Jika ditilik secara bahasa, ‘pemasaran konvensional’ terdiri dari dua kata dasar yakni ‘pemasaran’ dan ‘konvensional’. Pemasaran (dalam bahasa Inggris: ‘Marketing’) berarti serangkaian aktivitas atau proses untuk mengkomunikasikan tawaran atau produk kepada calon pelanggan. Sementara konvensional adalah suatu cara yang dilakukan dengan mengikuti cara normal atau hal-hal yang biasa dilakukan pada khalayak umum dari masa ke masa. Sehingga, bisa diambil kesimpulan bahwa pemasaran konvensional merupakan proses untuk mengkomunikasikan tawaran atau produk kepada calon pelanggan secara langsung (offline) dengan menggunakan cara normal yang biasa dilakukan sedari dahulu. Wujud dari pemasaran yang dilakukan secara langsung yakni dengan menggunakan tools advertising seperti brosur, direct sales, personal selling, public relation (PR), menggunakan iklan di televisi dan radio hingga trade show / events. Sayangnya, kini taktis proses pemasaran konvensional bergerak regresif. Kemajuan teknologi mulai menggeser jenis pemasaran ini ke jenis pemasaran baru yang dianggap lebih efektif dan efisien, misalnya seperti pemasaran online. Segala hal yang dahulu bersifat konvensional kini lambat laun beralih dengan internet. Kini banyak perusahaan lebih cenderung untuk menerapkan strategi pemasaran digital daripada dengan marketing konvensional. Era digital telah memberi banyak perubahan pada segala aspek kehidupan. Hal tersebut juga berlaku bagi dunia marketing. Divisi marketing pun telah terpecah menjadi dua kubu yakni divisi Digital Marketing (DM) dan divisi Marketing Konvensional (MK). Kini penggunaan Google Ads atau sosial media sebagai sarana marketing semakin marak jika dibandingkan dengan promosi dalam bentuk fisik seperti brosur atau pamflet. Walaupun demikian, rupanya pemasaran yang dilakukan secara langsung tidak lantas mati dimakan oleh zaman. Faktanya, hingga sekarang masih…