Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran SEO Cara Membuat Catch Copy | Bagaimana Membuat Judul yang...

Cara Membuat Catch Copy | Bagaimana Membuat Judul yang Menusuk

-

Judul merupakan faktor utama agar orang-orang tertarik untuk membaca artikel di situs website Anda. Karena sesungguhnya tidak ada orang yang membaca isi artikel tanpa membaca judulnya, namun ada banyak orang yang hanya membaca judulnya saja tanpa melanjutkan membaca isi artikelnya.

Bagi sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa judul menjadi bagian yang paling penting yang harus dipikirkan sebelum membuat suatu konten, banyak yang berpikir bahwa membuat judul itu hal yang mudah karena mereka tidak bersungguh-sungguh memikirkan judul yang menarik.

Namun bagi sebagian orang lainnya yang sadar akan pentingnya sebuah judul, tidak sedikit orang yang masih kebingungan dalam membuat judul yang menarik mengingat bahwa memang untuk membuat judul yang tak biasa merupakan pekerjaan yang cukup rumit.

Namun sesungguhnya kuncinya adalah dengan membuat judul dengan frase yang mudah dipahami oleh pembaca. Dalam frase yang langsung menyampaikan daya tarik produk dan layanan, ada tips tersembunyi untuk menulis judul yang akan membuat orang tertarik untuk membaca isi tulisan Anda.

Untuk beberapa orang yang khawatir jika mereka tidak dapat memikirkan judul yang bagus, saya akan memperkenalkan cara membuat judul yang langsung membuat calon pembaca tertarik untuk mengklik konten Anda yang disebut dengan frase catch. Berikut penjelasannya.

Dapat Diterapkan ke Judul! Cara Membuat Catch Phrase

cara-membuat-catch-phrase

Catch phrase memang sangat membantu dalam pembuatan judul, namun bagi sebagian orang mungkin saja masih banyak yang awam mendengar kata “catch phrase”. Apa itu catch phrase? Catch phrase atau frase kunci adalah ekspresi yang dilakukan secara berulang. Lalu apa peran catch phrase?

Perannya adalah untuk menyampaikan layanan dan produk dengan cara yang paling menarik dan membuat calon konsumen tertarik. Ide catch phrase seperti ini juga dapat diterapkan pada judul yang secara singkat menjelaskan konten artikel dan pesan.

Jadi, catch phrase ini sangat membantu dalam memikat seseorang untuk mengunjungi situs Anda. Berikut cara menerapkan catch phrase.

Lakukan Analisis Lalu Salurkan ke Judul

Mengklarifikasi tujuan dapat membuat judul Anda lebih menarik. Untuk melakukannya, perlu menganalisis produk dan layanan dan memahami daya tarik dan kekuatannya.

Pada saat itu, metode yang digunakan dalam catch phrase disebut analisis QPC. QPC adalah singkatan dari “Quality”, “Price”, dan “Convenience”. Berdasarkan ketiga hal ini, kami akan menganalisis nilai seperti apa yang dapat diberikan kepada target.

Mungkin sulit untuk menggunakan analisis QPC sebagaimana adanya, tetapi ini akan sangat berguna untuk memutuskan kata-kata yang harus dimasukkan dalam judul, seperti menuliskan poin-poin yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca dalam isi artikel.

Tentukan Siapa yang Berkomunikasi

Saat membuat catch phrase, mari persempit target dengan metode pengaturan persona. Demikian pula, saat memberi judul, persempit siapa yang akan membaca artikel Anda dalam pengaturan persona. Apa yang membuat mereka tertarik, pakaian apa yang mereka sukai, dan kemana harus pergi berlibur.

Selain itu, bayangkan struktur keluarga, cara menggunakan uang, dan persahabatan. Dengan mengklarifikasi kepribadian tertentu, Anda akan dapat memahami ekspresi apa yang harus digunakan dalam judul.

Mari kita pikirkan judul yang mudah menempel pada target dengan ekspresi yang sesuai dengan citra orang tersebut, seperti ekspresi yang sedikit solid dan bersemangat untuk anak muda dan ekspresi yang tegas untuk orang setengah baya.

Lihat dari Bingkainya! 4 Pola Judul

4-pola-judul

Dengan menerapkan metode pembuatan catch phrase seperti analisis QPC dan pengaturan persona, Anda dapat mengklarifikasi apa yang ingin Anda sampaikan dan siapa yang ingin Anda sampaikan. Saya juga ingin membaca dengan menyusun sesuatu yang membuat Anda berpikir.

Ada beberapa pola untuk judul yang terbukti membuat otang tertarik dan mengklik artikelnya, dan dengan menerapkan pola sesuai dengan konten analisis, Anda dapat memberikan judul lebih cepat dan efektif. Selain itu judul atikel Anda juga bisa menjadi lebih menarik dengan menerapkan metode analisis ini. Berikut adalah empat pola khasnya:

01: Ringkasan Jenis Banding

Contoh: [Pemahaman umum?!] 9 kerangka kerja pemasaran yang harus Anda ketahui

Jenis ringkasan ini harus menyampaikan poin-poin penting dari apa yang ingin diketahui pembaca. Dengan menggunakan angka, Anda dapat dengan mudah memahami keseluruhan gambar dan membuat Anda merasa ingin membacanya.

02: Jenis Promosi Diri

Contoh: [Harus dilihat untuk operator] Apakah Anda dapat menggunakan opsi tampilan iklan Google AdWords?

Metode untuk mempersempit target berdasarkan judul. Dalam judul ini, “operator” digunakan. Anda dapat menambahkan judul yang melekat pada pembaca yang dimaksud dengan membuat Anda memikirkan diri sendiri dengan menggunakan kata-kata yang secara eksplisit mengekspresikan target.

03: Tipe Banding Kecemasan

Contoh: Apakah anggaran iklan benar-benar optimal?! 4 elemen yang perlu diingat saat penganggaran

Dimungkinkan untuk membuat orang ingin membaca dengan mengungkapkan kegelisahan dan kerumitan yang diduga oleh pembaca dalam pikiran mereka dan menunjukkan solusinya. Hal ini tentunya akan menumbuhkan minat baca, mengingat setiap orang pasti membutuhkan solusi untuk menjawab kegelisahannya.

04: Jenis Banding Numerik

banding-numerik

Contoh: Pengetahuan pengoperasian Platform Iklan LINE dan tren terbaru dalam 5 menit

Dengan menggunakan angka, informasi menjadi lebih spesifik. Intinya adalah bahwa hal itu dapat diterapkan pada semua pola seperti jenis ringkasan, jenis promosi diri, jenis kecemasan. Pastikan untuk memasukkan angka dalam judul Anda.

Selain itu, dengan menambahkan angka juga bisa membuat judul artikel Anda menjadi lebih mencolok dibandingkan dengan artikel lainnya.

Kesimpulan

Sesungguhnya dalam membuat judul konten terbilang susah susah gampang, mengingat kita hanya perlu benar-benar memahami isi kontennya terlebih dahulu. Kemudian bagian yang susah adalah untuk menggunakan pilihan kata yang tepat sehingga mampu menarik minat para pembaca untuk mengklik konten Anda.

Dengan mempersempit konten dan ekspresi dalam judul dengan menganalisis dan menerapkannya pada pola yang mudah diklik, dimungkinkan untuk menambahkan judul yang membuat Anda ingin membaca sambil dengan jelas mengekspresikan konten artikel.

Ungkapan menarik dari judul artikel akan meningkatkan daya tarik produk atau layanan dalam kalimat pendek. Selain metode yang diperkenalkan di sini, ada berbagai cara untuk membuat judul yang menarik.

Jadi ingatlah untuk selalu berusaha membuat judul semenarik mungkin, ya! Agar Anda tidak rugi membuat konten yang bagus, akan sangat disayangkan jika konten Anda bagus namun judul yang Anda buat tidak mampu mengundang orang lain untuk melihat isi konten Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda! Jangan lupa untuk share ke teman kalian juga yang ingin membuat konten. Terimakasih sudah membaca sampai akhir.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya