Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Ternyata Inilah Manfaat Melakukan Omnichannel Terhadap Bisnis Anda

Ternyata Inilah Manfaat Melakukan Omnichannel Terhadap Bisnis Anda

-

Sebelum beralih ke platform baru , lebih baik untuk memastikan pemasaran bisnis Anda saat ini dengan cara mensinkronkan semua platform yang sudah dimiliki dan mengoptimalkan omnichannel marketing yang mulus.

Saat ini teknologi sudah berkembang dengan pesat didepan mata kita, dan tak terkecuali dengan strategi pemasaran bisnis. Dengan munculnya banyak platform baru, para pebisnis mulai mengembangkan sayap untuk mencoba platform tersebut dengan tujuan untuk tetap terhubung dengan calon konsumennya. Walaupun mencoba banyak platform, sesungguhnya kesuksesan strategi pemasaran bisnis berakar pada fondasi dan konsistensi yang kokoh.

Apa itu Pemasaran Omnichannel?

omnichannel-1

Omnichannel marketing mengacu pada semua strategi pemasaran bisnis dan solusi pemasaran yang membantu kelancaran menyampaikan komunikasi dengan cara mengoptimalkan setiap platform yang Anda gunakan untuk berbicara dengan pelanggan Anda.

Karakteristik utama pemasaran omnichannel:

  1. Menjangkau setiap pelanggan dimana-pun mereka berada.
    Ada banyak pilihan platform untuk berbisnis, ada banyak faktor pelanggan dalam memilih platform tersebut. Strategi pemasaran bisnis ini menyarankan para pebisnis untuk menggunakan platform apapun yang sedang ramai di pasaran.
  2. Menyesuaikan dengan jadwal pelanggan.
    Tentunya kita sudah tau tentang resiko menjadi pebisnis bukan? Jadwal kerja flexibel tetapi jam kerja nya 24 jam. Belum lagi dengan banyak platform yang berbeda-beda akan memaksa Anda untuk menyesuaikan jadwal berkomunikasi dengan pelanggan Anda.
  3. Jika pelanggan memutuskan untuk mengubah platform pilihan mereka, pemasaran ini akan mengikuti kemana pelanggan itu pergi.
    Alih-alih membujuk pelanggan untuk kembali, strategi pemasaran bisnis ini justru menyarankan untuk mengikuti kemanapun pelanggan kita pergi. Semisal pelanggan A lebih sering bertransaksi menggunakan platform A, tetapi pelanggan tersebut banyak mengalami kendala atau masalah saat menggunakan platform A, lalu pelanggan beralih untuk menggunakan platform B. Tentunya Anda harus mengikuti pelanggan tersebut untuk menggunakan platform B.
  4. Pelanggan sangat mengharapkan pola komunikasi yang baik pada platform apa pun.
    Kunci pemasaran multisaluran terletak pada pengoptimalan komunikasi dengan pelanggan. Berdasarkan namanya, hal ini tentunya memiliki lebih dari 1 channel untuk pemasaran bisnis Anda. Terlepas dari itu, Anda tidak boleh hanya mengoptimalkan komunikasi di salah satu platform.

Hal diatas terdengar bagus tetapi bagaimana kenyataannya ketika diterjemahkan ke dalam praktik? Katakanlah Anda adalah merek yang menjual produk kecantikan & perawatan. Anda memiliki situs web dengan chatbot, blog, aplikasi, akun di Instagram, Facebook, dan Twitter, dan saluran YouTube Anda dengan tutorial makeup.

Anda menjalankan kampanye reguler dengan mengirimkan email, SMS, web push, dan mobile push. Beberapa pelanggan Anda mungkin secara teratur berinteraksi dengan semua saluran ini, beberapa mungkin hanya mengunjungi situs web dan mengikuti Facebook, beberapa mungkin berlangganan email tetapi tidak untuk mendapatkan  dorongan pemberitahuan tentang produk terbaru Anda.

Melakukan pemasaran multisaluran berarti semua klien dan pelanggan Anda dapat berinteraksi dengan merek dan konten yang Anda hasilkan di saluran yang mereka sukai. Tidak peduli informasi apa yang mereka butuhkan saat ini, katakanlah cara merawat 35+ kulit, mereka harus bisa mendapatkannya di situs web, di artikel blog, melalui chatbot, di akun sosial dan melalui kampanye Anda.

Hal yang sama berlaku untuk bisnis B2B [Baca disini]. Konten di blog Anda, di YouTube, atau di podcast mungkin berbeda dalam format tetapi harus mengikuti satu strategi. Platform otomatisasi pemasaran menerbitkan artikel blog tentang pemasaran melalui email tentang Hari Perempuan Internasional, membuat tutorial video tentang cara merancang kampanye lalu mempromosikannya melalui buletin, web push, dan media sosial.

Jadi satu kampanye konten dipromosikan melalui 6 saluran: blog, saluran YouTube, buletin email, pemberitahuan push web , Twitter, Facebook. Kapan pun dan dimana pun saat ini audiens berada, mereka menerima konten yang bermanfaat bersama dengan penawaran pada penawaran yang dipromosikan.

Hal tersebut merupakan pendekatan pemasaran multisaluran untuk pemasaran konten dan komunikasi pelanggan, dan saat ini sangat penting untuk strategi pemasaran bisnis Anda.

Artikel terkait  Trend Baru Jualan Online di E-Commerce Dengan Cara Live Streaming

Mengapa Anda membutuhkan pemasaran omnichannel

omnichannel-2

1. Prinsip multisaluran berlaku untuk strategi pemasaran apa pun

Pendekatan pemasaran bisnis ini dapat digunakan pada setiap tahap perjalanan menjangkau pelanggan, baik itu akuisisi, penargetan ulang, retensi, atau keterlibatan kembali.

Plus, itu cukup flexibel. Tetapi Anda tidak harus menggunakan semua platform untuk tugas tertentu sekaligus. Misalnya Anda dapat fokus pada satu atau yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini dan mengarahkan semua anggaran dan sumber daya Anda ke sana. Contohnya, jika Anda memiliki blog yang kuat dengan pengikut setia dan buletin dengan 10.000 pelanggan, mereka akan menjadi prioritas utama Anda saat meluncurkan produk baru atau menjalankan acara. Dan jika Anda memiliki banyak pengikut di Instagram, cerita reguler, siaran langsung dengan mitra, dan sesi tanya jawab akan menjadi kegiatan inti.

2. Pemasaran multisaluran dapat diotomatisasi

Ketika orang memikirkan strategi pemasaran bisnis multisaluran, mereka membayangkan banyak rutinitas yang harus diperhatikan dan dipelajari penggunaannya dari berbagai platform.  Bahkan, teknologi modern saat ini memungkinkan untuk mengotomatisasi proses pemasaran Anda, serta menjalankan sebagian besar aktivitas bisnis Anda dalam satu sistem.

Jika Anda memiliki perangkat lunak otomatisasi pemasaran all in one profesional yang mendukung pengiriman pesan massal dan transaksional, pelacakan dan pengumpulan data pelanggan, personalisasi, segmentasi, dll. Anda dapat mengoperasikan semua aktivitas di satu tempat melalui profil kontak terpadu dan alur kerja secara otomatis.

Salah satu contoh omnichannel yang melibatkan 4 saluran, misalnya : email, web push, mobile push, dan Viber. Ke-4 saluran tersebut berjalan secara otomatis dan pesan dikirim ke pengguna berdasarkan respons mereka.

Benefit dari melakukan strategi marketing, yaitu :

  • Membantu menjaga basis kontak Anda :Orang-orang mungkin berhenti mengikuti Anda di saluran tertentu sambil tetap melakukan percakapan di saluran lain. Pengguna dapat berhenti berlangganan dari iklan yang dilakukan oleh email Anda, tetapi tetap bersedia menerima SMS atau notifikasi dari aplikasi Anda. Itulah mengapa saat menjalankan pemasaran bisnis ini, Anda dapat memindahkan komunikasi dengan klien ke klien lain, alih-alih menghapusnya dari basis Anda.
  • Membantu mengumpulkan data pelanggan :Saat ini, data pelanggan menjalankan dunia pemasaran. Semakin banyak Anda tahu tentang pelanggan Anda, kebiasaan belanja mereka, pola perilaku dan preferensi, komunikasi yang lebih personal yang dapat Anda bangun dan pengalaman yang lebih memuaskan yang dapat diberikan. Dan semakin banyak saluran yang Anda gunakan, semakin banyak data yang harus di Mengetahui kategori produk apa yang dijelajahi orang, kapan mereka cenderung membuka platform mereka, penawaran apa yang kemungkinan besar mereka klik membantu membangun citra pelanggan yang solid dan memahami audiens target Anda dengan lebih baik.
  • Pemasaran multisaluran memberikan pengalaman berbelanja pelanggan Anda yang lebih baik :Tentu saja hal itu dilakukan asalkan Anda mengelolanya dengan benar. Seluruh ide dari strategi marketing ini,pe yaitu untuk memimpin pelanggan Anda melalui semua siklus perjalanan berbelanja mereka dengan cara yang paling nyaman dan lancar. Jika mereka menerima konten berdasarkan minat penjelajahan mereka, jika mereka dikirimi pesan baik secara massal atau transaksional, ke saluran yang mereka sukai, mereka tidak akan memiliki alasan untuk pergi ke tempat lain untuk mencari layanan yang lebih baik dari layanan yang sudah Anda berikan.

Artikel terkait  Tips Membuat Artikel | Pentingnya Artikel untuk Membantu Trafik Pemasaran Online

Penutup

Strategi marketing omnichannel menawarkan banyak keuntungan seperti pengalaman pelanggan yang lebih baik , pengumpulan data pribadi, tingkat penjualan yang lebih tinggi, koneksi pelanggan yang lebih lama, dan loyalitas audiens. Jika Anda baru mengenal strategi marketing, tambahkan saluran ke strategi pemasaran bisnis Anda secara satu per satu, dan pastikan saluran tersebut mengikuti nada suara perusahaan Anda dan tetap berpegang pada strategi konten umum.

Selain omnichannel, masih banyak strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan untuk mendongkrak pendapat dan menambah jumlah pelanggan bisnis Anda, bisa ditemukan hanya di MARKEY | Media Bisnis Online secara gratis dan dapat diunduh di Google Play Anda! Atau bisa klik di sini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

Tahapan Produksi | Indikator Keberhasilan

Dalam dunia bisnis, produksi adalah hal yang wajib dilakukan. Tanpa adanya produksi, lalu bagaimana produk akan ada? Seorang pengusaha...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya