Media Bisnis Online | by APPKEY

BisnisPeluang BisnisSegera Bangun Butik Online Ternama Anda dalam 7 Langkah...

Segera Bangun Butik Online Ternama Anda dalam 7 Langkah Praktis Berikut Ini

-

Last Updated on April 3, 2021 by

Anda punya passion di bidang fashion? Ingin punya butik baju sendiri? Segera dirikan butik online Anda sekarang juga dengan 7 langkah praktis dari kami berikut ini!

Peluang bisnis di dunia fashion memang tidak akan ada habisnya. Tak hanya toko-toko pakaian atau distro saja, masyarakat saat ini juga mulai ramai melirik usaha butik sebagai tempat terbaik untuk membeli pakaian baru.

Usaha butik memang sudah dikenal cukup lama di dunia fashion. Usaha yang satu ini masih terus eksis sampai sekarang karena masih banyak orang gemar memadu-padankan style fashion yang unik.

Mendirikan usaha butik online bisa menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan untuk Anda, lho! Cara memulai bisnis fashion butik online juga tidak sulit.  Yuk kita intip tips dan triknya langsung pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Apa Bedanya Butik dan Toko Pakaian Online?

Tahukah Anda bahwa butik dan toko pakaian sesungguhnya adalah dua jenis usaha yang berbeda? Kira-kira, apa bedanya butik dan toko pakaian biasa?

Banyak orang menyamakan butik dan toko pakaian sampai saat ini. Hal ini sesungguhnya tidak mengherankan, sebab kedua usaha ini sama-sama bergerak di dunia fashion. Namun menurut para pakar dan pengamat fashion, butik adalah toko pakaian yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga tidak bisa disamakan dengan toko pakaian biasa.

Sejatinya, butik adalah sebuah toko pakaian yang bersifat ekslusif. Sebuah butik bisa dibedakan dari toko-toko pakaian biasa di mana sebuah butik cenderung hanya menjual produk-produk stylish berkualitas tinggi, memberikan pelayanan personal (1 pramuniaga untuk 1 konsumen) dan mempunyai karakteristik brand yang unik dan susah untuk ditiru.

Produk-produk baju yang dijual di butik hampir semuanya mempunyai model yang unik, khas dan berjumlah tidak banyak. Bisa jadi Anda hanya akan menemukan 2 sampai 3 setel style baju yang sama saja. Sangat berbeda dengan toko baju biasa yang bisa menyediakan hingga ratusan setel baju dengan desain yang sama.

Dari segi produksi pakaian, koleksi butik dibuat dengan mekanisme yang berbeda dibandingkan pakaian pada toko online biasa. Pakaian di butik dikerjakan menggunakan mesin jahit halus atau langsung oleh tangan kreatif desainer, sehingga hasilnya menjadi sangat original dan khas. Ukuran sebuah baju di butik bisa disesuaikan dengan tubuh calon konsumen.

Sedangkan sistem produksi baju di toko fashion biasa lebih banyak menggunakan mesin produksi yang cepat dan dibuat dalam ukuran standar mode. Sangat jauh berbeda, ya?

Artikel terkait  20 Peluang Bisnis Online yang Menguntungkan di Tahun Ini

7 Cara Memulai Bisnis Fashion Butik Online

butik-online-1

Setelah mengetahui apa bedanya butik dan toko pakaian biasa, sekarang mari kita simak bagaimana cara memulai bisnis fashion butik online!

Step-by-stepnya ternyata tidak sulit, lho. Berkat kecanggihan teknologi yang kita miliki saat ini juga, kita sudah bisa membuka butik online sendiri dengan 7 cara mudah sebagai berikut:

Susun Business Plan Anda

Apapun bisnis yang ingin Anda jalankan, sebaiknya mulailah dengan menyusun business plan terlebih dahulu. Termasuk saat ingin menjalankan bisnis butik online. Business plan sangat penting karena ia bermanfaat sebagai peta pemandu arah dari pergerakan bisnis Anda.

Dengan memiliki pedoman rencana khusus alias business plan, maka Anda tidak akan bingung harus melakukan apa untuk mengembangkan usaha.

Business plan berisi serangkaian rencana, strategi dan tujuan yang akan Anda lakukan ketika mengelola bisnis.

Faktanya pun, 90% bisnis yang memiliki business plan cenderung lebih mudah bertahan dan meraih sukses ketimbang yang tidak. Anda bisa membuat business plan dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana seperti:

  • Apa produk yang akan Anda jual dan mengapa Anda menjual produk tersebut?
  • Siapa target market bisnis atau calon konsumen dari usaha Anda?
  • Apa nilai unik yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen?
  • Siapa saja kompetitor bisnis Anda? Apa strategi Anda untuk bersaing dan mengungguli mereka?
  • Apa saja kelemahan dan keunggulan yang dimiliki oleh toko Anda?
  • Apa saja sumber daya modal yang Anda punya saat ini untuk membuka butik online? Berapa modal awal yang Anda punya dan butuhkan untuk memulai bisnis?

Daftar pertanyaan di atas masih dapat Anda tambahkan sesuai keinginan. Pun tidak ada salahnya untuk berdiskusi dengan rekan yang sudah berpengalaman dalam menyusun business plan supaya Anda bisa mendapatkan lebih banyak gambaran.

Brainstorming Mengkonsep Ide Usaha Butik

Tak hanya membuat business plan, Anda juga harus melakukan brainstorming untuk menciptakan konsep butik online yang unik. Pasalnya, bisnis butik baru yang unik akan lebih mudah untuk ‘mencuat’ dikenal masyarakat luas.

Proses ini juga yang akan membantu Anda untuk menemukan ciri khas unik khusus yang membedakan usaha butik online Anda dari toko lainnya (branding). Ingat, konsumen akan lebih tertarik untuk berbelanja di toko yang unik dan lain daripada yang lain.

Ada beberapa konsep unik yang cocok dan bisa Anda gunakan untuk bisnis butik, yaitu:

  • Perhiasan (Jewelry): butik spesialis menjual aneka perhiasan atau aksesoris handmade, seperti kalung, gelang, permata logam, anting-anting dan sebagainya.
  • Koleksi Pakaian (Apparel): butik yang khusus menjual pakaian desain tangan, gaun buatan desainer (merk desainer), pakaian anak-anak, pakaian vintage, pakaian plus-size, dan lain-lain.
  • Produk Branded (Luxury Items): butik yang menjual produk-produk branded mulai dari baju desainer, baju limited edition, dan produk handmade khusus. Butik setipe ini biasanya dikenal sebagai butik mahal berkualitas tinggi yang menyasar masyarakat kelas atas (high-end consumer).
  • Aksesoris (Accessories): berbeda dengan perhiasan, aksesoris di sini lebih ditujukan pada produk-produk seperti dompet, tas, kacamata, topi, scarf, dan sepatu pelengkap busana utama.

Rajin Mengikuti Trend Fashion

Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa dunia fashion memiliki aneka trend yang selalu silih berganti dengan cepat. Mengingat butik adalah bagian dari dunia fashion, maka Anda wajib untuk rajin mengupdate pengetahuan seputar trend dunia fashion agar koleksi di butik tak ketinggalan zaman. Tentunya calon konsumen tidak akan tertarik membeli pakaian jika koleksi yang Anda jual sudah ‘kadaluarsa’.

Tidak sulit untuk mengetahui apa saja trend fashion masa kini. Anda bisa menemukan berbagai inspirasi dari internet seperti dalam artikel, video, atau postingan media sosial brand fashion dari dalam dan luar negeri.

Artikel terkait  Supplier Perabotan Rumah Tangga Unik dengan Aplikasi O-House ala Korea

Bangun Brand Butik Anda

Jangan lupa untuk mengembangkan usaha sembari membangun brand. Sebab, brand adalah kunci kesuksesan penting bagi sebuah bisnis butik. Butik dengan branding yang kuat dan berkualitas akan lebih mudah untuk berkembang memperoleh banyak konsumen.

Membangun branding dari awal tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa pernak-pernik pelengkap identitas dan image brand seperti:

  • Desain logo.
  • Nama toko butik.
  • Warna ciri khas toko.
  • Slogan toko.

Memiliki dan menjalankan toko butik secara online dengan identitas lengkap akan menciptakan kesan profesional yang baik untuk menunjang branding ke depannya.

Buat E-Commerce Butik Anda

butik-online-2

Sebagai sebuah bisnis online, maka butik Anda akan beroperasi pada platform e-commerce digital alih-alih toko fisik. Dengan tampil secara online, bisnis Anda bisa memperoleh banyak keuntungan seperti lebih mudah dijangkau konsumen dari berbagai wilayah dan mereka pun tidak perlu repot datang ke toko Anda.

Selain itu, bisnis online yang tak memerlukan toko fisik lebih menghemat biaya modal karena Anda tidak perlu membayar sewa gedung.

Lalu, di mana Anda sebaiknya membangun toko butik Anda? Saran kami, lebih baik gunakan platform yang murni milik sendiri seperti aplikasi atau website. Membangun toko di platform mall digital seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Zalora agak kurang bagus untuk branding karena faktanya, masyarakat lebih mengingat nama platform mall ketimbang nama toko Anda.

Tidak perlu cemas, sebab sudah ada banyak cara mudah untuk bisa memiliki aplikasi e-commerce sendiri yang sepenuhnya menggunakan nama toko Anda. Salah satunya, Anda bisa menggunakan Online Shopping App by APPSHOP.

Dengan Online Shopping App ini, Anda bisa mendapatkan banyak kepraktisan saat membangun toko butik seperti:

  • Dilengkapi dengan aneka fitur belanja online terlengkap dan terpraktis untuk dipakai siapa saja.
  • Loading yang cepat, anti lelet dan nge-lag.
  • Fleksibel, bisa dijalankan pada Android maupun iOS lengkap dengan proteksi keamanan data tercanggih.
  • Bebas dikustomisasi tampilannya agar sesuai dengan ciri khas butik Anda.
  • Bisa menampung banyak traffic pengunjung dan tidak mudah down.

Tidak perlu banyak ragu-ragu lagi, segera kembangkan aplikasi butik Anda sendiri dengan Online Shopping App APPKEY di https://appshop.co.id/appshopping/ !

Berafiliasi dengan Supplier Terbaik atau Desainer

Persiapan Anda sudah hampir beres! Salah satu keuntungan dari berbisnis butik adalah Anda bisa sekaligus menyalurkan passion di bidang desain dan pembuatan pakaian. Kalau selama ini Anda memiliki ketertarikan dan minat dalam dunia fashion, maka inilah waktu yang tepat untuk menjual karya-karya terbaik Anda sendiri.

Namun kalau Anda tidak begitu bisa mendesain dan membuat baju sendiri, Anda juga tidak perlu cemas. Anda bisa menyiasatinya dengan bekerjasama dengan supplier butik terbaik atau para desainer. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti terkait proses memilih supplier, yaitu:

Diskusikan Sistem Kerja Sama Anda dan Supplier

Cari tahu bagaimana sistem yang berlaku untuk bisnis kemitraan dengan mereka. Siapa yang akan mengirimkan produk ke konsumen? Adakah syarat dan ketentuan khusus yang berlaku jika Anda bekerja sama dengan supplier tersebut?

Cari Tahu Sistem Bagi Hasil Pendapatan

Apakah supplier akan memberikan fee untuk produk yang laku terjual? Apakah supplier menetapkan sistem bagi hasil? Atau, Anda diharuskan untuk membeli sejumlah item sebelum kemudian bebas menjualnya kembali dengan harga khusus? Jangan lupa untuk mendiskusikan hal-hal tersebut supaya ke depannya tidak terjadi miskomunikasi dengan supplier.

Minta Sampel atau Contoh Asli Produk

Dalam dunia butik, kualitas produk adalah hal yang utama. Anda tidak bisa mengecewakan konsumen jika ingin bisnis sukses. Jadi, jangan cepat percaya dengan tampilan produk dari foto atau video yang ditawarkan calon supplier sebab terkadang ada produk yang aslinya tidak sesuai dengan di foto. Jadi supaya lebih meyakinkan, sebaiknya Anda meminta 1 sampel atau contoh asli dari produk yang hendak dijual.

Artikel terkait  8 Fitur Ini Wajib Ada di Aplikasi Delivery Makanan Anda!

Lokasi Supplier dengan Anda

Pilihlah supplier yang lokasinya terjangkau. Sesungguhnya memang tidak ada aturan baku terkait memilih supplier yang lokasinya jauh atau dekat dari posisi toko Anda.

Tapi pada prakteknya di lapangan, supplier yang posisinya dekat dengan toko atau mudah terjangkau lebih mudah untuk diajak berkomunikasi serta mengatur proses pengiriman barangnya. Jadi, kapanpun stok produk di butik Anda habis, maka Anda bisa sesegera mungkin untuk mengisinya kembali dengan koleksi baru.

Rajin Promosi

Tips terakhir adalah rajin mempromosikan usaha. Tak peduli sebagus apapun tampilan toko online Anda, atau selengkap apapun koleksi yang ada di butik Anda, jika tidak pernah dipromosikan maka toko Anda tetap akan sepi pengunjung.

Ada banyak cara unik, praktis dan menarik untuk berpromosi yang bisa Anda coba. Antara lain:

  • E-mail marketing: sangat cocok untuk meningkatkan konversi penjualan karena Anda dapat membangun hubungan akrab dengan konsumen melalui penawaran-penawaran personal.
  • Sosial media marketing: langkah terbaik untuk meningkatkan awareness masyarakat umum terhadap toko yang baru dibuka. Anda bebas berpromosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, YouTube dan sebagainya.
  • Influencer marketing: bekerja sama dengan influencer ternama di kota Anda untuk mempromosikan produk dan toko butik. Sangat cocok untuk memaksimalkan engagement toko baru Anda.
  • Content marketing: proses promosi yang dilakukan dengan cara sesering mungkin mengupload konten kreatif terkait produk kepada calon konsumen di media sosial, website atau app.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini seputar 7 langkah mudah memulai bisnis butik secara online! Selamat mencoba kumpulan tips di atas, ya. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya dari Markey!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya