Last Updated on March 8, 2023 by
Untuk meningkatkan penghasilan dari bisnis yang dijalankan, sebagai salah satu wirausahawan Anda tentu sangat paham benar tentang betapa pentingnya sebuah strategi pemasaran produk yang pas dan efektif untuk bisnis Anda. Apa saja?
Anda akan mengetahuinya dengan segera, karena di sini akan diberikan informasi mengenai 5 strategi pemasaran produk yang efektif bagi bisnis yang tengah Anda jalankan saat ini.
Prinsip dari penggunaan strategi pemasaran sama halnya, ketika kita hendak menangkap tikus dengan menggunakan kucing hitam atau kucing putih. Sebab, dalam menjalankan bisnis, tak peduli apakah Anda hendak menggunakan hard selling atau short selling, karena yang terpenting cara yang digunakan dapat meningkatkan kemajuan bisnis tersebut.
Tujuan dari dilakukanya strategi marketing, adalah untuk meningkatkan penjualan dari pembeli. Selain itu, teknik marketing juga berguna untuk memperkenalkan produk maupun brand Anda kepada publik.
Jika saat ini, Anda merasa bahwa selama ini telah melakukan berbagai cara, namun tetap sepi pembeli. Cobalah untuk renungkan terlebih dahulu, “apakah masyarakat sudah mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan?” Jika belum, maka Anda harus memperkenalkannya kepada publik, yakni dengan posting di media sosial, membuat dan menyebarkan brosur, memasang iklan dan melakukan berbagai upaya lainnya.
Lantas, bagaimana jika saya baru saja memulai bisnis? Dan, bagaimana caranya untuk mengetahui strategi pemasaran yang benar-benar efektif?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di sini akan direkomendasikan 5 strategi pemasaran produk yang efektif bagi bisnis Anda. Adapun informasi selengkapnya, dapat dilihat dari sini :
Daftar Isi
5 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif untuk Bisnis
Dari sekian banyak, strategi pemasaran yang ada, ada 5 strategi pemasaran produk yang paling efektif untuk bisnis Anda. Adapun diantaranya adalah :
1. Memilih Lokasi Yang Strategis
Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah, memilih lokasi usaha yang strategis. Bagi yang memasarkan bisnis secara offline, Anda memang harus mempertimbangkan lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat bisnis Anda.
Usahakan, agar Anda memilih lokasi yang mudah diakses oleh semua orang dan lokasi yang selalu ramai didatangi oleh banyak orang. Selain itu, pilih juga lokasi yang tidak bermasalah, seperti lokasi yang bebas macet dan banjir, sehingga para pelanggan pun dapat sampai ke tempat bisnis Anda dengan lebih mudah.
2. Manfaatkan Internet Marketing
Salah satu strategi pemasaran yang paling banyak diterapkan oleh para pebisnis adalah, internet marketing. Oleh karena itu, Anda juga harus memanfaatkannya sebaik mungkin, yakni dengan turut memasarkan dan menawarkan produk / jasa di internet, yakni bisa lewat media sosial, web, maupun aplikasi.
Walaupun pada dasarnya, bisnis Anda merupakan usaha offline, namun tak ada salahnya untuk memasarkannya secara online. Sebab, saat ini sebagian besar orang akan menghabiskan waktunya dengan gadget mereka, sehingga bagi mereka yang tidak memungkinkan untuk berbelanja secara langsung atau secara offline, maka mereka bisa memilih alternatif lain dengan berbelanja online.
3. Melakukan Promosi
Bagian dari 5 strategi pemasaran selanjutnya adalah melakukan promosi. Ketika memutuskan untuk melakukan promosi, itu artinya Anda dapat melakukan pengenalan produk secara aktif dan bertahap.
Saat proses promosi berlangsung, masyarakat bukan hanya mengetahui dan mengenal produk Anda. Sebab, dari kegiatan promosi yang dilakukan Anda dapat membangun kepercayaan kepada para pelanggan.
4. Jual Yang Berkualitas
Buatlah para pelanggan maupun calon pembeli Anda menjadi mengerti, bahwa yang Anda jual merupakan produk yang benar-benar berkualitas. Namun, Anda pun tetap harus menjualnya dengan harga standar (tidak melebihi rate harga).
Kalau bisa, Anda harus menekan harga untuk menjualnya dengan harga yang lebih murah, namun tetap memikirkan persentase keuntungan yang bisa didapatkan. Dengan demikian, ketika orang-orang mengetahui bahwa Anda menjual produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Anda akan kebanjiran orderan.
5. Menjalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan
Mempertahankan kepercayaan dari para pelanggan jauh lebih susah dibandingkan harus membangunnya dari awal. Untuk mempertahankan setiap kepercayaan yang sudah Anda dapatkan, Anda harus menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Caranya, Anda harus sering-sering menyapa dan bertanya kepada mereka mengenai kepuasaan mereka terhadap produk sekaligus layanan yang telah Anda berikan.
Apakah 5 cara strategi pemasaran produk tersebut merupakan kunci sukses dari keberhasilan bisnis yang saya jalankan saat ini?
Bukan seperti itu, karena kelima cara tersebut merupakan langkah awal yang harus Anda tempuh agar apa yang Anda jual mampu dilirik dan menarik minat pembeli. Namun, untuk kunci suksesnya, Anda harus melakukan beberapa cara, yakni :
Strategi Pemasaran dan Kunci Suksesnya
Meskipun telah menerapkan kelima strategi pemasaran produk tersebut, Anda tidak akan mendapatkan hasil maksimal dan sesuai harapan, apabila tidak menerapkan hal-hal yang merupakan kunci sukses dalam pelaksanaan strategi pemasaran tersebut.
1. Membuat Tempat Usaha Semenarik Mungkin
Buatlah tempat usaha Anda semenarik mungkin, sehingga para pengunjung menjadi merasa nyaman ketika mendatanginya. Contohnya, apabila Anda membuka restoran, maka buatlah restoran yang instagramable, yakni dengan menyediakan beberapa spot foto yang menarik untuk para pengunjung, sehingga selain memesan makanan dan minuman, para pengunjung pun juga betah untuk berlama-lama di restoran milik Anda.
2. Memberikan Yang Terbaik Kepada Pelanggan
Dalam 5 strategi pemasaran telah sedikit disinggung mengenai memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan. Sebab, pelanggan berhak mendapatkan yang terbaik dari Anda, mulai dari kualitas produk hingga pelayanan yang ramah dan respon yang cepat.
Ketika Anda mampu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, maka tidak akan sulit untuk menjalin kepercayaan dengan mereka, hingga para pelanggan pun merasa terpuaskan dengan layanan sekaligus kinerja yang telah Anda berikan.
3. Konsisten Dalam Memberikan Layanan
Agar tidak kehilangan pelanggan, Anda harus konsisten dalam memberikan layanan kepada setiap pelanggan, yakni pelayanan tanpa pilih kasih dan selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk semuanya.
Bayangkan saja, jika kinerja pelayanan Anda mengalami penurunan, maka besar kemungkinan akan beresiko terhadap hilangnya para pelanggan Anda, karena mereka merasa kurang puas terhadap pelayanan yang telah Anda berikan.
4. Mempekerjakan Orang-orang Yang Ahli dan Berpengalaman
Penting untuk merekrut dan mempekerjakan orang-orang yang ahli dan berpengalaman dalam perusahaan Anda, sehingga Anda merasa diuntungkan telah menggunakan mereka sebagai sumber daya manusia di perusahaan Anda.
Bekerja sama dengan orang-orang yang ahli dan berpengalaman, tentu saja akan memberikan pengaruh baik terhadap masa depan usaha yang Anda jalankan.
5. Selalu Bersikap Ramah dan Sopan Kepada Pelanggan
Seperti apapun tipe orang yang menjadi pelanggan Anda, walaupun cerewet dan pemarah, namun Anda harus bersikap ramah dan sopan terhadapnya. Sebab, pelanggan merupakan raja yang memang harus dihargai segala keinginannya.
Untuk itu, Anda harus menghadapi pelanggan yang banyak maunya dengan kepala dingin, sabar dan juga bersahabat.
6. Selalu Konsisten
Jika merasa mampu menerapkan semua itu, maka Anda harus selalu konsisten dalam menerapkannya. Apabila Anda mampu menerapkannya secara konsisten, maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan baik dalam berbisnis, sehingga Anda hanya perlu membuat para karyawan atau pegawai Anda beradaptasi dalam setiap aturan hingga kebiasaan yang telah Anda terapkan.
Apakah strategi pemasaran hanya boleh dijalankan oleh orang yang telah mendapat pendidikan formal di bidang marketing saja? Orang yang melakukan marketing atau yang disebut sebagai marketer tidak diharuskan memiliki latar belakang secara formal, karena siapa saja boleh melakukannya selama dia memiliki pengetahuan yang cukup di bidang marketing.
Sebab, ilmu marketing atau pemasaran dapat dipelajari secara otodidak, sehingga sebagai owner atau pemilik, Anda boleh menentukan dan menerapkan 5 strategi pemasaran tersebut.
Namun, jika memungkinkan, memang lebih dianjurkan untuk menempuh pendidikan secara formal di bidang marketing. Dengan begitu, Anda bukan hanya jadi seorang marketer yang handal, melainkan juga dapat menjalankan usaha dengan lebih baik lagi untuk ke depannya.
Strategi Pemasaran Dalam Segi Modal
Modal bukan hanya didefinisikan untuk sejumlah nominal saja, karena modal yang dibahas kali ini merupakan persiapan yang Anda butuhkan dalam menjalankan strategi pemasaran untuk mencapai keberhasilan. Adapun diantaranya, meliputi :
- Persiapan mental, karena nantinya Anda akan menemukan dan mengalami banyak persaingan dengan pebisnis lainnya.
- Persiapan psikis, karena nantinya Anda akan menghadapi berbagai macam pelanggan yang memiliki sikap dan sifat yang berbeda-beda, karena memang ada beberapa pelanggan yang banyak maunya, ada beberapa pelanggan yang suka mengkritik, beberapa pelanggan yang gemar complain dan masih banyak lagi yang lainnya.
- Persiapan kondisi, karena sebisa mungkin nantinya Anda harus dapat menghadapi berbagai upaya yang kemungkinan akan terjadi. Sebagai antisipasi, Anda harus mempersiapkan kondisi dengan baik, sehingga ketika menghadapi masalah yang paling sulit sekalipun, Anda masih bisa mengatasinya dengan baik.
Strategi Pemasaran dan Tingkat Kesuksesannya
Apakah penerapan 5 strategi pemasaran tersebut sudah terjamin kesuksesannya? Berhasil atau tidaknya strategi pemasaran yang diterapkan dalam bisnis Anda, itu semua tergantung dengan seberapa besar Anda berniat untuk menjalankanya secara konsisten. Sebab, ketika Anda sendiri konsisten dalam menerapkannya secara maksimal, maka Anda akan memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan.
Selain konsistensi, ada beberapa hal lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan dalam penerapannya strategi-strategi pemasaran tersebut. Yang mana, diantaranya adalah sebagai berikut ini :
- Niat dan bersungguh-sungguh
- Bekerja keras dalam menjalankannya
- Tidak mudah menyerah
- Percaya kepada kemampuan
- Harus yakin bahwa usaha Anda dapat mencapai tujuannya
Lantas, selain ke 5 strategi pemasaran tersebut, bolehkan saya menerapkan strategi pemasaran lain dalam berbisnis?
Tentu saja boleh! Sebab, dalam berbisnis ada banyak hal yang Anda hadapi, seperti : menghadapi persaingan pasar, memenuhi permintaan pasar, harga bahan dasar yang melonjak naik dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan lebih banyak strategi pemasaran untuk menghadapi berbagai masalah yang datang agar mampu mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Mengapa harus diperlukan lebih banyak strategi pemasaran? Alasannya adalah, dalam berbisnis kita tidak dapat memprediksi segala sesuatunya dengan tepat, karena memang ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk menggunakan rencana A, rencana B dan seterusnya.
Itulah mengapa, Anda perlu memiliki banyak strategi pemasaran sebagai planning atau perencanaan, sehingga untuk ke depannya, Anda bisa mengatasi segala sesuatunya dengan lebih baik.
Strategi Pemasaran dan Keuntungannya
Dari sini, kemungkinan besar Anda akan mengajukan pertanyan mengenai keuntungan yang bisa didapatkan setelah menerapkan 5 strategi pemasaran tersebut. Adapun, keuntungan yang bisa diperoleh, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan
Ketika Anda berhasil membuka usaha di tempat yang strategis, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Sebab, notabennya tempat yang strategis merupakan area yang selalu ramai didatangi oleh banyak orang.
2. Dikenal Publik
Di saat Anda memutuskan untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan internet. Itu artinya, apa yang Anda jual dapat diketahui oleh publik dalam ruang lingkup yang lebih luas. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan banyak pelanggan yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia hingga mancanegara.
3. Banyak Dicari Oleh Konsumen
Semakin banyak orang yang mengetahui bahwa Anda menjual barang atau produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka dengan sendirinya para konsumen akan mencari Anda untuk melakukan transaksi pembelian. Terlebih lagi, ketika Anda mengadakan promosi ataupun diskon potongan harga.
4. Berpeluang Memiliki Pelanggan Tetap
Dalam berbisnis, Anda harus mampu membuat para pelanggan merasa puas, yakni puas dari segi produk yang dibeli hingga pelayanan yang mereka dapatkan. Ketika Anda mampu membuat mereka merasa senang dan puas, maka besar kemungkinan mereka kembali melakukan pembelian dengan menjadi pelanggan tetap, yakni sebagai pelanggan setia Anda.
5. Meningkatkan Penghasilan
Setelah produk Anda terkenal dan Anda telah mampu menjalin kepercayaan dengan banyak pelanggan, maka besar kemungkinan penghasilan yang didapatkan dalam bisnis akan mengalami peningkatan yang menguntungkan. Jumlah penghasilan yang meningkat, tentunya sangat berguna untuk melebarkan bisnis Anda, seperti membangun kantor, meningkatkan produksi hingga membuka cabang.
6. Penentu Masa Depan Perusahaan
Bisnis yang Anda jalani saat ini, tentu dibangun dengan susah payah. Namun, setelah Anda dapat menerapkan setiap strategi pemasaran dengan baik, maka Anda akan memiliki usaha dengan masa depan yang lebih baik. Sebab, dalam setiap pelaksanaan strategi pemasaran yang dipilih, Anda akan terus berupaya untuk membenahi bisnis Anda agar mendapatkan masa depan yang cemerlang di masa depan, sehingga tidak menutup kemungkinan, perusahaan Anda bisa berkembang sebagai perusahaan yang maju pesat.
7. Memiliki Karyawan Dengan Loyalitas Tinggi
Sebagai pemimpin sekaligus penanggung jawab perusahaan, Anda bukan hanya harus bersikap baik kepada pelanggan, karena Anda juga harus menjadi atasan yang baik kepada para karyawan, agar mereka mampu menjalin kepercayaan penuh kepada Anda, sehingga mudah diajak bekerja sama dan memiliki loyalitas tinggi bagi perusahaan.
Itu hanya sebagian kecil keuntungan setelah berhasil diterapkannya 5 strategi pemasaran produk tersebut. Nah, coba bayangkan, keuntungan apa lagi yang akan Anda dapatkan apabila menerapkan strategi pemasaran lainnya?
Namun, sebelum menerapkannya, pastikan terlebih dahulu bahwa strategi-strategi pemasaran tersebut dapat memberikan dampak yang terbaik dalam kelangsungan usaha yang Anda jalankan saat ini.
Pasalnya, dalam pemilihan strategi pemasaran produk yang tepat tidak bisa ditemukan hanya dari keputusan sepihak, karena Anda harus sering-sering berdiskusi dengan pihak-pihak yang turut bertanggung jawab terhadap perkembangan dan masa depan perusahaan serta pada kelangsungan bisnis Anda saat ini.
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.