Last Updated on October 9, 2023 by appkey
Di era digital saat ini, banyak bisnis yang beralih ke pemasaran konten. Namun, dengan bertambahnya minat orang terhadap hal ini, persaingan di bidang ini pun semakin ketat.
Mengingat persaingan yang semakin sengit, jika Anda ingin tetap eksis dan berhasil di bidang ini, ada beberapa pedoman yang harus Anda ikuti. Dan itulah yang akan kita bahas di dalam blog post ini.
Dalam postingan ini, kita akan membahas secara lengkap tentang apa saja yang disarankan dan apa saja yang harus dihindari oleh setiap pemasar konten untuk bisa sukses di tahun 2023. Tetapi sebelum itu, kita akan membahas terlebih dahulu apa saja yang termasuk dalam pemasaran ini. Yuk disimak!
Daftar Isi
Apa Saja yang Termasuk dalam Pemasaran Konten?
Istilah “pemasaran konten” mencakup proses pembuatan, promosi, dan distribusi konten. Konten tersebut bisa berupa posting blog, studi kasus, infografis, video, webinar, laporan penelitian, konten situs web, dan sebagainya. Jenis-jenis konten ini bertujuan untuk menarik dan melibatkan audiens target, yang pada akhirnya akan berujung pada peningkatan jumlah prospek dan pembangunan loyalitas konsumen.
Hal-hal yang Disarankan dalam Pemasaran Konten
Berikut adalah daftar lengkap hal-hal yang disarankan untuk setiap pemasar konten:
1. Kembangkan dan Dokumentasikan Strategi Konten Anda
Strategi konten merupakan rencana yang diterapkan dalam pembuatan, pengumpulan, dan penyebaran konten. Pengembangan strategi ini sangat krusial dalam pemasaran, karena beberapa alasan berikut:
- Membantu dalam menciptakan konten yang menarik, yang vital untuk membangkitkan partisipasi dan minat audiens target.
- Memastikan bahwa konten yang dihasilkan sesuai dengan tujuan bisnis secara keseluruhan.
- Memastikan bahwa konten yang dihasilkan dioptimalkan untuk mesin pencari.
- Memastikan bahwa konten yang dihasilkan disebarluaskan secara efektif ke berbagai saluran.
- Memastikan bahwa keberhasilan konten dapat dipantau dan diukur.
Mengingat alasan-alasan di atas, jelas bahwa pengembangan strategi content marketing yang efektif adalah faktor penting dalam meraih sukses di bidang ini. Namun, selain mengembangkan strategi konten, juga penting untuk mendokumentasikannya. Dengan begitu, Anda dapat dengan cepat menentukan topik dan jenis konten yang paling sesuai untuk bisnis Anda.
2. Identifikasi Audiens Anda
Mengidentifikasi audiens target adalah langkah krusial lainnya dalam menjalankan karier sebagai pemasar konten yang sukses. Langkah ini sangat penting karena akan membantu Anda menciptakan dan mendistribusikan konten yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan audiens Anda. Konten yang dirancang dengan mempertimbangkan audiens spesifik akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan partisipasi dan dibagikan. Oleh karena itu, menciptakan konten yang disesuaikan untuk audiens tertentu akan meningkatkan konversi dan ROI (Return on Investment). Kedua hal ini sangat penting untuk keberhasilan kampanye pemasaran.
3. Buat Konten Berdasarkan Minat dan Nilai Audiens Anda
Kampanye content marketing yang sukses selalu berfokus pada target pelanggannya. Kebanyakan orang menggunakan internet untuk mencari solusi atas permasalahan mereka. Jika seorang pemasar dapat memberikan solusi untuk permasalahan target pelanggan, ia akan lebih berhasil dalam pemasaran dibandingkan yang lain. Misalnya, jika Anda sedang mencari MacBook dan bukan laptop Windows, Anda akan lebih memprioritaskan toko yang fokus pada produk Apple. Itulah sebabnya pemasar konten harus menciptakan konten yang berpusat pada kebutuhan dan minat audiens target mereka.
4. Prioritaskan Kualitas daripada Kuantitas
Seperti yang telah kami sebutkan, content marketing bertujuan untuk membantu audiens Anda dengan memberikan informasi atau solusi. Tetapi hanya konten berkualitas tinggi yang dapat mencapai tujuan ini. Jadi, pemasar konten harus fokus pada investasi untuk menciptakan konten berkualitas. Misalkan Anda membuat sepuluh postingan blog biasa dalam sebulan untuk mencapai tujuan Anda daripada membantu audiens Anda. Konten seperti itu akan kurang menarik bagi audiens Anda, sehingga peluang konversi menjadi sangat kecil. Namun, jika Anda membuat 2-3 postingan blog berkualitas tinggi dalam sebulan, partisipasi pada konten Anda akan meningkat secara signifikan. Itulah mengapa sangat penting untuk fokus pada kualitas daripada kuantitas untuk meraih sukses dalam pemasaran ini.
5. Variasi dalam Jenis Konten
Monoton bisa membuat bosan. Dan kebosanan audiens bisa merusak kampanye pemasaran. Oleh karena itu, menjaga audiens target tetap terlibat adalah salah satu faktor penting untuk keberhasilan kampanye content marketing. Salah satu caranya adalah dengan memvariasikan jenis konten yang Anda buat. Misalnya, pembaca bisa cepat bosan saat membaca postingan yang hanya berisi teks. Untuk menjaga minat pembaca, Anda dapat menggunakan infografis, GIF, dan gambar secara tepat. Anda bahkan bisa menggunakan pemasaran meme untuk menjaga audiens tetap terlibat dalam konten Anda. Jadi, memvariasikan jenis konten adalah langkah penting untuk menjadi pemasar konten yang sukses.
6. Hadirlah Dengan Konten yang Mudah Dibaca
Kualitas konten adalah faktor penentu lainnya dalam keberhasilan sebuah kampanye pemasaran. Dalam hal ini, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap pembuat konten seharusnya memprioritaskan kualitas konten. Dari perspektif konten teks, ini berarti menjaga konten Anda mudah dibaca. Jika konten blog atau situs web Anda tampak acak-acakan atau penulisannya menggunakan bahasa yang sulit, konten tersebut akan kurang menarik bagi pembaca. Poin utamanya adalah menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan disukai pembaca. Jadi, sebaiknya gunakan kata-kata sederhana dan ringkas. Jika Anda kesulitan, Anda bisa mencoba memanfaatkan alat bantu parafrase online. Anda juga dapat membagi konten yang panjang menjadi beberapa bagian dengan menggunakan subjudul, dan menggunakan bullet points untuk menjelaskan informasi yang kompleks secara ringkas. Pendekatan ini akan membantu membuat konten Anda lebih mudah dibaca.
7. Berikan Informasi Berdasarkan Fakta
Orang cenderung menghargai konten yang berisi fakta. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memasukkan informasi faktual dalam konten Anda. Konten berbasis fakta dapat menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian ekstensif, yang pada gilirannya akan membangun kepercayaan di mata pembaca Anda. Selain itu, menampilkan informasi faktual yang terbaru juga mencerminkan bahwa konten Anda selalu up-to-date. Semua hal ini dapat membantu Anda mendapatkan reputasi sebagai pemimpin di bidang industri Anda.
8. Gunakan Media Sosial Untuk Mendistribusikan Konten Anda
Studi menunjukkan bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan orang di media sosial terus meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memanfaatkan media sosial dalam mendistribusikan konten Anda. Misalnya, setelah Anda menulis postingan blog, Anda bisa membagikannya di media sosial untuk mengarahkan traffic ke situs Anda. Demikian pula, jika Anda membuat video, Anda bisa memotongnya menjadi klip yang menarik dan mempostingnya di Instagram atau Facebook. Namun, teknik ini hanya akan efektif jika Anda telah menemukan audiens target Anda dengan benar.
9. Permudah Pembagian Konten Anda
Membagikan konten Anda melalui media sosial adalah cara yang paling jelas untuk meningkatkan jangkauannya. Namun, Anda juga bisa meningkatkan jangkauan konten Anda dengan cara membuat proses berbaginya menjadi lebih mudah bagi pembaca Anda. Misalnya, Anda bisa mengintegrasikan tombol media sosial ke dalam platform Anda, sehingga ketika pembaca menyukai konten Anda, mereka bisa dengan mudah membagikannya. Namun, perlu diingat bahwa orang hanya akan membagikan konten Anda jika mereka benar-benar menyukainya. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menghasilkan konten berkualitas tinggi.
10. Jalin Hubungan Dengan Para Pemimpin dan Pakar di Bidang Anda
Studi menunjukkan bahwa membangun jaringan bisa meningkatkan peluang sukses bisnis hingga 70%. Oleh karena itu, untuk meraih sukses dalam pemasaran konten, penting untuk membangun dan mengembangkan jaringan Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menjalin hubungan dengan pemimpin dan pakar di bidang industri Anda. Hubungan ini dapat memberikan wawasan dan informasi berharga tentang tren terkini, yang akan membantu Anda untuk selalu up-to-date. Selain itu, bisa juga membuka peluang baru bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk menjalin hubungan dengan pemimpin dan pakar di industri Anda dalam rangka mencapai sukses dalam kampanye pemasaran.
Pantangan dalam Pemasaran Konten
Setelah kita membahas tentang strategi terbaik dalam pemasaran konten, saatnya untuk melihat apa yang sebaiknya dihindari agar bisa sukses sebagai pemasar konten. Berikut adalah daftar lengkap hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan dalam pemasaran ini:
1. Mengabaikan Desain Platform Anda
Konten memang menjadi aspek penting dalam pemasaran konten, namun Anda tidak boleh meremehkan pengaruh desain antarmuka yang menarik. Oleh karena itu, selain berinvestasi pada kualitas konten, Anda juga perlu memperhatikan desain platform Anda.
Desain yang menarik dan mudah dinavigasi akan membuat platform Anda lebih menawan bagi audiens, karena secara alami manusia akan tertarik pada antarmuka yang menarik. Desain yang baik juga dapat meningkatkan tingkat konversi dan mencegah penurunan kepercayaan yang mungkin timbul akibat desain yang kurang baik.
2. Menentukan Tujuan dan Batas Waktu Secara Asal
Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan pemasar konten adalah menentukan tujuan dan batas waktu yang tidak realistis. Kesalahan ini meningkatkan risiko melakukan kesalahan dan mendapatkan hasil yang tidak efektif, yang pada akhirnya bisa menimbulkan kekecewaan. Kekecewaan ini menjadi salah satu alasan utama banyak pemasar konten pemula yang gagal.
Oleh karena itu, dalam menentukan tujuan atau tenggat waktu, pemasar konten harus tidak terburu-buru. Mereka sebaiknya meluangkan waktu dan merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Hal ini akan meningkatkan peluang mendapatkan hasil yang memuaskan.
3. Menyematkan Kata Kunci Secara Berlebihan dalam Konten Anda
Pada suatu waktu, SEO hanyalah tentang memasukkan kata kunci ke dalam konten. Tapi permainan SEO telah banyak berubah. Jika Anda memasukkan kata kunci secara berlebihan dan tidak alami dalam konten Anda, mesin pencari akan memberikan hukuman kepada konten Anda. Ini karena mesin pencari sudah cukup canggih untuk memahami bahasa manusia melalui Natural Language Processing (NLP).
Oleh karena itu, pembuat konten harus fokus pada kualitas konten dan penempatan kata kunci secara alami.
4. Lebih Fokus pada Penjualan Daripada Memberikan Nilai
Tentu saja, tujuan utama setiap pemasar konten adalah meningkatkan penjualan. Namun seperti yang telah kita sebutkan, orang menggunakan internet untuk mencari solusi atas masalah mereka. Jadi, jika pemasar konten langsung mempromosikan produk atau layanannya alih-alih memberikan nilai atau informasi kepada audiens, orang tidak akan kembali ke platformnya.
Oleh karena itu, pemasar konten sebaiknya lebih fokus pada penyediaan informasi dan menghibur audiens mereka daripada terlalu fokus pada promosi. Pendekatan ini akan terbukti membantu dalam membangun hubungan kepercayaan dengan audiens target.
5. Melupakan CTA atau Menyisakan Dead End
Tentu saja, Anda ingin membantu atau menghibur audiens Anda melalui konten Anda. Tapi itu bukanlah tujuan akhir seorang pemasar konten. Menciptakan leads dan konversi adalah tujuan akhir dari setiap pemasar konten. Salah satu cara termudah untuk menghasilkan leads dalam pemasaran konten adalah dengan memasukkan CTA (Call to Action). Jadi, Anda harus memasukkannya.
Misalnya, dengan CTA, Anda bisa mengajak pembaca untuk membaca lebih banyak konten Anda, membeli produk atau layanan Anda, atau bergabung dengan milis Anda.
6. Meniru Pesaing dan Menyalin Karya Mereka
Mengawasi pesaing memang penting dalam pemasaran konten. Namun, dalam prosesnya, beberapa pemasar konten terjebak dalam meniru strategi mereka. Hal ini dapat merusak kampanye content marketing Anda, karena orang lebih menghargai keunikan.
Oleh karena itu, pemasar konten sebaiknya fokus pada menciptakan konten unik daripada meniru atau menyalin karya pesaing mereka.
7. Terlihat Mengetahui Segalanya
Tidak ada yang tahu segalanya. Oleh karena itu, pemasar konten sebaiknya tidak berpura-pura mengetahui segalanya meskipun mereka adalah ahli atau pemimpin di industri tersebut. Sebaliknya, mereka harus terbuka untuk umpan balik setelah menyampaikan pendapat atau pandangan mereka.
Misalnya, pembuat konten bisa meminta umpan balik dengan menuliskan atau menyatakan, ‘Berikan pendapat Anda tentang ini.’ Dan jika pembuat konten berjanji akan merespons komentar, ia harus memastikan untuk melakukannya. Jika tidak, audiens mungkin tidak akan berinteraksi dengan konten di waktu yang akan datang.
8. Mengharapkan Hasil Instan
Pemasaran konten adalah bidang yang memerlukan kesabaran. Jadi, jika Anda baru di bidang ini, jangan mengharapkan hasil instan.
Pada umumnya, kampanye content marketing mulai memperlihatkan hasil sekitar enam bulan setelah dilakukan. Namun, periode ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis konten, ukuran audiens, dan tujuan dari kampanye tersebut.
9. Mengabaikan Konten Anda Setelah Dipublikasikan
Banyak pemasar konten berpikir bahwa tugas mereka selesai setelah konten dipublikasikan. Sehingga, mereka cenderung melupakan konten tersebut.
Namun, sebagai pemasar konten, Anda harus sadar bahwa konten yang telah dipublikasikan tetap ada di internet untuk membantu atau menghibur orang. Mengingat era yang terus berkembang ini, perubahan dapat terjadi dengan cepat. Oleh karena itu, penting bagi pemasar konten untuk memantau konten yang sudah dipublikasikan dan melakukan pembaruan jika diperlukan.
Kesimpulan
Sama seperti bidang lainnya, pemasaran konten memiliki seperangkat aturan dan pedoman khusus. Pedoman ini akan membantu Anda menciptakan konten yang menarik dan berkualitas, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan keterlibatan dengan audiens target Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap pemasar untuk mengikuti aturan-aturan ini untuk memperbesar peluang sukses mereka dalam bidang ini.
Namun, perlu diingat bahwa apa yang dianggap baik dan tidak baik dalam pemasaran ini terus berubah setiap tahunnya. Untuk membantu Anda tetap beradaptasi dengan perubahan ini, kami telah merangkum daftar lengkap aturan dan pedoman content marketing yang terbaru. Pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk ini untuk memperbesar peluang Anda menjadi pemasar konten yang sukses di tahun 2023.
*thumbnail source: <a href=”https://www.freepik.com/free-vector/content-making-blog-concept-with-human-character-stationery-3d-isometric-illustration_13749349.htm#query=content%20marketing&position=7&from_view=search&track=ais”>Image by macrovector</a> on Freepik
Ingin mendapatkan lebih banyak tips penting tentang pengelolaan bisnis dan bisnis online? Follow MARKEY adalah solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store maupun AppStore agar tidak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap hari. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.