Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Di tahun 2023 ini, dunia bisnis telah memasuki paradigma strategi bisnis baru yang didorong oleh teknologi baru seperti kendaraan listrik dan metaverse, serta konflik anarkis seperti yang dipicu oleh Federasi Rusia. Resesi global, perang berkelanjutan di Ukraina, dan tingkat kredit yang meningkat telah menimbulkan tantangan baru bagi bisnis yang ingin berkembang. Namun, penting untuk diingat bahwa kesulitan juga bisa membuka peluang untuk pertumbuhan dan inovasi. Artikel kali ini akan menyajikan 10 strategi bisnis yang dapat digunakan untuk menavigasi tantangan ini dan unggul. Dilansir dari entrepreneur.com, mari langsung saja simak pembahasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini!
Daftar Isi
10 Strategi Bisnis dan tren 2023 yang Harus Diperhatikan
Untuk memaksimalkan potensi bisnis pada tahun 2023 beberapa strategi dan tren baru bisa diterapkan. Berikut 10 strategi bisnis dan tren 2023 yang perlu diperhatikan pebisnis.
1. Diversifikasi penawaran produk atau layanan
Dengan menawarkan berbagai produk atau layanan, bisnis dapat menghindari fluktuasi pasar dan menjamin aliran pendapatan yang stabil. Teknik ini sangat efektif di masa ketidakpastian ekonomi, ketika konsumen mungkin ragu untuk berkomitmen pada satu penawaran produk atau layanan.
Perhatikan Amazon dan Google, kedua raksasa teknologi ini telah meluaskan ke berbagai pasar dengan mengandalkan pertumbuhan organik, inovasi dan akuisisi strategi bisnis yang menguntungkan. Inovasi dari kedua raksasa tersebut dapat ditiru sehingga bisnis yg sedang dibangun bisaberkembang dan bertahan lebih lama.
2. Ekspansi ke pasar baru
Mengembangkan bisnis ke pasar baru, baik domestik maupun internasional, juga dapat membantu bisnis diversifikasi dan mengurangi risiko. Adanya pasar baru membuat pilihan bagi perusahaan menjadi lebih banyak sehingga tidak berpusat pada satu pasar seandainya terjadi masalah pada pasar tersebut.
3. Fokus pada retensi pelanggan
Di masa ketidakpastian ekonomi, lebih penting dari sebelumnya untuk memprioritaskan retensi pelanggan. Dengan menawarkan layanan pelanggan yang luar biasa, bisnis dapat menciptakan pelanggan setia yang lebih mungkin untuk terus berbisnis dengan perusahaan tersebut meski di masa sulit sekalipun.
Di tahun 2023, layanan yang sangat baik berarti layanan yang personal. Untuk melayani pelanggan dengan nilai transaksi tinggi, diperlukan tenaga kerja manusia yang handal. Banyak orang sukses merasa diabaikan ketika interaksi pelanggan pertama mereka adalah robot, algoritma. Pada akhirnya pekerja pusat panggilan amatir yang membaca dari naskah buruk pun akan membuat kesal.
4. Terima teknologi digital
Pandemi Covid-19 telah mempercepat pergeseran ke teknologi digital, dan bisnis yang menerima teknologi ini akan berada pada posisi yang baik untuk masa depan. Dari platform e-commerce hingga alat kerja jarak jauh, ada banyak cara bagi bisnis untuk memanfaatkan teknologi digital untuk merampingkan operasi, meningkatkan efisiensi, dan mencapai pelanggan baru.
Kecerdasan buatan akan menjadi kartu as yang penting di tahun 2023 dengan pemrosesan bahasa alami, media pintar, produk PR dan pembelajaran mesin yang memimpin jalan. Dengan menerapkan kecerdasan buatan pada layanan bisnis akan membuat bisnis tersebut lebih unggul dari pesaing bisnis lainnya dengan jenis yang sama. Penggunaan kecerdasan buatan akan membuat perusahaan memimpin pasar.
5. Investasikan dalam pelatihan dan pengembangan karyawan
Investasi dalam pelatihan dan pengembangan karyawan dapat membantu bisnis tetap kompetitif dengan memastikan bahwa tenaga kerjanya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk berhasil. Hal ini bisa sangat penting di masa ketidakpastian ekonomi, ketika bisnis mungkin ragu untuk mempekerjakan karyawan baru. Investasi pada pelatihan bisa menjadi solusi terbaik.
Perusahaan yang berorientasi ke masa depan harus mempertimbangkan pengelolaan tenaga kerja yang akan bekerja dari rumah atau lokasi remote. Para pemimpin bisnis perlu mempertimbangkan penerapan yang telah digagas oleh Silicon Valley yang merupakan lingkungan kerja komunal yang berfokus pada kesehatan yang didorong oleh manajemen yang dekonstruksi yang memberdayakan karyawannya.
6. Bekerjasama dengan bisnis lain
Hubungan bisnis yang baik tidak hanya karena mereka menandakan kewarganegaraan perusahaan yang baik, tetapi juga karena kompetisi tidak seharusnya mengarah ke permusuhan pada tahun 2023. Ketidakjelasan globalisme tidak nyaman dalam pengaturan geopolitik, dalam lingkungan perusahaan mungkin memiliki efek yang sepenuhnya berbeda, dan globalisme perusahaan harus disambut sebagai cara untuk mengatasi tantangan masuk pasar.
Bekerjasama dengan bisnis lain, baik melalui kemitraan, usaha bersama, atau pengaturan lainnya, dapat membantu bisnis mengakses sumber keahlian, sumber daya, dan pelanggan baru. Ini bisa sangat relevan bagi bisnis kecil yang mungkin tidak memiliki sumber daya untuk melakukannya sendiri. Adanya kerjasama tersebut memberikan peluang bagi bisnis kecil untuk bisa dikenal dan bersaing dalam pasar yang ketat.
7. Cari peluang pendanaan dan investasi dengan memanfaatkan inovasi teknologi
Walau kondisi ekonomi dapat menjadi tantangan, masih terbuka peluang untuk bisnis dalam mencari pendanaan dan investasi. Pendanaan tersebut bisa diperoleh dari sumber-sumber konvensional seperti bank dan venture capital, atau dari sumber alternatif seperti platform crowdfunding dan akselerator. Di tahun 2023, penting bagi bisnis, termasuk bisnis konvensional, untuk mempertimbangkan penambahan elemen teknologi dalam penawaran mereka, hal ini dapat meningkatkan daya tarik mereka bagi investor dan pemberi pinjaman.
8. Tetap tangkas dan mudah beradaptasi
Di masa ketidakpastian seperti yang diantisipasi pada tahun 2023, bijaksana bagi bisnis untuk tetap tangkas dan mudah beradaptasi terhadap perubahan apapun sehingga bisnis dapat cepat berubah seiring berubahnya kondisi pasar.
Ini mungkin melibatkan penyesuaian model bisnis, menggeser fokus ke produk atau layanan baru atau mengeksplorasi saluran baru untuk pertumbuhan. Pada akhirnya, strategi bisnis di sini adalah untuk merangkul teknologi dan efisiensi karyawan sambil memberdayakan pelanggan.
9. Tekankan nilai produk atau layanan Anda
Di masa ketidakpastian ekonomi, lebih penting dari sebelumnya untuk dengan jelas menyampaikan nilai produk atau layanan kepada pelanggan. Dengan menyoroti manfaat yang dibawa oleh penawaran yang dilakukan, bisnis dapat membedakan diri mereka dari pesaing dan meyakinkan pelanggan untuk melakukan transaksi pada bisnis atau layanan yang dibuat.
10. Manfaatkan saluran pemasaran dan periklanan berbiaya rendah
Meskipun saluran pemasaran dan periklanan tradisional mungkin kurang efektif di masa ketidakpastian ekonomi, masih ada banyak opsi berbiaya rendah yang tersedia untuk bisnis. Mulai dari pemasaran media sosial hingga pemasaran konten, bisnis dapat menjangkau pelanggan baru tanpa merusak biaya pengeluaran yang akan dialokasikan.
Kesimpulan
Memasuki 2023, tantangan bisnis semakin kompleks, ditandai oleh konflik global dan percepatan adopsi teknologi baru. Meski tantangan ini memperlihatkan potensi resiko, juga membuka berbagai peluang untuk pertumbuhan dan inovasi. Bisnis dapat menavigasi dan mengatasi risiko ekonomi dan teknologi di tahun 2023 dengan pendekatan strategi bisnis dan tren yang telah disebutkan diatas. Semoga ulasan kali ini bermanfaat!
Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.