Last Updated on March 19, 2022 by
Sebuah perusahaan yang mampu bertahan lama di pasaran pasti sudah menerapkan monitoring dan analisis proses bisnis yang baik. Sebab, hanya dengan menerapkan analisis bisnislah sebuah perusahaan dapat mengukur sudah sejauh mana kinerja dan pencapaian yang ia buat.
Dengan adanya analisis bisnis secara berkala, perusahaan Anda akan lebih mudah untuk bergerak ke tujuan yang diinginkan sedari awal. Namun analisis bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.
Ada begitu banyak data dan informasi yang harus Anda kumpulkan untuk bisa diolah dan menjadikan sebuah kesimpulan yang pas sesuai fakta. Kompleksitas data di lapangan akhirnya menuntut kita untuk pintar-pintar menggunakan alat bantu analisis proses bisnis.
Kini terdapat alat bantu analisis proses bisnis modern bernama strategic dashboard. Sudahkah Anda pernah mendengar nama strategic dashboard?
Apa itu pengertian strategic dashboard? Seperti apa pula contoh strategic dashboard? Untuk menjawab semua pertanyaan Anda, yuk kita langsung mulai ke pembahasan berikutnya di bawah ini. Selamat membaca!
Daftar Isi
Pengertian Strategic Dashboard
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa saat berbisnis, kita harus rajin melakukan analisis proses bisnis dan kondisi perusahaan. Kebanyakan masyarakat awam yang baru memulai bisnis mengira bahwa segala pekerjaan sudah selesai ketika mereka mengadakan opening dari toko. Padahal sesungguhnya ini baru titik awal permulaan.
Kondisi pasar selalu berubah dari hari ke hari, menjadikan apa yang sedang tren saat ini bisa jadi sudah ditinggalkan besok. Perubahan tak menentu inilah yang menjadikan kebutuhan analisis proses bisnis semakin penting bagi pengusaha.
Sebab, hanya dari analisis proses bisnis inilah Anda dapat mengetahui dengan pasti bagaimana tren dan minat baru yang sedang digemari di pasaran, minat masyarakat terhadap produk Anda, serta segala kritik dan saran yang diberikan oleh masyarakat untuk perusahaan dan produk Anda.
Analisis proses bisnis ini akan sangat berkaitan erat dengan yang namanya data. Terlebih di era persaingan marketing digital saat ini, hampir semua perusahaan selalu bergelut dengan data.
Tanpa data, perusahaan ibarat kapal yang berlayar tanpa peta yang menunjukkan arah dan tujuan. Namun sering kali analisis proses bisnis sulit dijalankan karena data-data yang harus diteliti terlalu banyak dan kompleks.
Untuk memudahkan analisis proses bisnis Anda, maka kami sarankan untuk menggunakan alat bantu khusus bernama strategic dashboard. Apa itu strategic dashboard? Strategic dashboard adalah salah satu jenis tools yang merupakan turunan dari BI (business intelligence) alias teknologi kecerdasan bisnis.
Strategic dashboard adalah sebuah software yang memiliki kemampuan khusus untuk mengumpulkan data, melakukan analisis, hingga membuatkan laporan akhir berisi kesimpulan untuk Anda baca.
Strategic dashboard adalah software yang seringkali digunakan oleh para pebisnis modern untuk menampilkan informasi dan data yang telah dianalisis dalam beragam bentuk tampilan yang diinginkan, semisal laporan diagram, mekanisme alert, indikator visual dan lain sebagainya.
Dalam analisis proses bisnis, strategic dashboard adalah hal yang membantu kita untuk mengukur sudah sejauh mana proses dan pencapaian dari perusahaan. Software ini pun dapat juga digunakan untuk memonitor proses kerja yang sedang berlangsung saat ini, serta melakukan prediksi untuk kinerja perusahaan di masa mendatang.
Jadi, hanya dengan satu software saja, perusahaan Anda sudah bisa mulai melakukan analisis proses bisnis guna mewujudkan kehidupan dan perkembangan perusahaan yang lebih stabil.
Strategic dashboard membantu Anda untuk lebih mudah menggali ke insight yang lebih dalam dari data, mengecek performa iklan-iklan online milik perusahaan, dan menganalisa traffic web dan media sosial bisnis Anda.
Pada dasarnya, software ini akan membantu Anda untuk memberitahu hal-hal mana yang baik untuk perusahaan dan hal-hal mana yang perlu diubah, ditingkatkan atau dihapuskan. Untuk Anda yang sering kebingungan dalam menentukan langkah selanjutnya dari perusahaan, maka kami sarankan untuk mempertimbangkan memakai software strategic dashboard mulai dari sekarang.
Manfaat Strategic Dashboard
Setidaknya ada tiga manfaat dari penggunaan strategic dashboard. Ketiga manfaat strategic dashboard adalah sebagai berikut:
Praktis Menyampaikan Informasi
Strategic dashboard mampu menyampaikan informasi ke semua pihak perusahaan dengan lebih mudah dengan memakai ilustrasi grafik, simbol dan bentuk laporan lainnya. Setiap anggota di perusahaan Anda pun dapat membaca hasil analisis proses bisnis dengan lebih mudah. Hingga akhirnya, Anda semua akan mempunyai pemahaman yang sama tentang kondisi perusahaan saat ini.
Membantu Diskusi Strategi Bisnis
Strategic dashboard akan turut memudahkan Anda dalam mengkomunikasikan strategi perusahaan ke depannya.
Para pemimpin perusahaan yang memiliki wewenang untuk mengambil keputusan dapat dengan lebih mudah untuk mendiskusikan langkah selanjutnya dari perusahaan setelah membaca hasil dari strategi dashboard.
Mudah Memonitor dan Mengevaluasi Kerja
Strategi dashboard juga dapat digunakan untuk lebih mudah memonitor dan melakukan evaluasi terhadap proses produksi dan kerja lain di perusahaan.
Apabila suatu hari anda menemukan hasil laporan yang mengalami penurunan, maka anda dapat segera melacak jika terdapat masalah dalam proses kinerja di perusahaan. Sehingga, anda dan tim dapat dengan lebih cepat untuk mencari solusinya.
Contoh Strategic Dashboard
Anda sudah memahami pengertian strategic dashboard dan manfaatnya untuk analisis proses bisnis. Kini kita akan membahas contoh strategic dashboard. Ada 3 contoh strategic dashboard yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yakni Taktikal, Strategis dan Operational. Masing-masing dashboard mempunyai fungsi dan peranan yang berbeda-beda.
Taktikal
Strategic dashboard taktikal digunakan untuk melakukan analisis cepat sebagai respon perusahaan untuk perubahan yang terjadi secara tek terduga. Dashboard taktikal menyajikan gambaran visualisasi terkait taktik dan perspektif baru untuk segera menjawab perubahan mendadak dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan.
Namun dashboard taktikal tidak memberikan data-data yang real time. Pun data-data pada dashboard ini bersifat tidak absolut, alhasil, pihak perusahaan masih perlu untuk melakukan penggalian / explore mendalam terkait kemungkinan lain yang ada di lapangan untuk menyempurnakan laporan.
Strategic dashboard taktikal banyak dipakai oleh pihak manajemen di bagian vice president atau co-founder, divisi marketing, human resources (HRD), dan divisi lain yang sering dituntut membuat keputusan untuk menyelamatkan perusahaan di kala genting. Dashboard ini juga banyak dipakai saat rapat evaluasi dan penarikan keputusan untuk jangka pendek.
Strategis
Tipe kedua adalah dashboard strategis. Dashboard strategis tidak digunakan untuk kebutuhan urgent seperti taktikal dashboard. Kegunaan dari dashboard strategis adalah untuk melacak performa dan kinerja perusahaan.
Dashboard strategis memuat simpulan dari performa perusahaan untuk titik-titik periode tertentu, seperti 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan seterusnya.
Dengan dashboard strategis, Anda bisa melakukan banyak pengukuran objektif terkait kondisi perusahaan dan membantu pihak manajerial terkait gambaran kondisi perusahaan. Dari sini pun, pihak manajerial dapat mengagas sebuah strategi baru perusahaan untuk di masa yang akan datang.
Dashboard jenis ini biasa dipakai oleh para CEO, CMO dan CFO karena dashboard ini memiliki sifat berupa sedikitnya data dan keharusan analisa mendalam yang tidak setinggi taktikal.
Seringkali para petinggi seperti CEO mempunyai banyak hal yang harus diurusi, sehingga mereka membutuhkan tampilan laporan yang super praktis dan sangat to the point. Oleh sebab itu, laporan dashboard ini sangat cocok untuk dipakai oleh mereka.
Operational
Tipe dashboard terakhir adalah dashboard operational. Sesuai namanya, dashboard operasional adalah laporan analisa bisnis yang berisi visualisasi pekerjaan sehari-hari dalam perusahaan.
Dari sini, pihak-pihak yang berwenang untuk proses monitoring dapat melakukan pemantauan dan penilaian proses kerja terhadap kesesuaian standar serta target perusahaan.
Data-data dashboard operational berbanding terbalik dengan data-data dashboard taktikal. Semua data dalam dashboard operational bersifat real time, absolut dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.
Data-data yang bersifat transaksional juga turut dianalisis dalam dashboard operational. Kembali lagi, hal ini dikarenakan dashboard operational memiliki tujuan untuk memberi laporan terhadap segala yang terjadi di lapangan.
Jika suatu hari terjadi kendala pada perusahaan, seperti penurunan produksi atau hambatan, maka pihak perusahaan dapat dengan cepat untuk mencari tahu sumber penyebab masalah.
Berangkat dari laporan dashboard operational kita bisa dengan lebih cepat untuk mencari solusi atas permasalahan yang sedang berlangsung di lapangan.
Namun jangan disepelekan, justru dashboard operational adalah tipe dashboard yang paling kompleks dan rumit. Sebab, Anda dituntut untuk bisa menangkap data secara real dalam waktu cepat, kemudian segera menganalisis untuk mengevaluasi jika terjadi suatu kekeliruan atau kendala dalam pekerjaan. Penggunaan dashboard operational akan membutuhkan ketelitian dan keakuratan yang tinggi.
Pada prakteknya, dashboard operational dipakai oleh divisi manajemen ranah praktek, seperti sales dan IT. Mereka yang langsung berkontak dengan lapangan dapat melakukan tindak lanjut yang lebih cepat apabila terjadi kendala menurut hasil laporan.
Demikianlah pembahasan kali ini tentang strategic dashboard. Saran kami, tidak ada salahnya jika Anda sedikit bersusah payah untuk melakukan analisis dan mengimplementaskan software analisis seperti dashboard pada perusahaan.
Kembali lagi, jika Anda memang ingin perusahaan yang dimiliki berkembang besar dan sukses, maka inilah peluang terbaik Anda untuk memaksimalkan segala potensi yang ada untuk keberlangsungan perusahaan.
Strategic dashboard hanyalah alat bantu yang bisa mempermudah Anda untuk mencapai cita-cita perusahaan. Keberhasilan perusahaan yang nyata baru dapat diraih jika Anda benar-benar mulai mendedikasikan diri untuk bergerak sedari sekarang.
Semoga pembahasan artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan Anda tentang strategi marketing yang baik, ya! Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Nantikan lebih banyak artikel menarik dan informatif lainnya hanya dari Markey. Sampai jumpa!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.