Last Updated on February 18, 2022 by
Semua orang pastinya menginginkan penjualan bisnis online-nya meningkat dengan ‘wah’, agar semua itu terjadi tentunya Anda membutuhkan teknik penjualan yang mampu mendorong penjualan Anda.
Salah satu teknik yang dapat Anda pakai adalah teknik bundling.
Lalu, apa yang dimaksud dengan teknik bundling?
Yuk, simak penjelasannya!
Daftar Isi
Bundling adalah
Bundling adalah sebuah strategi dimana Anda dapat menggabungkan penjualan beberapa produk sekaligus dalam satu paket penjualan, dengan harga yang lebih murah.
Paket bundling adalah jenis teknik yang mayoritas selalu menarik perhatian pembeli, dikarenakan teknik ini memberikan beberapa keuntungan sekaligus yang ditawarkan oleh dua perusahaan yang telah bekerja sama.
Perusahaan-perusahaan ini biasanya banyak memberikan hal-hal menarik, seperti harga-harga promo dan juga bonus-bonus lainnya. Strategi ini biasanya banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan pembuat ponsel, dimana banyak perusahaan ini membuat kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi, salah satunya dengan perusahaan provider.
Namun, Anda sebagai pemilik bisnis online biasa pun dapat menerapkan strategi ini.
Disebabkan tujuan dari strategi bundling adalah meningkatkan penjualan produk dengan cara menawarkan kemudahan kepada pembeli melalui kemudahan prosedur pembelian yang akhirnya berimbas pada penghematan waktu sekaligus memberikan nilai tambah yang lebih besar dan dapat memperkecil biaya promosi.
Paket bundling diterapkan, sebagai contoh, untuk menghabiskan stock sisa yang tidak laku dijual, misalnya saat akhir tahun, banyak barang dijual dengan murah. Atau bisa juga dipergunakan untuk memberikan reward kepada konsumen yang sudah loyal kepada Anda.
Dan lagi teknik bundling ini juga biasa dipergunakan pada awal peluncuran produk untuk meningkatkan penjualan di masa awal penjualan atau pada akhir season penjualan sebuah produk sebelum produk baru diluncurkan.
Bagaimana? Penerapannya tentunya secara umum saja, kan?
Lalu, bagaimanakah strategi yang sangat bermanfaat ini bisa ditemukan?
Yuk, simak cuplikannya!
Sejarah Terciptanya Bundling
Bagaimana terciptanya teknik bundling ini?
Teknik bundling pertama kali dikenal melalui dunia telekomunikasi, ketika ponsel CDMA muncul pertama kali pada tahun 1995.
Untuk menarik masyarakat agar mau menggunakan ponsel dengan jaringan CDMA, vendor dan operator yang menghadirkan jaringan CDMA ini melakukan strategi paket bundling. Dan ternyata, strategi mereka pun berhasil, banyak pembeli yang membeli ponsel CDMA.
Banyaknya pembelian ponsel CDMA dikarenakan konsumen mendapatkan banyak keuntungan, seperti aplikasi untuk Facebook, Twitter, dan juga sosial media yang lain dengan harga yang murah.
Strategi ini sendiri pun diterapkan oleh China dengan cara memberikan paket perdana gratis, dan ternyata dengan strategi yang sama penjualan ponsel asal Tiongkok ini juga berhasil dengan gemilang.
Jadi tidak mengherankan jika teknik yang satu ini dapat dinobatkan sebagai teknik provider juga, dikarenakan banyak dipergunakan oleh dunia telekomunikasi.
Bagaimana?
Tentunya strategi ini sangat berguna, bukan?
Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan teknik bundling.
Alasan Mengapa Harus Menggunakan Teknik Bundling
Terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan teknik bundling, diantaranya adalah dikarenakan efisiensi biaya, peluang pasar untuk meningkatkan laba, sekaligus merupakan sebuah strategi yang kompetitif.
1. Efisiensi Biaya
Bundling dapat berdampak pada penghematan biaya dari sisi penawaran. Sebagai contoh, perusahaan dapat menghemat biaya pengemasan sekaligus persediaan dengan teknik bundling produk daripada harus memasarkan produknya secara terpisah.
Berbagai riset juga penelitian telah mempublikasikan macam-macam bundling dengan tujuan untuk melakukan penghematan biaya.
2. Peluang Pasar untuk Meningkatkan Laba
Anda harus memperhatikan faktor-faktor apakah yang dapat menyebabkan produk-produk untuk strategi bundling Anda dapat bersaing dengan produk-produk lainnya. Selain itu, apakah permintaan produk dengan teknik bundling berkorelasi positif atau negatif terhadap harga yang harus dibayar konsumen.
Sebab Anda ingin meningkatkan laba penjualan Anda. Namun biasanya harga untuk produk dengan teknik bundling lebih rendah dibandingkan harga untuk masing-masing unit yang di-bundling.
3. Sebuah Strategi yang Kompetitif
Produk yang laris di pasaran dapat dipromosikan dengan teknik bundling, bersama dengan produk baru atau kurang laku, agar dapat lebih dikenal dengan konsumen.
Strategi bundling adalah strategi yang sering dipakai untuk mengumpulkan nilai sekaligus kemudahan dalam mengumpulkan pelanggan yang menyatakan mau membeli dari pemasok atau supplier lain yang beberapa diantaranya menawarkan teknik bundling yang menarik atau unik dibandingkan produk mereka.
4. Memuaskan Kebutuhan Pelanggan
Seperti yang dipaparkan sebelumnya, teknik bundling adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan dengan cara memasarkan dua barang atau lebih dalam satu kemasan atau satu harga. Produk utama digabungkan dengan produk lainnya yang bersifat tambahan.
Dengan hal ini, konsumen dapat memperoleh kepuasan pelanggan dikarenakan pembeli tersebut dapat memperoleh kenyamanan yang lebih dalam satu waktu.
Lalu, produk apa saja kah yang cocok dengan strategi ini?
Jenis Pembelian Produk untuk Strategi Paket Bundling
Berdasarkan cara pembeliannya, produk yang dijual dengan paket bundling dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut!
1. Bundling Alternatif
Bundling alternatif yaitu produk yang dijual bersama dengan sebuah alternatif dimana konsumen mendapat pilihan untuk membeli salah satu produk saja atau membeli satu paket produk secara bersamaan.
2. Bundling Murni
Bundling murni adalah produk yang dijual hanya dalam satu paket dimana konsumen tidak punya pilihan alias harus membeli produk dalam satu paket yang utuh.
Keuntungan Menggunakan Teknik Bundling
Keuntungan dari melakukan teknik bundling adalah Anda dapat memahami pelanggan Anda dengan sangat baik, kemudian Anda dapat menciptakan strategi untuk memuaskan pelanggan dengan menciptakan strategi untuk memuaskan mereka, dengan memanfaatkan teknik bundling.
1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Pelanggan tentunya akan merasa lebih senang ketika dapat memilih produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Anda bisa menciptakan ide untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan tersebut, dengan cara membiarkan pelanggan untuk menambah, menghapus atau meng-edit produk bundling-nya, demi membuat proses pembelian mereka menjadi lebih mudah sekaligus memuaskan.
2. Mengurangi Kebingungan Pelanggan
Pada umumnya, konsumen selalu suka dengan pilihan, tetapi mereka juga tidak terlalu suka dengan banyak pilihan. Itulah kenapa sebabnya sebaiknya Anda menggunakan rekomendasi produk yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, seperti yang dilakukan oleh Netflix dan Amazon.
Strategi penjualan bundling adalah sangat efektif demi mendongkrak penjualan online Anda terutama produk-produk yang memiliki masa kadaluarsa atau batas pemakaian cepat, selain itu untuk produk baru yang memiliki tingkat persaingan tinggi, pasar potensial cukup besar, hingga marginal cost yang rendah.
Selain itu, produk baru yang dijual dengan strategi bundling akan lebih cepat dikenal dan lagi volume penjualannya akan naik jika dijual dengan bundling, tentunya dengan strategi yang Anda ciptakan sendiri, yaitu dengan cara dikombinasikan dengan produk yang sudah dikenal atau disukai oleh konsumen sebelumnya.
Apabila Anda sudah siap untuk menerapkan teknik bundling dikarenakan keuntungan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, berikut akan disampaikan hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum menerapkan strategi bundling.
Strategi-Strategi Sebelum Menerapkan Teknik Bundling
1. Pastikan di Saat Momen yang Pas
Anda harus memikirkan moment yang tepat agar promosi Anda dengan menggunakan teknik bundling dapat membuahkan hasil, oleh karena itu, waktu untuk melakukan promosi bundling juga menjadi faktor kesuksesan untuk Anda.
Sebagai contoh, Anda dapat melakukan promo dengan teknik bundling setelah tanggal gajian dimana orang-orang sedang berbelanja untuk memenuhi kebutuhannya. Jual saja produk Anda, dengan sertakan produk lain yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga Anda yang tentunya berharga murah, dengan begitu produk Anda akan terjual dengan cepat.
2. Pastikan Hadiah Bundling Bagus
Pastikan produk untuk teknik bundling Anda bagus dan bermanfaat bagi calon pembeli Anda, agar promosi Anda menghasilkan keuntungan seperti yang Anda inginkan. Jika produk untuk teknik bundling Anda tidak bermanfaat, maka tidak heran promosi dengan teknik bundling Anda tidak berhasil.
3. Tetap Jaga Image
Jika Anda memposisikan diri Anda sebagai brand premium bagi pesaing brand lain, Anda harus pinta mengemas teknik bundling Anda. Kemas pesan promo Anda dengan cara yang cantik tanpa melakukan hard selling.
Perlihatkan tujuannya dengan cara yang menginspirasi pelanggan Anda sekaligus menimbulkan empati, bukan menjadikan pelanggan Anda gila promosi. Jangan sampai membuat pelanggan Anda merasa bahwa brand Anda hanya sedang ‘butuh pemasukan’ dengan melakukan promo bundling.
4. Pastikan Valuable
Jangan buat pelanggan Anda berpikir dua kali untuk membeli produk yang Anda jual dengan menggunakan teknik bundling. Mungkin Anda bisa menambahkan deskripsi singkat mengenai manfaat yang didapatkan apabila membeli saat promo bundling berlangsung kepada pelanggan Anda.
Buatlah harga yang menarik tanpa perlu memangkas keuntungan Anda secara drastis. Intinya adalah, Anda harus bisa membuat produk dengan teknik bundling Anda menjadi sangat valuable.
5. Kerja Sama Lah Dengan Orang Lain!
Apabila Anda merasa produk dari brand lain dapat mendukung aktivitas promo bundling Anda kenapa tidak mengajak brand tersebut bekerja sama. Anda bisa melakukan program bundling dengan kolaborasi bersama brand tersebut. Hal ini tentunya dapat menguntungkan semua pihak.
Kualitas Teknik Bundling yang Baik untuk Anda!
Lalu kualitas teknik bundling seperti apa yang baik untuk Anda terapkan?
Setidaknya Anda harus memenuhi lima jenis kualitas teknik bundling seperti yang telah dipaparkan oleh Mercer Management Consulting di Massachusetts, yaitu sebagai berikut!
- Paket bundling tersebut memiliki nilai yang lebih jika dibandingkan dengan dijual secara terpisah;
- Bundling memberikan kesederhanaan sekaligus kemudahan kepada pembeli dalam memilih di antara berbagai pilihan;
- Bundling adalah teknik yang dapat memecahkan masalah bagi konsumen, karena konsumen dapat mendapatkan kenyamanan dari menggunakan ke dua produk sekaligus;
- Bundling adalah fokus dan bersandar dalam usaha untuk terhindar dari pilihan konsumen yang tidak bermanfaat karena tidak digunakan;
- Bundling dapat menarik perhatian, atau bahkan kontroversi.
Microsoft dengan Teknik Bundling
Bundling adalah strategi penjualan yang digunakan oleh Microsoft dalam memasarkan produknya.
Produk utama dari Microsoft adalah sistem operasi Windows.
Lalu, bagaimana Microsoft menggunakan teknik bundling untuk teknik penjualannya?
Microsoft melakukannya melalui berbagai macam aplikasi yang sering digunakan Windows seperti Windows Media Player, Internet Explorer, berbagai macam game, dan sebagainya, yang langsung terpasang dalam laptop atau PC yang dibeli konsumen.
Dengan begitu Microsoft tidak perlu melakukan penjualan aplikasinya secara terpisah. Adapun apabila Microsoft menciptakan lagi produk serupa di pasaran, itu hanyalah bagian dari pengembangan produk dan itu merupakan hal yang biasa dalam pengembangan bisnis. Hanya untuk menilai apakah produk tersebut laku di pasaran atau tidak, tergantung dari bagaimana konsumen menilainya.
Namun, sebagai gantinya, perusahaan harus menggunakan biaya yang lebih tinggi, seperti biaya pengemasan, biaya promosi, hingga biaya pemasaran.
Bertambahnya biaya tersebut tentunya akan semakin berdampak pada harga yang harus dibayarkan konsumen, yakni kenaikan harga. Sebagai gantinya, konsumen tidak perlu lagi membeli produk-produk dari Microsoft secara terpisah.
Benarkah Sistem Bundling akan Menurunkan Profit atau Keuntungan?
Jawabannya tentu saja tidak.
Bundling biasanya dilakukan dengan menyatukan dua produk dengan harga yang berbeda, yang satu mahal sementara yang satu lagi murah. Dan hal ini tentu saja dapat menutupi seluruh biaya yang dikeluarkan oleh Anda selaku penjual.
Teknik bundling lebih banyak dipilih dibandingkan teknik pemberian diskon, bahkan diskon merupakan salah satu teknik promosi yang menjadi pilihan terakhir dalam strategi meningkatkan penjualan.
Sebab, diskon berarti memangkas keuntungan sebaliknya bundling mendorong konsumen Anda membeli lebih banyak yang artinya peningkatan sales dan keuntungan Anda tetap terjaga.
Promosi dengan teknik bundling juga merupakan jenis promosi yang sangat disenangi oleh pelanggan. Promosi ini sering digunakan oleh pihak retail agar pelanggan dapat merasakan keuntungan lebih, yakni dapat menggunakan dua atau beberapa produk dalam satu kali pembelian dengan harga yang lebih terjangkau tentunya.
Sebagai contoh, Microsoft banyak menciptakan aplikasi bermanfaat seperti Windows Media Player, beraneka ragam game, hingga produk-produk menarik lainnya, mereka meng-install aneka program tersebut di laptop atau PC yang mereka jual, tetapi juga menjual produk-produk tersebut secara terpisah kepada masyarakat luas, meskipun disertai dengan pengembangan produk tersebut. Karena hal itu Microsoft sangat menguasai pangsa pasar di bidang sistem operasi.
Hal ini juga membuat para pesaing dari perusahaan aplikasi merasa termotivasi untuk merebut pangsa pasar Microsoft. Termasuk menuduh Microsoft melakukan sistem monopoli.
Namun sebenarnya itu tidak benar, karena itu sebenarnya hanyalah teknik penjualan mereka.
Demikian informasi mengenai teknik bundling yang tentunya dapat Anda tarik kesimpulan dan manfaatnya, demi meningkatkan angka penjualan yang ‘wah’ seperti yang diterangkan sebelumnya. Selamat berusaha dan terus kunjungi situs Markey untuk selalu dapatkan tips dan trik bisnis online!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.