Last Updated on July 25, 2020 by
Aplikasi ojek online yang diprakarsai oleh perusahaan Gojek semakin banyak diminati oleh para pelanggan, terutama dengan banyaknya fitur yang semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan berbagai aktivitas.
Ada salah satu layanan berupa Go Send yang menawarkan jasa pengiriman paket atau barang yang telah dibeli melalui E-Commerce ataupun barang kiriman pelanggan ke keluarganya. Dalam jasa pengiriman ini ada beberapa cara tracking Go Send yang akan dijelaskan pada artikel berikut.
Daftar Isi
Go Send
Go Send merupakan salah satu layanan besutan Gojek dimana Anda dapat melakukan penerimaan barang yang telah Anda beli melalui toko online ketika Anda membeli saat itu juga.
Layanan ini telah diaplikasikan ke berbagai marketplace mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, Buka Lapak, Blibli, Elevenia, hingga Matahari Mall. Karena pengiriman yang termasuk berbeda dari jasa pengiriman yang lain, banyak pelanggan yang masih bingung bagaimana cara tracking Go Send dengan resi yang telah dimiliki.
Tokopedia menyediakan layanan instan delivery yang sama dengan Lazada, Elevenia, dan Matahari Mall, berbeda dengan Buka Lapak yang menyediakan layanan pengiriman same day delivery, yang sangat mempermudah dan memanjakan pembeli yang masih dalam satu kota yang sama dengan penjual. Layanan Go Send hanya menyediakan pengantaran dalam kota dengan ukuran barang kecil (maksimal 70 x 50 x 50).
Perbedaan Go Send dengan Pengiriman Lainnya
Layanan pengiriman Go Send ini termasuk dalam kategori baru, dengan jangkauan layanan yang sangat terbatas. Namun layanan ini sangat membantu pelanggan yang ingin barang yang telah mereka beli melalui online agar segera sampai ke rumah.
Pengiriman melalui Go Send berbeda dengan jasa pengiriman lainnya. Karena resi yang telah diterima tidak bisa tracking Go Send melalui website resmi. Sedangkan jasa pengiriman lainnya seperti TIKI, JNE, JNT dan lainnya dapat langsung mengecek resi yang telah diterima pada website resmi cek resi, jadi pembeli dapat dengan mudah mengetahui posisi barang dimana.
Cara Memesan Pengiriman Melalui Go Send
Sebelum Anda mempelajari cara tracking Go Send ada baiknya Anda juga belajar cara memesan pengiriman melalui Go Send. Berikut caranya
- Apabila Anda sudah memiliki Aplikasi Gojek, buka Aplikasinya dan pilih menu Go Send. Apabila Anda belum memiliki Aplikasi Gojek Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui Google Playstore ataupun App Store.
- Pastikan paket yang akan dikirim sudah dibungkus dengan rapi dan aman.
- Isilah detail pengiriman seperti alamat penerima, detail lokasi, dan nomor telepon penerima. Penting untuk diisi agar driver dapat menghubungi penerima untuk konfirmasi
- Isilah detail pengambilan paket seperti alamat pengambilan paket, nomor telepon pengirim, dan apabila ada patokan lokasi lebih bagus.
- Pilih layanan yang Anda inginkan. Terdapat dua layanan yang pertama Go Send instan di mana layanan ini menjadi prioritas karena urgent, pengiriman ini akan segera dikirim tanpa penundaan. Lalu ada layanan Go Send same day di mana layanan ini tidak akan segera dikirim atau terjadi penundaan sebentar, namun keduanya tetap dikirim dan sampai dalam satu hari.
- Terakhir Anda dapat langsung melakukan pembayaran, sebelum itu pastikan semua data yang Anda isi sudah benar, lalu pilih metode pembayaran dapat berupa tunai atau melalui Gopay.
Cara Tracking Go Send
Apabila Anda masih baru dalam penggunaan Go Send, setiap melakukan pengiriman melalui Go Send Anda akan diberikan resi yang berfungsi untuk tracking Go Send yaitu melacak posisi barang Anda sudah sampai di mana, resi ini tidak dapat dicek melalui website resmi cek resi akan tetapi melalui tiga cara berikut:
Melalui Aplikasi Gojek
Mengecek resi untuk tracking Go Send dapat melalui aplikasi gojek. Akan tetapi cara ini hanya dapat dilakukan apabila Anda membeli barang online tidak melalui beberapa e-commerce tertentu. Sehingga Anda akan jauh lebih mudah menemukan lokasi driver yang sedang mengantarkan pengiriman. Simak penjelasan cara tracking Go Send melalui aplikasi gojek tanpa layanan e-commerce.
- Pastikan aplikasi Gojek yang Anda miliki sudah terupgrade versi terbaru.
- Kemudian buka aplikasi Gojek.
- Lalu pilihlah menu Go Send yang terdapat di halaman utama.
- Isilah seluruh data penerima
- Lalu klik lanjutkan
- Isilah seluruh data pengirim
- Kemudian klik lanjut
- Pilih menu Go Send yang Anda inginkan
- Lalu pilih opsi pembayaran barang (melalui tunai atau gopay)
- Pastikan barang yang Anda beli sudah diterima oleh driver.
- Kembali ke halaman utama gojek
- Pilihlah menu pesanan yang ada dibagian bawah layar
- Di sana Anda akan dapat melihat lokasi driver Anda sudah berada di mana
Melalui Pesan Link
Apabila Anda berbelanja melalui situs e-commerce dan memilih jasa pengantaran dengan menggunakan Go Send Anda dapat langsung melacak lokasi barang Anda saat ini. Biasanya aplikasi e-commerce yang banyak dipakai adalah Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Berikut penjelasan cara tracking Go Send dengan menggunakan layanan e-commerce.
- Pastikanlah untuk pengiriman belanja online Anda melalui e-commerce dikirim dengan pilihan pengiriman Go Send.
- Tunggulah beberapa waktu hingga Gojek mengirimkan pesan ke nomor telepon Anda.
- Di dalam pesan tersebut terdapat informasi berupa barang Anda sudah di proses oleh driver Gojek beserta dengan link yang digunakan untuk melacak lokasi barang Anda.
- Kemudian untuk tracking Go Send Anda dapat klik link yang terdapat di pesan tersebut.
- Apabila link sudah dibuka di dalamnya akan terdapat informasi berupa nomor pesanan, alamat penerima, deskripsi, perkiraan barang tiba, waktu pengambilan, dan waktu ketika pemesanan barang.
- Di dalam link tersebut juga Anda dapat mengetahui informasi mengenai pesanan yang telah dikonfirmasi, driver yang sudah mengambil barang dan mengantarkan barang, pick up telah selesai, dan barang yang dikirimkan telah sampai dilokasi penerima.
Melalui Call Center Gojek
Cara ketiga untuk tracking Go Send adalah melalui layanan call center Gojek dengan menelpon mereka. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan. Berikut cara tracking Go Send melalui layanan call center Gojek :
- Buka menu panggilan yang ada di Smartphone Anda.
- Kemudian ketiklah nomor berikut (021) 50849000.
- Kemudian tekan tombol telepon.
- Tunggu beberapa saat sampai customer service merespon panggilan Anda.
- Apabila customer service sudah merespon panggilan Anda, Anda dapat langsung menanyakan status pengiriman Anda kepada customer service.
- Pastikan Anda mengetahui resi pengiriman barang Anda secara detail agar customer service Gojek dapat membantu Anda melacak lokasi pesanan.
Kesimpulan
Adanya layanan jasa pengiriman Go Send ini tentunya sangat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas pengiriman barang sehingga pengiriman akan jauh lebih cepat sampai tanpa menunggu keesokan harinya.
Selain itu pengiriman melalui Go Send ini sangatlah aman sehingga Anda tidak perlu khawatir barang yang Anda pesan akan terjadi kerusakan atau kehilangan barang.
Go Send adalah layanan yang akan memberikan kemudahan dan membantu banyak orang untuk melakukan pengiriman secara cepat dengan membutuhkan waktu hanya beberapa jam saja. Namun sayangnya pengiriman dengan Go Send ini hanya dapat dilakukan dalam kota saja. Berikut penjelasan mengenai cara tracking Go Send semoga beberapa cara di atas dapat membantu.
[application-about]
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.