Last Updated on August 27, 2022 by appkey
Tag line telah melakukan keajaiban bagi pemasaran, dan mereka tidak sendirian. Ratusan perusahaan, dari Apple ke Microsoft hingga Nike, telah menggunakan tagline untuk menambah pemasaran mereka dan membuat pelanggan mengaitkan pesan dengan merek mereka. Seperti “Gak Ada Loe Gak Rame”. Mungkin frasa ini sering Anda dengar dan lihat.
Banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa yang sering mengucapkan kata-kata ini. Dan seperti yang kita tahu, “Gak Ada Loe Gak Rame” merupakan tagline dari sebuah perusahaan rokok yang terkenal, Sampoerna Hijau. Dalam tayangan iklan maupun iklan di berbagai media, kata-kata ini begitu melekat.
Di sisi lain, sebagai sebuah perusahaan rokok, pesan layanan masyarakat yang ditampilkan memang tidak bisa divisualkan secara langsung. Oleh karenanya, mereka menampilkan pesan melalui sebuah tagline perusahaan agar melekat di masyarakat
Ada fenomena psikologis yang disebut efek paparan belaka, di mana kita cenderung mengembangkan preferensi untuk hal-hal semata-mata karena kita mengenalnya. Inilah sebabnya mengapa tagline perusahaan bekerja dengan sangat baik. Mereka mudah diingat bagi pelanggan Anda dan membukanya hanya untuk efek paparan.
Baca juga : Iklan Online adalah : Gaya Promosi Unik dengan Jenis Iklan “Hybrid”
Daftar Isi
Apa Itu Tagline?
Ketika datang ke pemasaran, tagline adalah mantra bisnis Anda. Itu memberi tahu orang-orang siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan dalam beberapa kata singkat. Tujuan dari tagline adalah untuk menciptakan frase positif dan mudah diingat yang melekat di kepala pelanggan Anda dan membantu mereka mengidentifikasi merek dan pesan pemasaran Anda.
Tagline adalah sebuah kalimat pendek yang digunakan untuk promosi sebuah brand atau produk dagang suatu perusahaan. Bisa dibilang jika tagline adalah sebuah logo, namun berbentuk verbal. Tagline biasanya tersusun tidak lebih dari 7 kata yang disertakan dalam logo suatu produk. Ini dibutuhkan oleh sebuah bisnis apa pun itu, baik online maupun offline marketing. Simak informasi selengkapnya!
Cara Membuat Tagline Iklan dan Contohnya
Dalam contoh tag line dari Sampoerna Hijau, bisa kita lihat sangat sederhana. Membuat satu frasa, namun gampang diingat bukan merupakan perkara yang mudah. Akan tetapi, Anda juga bisa mencoba membuat tagline keren sendiri. Dan di sini, akan dijelaskan cara membuat contoh tag line yang menarik, namun mudah.
Kenali target konsumen
Jenis produk dan jasa apa yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen? Siapa saja target yang ditujukan untuk produk maupun jasa yang Anda miliki? Ini perlu digarisbawahi sebelum memulai untuk membuat sebuah tagline keren. Kenali target konsumen Anda, dan pikirkan tagline keren dengan kata-kata sederhana, namun konsumen bisa merasa diistimewakan.
“Teman Bermain dan Belajar” jadi pilihan tagline untuk majalah Bobo. Target konsumennya sudah terlihat di sana. Yaitu untuk anak-anak yang ingin bermain sekaligus belajar. Ini juga sederhana dan mudah diingat. Juga, bisa digunakan untuk lebih menyaring target konsumen yang ingin ditujukan.
Ketahui keunggulan produk
Mengapa konsumen harus menggunakan produk maupun jasa yang Anda miliki? Keunggulan apa yang dimiliki oleh produk atau jasa Anda dibandingkan yang lain? Ketahui dan gali lebih dalam tentang produk Anda. Tentu saja, banyak pesaing di luar sana yang memiliki produk sama dengan yang Anda tawarkan. Ini adalah cara jitu untuk membuat tagline keren.
“Bukan Cuma Ayam” dari CFC merupakan tagline perusahaan yang menunjukkan keunggulan dari produk. CFC tentu saja memiliki menu ayam, namun mereka juga menawarkan berbagai menu selain ayam yang bisa Anda temukan di sana. Panasonic memiliki tagline “Ideas for Life”. Ini menyiratkan jika Panasonic sangat ideal untuk hidup Anda.
Tampilkan manfaat produk
Dengan menampilkan dan menonjolkan manfaat dari produk Anda di tag line, banyak konsumen yang akan mencari sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga bisa digunakan untuk menyaring konsumen, seperti pada tag line untuk target konsumen.
Tagline keren dari OLX, “Cara Tepat Jual Cepat” bisa menjadi contoh untuk tag line yang menampilkan manfaat produk. “Connecting People” milik Nokia juga merupakan tagline perusahaan yang menampilkan manfaat untuk bisa menghubungkan setiap orang.
Perjelas produk yang ditawarkan
Tagline yang sederhana, namun jelas apa yang Anda tawarkan juga bisa menjadi perhatian. Khusus untuk toko online, tagline ini bisa dijadikan identitas bisnis yang Anda lakukan. Anda bisa mencantumkan penawaran produk atau jasa yang Anda miliki. Livaza.com memiliki tagline “#1 Marketplace Furniture Indonesia”.
Sudah jelas jika situs web tersebut menawarkan barang-barang furnitur sebagai produk yang diunggulkan. Ada juga oke.com dengan tagline-nya “Toko Handphone Online Indonesia”. Sesuai dengan tagline mereka, tentu saja produk yang ditawarkan adalah kebutuhan untuk ponsel Anda.
Deskripsikan misi
Misi apa yang kalian ingin lakukan untuk produk yang Anda jual saat ini? Adakah manfaat misi dari usaha yang ditawarkan? Jika Anda memiliki usaha, tentu akan ada misi yang ingin dicapai, bukan? Misi usaha ini juga bisa menjadi ide untuk Anda membuat tag line yang tepat dan mudah diingat. Coba untuk memasukkan misi usaha Anda dalam sebuah frasa untuk menciptakan tagline keren.
“Memang Beda” dari tvOne menjadi tagline perusahaan yang mengedepankan misi. Tag line dari Pegadaian yang berupa “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, juga merupakan contoh tag line yang menunjukkan misi usaha.
Memprovokasi
Pancingan atau provokasi bisa juga menjadi salah satu ide untuk tagline. Buat agar konsumen merasa jika produk lain bukan saingan dari produk Anda. Seperti obat nyamuk Tiga Roda dengan tagline “Nyamuk Sini Cuma Takut Tiga Roda”. Ada juga “Orang Pintar Minum Tolak Angin” yang menjadi tagline dari Tolak Angin.
Jadikan yang paling unggul
Tentu saja, ini bisa merupakan contoh tag line yang bisa Anda pakai. Dengan mengunggulkan produk atau jasa Anda, tentu konsumen akan merasa terjamin. Mereka bisa tahu jika mendapatkan produk yang terbaik. Tagline dari Teh Botol Sosro yang terkenal, “Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” merupakan salah satu tagline yang mengunggulkan diri. Juga “Jaminan Mutu” dari Baygon adalah salah satunya.
Kriteria Tagline yang Efektif
Dari beberapa metode yang bisa dilakukan, dan beberapa tagline perusahaan terkenal yang dicantumkan, sudahkah Anda mencoba untuk membuat tagline Anda sendiri? Dan apakah ini sudah cukup efektif untuk bisa menarik pelanggan? Untuk menambahkan, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk membuatnya. Ini bisa menjadikan tag line Anda lebih indah, lebih lucu, atau bahkan bisa lebih unik. Berikut beberapa kriteria yang harus dipenuhi:
Mengandung makna yang jelas
Tak hanya sekedar sederhana dan enak didengar, namun harus memiliki makna yang jelas. Dari beberapa kata yang digunakan, ini telah menjelaskan target, produk, manfaat, misi dan keunggulan. Jangan coba untuk membuat konsumen bertanya-tanya tentang produk Anda. Intinya, to the point! Buat agar tag line Anda mudah diingat dan melekat.
Spesifik
Hindari untuk membuat tag line yang terlalu umum. Pastikan ini mengarahkan agar konsumen tertarik untuk produk Anda.
Mudah diingat
Dengan sedikit kata-kata, tagline harus menjadi hal yang bisa membuat produk Anda diingat. Jika mudah diingat, konsumen akan terus terngiang dengan produk Anda ke depannya. Ini bisa mengarahkan mereka untuk mencoba produk Anda.
Hindari konotasi negatif
Pilih kata yang memiliki konotasi positif. Dengan energi positif yang dikirimkan melalui tag line produk Anda, ini tidak akan memicu kesalahpahaman. Juga, lebih baik hindari membuat ambigu dalam kata yang dipilih.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada sesi ini semoga artikel dari Markey selalu bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.