Last Updated on April 15, 2020 by
Ada banyak jalan untuk mendapatkan uang, salah satunya dengan bisnis. Sekarang Anda pun bisa memulai bisnis sendiri. Untuk menjadi pebisnis sukses, diperlukan perencanaan awal yang matang dan jitu agar bisnis Anda berkembang pesat. Tidak perlu khawatir jika Anda masih belum tahu cara merancang bisnis. Yuk simak cara merancang komponen perencanaan usaha bagi pemula di sini!
Perencanaan usaha juga dikenal sebagai business plan. Ibarat rumah, perencanaan usaha merupakan fondasi dasar yang kokoh. Apabila perencanaan usaha Anda tidak dibuat dengan baik, maka bisnis Anda dapat kehilangan arah di tengah jalan. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi, ‘kan?
Sebuah rencana usaha mengandung semua rincian, strategi dan segala aspek yang akan Anda butuhkan saat menjalankan bisnis. Business plan yang baik haruslah lengkap, jelas dan mudah untuk dipahami. Pastikan juga perencanaan usaha Anda memuat hal-hal mendasar seperti tujuan, target, gambaran bisnis, strategi dan upaya untuk menjalankan bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah komponen perencanaan usaha terbaik untuk menyusun business plan Anda.
Daftar Isi
10 Komponen Perencanaan Usaha Terbaik untuk Bisnis Anda
Membuat sebuah perencanaan usaha tidaklah sulit. Saat menyusun perencanaan usaha, Anda hanya membutuhkan kemampuan menganalisa kondisi pasar dan cara mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, sangat diperlukan pemahaman mengenai komponen perencanaan usaha. Berikut ini adalah sepuluh komponen perencanaan usaha penting yang harus ada dalam usaha Anda. Dijamin akan membuat perencanaan usaha milik Anda sukses besar!
1. Tujuan Bisnis yang Kuat
Apa tujuan Anda mendirikan bisnis? Ini adalah pertanyaan pertama yang harus Anda jawab. Tujuan kuat berguna agar bisnis Anda tidak mudah goyah saat mengalami pasang surut di kemudian hari.
2. Deskripsi Bisnis yang Terperinci
Bisnis seperti apa yang akan Anda buat? Tentukan terlebih dahulu bisnis di bidang apa yang Anda inginkan. Anda juga bisa memikirkan keunikan yang bisa ditawarkan kepada konsumen agar bisnis Anda tidak terlihat “pasaran”
3. Taktik Pemasaran Terperinci
Komponen perencanaan usaha selanjutnya adalah menentukan target konsumen dari bisnis Anda dengan survey. Cari tahu platform mana yang paling sering diperhatikan oleh target pasar Anda. Nantinya Anda bisa memasarkan produk di sana.
4. Perencanaan Waktu Sesuai Porsi
Tabel perencanaan waktu akan sangat berguna sebab Anda harus menyelesaikan banyak kegiatan dalam upaya merealisasikan bisnis. Tentukan porsi waktu ideal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu agenda dalam business plan Anda.
5. Strategi Operasional dan Manajemen yang Tepat
Tentukan pembagian kerja tim, prosedur penugasan, dan cara-cara lainnya agar setiap tim dalam bisnis Anda dapat berjalan berkesinambungan.
6. Perencanaan Pengembangan Produk
Tahapan ini memberikan Anda gambaran perencanaan produk saat proses pengembangannya. Anda akan dapat mengetahui perkiraan anggaran biaya produksi yang dibutuhkan.
7. Perkiraan Biaya yang Realistis
Buatlah anggaran perkiraan biaya yang realistis. Pertimbangkan sumber dana yang Anda bisa gunakan serta modal yang dibutuhkan. Tentukan juga cara terbaik untuk mengatur anggaran yang dibutuhkan namun tetap dalam jumlah yang efisien.
8. Analisa Pesaing dengan Cermat
Menganalisa pesaing dapat mengungkap kekuatan serta kelemahan usaha bisnis lainnya. Lalu, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi sehingga menjadi yang paling unggul.
9. Memantau Proses Pengembangan Produk
Senantiasa pantau bagaimana produk Anda berkembang di pasaran. Proses ini memberitahu kendala serta keuntungan dari produk yang Anda jual. Apabila terjadi masalah, Anda bisa segera mendeteksi serta memperbaikinya.
10. Menuliskan Kesimpulan Usaha
Tarik suatu benang merah dari rancangan Anda. Anda juga dapat mencetak rancangan usaha Anda untuk dibaca-baca kembali.
Contoh Perencanaan Usaha
Ini adalah contoh perencanaan usaha yang dapat Anda buat sendiri sebelum memulai berbinis. Yuk disimak!
Perencanaan Usaha “YOGHURT DILAN”
I. Rincian Bisnis
A. Deskripsi Perusahaan
Nama: Yoghurt “DILAN”
Tempat: Jl. Jaya Giri No 2A, Renon
Phone: 089745135203
Bentuk usaha: Bisnis UMKM
Alasan dan tujuan usaha: Prospek minuman sehat yoghurt sedang memiliki peluang baik dan sangat menjanjikan, terutama saat ini sedang mewabah virus di masyarakat. Masyarakat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan serta minuman sehat, termasuk yoghut. Yoghurt memiliki kandungan gizi yang baik dan mudah dibuat.
B. Operasi dan Manajemen
1. Pimpinan (Manager)
Bertanggung jawab teradap jalannya seluruh proses bisnis.
2. Bagian Produksi
Bertanggung jawab terhadap seluruh proses produksi yang terdiri dari persiapan, produksi, hingga pengemasan.
3. Bagian Pengadaan Bahan Baku
Melakukan pencarian, pembelian dan penyimpanan bahan baku.
4. Bagian Keuangan
Bertanggung jawab atas segala proses keuangan dan administrasi perusahaan.
5.Bagian Pemasaran
Mempromosikan serta memasarkan produk ke konsumen hingga mencapai target penjualan.
II. ANALISIS PEMASARAN
- Produk
Produk yang direncanakan adalah yoghurt. Yoghurt yang diproduksi akan dipasarkan dengan dikemas dalam botol 250ml berlabel “Yoghurt DILAN”.
- Lokasi/Distribusi
Usaha ini berlokasi di Jl. Jaya Giri No 2A, Renon. Adapun sasaran pasar poduk yoghurt ini adalah warung dan toko-toko di seputar kota Denpasar.
- Harga
Rencana harga jual produk adalah Rp. 5.000 @ 250ml.
- Promosi
Promosi dilakukan dengan menempel pamflet di tempat strategis dan melalui akun sosial media “Yoghurt DILAN”.
III. ANALISIS OPERASIONAL
Desain Produk
Yoghurt akan dipasarkan dalam bentuk kemasan botol yang rapi dan rapat untuk menjaga kehigenisan produk. Selain itu, kemasan diberi label dan warna yang menarik minat konsumen. Pada kemasan akan tertera informasi produk seperti tanggal kadaluarsa, nama dan logo perusahaan, serta berat dan volume produk.
Proses Produksi
- Bahan
- i) 1L susu sapi murni
ii) 50ml atau 2sdm bibit yoghurt
iii) Sirup buah-buahan
- Cara Produksi
- i) Susu dipanaskan dengan api kecil sambil diaduk selama 30 menit.
ii) Bibit yoghurt dimasukkan lalu aduk rata.
iii) Larutan disimpan dalam wadah tertutup selama 2×24 jam.
iv) Aduk kembali hingga larutan yoghurt tercampur rata.
v) Tambahkan sirup buah-buahan dan kemas ke dalam botol steril.
ANALISIS PELUANG PASAR & PESAING
Analisis Peluang Pasar
Yoghurt memiliki peluang pasar yang besar sebab saat ini banyak masyarakat sudah memulai gerakan hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat. Produk ini pun dapat dikonsumsi semua golongan karena harganya yang terjangkau dan tak memiliki batasan untuk dikonsumsi oleh siapapun. Target utama produk ini adalah masyarakat umum dan anak-anak yang biasanya gemar mengonsumsi cemilan sehat beraneka rasa.
Analisis Pesaing
Pesaing yang akan menyaingi produk ini masih belum terlihat secara khusus sebab hampir semua toko dan warung di Denpasar masih menjual minuman sejenis teh, kopi, susu dan minuman bersoda.
ANALISIS KEUANGAN
Analisa Biaya Usaha
Biaya tetap
No | Uraian | Jumlah (unit) | Harga (Rp) | Jumlah harga (Rp) | Masa pakai (Th) |
1 | Rumah produksi | 1 | 20.000.000 | 20.000.000 | 10 |
2 | Kain 1 meter | 5 | 3.000 | 15.000 | 1 |
3 | Gunting | 6 | 5.000 | 30.000 | 2 |
4 | Bak | 10 | 17.000 | 170.000 | 2 |
5 | Keranjang | 5 | 25.000 | 125.000 | 2 |
6 | Kompor | 4 | 300.000 | 1.200.000 | 6 |
7 | Panci | 8 | 75.000 | 600.000 | 6 |
Total | 22.140.000 |
Biaya Variabel
No | Uraian | Jumlah(unit) | Harga( Rp) | Jumlah harga (Rp) |
1 | Bahan baku | |||
Susu Sapi | 5 L | 10.000 | 50.000 | |
Bibit Yoghurt | 2 kg | 7.000 | 14.000 | |
Sirup Buah | 2 botol | 15.000 | 30.000 | |
Sirup Coklat | 2 botol | 15.000 | 30.000 | |
2 | Bahan pendukung | |||
Gas LPG | 2 tabung | 17.500 | 35.000 | |
Plastik label | 1 bendel | 5.000 | 5.000 | |
Botol ukuran 250 ml | 1000 pcs | 60 | 60.000 | |
Sablon label plastik | 1 bendel | 3.000 | 3.000 | |
3 | Tenaga kerja | |||
Bagian Produksi | 8 orang | 10.000 | 80.000 | |
Bagian Pemasaran | 10 orang | 7.500 | 75.000 | |
Administrasi keuangan | 2 orang | 15.000 | 30.000 | |
Bagian Pengadaan Bahan Baku | 5 orang | 9.000 | 45.000 | |
Total | 457.000 |
Biaya variabel perbulan : Rp. 457.000 x 30 = Rp. 13.710.000
Biaya Lain-Lain
no | Uraian | Volume | Harga per unit | Jumlah harga | |
Jumlah | Unit | ||||
1 | Transportasi | 1 | Bln | 150.000 | 150.000 |
2 | Promosi | 1 | Bln | 70.000 | 70.000 |
3 | Listrik | 1 | Bln | 100.000 | 100.000 |
Total | 320.000 |
Jumlah Total Biaya Usaha
No | Jenis biaya | Jumlah biaya (Rp/bln) |
1 | Biaya tetap | 22.140.000 |
2 | Biaya variabel | 13.710.000 |
3 | Lain – lain | 320.000 |
Total | 36.170.000 |
Laba dan R/C Ratio Usaha
No | Jumlah produksi | Harga perunit (Rp) | Penerimaan per hari (Rp) | Penerimaan per bulan (Rp) |
1000 pcs | 5000 | 5.000.000 | 150.000.000 | |
Total | 150.000.000 |
Keuntungan (Laba) perbulan = total revenue – total cost
= 150.000.000 – 36.170.000
= 113.830.000
R/C ratio = total revenue : total cost
= 150.000.000 : 36.170.000
= 4.147
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penghitungan biaya didapat bahwa bisnis “Yoghurt DILAN” layak untuk dijalankan karena dapat meraup keuntungan dari usaha yang dilakukan dimana R/C ratio > 1. Itulah pembahasan mengenai komponen perencanaan usaha utama yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.