Cara Menggunakan Google Ads Keyword Planner untuk Pemilihan Kata Kunci SEO

 

Keyword Planner adalah sarana/alat resmi yang disediakan oleh Google Ads (nama sebelumnya:Google Adwords). Walaupun dapat digunakan secara gratis, alat ini memiliki kualitas yang sangat baik dan telah digunakan oleh banyak orang.

■ Apa itu Keyword Planner?

Keyword Planner adalah alat gratis yang berguna untuk iklan dan strategi SEO yang disediakan oleh Google Ads. Walaupun dapat digunakan secara gratis, alat ini memiliki kualitas yang sangat baik dan telah digunakan oleh banyak orang.

Biasanya Google Ads Keyword Planner memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengiklan untuk meletakkan iklan di Adwords, tetapi karena pemilihan kata kunci untuk tindakan SEO juga merupakan informasi yang bermanfaat, alat ini dapat menjadi alat SEO yang kuat tergantung pada cara pemakaiannya.

Secara khusus, tidak hanya diperlukan dalam pemilihan kata kunci di situs web, pengambilan sampel kata-kata terkait (kata kunci terkait) saat menambahkan konten (kalimat) ke artikel blog, pengambilan sampel kata kunci long-tail, menemukan kata kunci penting dan lain-lain. Keyword Planner juga sangat diperlukan dalam pengoperasian SEO dalam konten pemasaran.

■ Hal yang bisa dilakukan dengan Google Ads Keyword Planner

Google Ads Keyword Planner digunakan tidak hanya untuk pemilihan kata kunci saat memasang iklan di Google tetapi Anda juga dapat memperoleh banyak informasi yang diperlukan untuk pemasaran internet. Oleh karena itu, ini adalah alat yang sangat diperlukan bagi staf pemasaran yang menangani SEO.

  • Cari tahu berapa banyak kata kunci tersebut sering dicari
  • Periksa kata kunci yang memiliki Competition sedikit
  • Perkirakan anggaran untuk memasang iklan
  • Konfirmasikan kata kunci yang terkait dengan situs Anda
  • Ketahui kata kunci yang sering dicari di industri perusahaan Anda
  • Pastikan kapan atau pada musim apa suatu produk sering dicari

 

Sponsor Link

■ Google Ads Keyword Planner direkomendasikan untuk orang/perusahaan seperti berikut ini

  • Bagi Anda yang ingin menambah jumlah akses dan jumlah orang yang mengunjungi di blog atau situs web Anda dengan menggunakan berbagai kata kunci.
  • Bagi Anda yang ingin mencari kata kunci untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan.

Keyword Planner direkomendasikan untuk orang dan perusahaan yang ingin melakukan SEO (Search Engine Optimization) di blog dan situs mereka agar dapat menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan.

■ Pengoperasian dasar Google Ads Keyword Planner

Jadi, berikut akan diperkenalkan metode pengoperasian dasar Keyword Planner. Di antaranya, juga akan dijelaskan indikator-indokator penting lainnya, marilah pahami arti dan gambaran umumnya lebih lanjut.

Indikator penting yang digunakan dalam fungsi pencarian kata kunci

Pertama-tama, mari kita gunakan mulai dari fungsi ‘pencarian kata kunci’ yang dimiliki Keyword Planner.

Google Ads Keyword Planner

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, masukkan kata kunci target yang ingin Anda periksa dan klik tombol “Start”. Masukkan kata kunci yang ingin Anda periksa, contohnya di sini kami memasukkan kata kunci “Keyword Planner”.

Google Ads Keyword Planner

Kemudian, hasil pencarian akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Google Ads Keyword Planner

Untuk mengetahui jenis data apa yang diperoleh, mari kita pahami arti dari indikator tersebut.

Google Ads Keyword Planner

Avg. Monthly Searches

Volume pencarian adalah indikator penting yang berarti berapa lama kata kunci target dicari dalam sebulan. Ini adalah indikator penting yang harus Anda perhatikan dalam memanfaatkan Keyword Planner.

Jika jumlahnya besar, berarti pengguna pencarian memperhatikan kata kunci tersebut dan Anda dapat mengetahui bahwa kebutuhan pencarian dari kata kunci tersebut stabil. Jika volume pencarian tidak ada, berarti kata kunci itu tidak terlalu populer dan Anda dapat mengetahui bahwa kebutuhan terhadap pencarian kata kunci tersebut sangat kecil.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan. Jika Anda melakukan periklanan, Anda dapat memahami ‘Avg. Monthly Searches bulanan’ secara terperinci. Namun, akun yang tidak melakukan periklanan tidak akan menampilkan ‘Avg. Monthly Searches bulanan’ dengan nilai berupa angka secara tepat. Anda perlu berhati-hati karena nilai akan ditampilkan menjadi sangat luas seperti 100 hingga 10.000 kali.

Competition

Competition disini berarti tingkat Competition dengan perusahaan lain ketika Anda beriklan dengan menggunakan suatu kata kunci. Ketika ‘tinggi’ (tingkatan penggunaan kata kunci tinggi) ditampilkan, itu berarti ada banyak saingan. Sebaliknya, jika ‘rendah’ (tingkatan penggunaan kata kunci rendah), Anda dapat menilai bahwa kata kunci tersebut memiliki saingan dalam jumlah yang sedikit.

 

Suggested bid  (low range) dan (high range)

Suggested bid adalah biaya iklan ketika Anda beriklan dengan suatu kata kunci. Pada ‘zona harga rendah’ akan ditampilkan perkiraan harga saat Suggested bid rendah. Di sisi lain, pada ‘zona harga tinggi’ akan ditampilkan perkiraan harga saat Suggested bid tinggi.

Pada saat ini, jika harga penawaran tinggi, Anda dapat menilai bahwa profitabilitas kata kunci yang ingin ditampilkan oleh perusahaan lain di tingkat atas adalah tinggi.

Mengetahui tawaran untuk setiap kata kunci adalah indikator yang sangat penting saat melakukan periklanan.

Kata kunci terkait

Kata kunci yang tercantum di sebelah kiri bawah gambar adalah kata kunci yang sangat relevan dengan kata kunci yang Anda cari.

Google Ads Keyword Planner

Silahkan klik ‘rata-rata volume pencarian bulanan’, ‘Suggested bid (zona harga rendah)’ dan ‘Suggested bid (zona harga tinggi)’ dari gambar di atas.

Kemudian, Anda dapat mengubahnya menjadi data hasil pengambilan sampel dengan kata kunci target dalam urutan naik atau turun. Jika Anda mengubah ‘volume pencarian bulanan rata-rata’ dalam urutan menurun, kata kunci yang memiliki permintaan dari pengguna pencarian akan ditampilkan dari urutan yang lebih tinggi.

Selain itu, jika Anda menetapkan ‘Suggested bid iklan (kisaran harga rendah) yang diposting di bagian atas halaman’ atau ‘Suggested bid iklan (zona harga tinggi) yang diposting di bagian atas halaman’ dalam urutan menurun, Anda dapat mengetahui kata kunci yang memiliki Suggested bid yang tinggi.

Poin yang perlu diperhatikan pada saat penggunaan

Poin yang perlu diperhatikan pada saat penggunaan Google Ads Keyword Planner adalah sebagai berikut. Karena ini adalah alat gratis, ini adalah bagian yang harus Anda ingat, sehingga ingatlah dengan benar.

Jangan terlalu percaya pada angka

Meskipun nilai numerik Keyword Planner sangat akurat dan memiliki keakuratan yang tidak dapat diikuti oleh alat lain, tetapi ini hanyalah sebatas perhitungan, sehingga Anda harus memahami bahwa kinerja iklan tetap memiliki bahaya yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor.

  • Suggested bid
  • Anggaran
  • Status produk
  • Tren konsumen
  • Pergerakan pesaing

 

Tentu saja hasil iklan akan berubah karena pengaruh faktor tersebut. Mari gunakan Google Ads Keyword Planner dengan asumsi untuk selalu mengoperasikannya sambil melakukan peningkatan.

Tidak bisa digunakan tanpa membayar

Untuk angka yang akurat, Anda tidak dapat menampilkannya tanpa benar-benar menggunakan iklan Google Ads.

Tampilan akun yang tidak menggunakan iklan Google Ads

Google Ads Keyword Planner

Tampilan akun yang menggunakan iklan Google Ads

Google Ads Keyword Planner

Jika Anda menggunakannya, jumlah pencarian bulanan ditampilkan lebih detail. Karena perbedaan ini tergantung pada apakah Anda menggunakan iklan Google Ads atau tidak, jika Anda berencana untuk menggunakan Keyword Planner dengan SEO, Anda perlu melakukan distribusi walaupun dalam jumlah yang sedikit.
 

■ Rangkuman

Manfaatkanlah Google Ads Keyword Planner dengan baik dalam pemasaran web seperti SEO dan iklan listing secara maksimal.

Untuk menarik pelanggan secara efisien, survei terhadap kata kunci adalah langkah penting yang perlu dilakukan pertama kali.

Percepatlah proses pengumpulan pelanggan pada situs dengan melakukan distribusi iklan dan pembuatan halaman web (konten) sambil memilih kata kunci yang efektif dengan memahami tren kata kunci yang sedang populer.

SEO adalah metode yang paling efisien untuk mengumpulkan pelanggan pada situs.

Jadi, dengan meningkatkan efektivitas biaya (menekan biaya iklan dan meningkatkan kinerja) melalui penggunaan iklan sekunder yang didasari SEO pada akhirnya akan mengarah pada kesuksesan bisnis.

Apakah Anda memiliki masalah dalam pekerjaan Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya terbatas pada penyediaan konten-konten tentang SEO, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Tentang Kami Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry