Media Bisnis Online | by APPKEY

Pemasaran Marketing strategy Strategi Pemasaran Bisnis Kecil Saat Ini

Strategi Pemasaran Bisnis Kecil Saat Ini

-

Saat ini semua hal dituntut untuk online, membuat keberadaan platform digital menjadi salah satu hal penting bagi pebisnis. Tak hanya bagi pebisnis baru, bisnis yang sudah lama didirikan juga perlu menggunakan platform online untuk memperkenalkan dan memperkuat merek mereka.

Berdasarkan fakta, sebesar 97% orang lebih banyak mempelajari bisnis lokal secara online dibandingkan dengan belajar langsung. Tak heran, pemasaran digital saat ini menjadi salah satu teknik pemasaran yang cukup menguntungkan, terlebih bagi bisnis kecil. Pemasaran digital tak hanya untuk mempromosikan produk atau layanan Anda, dapat juga untuk mengoptimalkan aset online perusahaan agar membuka peluang kesuksesan.

Menyediakan informasi penting dan terbaru bagi pelanggan potensial Anda sangatlah penting bagi bisnis lokal. Namun jika Anda adalah seorang pemilik bisnis kecil yang sama sekali awam mengenai beberapa hal di atas, jangan khawatir.

Di artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana caranya membangun dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda dengan menggunakan pemasaran masuk, cara menarik klien baru yang pada akhirnya dapat mengembangkan bisnis Anda.

Pemasaran Bisnis Kecil

strategibisnis1

Seringkali kita mendengar istilah pemasaran. Sejatinya pemasaran tak jauh dari perihal meningkatkan kesadaran merek serta membangun saluran prospek berkualitas yang berubah menjadi penjualan.

Namun di sisi lain bagi bisnis kecil, kegiatan menyebarkan berita dapat menjadi sebuah tantangan besar bagi mereka, karena mereka cenderung kekurangan sumber daya seperti anggaran dan waktu. Selanjutnya kita akan jelaskan apa saja strategi utama yang akan membantu Anda meningkatkan bisnis kecil yang Anda miliki.

Artikel terkait  Tingkatkan Penjualan Dengan Merchandise Unik Ini!

Strategi Pemasaran Bisnis Kecil

Kenali Audiens Anda

Jika saat ini Anda berpikir bahwa “siapa pun” adalah pembeli Anda, buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Perusahaan yang dapat menarik banyak klien, mereka berkata bahwa kekayaan ada di sebuah wadah.

Maksud dari wadah itu sendiri adalah sebuah tempat di mana perusahaan dapat memiliki pengaruh yang paling besar sebagai bisnis kecil. Lalu untuk mengembangkan wadah dan menarik pembeli ke dalam wadah tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu seluk beluknya, seperti masalah, prioritas mereka, dan lainnya.

Apa yang membuat pelanggan Anda memutuskan untuk melakukan pembelian? Kemudian seperti apa nantinya jika mereka jadi membeli? Dengan mengetahui beberapa hal tersebut seperti sebab-akibat, itu akan sangat membantu Anda dalam menyusun strategi bisnis dan membuat kasus yang menarik bagi solusi yang Anda miliki.

Pikirkan pelanggan yang sudah ada dan untuk selanjutnya dengan siapa Anda ingin bekerja sama.

Tekankan Proposisi Nilai Anda

Jika dilihat kembali, selama ini setiap bisnis yang ada pasti memiliki keunikan mereka sendiri, keunikan tersebutlah yang menjadi salah satu faktor penting. Mengapa? Karena dengan adanya perbedaan antar bisnis, pembeli akan memiliki alasan untuk membeli atau bekerja dengan Anda.

Jadi, proposisi nilai bisnis Anda adalah apa yang akan membedakan bisnis Anda dengan bisnis lainnya dan membuat orang lain berpikir bahwa bisnis Anda adalah penyedia yang patut untuk digunakan.

Tetap Fokus Pada Tujuan Dan Sasaran Tunggal

Kita semua tahu ada banyak strategi bisnis untuk meraih kesuksesan bisnis, bahkan sangat banyak. Ketika membaca satu persatu cara-cara yang ada, kita pasti akan tergiur untuk mencoba semuanya dengan harapan Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan lancar yang nyatanya tidak akan mudah.

Sebelum memutuskan cara apa yang akan Anda ambil untuk mengembangkan bisnis Anda, cobalah untuk mengidentifikasi terlebih dahulu, kira-kira apa permasalahan utama yang menghambat pertumbuhan bisnis Anda.

Artikel terkait  Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran

Kemudian jika sudah menemukannya, Anda harus tetapkan sasaran kinerja dan fokuskan sumber daya yang ada untuk melakukan langkah-langkah yang telah ditetapkan untuk mencapai sasaran kinerja tersebut. Anda juga dapat memperluas upaya Anda atau mencari inisiatif lain ketika kemajuan bisnis Anda sudah terlihat.

Secara garis besar, Anda perlu untuk mengetahui akar permasalahannya terlebih dahulu, baru Anda bisa mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Memanfaatkan Permainan Jangka Pendek

Saat Anda dalam tahap penskalaan, penting untuk melihat ROI lebih dulu, dengan begitu Anda akan diberikan momentum dan arus kas yang dapat digunakan pada proyek yang lebih besar, permainan jangka panjang, dan model pertumbuhan yang lebih berkelanjutan.

Namun untuk teknik yang membutuhkan waktu dalam mencapai hasilnya seperti SEO, tidak cocok dengan inisiatif utama yang Anda miliki. Hal tersebut karena Anda tidak langsung melihat hasil dari apa yang sudah Anda lakukan.

Menggandakan Apa yang Berhasil

Setelah menjalankan seluruh strategi bisnis, untuk melihat hasilnya positif atau tidak Anda bisa melihat data yang ada. Dengan melihat data dari hasil strategi bisnis Anda, akan menggambarkan mengenai metode apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.

Kemudian ketika Anda ingin meningkatkan skala, akan lebih baik untuk menggandakan metode yang telah terbukti berhasil dalam meningkatkan pendapatan.

Pahami Kekuatan Pelanggan yang Sudah Ada

Biasanya, akan lebih sulit untuk mempertahankan pelanggan potensial Anda dibandingkan dengan mencari pelanggan baru, yang di sisi lain juga tidak mudah.

Jika begitu, perlu untuk mengidentifikasi peluang bisnis Anda dalam hal pembelian berulang, penjualan lebih, dan penjualan silang. Pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian dengan Anda tentu sudah mengetahui bagaimana Anda melayani pelanggan, baik atau buruk.

Jika Anda telah memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan Anda, tentu mereka memiliki alasan untuk melakukan pembelian lagi terhadap Anda.

Bahkan jika Anda tidak menyediakan barang atau jasa yang pelanggan butuhkan, Anda tetap berkewajiban untuk menyenangkan pelanggan Anda. Jangan sampai lupa jika promosi dari mulut ke mulut merupakan salah satu pemasaran yang menjanjikan, terlebih itu gratis.

Gunakan Alat Promosi Gratis

Jangan sampai Anda tidak menggunakan alat promosi gratis yang tersedia. Jika memungkinkan sebaiknya gunakan alat promosi gratis dengan hasil yang efektif.

Namun bukan berarti tidak perlu untuk menggunakan alat promosi berbayar. Boleh menggunakan alat promosi berbayar, tetapi Anda perlu tahu bahwa alat tersebut dapat meningkatkan kinerja yang ada secara drastis.

Artikel terkait  Manajemen Pemasaran Adalah ? Fungsi, Tujuan & Contohnya

Langkah-Langkah Pemasaran Bisnis Kecil

strategibisnis2

1. Buatlah Situs Web untuk Memberitahu Keberadaan Anda di Dunia Online

Website bisa menjadi salah satu jalan untuk menjalankan strategi bisnis Anda. Dengan memiliki situs web yang terlihat profesional tentu akan menjadi salah satu aset penting untuk bisnis kecil Anda.

Website memiliki kemampuan untuk menghasilkan lalu lintas organik, selain menjadi tempat untuk mengirimkan lalu lintas dari iklan dan inisiatif pemasaran lainnya.

Jangan sampai Anda menganggap situs web Anda hanya brosur sederhana. Padahal sebenarnya Anda dapat mengubahnya menjadi staf penjualan selama 24/7 dengan memahami cara mengubah lalu lintasnya dan menjadi prospek yang baik bagi bisnis Anda.

2. Membuat Blog Juga Tidak Ada Salahnya

Selain website, blog juga bisa menghasilkan lalu lintas organik yang dapat menunjang strategi bisnis yang Anda miliki, terutama bagi Anda yang memiliki prospek dan belum mengambil keputusan untuk membeli.

Tak hanya itu, blog juga bisa membangun kredibilitas bisnis Anda dan memposisikannya sebagai pemimpin pemikiran. Untuk memulai blog, Anda bisa menggunakan alat situs web yang murah bahkan gratis untuk membuat situs gratis serta bisa menggunakan salah satu templatnya.

Bahkan jika Anda menerbitkan sebuah tulisan hanya satu kali dalam seminggu, itu sudah meningkatkan visibilitas situs web Anda secara online dan dapat membantu memberitahu pelanggan potensial Anda mengapa mereka harus mempercayai bisnis Anda.

Anda juga bisa mengajak para pengunjung blog Anda untuk berlangganan blog dan menerima update informasi melalui email mereka. Tentu langkah tersebut dapat menjadi prospek yang bagus.

3. Promosikan Bisnis Anda ke Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu platform yang paling menjanjikan dalam memasarkan produk Anda atau bisa dikatakan media sosial menjadi salah satu alat bisnis yang hebat. Kenapa? Karena tanpa disadari, media sosial dapat membantu Anda meningkatkan lalu lintas, meningkatkan peringkat mesin pencari, dan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan.

4. Berinvestasi dalam Iklan

Artikel terkait  10 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Laba Penjualan

Untuk membangun lalu lintas organik tentu membutuhkan waktu yang lama, dan sebagai bisnis kecil, Anda tentu ingin berinvestasi dalam permainan jangka pendek. Taktik yang cocok adalah taktik yang dapat langsung menargetkan pembeli dengan keinginan yang sangat tinggi.

Google Ads menjadi salah satu platform yang cocok jika Anda tahu bahwa target Anda sedang menelusuri web untuk produk atau solusi yang Anda tawarkan. Jika tidak ingin menggunakannya, Anda masih bisa memanfaatkan iklan media sosial.

Dengan membuat iklan yang sangat membidik target dan menghadirkan tayangan yang cukup, Anda akan mendapatkan atensi audiens.

5. Pastikan Menangkap Informasi Prospek Web

Untuk menghasilkan prospek atau pelanggan dari situs Anda bisa dengan cara menerapkan alat konversi.

Salah satu alat konversi yang gratis dan mudah adalah HubSpot Marketing Free. Dengan menggunakan alat tersebut, Anda dapat menambahkan widget pop-up ke dalam situs web dan mengumpulkan alamat email calon pelanggan. Dari sanalah Anda dapat mengirimkan promosi dan penawaran yang nantinya dapat diubah menjadi pelanggan yang membayar.

6. Gunakan Pemasaran Email Guna Memelihara Prospek

Nyatanya pemasaran email menjadi bagian penting dalam perangkat pemasaran Anda. Sebanyak 73 persen milenial lebih memilih komunikasi dari bisnis yang datang melalui email.

Cara ini termasuk cara yang mudah, gratis, dan terukur untuk Anda berkomunikasi dengan pelanggan baru maupun pelanggan yang sudah lama.

Anda bisa memanfaatkannya dengan cara mengirimkan buletin melalui email. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus pemasaran digital ini, otomatisasi pemasaran bisa menjadi pilihan menarik buat Anda.

7. Rajut Hubungan dengan CRM

CRM atau sistem manajemen hubungan pelanggan akan menyimpan informasi mengenai prospek dan pelanggan Anda, sehingga nantinya Anda dapat mengetahui interaksi pelanggan dan mengindentifikasi peluang penjualan dengan lebih efektif.

8. Promosi dari Mulut ke Mulut Boleh Juga

Dengan menyenangkan pelanggan tentu akan berdampak besar bagi bisnis Anda kedepannya. Jika pelanggan merasa senang, secara tidak langsung mereka akan menyebarkan atau mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain, yang biasanya dilengkapi pula dengan memberikan ulasan dan testimoni langsung.

Anda bisa menentukan langkah apa yang akan Anda gunakan pada bisnis Anda. Walaupun begitu Anda juga perlu untuk memikirkan matang-matang cara yang akan Anda pilih, terlebih dalam pemasaran digital, karena cara apapun yang Anda gunakan tentu akan memberikan dampak besar bagi bisnis yang Anda miliki.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Pemasaran Internasional Adalah ? | Fungsi, Tujuan & Contoh

Salah satu topik bahasan wajib dalam dunia bisnis dan ekonomi adalah pemasaran. Kita memang tidak akan pernah terlepas dari...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya