Last Updated on August 20, 2022 by
Di era modernisasi seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi sekaligus jejaring sosial “Instagram”. Ya, seperti yang telah Anda ketahui Instagram merupakan media yang digunakan untuk berbagi cerita, mulai dari foto liburan, foto kegiatan sehari-hari dan lain sebagainya. Tapi, setelah melihat upgrade versi terbarunya, apakah tak terpikirkan di benak Anda mengenai Instagram icon yang ada saat ini?
Bagi Anda yang telah lama menggunakan Instagram pasti tahu bahwa logo atau Instagram icon kini tampil lebih modern. Sebelumnya, Instagram memang terlihat bertahan menggunakan icon logo berupa desain skeuomorphic, yakni desain yang dibuat menyerupai dengan kamera jenis polaroid lengkap beserta viewfinder dan lensanya.
Namun, desain kamera Polaroid kini sudah tidak terlihat lagi. Yang ada adalah, desain Instagram icon yang dibuat dengan desain yang lebih flat. Desain tersebut dikombinasikan dengan outline berwarna putih dan dikombinasikan dengan gradasi warna yang terdiri dari ungu, jingga dan ungu.
Dari tampilan Instagram icon yang sekarang, terlihat jelas bahwa bentuk dan desainnya memang dibuat dengan lebih relevan dan modern. Yang mana, sekilas tampilannya memang terlihat mirip dengan kamera smartphone. Dengan demikian, logo Instagram icon yang satu ini tentu lebih mudah diingat.
Daftar Isi
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Instagram Icon
- Dibandingkan dengan yang sebelumnya, Instagram icon saat ini memang terlihat lebih sederhana, karena memang elemen di bagian pojok kanan dan kiri sudah tidak lagi terdapat jendela bidikan kamera, karena saat ini tampilan tersebut sudah diubah menjadi bentuk titik kecil berwarna putih.
- Keberadaan dari titik putih dan lingkaran lensanya, mengingatkan kita dengan kamera serta sensor cahaya yang terdapat pada smartphone modern. Model Instagram icon yang baru ini, tentu terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan logo sebelumnya yang menggunakan viewfinder dan lensa yang dimiliki oleh kamera Polaroid jadul.
- Peralihan dari logo Instagram icon yang lama dengan logo Instagram icon yang baru, menggambarkan tentang perkembangan fotografi dari masa lalu ke jaman sekarang, yakni kamera canggih dan modern dari smartphone.
- Walaupun Instagram icon terbaru saat ini memiliki tampilan yang lebih simple dan lebih flat, namun faktanya proses pembuatannya memakan waktu selama 9 bulan. Sebab, pihak desainer logonya, yakni Splatter harus mempertimbangkan banyak hal ketika membuatnya. Pasalnya, logo tersebut memang harus dibuat untuk melambangkan identitas dari Instagram, sehingga memang sengaja dibuat lebih iconic.
- Kabarnya sebelum membuat dan menemukan logo Instagram icon baru, pihak desainer Instagram terlebih dahulu membuat 300 versi logo. Yang pada akhirnya menemukan logo tampilan terbaru seperti saat ini.
- Dalam prosesnya spalter meminta para pegawai Instagram untuk menggambarkan Instagram icon versi lama dalam waktu 10 detik saja. Kemudian hasil yang didapatkan adalah, sebuah petunjuk brilian. Sebab, saat itu yang lebih banyak digambarkan adalah bentuk persegi dan terdapat bulatan di bagian sudut-sudutnya. Selain itu, elemen lain yang paling diingat dari gambar tersebut, adalah bagian viewfinder yang terdapat di bagian pojok kanan atas.
- Dari elemen-elemen paling diingat itulah yang menjadi dasar rancangan desain dari Instagram icon terbaru, sehingga menjadi desain dan bentuk logo seperti sekarang ini.
- Sementara alasan mengenai gradasi warnanya, dijelaskan bahwa ternyata warna yang digunakan saat ini dibuat untuk mewakili striping berwarna pelangi yang dulunya terdapat di bagian pojok kiri atas logo Instagram icon lama.
- Dengan adanya gradasi warna yang baru ini, pihak designer nya mengungkapkan bahwa tujuannya agar logo Instagram icon tersebut mudah ditemukan oleh penggunanya dari sekumpulan logo dan icon aplikasi lain yang ada di layar homescreen.
- Dengan adanya logo Instagram icon terbaru ini, faktor scalability untuk menyesuaikan tampilannya dengan berbagai keperluan, seperti di dalam web embed, favicon dalam twitter dan lain sebagainya menjadi lebih baik.
Mengenai perubahan dari logo Instagram icon ini mungkin bukan hal baru lagi bagi Anda. Namun, apakah sebagai salah satu penggunanya, Anda sudah mengerti apa saja icon aplikasi dan fitur dari bawaan Instagram versi terbaru ini?
Sebab, tampilan dari aplikasi dan fitur yang dimilikinya memiliki tampilan yang senada dengan desain logo Instagram icon terbaru. Aplikasi dan fitur tersebut meliputi : Layout, Boomerang serta Hyperlapse.
Bentuk dari masing-masing aplikasi tersebut saat ini sudah menampilkan fungsinya dengan begitu jelas, sehingga para pengguna aplikasi Instagram bisa langsung memilih dan menggunakan aplikasi favorit mereka.
Seperti yang sudah kita ketahui, fungsi-fungsi dari aplikasi pada Instagram tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini :
- Layout : Fungsinya untuk menyusun kolase foto, sehingga Anda bisa menggabungkan beberapa foto terbaik dalam satu format.
- Boomerang : Fungsinya dapat digunakan ketika hendak membuat video singkat secara langsung menggunakan rekaman kamera smartphone dan Anda bisa membuat video singkat dari rangkaian foto.
- Hyperlapse : Fungsinya digunakan untuk membuat dan merekam video time lapse yang Anda buat.
Namun, untuk bisa memakai ketiga aplikasi yang ada di dalam Instagram tersebut, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Selain bisa digunakan langsung di Instagram, ketiga aplikasi tersebut juga akan muncul di layar homescreen smartphone Anda. Dengan kata lain, Anda pun bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut langsung tanpa harus membuka aplikasi Instagram terlebih dahulu.
Bukan hanya Instagram icon saja yang mengalami perubahan, karena Instagram pun terlihat merombak tampilan antarmuka setiap aplikasi utamanya, sehingga tampak lebih berbeda dari sebelumnya. Perbedaan yang paling terlihat ada pada keberadaan background latar belakang layar memiliki filter berwarna putih.
Bagi Anda yang memang belum lama atau memang baru saja menggunakan Instagram, sebaiknya kenali juga beberapa Instagram icon lainnya beserta istilah atau namanya, agar tak lagi merasa kebingungan ketika menggunakannya.
Sama dengan media sosial lainnya, di dalam Instagram juga terdapat beberapa fitur. Namun terkadang keberadaan dari fitur-fitur tersebut disematkan dalam bentuk kata, kalimat maupun symbol, hanya saja kurang spesifik karena memang kurang mewakili fungsinya atau kegunaannya.
Bagi Anda yang memang terbilang baru mengenal Instagram, sepertinya Anda memang harus mengenal apa saja kegunaan fitur yang ada di dalamnya, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan baik tanpa merasa kebingungan sedikit pun.
Instagram Icon Fitur dan Kegunaannya
1. Feed
Tahu tidak apa itu feed? Kalau dalam Facebook Anda dapat melihat dan membaca postingan orang lain dalam beranda. Nah, sementara di Instagram Anda dapat melihat postingan orang yang Anda ikuti atau orang yang Anda follow di dalam feed. Kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, feed sama halnya kabar.
2. Stories
Di bagian atas feed terdapat fitur stories atau cerita. Dalam fitur ini akan menampilkan foto maupun video pendek yang telah Anda posting dan yang telah diposting oleh orang-orang yang Anda ikuti. Fitur ini memiliki bentuk lingkaran, yang mana segala foto dan video yang dijadikan story akan terhapus secara otomatis selama 24 jam.
3. Live Video
Di dalam fitur stories Anda bisa menggunakan live video. Sebagaimana dengan namanya, fitur ini bisa digunakan untuk membuat video langsung. Jika Anda ingin membuatnya, maka Anda memerlukan jumlah kuota internet yang cukup.
4. Direct
Yang satu ini merupakan fitur pengantar pesan secara langsung. Dengan fitur ini Anda bisa menggunakannya untuk mengirim pesan, mengirim foto hingga mengirim video baik secara personal maupun secara grup. Fitur direct messenger ini memiliki simbol Instagram icon seperti pesawat kertas. Apabila ingin menemukannya, Anda harus menggeser layar ke sebelah kiri.
5. Follow and Follower
Fitur follow dan follower ini pasti sudah cukup familiar bagi Anda. Follow (mengikuti) yang nantinya akan meminta Anda untuk mengikuti beberapa teman, bisa keluarga, sahabat, teman terdekat ataupun pengguna Instagram lain yang populer. Kemudian, setiap postingan (foto, video dan story) orang yang Anda ikuti atau orang yang telah Anda follow secara otomatis akan muncul di feed Instagram Anda.
Selain mengikuti (follow) pengguna Instagram yang lainnya, Anda pun akan diikuti oleh pengguna Instagram yang lain, yang mana dikenal dengan sebutan followers. Itu artinya foto, video hingga story yang Anda posting akan muncul dalam feed Instagram para follower Anda.
6. Tanda Hati Atau Love
Instagram memiliki icon like berupa tanda hati atau love berwarna merah. Cara menggunakannya pun mudah, apabila Anda menyukai foto ataupun video postingan orang lain, maka Anda tinggal cari ikon tanda hati di bawah postingan tersebut dan bisa juga menekan lama foto atau video yang akan di like, maka secara otomatis akan muncul tanda hati.
7. Tanda Balon Percakapan
Bukan hanya bisa melakukan like saja, di Instagram Anda pun bisa memberikan komentar. Anda bisa menuliskan komentar di dalam tanda balon percakapan yang tersedia di bawah postingan video ataupun foto milik pengguna Instagram lain.
8. Tanda Bookmark
Dengan adanya fitur ini Anda dapat menyimpan video maupun foto milik pengguna lain. Tanda bookmark ini digunakan untuk melihat setiap foto dan video yang telah Anda simpan langsung di dalam profil Instagram yang Anda miliki.
9. Tanda @
Biasanya tanda @ ini dibaca ‘et’ yang penempatannya berada di depan nama pengguna Instagram. Selain itu, tanda @ ini juga digunakan untuk membuat caption dan menandai pengguna lain di kolom komentar, sehingga yang namanya profil penggunanya disebutkan, maka dia akan mendapatkan pemberitahuan.
10. Tanda Pagar (#)
Apa sih pentingnya tanda pagar atau hastag dalam Instagram? Tanda dari icon pagar ini digunakan sebagai label yang menunjukkan tema atau kata kunci foto maupun video yang diposting. Ketika Anda menempatkan hastag pada postingan yang diupload, maka pengguna lain dapat menyentuhnya dan mereka dapat melihat foto atau video dengan tema yang sama.
Bagi Anda yang merasa masih sulit memahami tentang beberapa Instagram icon tersebut, maka cobalah langsung untuk menggunakannya. Sebab, cara menggunakan media sosial Instagram sebenarnya mudah untuk dilakukan. Daripada dipusingkan dengan setiap icon aplikasi dan simbolnya, mending langsung saja praktek langsung, karena dengan menggunakannya Anda bisa langsung mengenali setiap aplikasi dan fitur yang dimiliki oleh Instagram.
Untuk bisa menggunakan Instagram, tentu Anda harus sign up terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarkan diri menggunakan alamat email yang valid sekaligus yang masih aktif. Ketika pilih menu sign up, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi biodata diri. Lengkapi semuanya dan jangan lupa untuk mengisi nomor Hp Anda, karena nantinya hal tersebut dibutuhkan sebagai bagian verifikasi cadangan apabila email yang Anda gunakan sudah tidak aktif lagi.
Pada saat mendaftar, Anda pun akan diminta untuk membuat nama pengguna Instagram. Awali dengan tanda @ “et” jangan gunakan spasi, sebagai pemisah sebaiknya gunakan tanda (.) ataupun (“_”). Buatlah nama pengguna yang mudah diingat, karena nantinya nama pengguna tersebut yang akan digunakan untuk login dan logout dari Instagram.
Kelebihan Dari Instagram
Di zaman digital yang serba canggih seperti sekarang ini, masyarakat tak hanya sibuk berinteraksi di dunia nyata, karena banyak dari mereka yang gemar berselancar di dunia maya, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Jadi sudah jelas bahwa Instagram pun pasti punya kelebihan, karena agar setiap penggunanya bisa merasa senang, aman dan nyaman ketika memilikinya.
- Mudah untuk digunakan oleh siapa saja
- Dapat diubah menjadi akun publik maupun privat
- Dapat memperindah tampilan foto maupun video, karena sebelum diposting Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu
- Foto dan video yang diposting / dibagikan di Instagram dapat langsung tersimpan di dalam smartphone Anda
- Dapat dihubungkan secara langsung dengan akun media sosial lain, seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya
- Dapat melihat like, berkomentar dan berinteraksi langsung dengan tokoh-tokoh ternama di Indonesia bahkan di dunia
- Dapat dijadikan sebagai lahan bisnis, yakni dengan cara berjualan lewat akun Instagram yang dimiliki
Lantas, apakah ada kekurangan dari Instagram? Sebenarnya tidak ada, selama kita menggunakannya dengan bijak dan tidak menyakiti ataupun menyinggung pihak manapun, pasti kita tidak akan terkena masalah apapun ketika menggunakannya.
Dari sini segala sesuatunya mengenai Instagram icon dengan beragam fungsinya sudah Anda ketahui. Dan, apakah Anda tak ingin memiliki banyak followers dalam waktu cepat?
Cara Menambah Jumlah Follower Instagram dengan Cepat
Tak perlu cari sensasi ataupun cari masalah terlebih dahulu menjadi seorang selebgram, karena untuk menjadi seorang selebgram Anda harus memiliki followers dalam jumlah banyak. Yang mana hal tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
- Upload foto atau video yang kreatif
- Berikan caption yang unik tetapi tetap bermanfaat
- Gunakan hastag yang sering digunakan oleh banyak orang
- Rajin-rajinlah untuk upload foto dan video setiap saat
- Minta orang terdekat untuk mem-follow atau mengikuti akun Instagram Anda
- Follow balik pengguna lain yang mengikuti Anda
- Sering melakukan interaksi, dengan rajin memberikan like dan komentar
Untuk menjadi selebgram, tak perlu modal tampan dan cantik. Yang penting, Anda bisa membuat dan membagikan konten yang bersifat menghibur serta bermanfaat bagi banyak orang, contohnya seperti : membuat video lucu, membuat video tutorial make up, membuat video resep masakan dan lain sebagainya.
Namun, sebelumnya Anda harus bisa mengerti Instagram icon dan dapat menggunakannya dengan baik. Selanjutnya, barulah Anda bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menguntungkan, bisa menjadi selebgram atau dengan berjualan laris manis lewat akun Instagram. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.