Last Updated on January 2, 2024 by APPKEY-YOGI
Ketika Anda mendengar iklan dari suatu bisnis perusahaan pasti Anda seringkali mendengar slogan atau kata yang pendek mewakili dari produk yang sedang ditayangkan tersebut. Karena pendek dan sering diucapkan berulang, lama-kelamaan Anda mengingatnya dan setiap Anda melihat produk tersebut, tanpa sengaja Anda mengingat slogan yang sering muncul pada iklan yang telah Anda lihat.
Misalnya saja “life is never flat” dari cemilan Chitato atau “just do it” dari Nike. Slogan dari kedua produk menggambarkan produk yang dituju. Misalnya “life is never flat” yang dalam bahasa Indonesia berarti “hidup itu tidak pernah datar” yang menunjukkan kalau cemilan kentang Chitato memiliki bentuk yang bergelombang, tidak seperti cemilan kentang pada umumnya yang memiliki permukaan datar.
Image by rochashukla on freepik
Nike dengan kata andalannya yaitu “just do it” yang dalam bahasa Indonesia berarti “lakukan saja” yang menggambarkan produk mereka yaitu berkaitan dengan olahraga. Produk mereka nyaman dan kuat untuk dipakai berolahraga sehingga jangan ragu untuk melakukan aktivitas khususnya olahraga.
Selanjutnya bagaimana slogan ini sangat berpengaruh pada bisnis Anda? dan bagaimana cara untuk membuat slogan yang baik untuk bisnis Anda? yuk simak selengkapnya pada artikel dibawah ini.
Sebelum itu yuk kita pahami dulu apa itu slogan!
Daftar Isi
Apa Itu Slogan?
Slogan adalah suatu kalimat pendek yang dikemas dengan menarik, unik dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu, juga dapat dipakai untuk menjelaskan tujuan atau jenis dari suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, produk dan sebagainya.
Memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya adalah pendek dan ringkas, jadi orang lain mudah untuk mengingat dan mengucapkannya. Menarik juga mencolok sehingga orang lain akan tertarik. Memiliki makna yang jelas dan tegas, sehingga mudah dipahami dan tidak menimbulkan keambiguan. Mengandung ajakan atau imbauan, sehingga orang lain akan terpengaruh untuk membeli sesuatu.
Slogan dapat digunakan tidak hanya satu keperluan saja namun dapat juga untuk berbagai keperluan, diantaranya adalah iklan produk atau jasa dari perusahaan, promosi kegiatan atau acara dari organisasi tertentu, ajakan untuk melakukan sesuatu, misalnya menjaga kebersihan, disiplin berlalu lintas atau mencegah narkoba. Pengenalan identitas suatu perusahaan, organisasi atau lembaga.
Dampak Slogan Untuk Bisnis
Meskipun terlihat sangat remeh, slogan memiliki kekuatan tersendiri untuk bisnis Anda. Terutama ketika akan memasarkan, mengiklankan dan mengkomunikasikan produk atau jasa Anda. Menggunakan slogan sangat efektif karena waktu manusia sangat terbatas sehingga Anda hanya memiliki beberapa menit bahkan detik untuk meyakinkan calon pelanggan Anda. Berikut adalah dampaknya untuk bisnis Anda.
Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Slogan yang menonjol, mudah diingat dan menarik dapat membantu meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Ketika sebuah slogan terus-menerus terpakai dalam kampanye pemasaran, hal tersebut dapat menjadi pengingat yang kuat bagi konsumen mengenai merek tersebut. Masyarakat menjadi sadar dan tahu bahwa merek ini ada di pasaran.
Menciptakan Citra Merek
Slogan yang tepat dapat membantu menciptakan citra merek yang diinginkan. Citra dapat membantu orang lain untuk menggambarkan baik secara visual atau informasi mengenai produk dan pribadi perusahaan. Misalnya, slogan “Indomie, seleraku” menciptakan citra merek Indomie sebagai produk yang lezat dan banyak disukai orang.
Mengembangkan Hubungan dengan Konsumen
Slogan yang menginspirasi, menyenangkan dan mempengaruhi emosi dapat membantu mengembangkan hubungan dengan konsumen karena dapat terhubung dengan konsumen secara mendalam. Misalnya slogan “Bersatu, kita bisa!” yang digunakan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa menciptakan rasa kebersamaan, persatuan dan gotong royong di kalangan masyarakat.
Image by pvproductions on freepik
Meningkatkan Penjualan
Slogan yang baik dan membekas di hati konsumen dapat membantu meningkatkan penjualan. Karena dapat menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Misalnya slogan “Pasti Enak, Pasti Sedap” yang digunakan oleh Indofood mendorong konsumen untuk membeli produk-produk Indofood karena jaminan kualitasnya.
Menjadi Beda dari Pesaing
Pasti saja ada satu atau dua perusahaan yang menyediakan jenis produk atau jasa yang sama. Namun bagaimana caranya supaya produk Anda terlihat berbeda? Selain dengan layanan atau dari komposisi produk, slogan dapat membantu bisnis Anda terasa berbeda daripada yang lainnya.
Cara Membuat Slogan Untuk Bisnis Anda
Jika Anda kini merasa slogan sangat penting untuk bisnis Anda dan berniat untuk membuatnya, Anda dapat melihat tips dibawah ini sebagai referensi. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat slogan yang baik dan efektif.
- Pilihlah kata yang mudah diingat dan diucapkan. Slogan yang terlalu panjang atau rumit akan sulit diingat oleh orang. Usahakan agar slogan hanya terdiri dari dua sampai delapan kata saja. Semakin pendek akan semakin bagus.
- Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Hindari menggunakan jargon atau istilah yang sulit dipahami oleh orang banyak karena tidak semua orang memiliki kamus kata yang baik. Hindari juga menggunakan bahasa daerah jika Anda ingin memasarkannya ke seluruh Indonesia.
- Tentukan tujuan slogan. Apa yang ingin Anda capai dengan slogan tersebut? Apakah untuk menarik perhatian, menciptakan citra atau mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu? Slogan merupakan aset jangka panjang, jika tidak diperhitungkan dengan baik, akan berakibat fatal untuk seterusnya.
- Lakukan riset. Luangkan waktu dan cari tahu apa yang disukai dan tidak disukai oleh target audiens Anda. Hal ini akan membantu Anda membuat slogan yang lebih efektif dan tepat sasaran.
Berikut adalah beberapa contoh slogan dari beberapa produk perusahaan dan lainnya.
“Indomie, seleraku” (Indomie)
“Pasti Enak, Pasti Sedap” (Indofood)
“Just Do It” (Nike)
“Think Different” (Apple)
“Open Happiness” (Coca-Cola)
“I’m Lovin’ It” (McDonald’s)
“Don’t Be Evil” (Google)
“Let’s Go Places” (Toyota)
“Jagalah kebersihan lingkungan!”
“Merdeka Belajar” (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
“Bersatu, kita bisa!” (Persatuan Bangsa-Bangsa)
“Membangun Indonesia, dari desa!” (Pemerintah Desa)
Kalau Anda perhatikan, slogan-slogan diatas memiliki beberapa ciri-ciri yang sama.
- Pendek dan ringkas. Semua slogan tersebut hanya terdiri dari beberapa kata saja dan tidak panjang.
- Mudah diingat dan diucapkan. Slogan-slogan tersebut mudah diucapkan dan diingat oleh orang banyak.
- Memiliki makna yang jelas. Slogan-slogan tersebut memiliki makna yang jelas, mudah dipahami dan tidak ambigu.
- Dapat mempengaruhi orang. Rata-rata dari slogan-slogan tersebut memiliki makna yang dalam dan dapat mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu.
Kesimpulan
Slogan merupakan sekumpulan kata yang menarik, menonjol dan mudah untuk diingat. Biasanya digunakan untuk memberitahukan informasi dan mengiklankan sesuatu. Meskipun slogan terlihat seperti hal yang remeh temeh, pengaruhnya sangat memiliki dampak terutama ketika memasarkan dan mengkomunikasikan produk. Slogan dibuat pendek dan menarik bertujuan untuk meninggalkan kesan pertama yang baik terutama dengan waktu yang sangat singkat.
Beberapa dampak slogan pada bisnis yaitu meningkatkan kesadaran merek, menciptakan citra merek, mengembangkan hubungan dengan konsumen, meningkatkan penjualan dan menjadi berbeda dari pesaing.
Cara untuk membuat slogan yang baik adalah mulai dari memilih kata yang mudah diingat, menggunakan bahasa yang sederhana, menentukan tujuan dan luangkan waktu untuk meriset apa yang disukai oleh target audiens Anda.
Beberapa contoh dari slogan yang terkenal adalah “Indomie, seleraku” dari Indomie, Pasti Enak, Pasti Sedap dari Indofood, Just Do It dari Nike, Think Different dari Apple, Open Happiness dari Coca-Cola, I’m Lovin’ It dari McDonald’s, Don’t Be Evil dari Google, Let’s Go Places dari Toyota dan masih banyak yang lainnya.
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.