Last Updated on December 22, 2023 by APPKEY-YOGI
Sudah lama teh menjadi minuman dalam keseharian masyarakat Indonesia. Ketika ada tamu, ketika sakit, ketika bersantai sambil menikmati suasana rumah, teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dipilih. Selain aromanya yang enak dan menenangkan, teh juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Maka dari itu tidak heran jika bisnis teh akan selalu laku walau tahun dan tren terus berganti. Salah satu bisnis teh yang selalu kita dapat lihat eksistensinya hingga kini adalah bisnis teh poci. Penasaran dengan sejarah dan strategi bisnisnya? Yuk kita simak selengkapnya.
Photo by jcomp by Freepik
Daftar Isi
Sejarah Teh Poci
Sejarah teh poci berawal dari abad ke-17 dengan membawa pengaruh dari Tiongkok. Pada masa itu tanaman teh belum ada di Indonesia jadi didatangkan langsung dari Tiongkok. Lalu pada tahun 1830-an tanaman teh mulai menjadi komoditas utama melalui proyek tanam paksa atau Cultuurstelsel pada masa penjajahan.
Teh tersebut ditanam di kota Slawi, Tegal dan sejak saat itu kota Slawi menjadi tempat berawalnya bisnis teh yang terkenal seperti Teh Sosro, Teh Tong Tji dan Teh Poci. Masing-masing dari teh tersebut memiliki rasa yang khas dan bertahan hingga saat ini.
Teh Poci merupakan produk dari Rekso Grup dimana kemitraannya dikelola oleh PT Poci Kreasi Mandiri. Teh Poci memiliki rasa yang khas dimana aroma melati menjadi ciri khas dari teh ini. Jika melihat dari tradisi masyarakat Tegal, teh poci selalu disuguhkan setiap hari terutama saat kumpul keluarga. Ciri khas nya adalah teh yang pekat, kental dan disuguhkan langsung dari poci yang terbuat dari tanah liat.
Aroma melati yang meruak ketika dituangkan langsung dari poci juga menjadi ciri khas dari teh poci. Gula yang digunakan juga menggunakan gula batu, namun ketika mencelupkannya, tidak boleh diaduk. Makna filososi dari penyajian teh poci ini adalah awalnya kehidupan memang terasa pahit, namun ketika kita bersabar, manisnya kehidupan pasti akan kita rasakan.
Poci bekas dari minuman teh yang sebelumnya juga tidak dicuci, hanya dibasuh dengan air lalu dibiarkan. Hal ini dilakukan karna dipercaya kerak dari teh yang sebelumnya akan membuat rasa tehnya akan semakin otentik dan enak.
Kini perusahaan teh cap poci melakukan berbagai inovasi seperti rasa teh yang tidak hanya melati saja, namun juga ada rasa vanila dan buah-buahan. Teh poci dijual dalam kemasan kotak yang berisi bubuk daun teh atau teh celup. Kini teh poci mulai memiliki franschisenya sendiri. Mereka menyediakan teh poci siap minum dengan harga yang dapat dikatakan sangat murah.
Franchise Teh Poci
Franchise teh poci telah hadir bagi Anda yang ingin melakukan bisnis teh poci. Melihat teh sendiri merupakan minuman yang tidak lekang oleh waktu, tentu saja menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Harga jualnya yang tergolong murah dan bisa dibeli mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga dewasa. Biasanya harga jualnya adalah dari 2500 sampai dengan 3500 rupiah.
Modal yang diperlukan untuk membuka usaha minuman teh ini adalah mulai dari lima juta sampai sebelas juta. Yang membedakannya adalah ukuran booth nya. Semakin banyak modalnya, semakin besar dan lengkap juga alat-alat yang diberikan.
Keuntungan yang diperoleh tidak dibagi dengan mitra, itu artinya Anda mendapatkan 100% keuntungan jualan. Anda hanya perlu membeli bahan bakunya langsung ke mitra. Hal ini dilakukan agar cita rasa teh poci tetap terjaga.
Photo by wirestock on Freepik
Strategi Bisnis Teh Poci
Kalau Anda bertanya-tanya mengapa bisnis teh poci masih sangat eksis hingga kini, tentu karena minuman teh sangat digemari dan tidak akan lekang oleh waktu. Tapi selain itu ada beberapa hal yang menjadi keunggulan bisnis ini. Yuk kita bahas!
Rasa
Dengan membawakan sensasi rasa teh yang disuguhkan dari poci asli beraroma melati membuat siapapun merasakan kesegaran dan pengalaman minum teh yang unik. Seperti yang dijelaskan diatas, teh poci tidak hanya beraroma melati saja, tapi juga memiliki rasa vanila dan rasa buah-buahan yang pastinya disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa.
Selain itu penjual bisa berkreasi sendiri karena teh ini juga bisa dicampur dengan menambahkan susu, menambahkan rasa cokelat dan lainnya.
Kemasan Menarik
Kemasan dari teh poci didesain dengan baik dan menarik sehingga membuat siapapun menjadi tertarik untuk membelinya. Selain itu dengan menggunakan cup, teh ini sangat praktis dibawa kemana-mana.
Tempat
Franchise teh poci tidak memerlukan tempat yang luas. Hanya dengan modal beberapa petak tempat saja, Anda sudah bisa menjalakan bisnis ini. Hal inilah yang membuat bisnis ini cukup digemari. Tentu tidak semua orang yang ingin berbisnis memiliki cukup modal untuk menyewa tempat, membayar karyawan dan menyediakan segala fasilitas penunjang bukan?
Modal yang Tergolong Murah
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, modal untuk memiliki bisnis ini berkisar antara lima juta sampai sebelas juta. Atau mungkin lebih murah lagi tergantung dengan ukuran booth yang diinginkan.
Harga Jual yang Murah
Bisnis ini menyasar semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa sehingga harga jual dari teh ini tidak menguras kantong. Karena itu, teh ini sangat laris apalagi disaat panas terik menyerang.
Tantangan dalam Bisnis Teh Poci
Semua bisnis pasti memiliki tantangan, tak terkecuali bisnis teh poci ini. Berikut adalah tantangan dalam bisnis ini.
Persaingan
Bisnis minuman yang semakin berkembang tentu saja akan mempengaruhi pemasukan. Apalagi jika ada minuman yang sedang tren, pasti orang-orang akan fokus untuk membeli minuman itu.
Selain itu karena franchise teh poci harganya sangat bersahabat, tidak menutup kemungkinan akan banyak yang membuka bisnis yang sama. Oleh karena itu jika Anda ingin berbisnis teh poci, usahakanlah mencari tempat yang strategis dan jarang menjual minuman dengan jenis yang sama.
Musim
Jika musim panas, tentu orang-orang akan mencari minuman dingin untuk melepas dahaga dan panas di dalam tubuh. Disaat inilah minuman es akan sangat laku terjual. Tapi bagaimana pada saat musim hujan? Pasti orang-orang akan lebih memilih untuk membeli minuman hangat untuk menghangatkan tubuh bukan?
Pertimbangkanlah untuk menyediakan teh hangat atau minuman hangat lain pada menu Anda, ini akan membuat penjualanan Anda tetap stabil meski musim berganti.
Kualitas
Teh poci memiliki rasa dengan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan teh lainnya. Pertahankan dan jaga kualitas minuman agar selalu sama enaknya dari waktu ke waktu.
Kesimpulan
Bisnis teh merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Selain teh merupakan minuman dalam keseharian masyarakat Indonesia, teh juga merupakan salah satu minuman yang tidak lekang oleh waktu, karena itu berbisnis teh poci bisa menjadi opsi pilihan yang bisnis yang tepat.
Beberapa strategi dari bisnis ini adalah mulai dari rasa yang unik, kemasan cup yang menarik dan praktis dibawa kemana-mana, tidak perlu tempat yang luas, modal yang tergolong murah serta harga jual yang murah dan menyasar berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.
Tantangan dalam bisnis ini adalah persaingan yang ketat antara bisnis minuman yang lain, musim yang silih berganti dan tantangan dalam menjaga kualitas.
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Thumbnail by pch.vector on Freepik
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.