Last Updated on December 22, 2023 by APPKEY-YOGI
Siapa yang tidak suka dengan kopi? Semakin hari jika Anda perhatikan kedai kopi atau coffee shop sangat menjamur dimana-mana. Gaya hidup yang berubah terutama dari kaum milenial dari beberapa tahun lalu menjadi salah satu penyebab mengapa bisnis kopi menjadi hal yang sangat menjanjikan. Salah satu merek kopi terkenal yang menyasar kaum milenial adalah Point Coffee.
Penasaran kan mengapa merek ini sangat terkenal dan memiliki banyak cabang dimana-mana? Yuk simak bagaimana cara pemasaran dan penjualan Point Coffee dibawah ini!
Pertama-tama ada baiknya kita ketahui bagaimana sejarah dan pendiri dari merek ini.
Daftar Isi
Sejarah dan Pendiri Point Coffee
Point Coffee pertama kali didirikan pada 30 Mei tahun 2016. Resep dari kopinya dibuat oleh seorang juri barista Indonesia bersetifikat internasional yang bernama Hendri Kurniawan. Pada tahun 2019, Point Coffee bekerjasama dengan Indomaret sehingga Anda bisa lihat mengapa Point Coffee selalu berada di Indomaret dan jarang terlihat memiliki kedai sendiri.
Point coffee hanya menyewa sekitar 8meter sampai 10meter persegi di dalam Indomaret. Sehingga jika Anda ingin menikmati segelas kopi sembari ingin membeli barang yang lainnya, Indomaret Point menjadi salah satu solusi yang tepat. Tidak heran jika penempatan Indomaret Point berapa di tempat-tempat strategis seperti di pom bensin, dekat bandara, stasiun kereta dan lainnya.
Karena resep kopi dibuat oleh seorang juri barista, tidak heran cita rasa dari kopi ini benar-benar berbeda dibandingkan dengan kedai kopi lain. Selain itu harganya yang murah membuat siapapun bisa mencicipi kopi ini. Murah, kualitas dan memiliki rasa yang mewah, tentu siapapun tidak akan melewatkannya.
Ada banyak menu dari point coffee yang dijual. Tidak hanya minuman kopi saja, minuman non coffee juga tersedia disini. Dengan membayar mulai dari 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati menu mereka. Selain menjual minuman dan kopi, mereka juga menjual kue dan onigiri yang rasanya tidak kalah enak seperti kopinya.
Berikut adalah beberapa menu yang dijual.
Coffee Series
- Long Black (Iced)
- Palm Sugar Latte (Iced)
- Cappuccino (Iced)
- Mocha (Iced)
- Dan masih banyak lagi
Non-Coffee
- Iced Lemon Tea
- Iced Earl Grey
- Hot Brewed Peach Tea
- Sakura Milk Tea
- Dan masih banyak lagi
Point Coffee juga memiliki inovasi baru seperti Kopi Baper (Bawa Pergi) dan Kopi Saku yang kemasannya kecil dan bisa muat di saku. Ini bisa menjadi solusi jika Anda ingin kopi namun tidak ingin menunggu lama.
Strategi Pemasaran Point Coffee
Mungkin makanan dan minuman dengan kualitas baik dan rasa yang mewah, pebisnis manapun bisa untuk mengusahakannya, namun salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis tidak hanya tentang rasa, tapi bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan sehingga produk tersebut bisa diketahui oleh khalayak ramai. Jadi mari kita belajar dari kesuksesan Point Coffee.
Konsep
Konsep yang diusung oleh Point Coffee adalah Grab and Go. Mereka tidak menyediakan kopi dalam gelas kaca atau gelas estetik seperti kedai kopi lainnya karena mereka fokus untuk menjual kopi yang bisa dibawa langsung oleh pembeli, fast serve dan simple.
Mereka tidak melayani dine in. Namun meski begitu, mereka juga menyediakan kursi yang diperbolehkan untuk ditempati ketika menunggu atau ingin menikmati kopi sambil beristirahat sejenak.
Penempatan Gerai
Point coffee kebanyakan terdapat di tempat peristirahatan (rest area), bandara, pom bensin dan lainnya yang menjadikan merek ini laku keras. Selain itu menggandeng Indomaret yang selalu banyak dikunjungi oleh orang-orang dan eksklusif hanya bekerja sama dengan Indomaret menjadikannya terlihat berkualitas.
Kualitas Produk
Rasa dan kualitas produk yang fresh menjadikan Point sebagai merek yang dapat bersaing dengan produk kopi manapun. Kopi yang dibuat juga langsung berasal dari biji kopi kualitas tinggi dari Indonesia yang diproses saat itu juga. Kita pun ketika membeli bisa melihat sendiri bagaimana biji kopi itu diproses hingga diolah menjadi minuman yang sampai ke tangan kita.
Penggunaan bahan untuk membuat kopi juga disediakan beberapa jenis, misal bahan susu. Mereka tidak hanya menyediakan susu biasa, namun juga menyediakan oat milk dan bisa menambah additional menu seperti menambah topping.
Strategi Penjualan Point Coffee
Setelah kita mengetahui bagaimana Point Coffee membangun nilai jualnya, yuk kita cari tahu bagaimana cara Point Coffee menjual produk mereka hingga produknya bisa terjual lebih dari satu juta cup setiap bulannya.
Membuat Akun Sosial Media
Mungkin hampir semua kedai atau toko, tidak hanya kopi saja yang membuat akun media sosial sebagai salah satu strategi penjualan mereka. Point Coffee memanfaatkan media sosial mereka untuk memperkenalkan produk, event-event dan give away yang rutin dilakukan. Hal ini tentu mengundang perhatian dari pengguna media sosial sehingga mereka penasaran dan akhirnya mencoba produk.
Mengadakan Promosi Rutin
Untuk beberapa produk di hari-hari tertentu akan mendapatkan diskon sebesar 40%. Promosi yang dilakukan tidak hanya pada hari atau perayaan tertentu, namun dilakukan setiap minggu dengan berbagai jargon unik yang dikemas dengan desain simple. Misalnya jargon “I dont like monday mistery”
Mereka paham jika hari senin biasanya adalah hari yang berat dan memberikan promosi untuk minuman paling mahal di menu merupakan salah satu langkah bagus untuk menarik minat pembeli. Sehingga tidak heran jika Point Coffee memiliki pelanggan setia dimana-mana dan mungkin akan semakin bertambah seiring waktu.
Perbedaan dengan Kedai Kopi Lainnya
Point coffee tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan kedai kopi lain seperti kopi kenangan ataupun fore. Yang menjadi titik unggul mereka adalah penempatan gerai yang strategis dan konsep yang anti ribet. Meski begitu, mereka banyak mengembangkan berbagai macam menu yang sangat enak dan worth untuk dibeli.
Kesimpulan
Akhir-akhir ini kehadiran coffee shop sangat menjamur dimana-mana. Kebanyakan menyasar ke kaum milenial yang tidak bisa lepas dari kopi dalam kesehariannya. Salah satu coffee shop yang terkenal di Indonesia yaitu Point Coffee.
Didirikan sekitar tujuh tahun yang lalu tepatnya pada 30 Mei 2016 oleh seorang barista terkenal bernama Hendri Kurniawan. Resepnya pun dibuat oleh Hendri sendiri sehingga tidak heran rasa kopinya begitu otentik.
Point tidak hanya menjual minuman kopi saja, namun juga menjual minuman non coffee, kue bahkan onigiri. Harganya pun juga terjangkau, mulai dari harga lima belas ribu, Anda sudah bisa menikmati menu mereka.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Point adalah pertama dari konsep mereka. Konsep mereka yaitu grab and go dimana mereka menyajikan kopi yang bisa dibawa langsung oleh pembeli, fast serve dan simple, lalu penempatan gerai yang menyasar tempat strategis dan kualitas produk yang fresh.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Point adalah dengan membuat akun sosial media dan mengadakan promosi sebesar 40% untuk produk tertentu.
Ingin mendapatkan lebih banyak info, berita dan tips digital marketing terbaru setiap hari? Yuk follow terus MARKEY agar tak ketinggalan update! Langsung klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP di Play Store dan App Store. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.