Last Updated on October 3, 2023 by appkey
Di antara banyak profesional, kerja cerdas adalah kunci menuju produktivitas lebih baik yang dapat menghemat waktu dan energi untuk hal-hal yang penting, seperti tujuan hidup, pertumbuhan pribadi dan kesehatan, serta hubungan interpersonal. Fakta ini juga berlaku di tempat kerja: Bekerja cerdas di kantor menjaga anggota tim tetap terlibat dan tidak merasa kewalahan.
Dilansir dari teamwork.com, mari mendalami apa artinya kerja cerdas (bukan keras) dan memberikan 15 tips tindakan yang dapat digunakan untuk mencapai hal tersebut dengan baik. Mari simak pembahasan lengkapnya secara detail pada ulasan di bawah ini!
Daftar Isi
Apa artinya Kerja Cerdas?
Kerja cerdas dapat membantu untuk lebih produktif tanpa membuang waktu dan energi berharga. Dalam prakteknya, biasanya berarti menggunakan strategi yang jelas untuk memprioritaskan aktivitas dan tujuan yang penting. Ini memungkinkan untuk merawat apa yang paling penting dan mencegah waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas yang kurang penting.
Bergantung pada karir yang ditekuni, bekerja cerdas bisa berarti menerapkan beberapa alat untuk mengotomatisasi tugas yang berulang dan memakan waktu atau mempekerjakan anggota tim tambahan untuk membagi pekerjaan.
Mengapa lebih baik Kerja Cerdas?
Kita hidup dalam masyarakat yang menempatkan nilai tinggi pada produktivitas, jadi bekerja cerdas dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam berbagai aspek kehidupan. Ini dapat membantu meningkatkan kepuasan kerja secara keseluruhan, kesehatan, dan kebahagiaan karena stres ketika mengelola segalanya akan berkurang.
Produktivitas kerja yang lebih tinggi, ditambah dengan kepuasan kerja yang lebih besar, dapat membuat Anda menjadi aset yang lebih berharga bagi perusahaan. Ini dapat meningkatkan keamanan pekerjaan dan memberikan posisi untuk kenaikan gaji dan promosi.
15 Tips Sukses menerapkan Kerja Cerdas yang Bisa Diikuti
Berikut adalah 15 tips yang dapat diterapkan hari ini untuk membantu membangun kehidupan profesional yang lebih bahagia dan produktivitas yang lebih tinggi.
1. Rencanakan lebih awal
Dengan merencanakan lebih awal, Anda dapat langsung masuk ke proyek-proyek yang paling mendesak daripada menghabiskan waktu berharga mencoba memprioritaskan semuanya di hari itu. Merencanakan lebih awal untuk hari berikutnya dapat menjadi hal yang bagus untuk dilakukan di akhir hari ketika telah menyelesaikan semua tugas untuk hari itu tetapi masih dalam mode kerja.
2. Minimalisir daftar to-do
Kita semua hanya bisa melakukan begitu banyak dalam sehari. Jika daftar to-do Anda sangat panjang, siapkan diri untuk kekecewaan. Saran yang terbaik adalah menjaga daftar to-do tetap pendek, ringkas, dan realistis. Mencapai tujuan kecil tidak hanya membawa Anda maju, tetapi juga dapat membantu meningkatkan rasa pencapaian.
3. Multitasking terkadang bukan solusi
Berlawanan dengan kepercayaan populer, multitasking tidak berhasil. Bahkan, ketika kita mencoba untuk multitasking, kita sebenarnya mencapai lebih sedikit karena kita perlahan-lahan kehilangan kemampuan untuk fokus cukup untuk belajar. Jadi, daripada mencoba mengerjakan banyak tugas berbeda sekaligus, coba fokus pada satu per satu maka kualitas kerja yang lebih baik dan produktivitas yang lebih tinggi secara keseluruhan akan terlihat.
4. Membatasi notifikasi
Apakah Anda mendapatkan notifikasi di ponsel atau notifikasi obrolan di komputer dari rekan kerja, satu notifikasi memiliki kemampuan untuk merusak produktivitas selama beberapa menit.
Pikirkan berapa banyak notifikasi yang telah diatur di perangkat Anda. Bukanlah hal yang sulit untuk membayangkan bagaimana Anda bisa dengan mudah teralihkan dan menghabiskan beberapa jam per minggu untuk kembali ke jalur. Untuk membantu melawan ini, bisukan semua notifikasi selama blok waktu sepanjang hari untuk memastikan Anda bebas gangguan.
5. Ambil istirahat
Membangun istirahat ke dalam hari Anda mungkin terdengar bertentangan dengan produktivitas, tetapi jika telah menjadwalkan istirahat dengan niat, mereka sebenarnya dapat memastikan Anda melakukan lebih banyak. Memberi otak istirahat dapat membantu untuk fokus seefisien mungkin pada tugas yang ada di depan.
Satu teknik istirahat disebut teknik Pomodoro. Teknik pengaturan waktu ini menyarankan untuk mengambil istirahat singkat yang sering untuk mendorong konsentrasi berkelanjutan. Misalnya, Anda dapat mengatur timer selama 25 menit dan fokus pada satu tugas dari daftar to-do. Setelah 25 menit, istirahatlah selama lima menit. Lakukan hal ini empat kali, dan kemudian Anda bisa mengambil istirahat yang lebih panjang (15 hingga 30 menit).
6. Selesaikan tugas dalam beberapa bagian
Anda juga bisa menggabungkan pengambilan istirahat dengan menyelesaikan tugas dalam beberapa bagian (potongan, sedikit demi sedikit atau mencicil). Menggabungkan dua tips ini adalah cara yang bagus untuk memastikan kerja cerdas, bukan keras.
Pikirkan tentang memisahkan tugas berdasarkan jenis saat membuat daftar to-do. Misalnya, mungkin lebih bermanfaat untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan kreativitas dalam jangka waktu yang sama. Ini bermanfaat karena akan melatih bagian tertentu dari otak.
Lalu, ketika beralih ke tugas yang membutuhkan angka-angka keras dan berpikir analitis, Anda bisa beralih untuk fokus sepenuhnya pada kegiatan tersebut alih-alih mencoba berpindah-pindah antara berpikir kreatif dan analitis.
7. Gunakan alat produktivitas dan otomasi
Perangkat lunak yang dirancang untuk produktivitas dan otomasi bisa menjadi pintasan yang bermanfaat untuk menyederhanakan tugas, mengalirkan alur kerja dan membuat berkolaborasi dengan orang lain menjadi mudah. Alat produktivitas dapat menguntungkan individu dan tim besar yang bekerja pada proyek dengan banyak bagian yang bergerak.
Cara terbaik untuk mengidentifikasi alat produktivitas mana yang akan terbaik adalah dengan melacak apa yang tim habiskan saat waktu ekstra selama satu minggu rata-rata. Setelah memiliki data beberapa minggu, lihat apa yang paling sering muncul dan identifikasi apakah ada alat di luar sana yang dapat membantu memotong jam-jam tersebut.
Misalnya, jika Anda melihat tugas yang berulang-ulang, alat otomasi adalah cara yang bagus untuk mengambil item-item tersebut dari pekerjaan tim untuk mengurangi beban kerja anggota tim dalam prosesnya.
8. Ajukan pertanyaan lebih awal
Mengajukan pertanyaan lebih awal dalam proses untuk setiap proyek yang diberikan dapat membantu untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Daripada menunggu pertanyaan satu per satu saat pertanyaan itu muncul, luangkan waktu untuk berpikir kritis tentang proyek di tahap awalnya.
- Apa alat atau sumber daya yang akan tim butuhkan untuk menyelesaikan proyek?
- Apakah semua orang memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang harus menjadi produk akhir?
- Apakah ada sesuatu yang tidak jelas bagi siapa pun?
Mengajukan pertanyaan ini lebih awal dapat membantu untuk mendapatkan keunggulan atas masalah potensial dan menanganinya sebelum membuat proyek keluar jalur. Ini juga dapat membantu memodifikasi arah proyek jika perlu dan menjaga semua orang berada di halaman yang sama sejak awal.
9. Berfokus pada hasil dan bukan waktu yang dihabiskan
Ketika lebih banyak orang mulai bekerja dari rumah selama pandemi, satu hal menjadi sangat jelas: Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas tidak setara dengan kualitas produk akhir.
Beberapa perusahaan tahu ini sebelum pandemi, tentu saja, tetapi banyak yang masih berpikiran bahwa jika seseorang bekerja kurang jam, itu secara otomatis berarti pekerjaannya tidak selesai dengan baik. Namun, ini jauh dari kebenaran.
Jika anggota tim bekerja dengan efisien dan mengelola waktunya dengan baik, mereka dapat menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih singkat dengan standar kualitas yang sama. Daripada fokus pada mencatat jam kerja yang lebih lama, fokuslah pada hasil akhir.
10. Perkuat keterampilan komunikasi
Keterampilan komunikasi tidak dapat dilebih-lebihkan ketika berbicara tentang bekerja lebih efisien. Jika Anda berkomunikasi secara efektif, tugas dan proyek akan berjalan lebih lancar. Manajer proyek dan anggota tim harus memiliki komunikasi dua arah yang terbuka untuk memastikan semua orang tetap berada di halaman yang sama dan bertanggung jawab atas bagian mereka dari proyek.
11. Mempercepat pertemuan
Jika pernah bekerja sebagai bagian dari tim, Anda tahu betapa pertemuan bisa menghabiskan waktu. Pertemuan adalah hal yang penting dan tidak bisa dihindari, tetapi Anda bisa membuatnya lebih efisien dalam kebanyakan kasus.
Profesional rata-rata menghabiskan sekitar 21,5 jam dalam pertemuan per minggu. Jadi, mulailah dengan memangkas pertemuan dan menjadi sangat fokus saat memutuskan apa yang akan dibahas dalam pertemuan dan apa yang bisa menjadi email.
12. Tetapkan batas waktu yang pendek
Jika Anda menetapkan batas waktu yang pendek untuk diri sendiri atau tim, kemungkinan akan terasa lebih tercapai. Batas waktu yang pendek juga membantu orang tetap fokus pada tugas yang ada di depan mereka.
Jika memiliki batas waktu yang berjarak minggu atau bahkan bulan, Anda mungkin akan lupa beberapa aspek kunci dari proyek dan bahkan kehilangan momentum dan semangat. Menetapkan batas waktu yang pendek bisa menjadi teknik manajemen proyek yang bagus untuk diingat jika Anda berusaha bekerja lebih cerdas.
13. Cocokkan tugas dengan tingkat energi
Berfikir tentang daftar tugas sebanding dengan bagaimana perasaan Anda juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memeriksa diri sendiri, karena merenungkan suasana hati hari ini dapat menguntungkan kesejahteraan dan produktivitas secara keseluruhan. Bila memungkinkan, coba cocokkan tugas untuk hari itu dengan seberapa energi yang dimiliki.
Misalnya, jika ketika bangun merasa berenergi dan bersemangat, Anda mungkin merasa lebih siap untuk mengambil tugas yang menantang secara mental. Sebaliknya, jika merasa sedih atau lelah, Anda mungkin ingin mengerjakan tugas yang lebih sepele yang tidak memerlukan banyak energi dan yang bisa diambil waktunya.
14. Gunakan teknik manajemen stres
Stres di kalangan pekerja di seluruh dunia mencapai rekor tertinggi pada tahun 2021, dengan 44% karyawan melaporkan bahwa mereka mengalami stres pada hari tertentu. Ketika stres tinggi, produktivitas menurun. Untuk melawan ini, penggunaan teknik manajemen stres secara proaktif adalah solusi. Beberapa teknik ini yang berhubungan dengan kehidupan kerja bisa diterapkan.
- Menetapkan batas yang kuat untuk melindungi keseimbangan hidup dan kerja, seperti tidak menjawab email setelah jam kerja
- Mengambil istirahat sepanjang hari untuk makan dengan baik
- Bergeraklah sepanjang hari (berjalan, meregang, berlari, bersepeda, dll.)
- Praktekkan mindfulness dan latihan pernafasan
- Dukung kesehatan mental dengan mencari terapis atau kelompok dukungan
Selain membantu produktivitas, mengelola stres akan membantu Anda menjadi lebih tahan dalam semua aspek kehidupan.
15. Kelola waktu dengan bijaksana
Terakhir, keterampilan manajemen waktu sangat penting ketika mencoba bekerja lebih cerdas. Ketika Anda menggabungkan tips ini dengan tips pertama kami tentang merencanakan di muka, Anda dapat menjadwalkan hari untuk membantu mendukung produktivitas dan efisiensi tanpa merasa stres.
Dan ingat, mengelola waktu juga termasuk membuat waktu untuk istirahat. Anda tidak bisa bekerja keras tanpa istirahat. Relaksasi sangat penting untuk memastikan produktivitas jangka panjang, jadi dorong tim untuk mengambil istirahat dan berikan saran jika mereka kesulitan mengelola waktu mereka secara efektif.
Kesimpulan
Kerja cerdas adalah kunci untuk mencapai produktivitas yang maksimal. Artikel ini memberikan 15 tips yang dapat diterapkan sekarang untuk membangun kehidupan profesional yang lebih bahagia dan produktif. Ingatlah bahwa tidak ada pendekatan yang sama untuk semua orang dalam bekerja lebih cerdas, dan mungkin perlu memodifikasi strategi ini dari waktu ke waktu berdasarkan kebutuhan diri sendiri dan tim.
Ingin mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terkait pengelolaan bisnis online? Follow MARKEY solusinya! Klik https://markey.id/ atau download MARKEY APP sekarang di Play Store dan AppStore agar tak ketinggalan info artikel bisnis terbaru setiap harinya. Sampai jumpa lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.