Last Updated on April 18, 2022 by
Menjalankan bisnis online memang memerlukan banyak trik dan pengetahuan agar bisnis Anda terus berkembang. Salah satunya adalah dengan memahami visual search.
Belakangan ini, istilah visual search sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat digital. Apakah Anda sendiri sudah pernah mendengar istilah visual search sebelumnya?
Jangan khawatir jika Anda belum tahu soal visual search! Artikel kali ini akan membahas lengkap seputar apa itu visual search serta dampaknya bagi bisnis online. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini. Selamat membaca!
Daftar Isi
Apa Itu Visual Search? Apa Pengaruhnya untuk Bisnis Online?
Visual search adalah istilah yang baru-baru ini trending menjadi fokus perhatian warganet. Seperti yang tentunya Anda sudah ketahui, dunia internet adalah tempat terbaik untuk melakukan banyak penelusuran.
Anda juga mungkin sudah familiar dengan metode penelusuran internet berbasis kata kunci di search engine seperti Google. Namun visual search adalah inovasi terbaru untuk penelusuran konten di internet.
Sejatinya, visual search adalah konsep multimedia retrieval alias penelusuran konten dengan menggunakan file multimedia seperti gambar, audio (suara) dan video. Penelusuran ini pun sangat cocok untuk dijalankan jika Anda tidak tahu apa nama produk yang ingin dicari tetapi mempunyai foto produk tersebut.
Pengaplikasian penelusuran visual ini sebenarnya sudah diterapkan sejak dulu oleh Google, tepatnya pada laman Google Images. Lantas, apakah penelusuran visual ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan SEO website toko online Anda? Jawabannya adalah “Iya”.
Dunia bisnis online memang sangat bergantung pada penelusuran kata kunci (teks). Dengan menginput keyword yang tepat, maka calon konsumen bisa menemukan konten produk Anda dengan mudah. Namun belakangan ini, trend gaya penelusuran mulai berkembang hingga melahirkan metode penelusuran berbasis non-teks seperti audio dan foto.
Banyak pihak yang beralih ke penelusuran visual lantaran menilai penelusuran non-teks jauh lebih efisien dan bisa menjangkau semua jenis produk secara sangat spesifik. Khususnya, jika Anda tidak tahu nama dari sebuah produk.
Semisal Anda mempunyai produk lipstick dengan warna merah yang shades persisnya Anda tidak tahu ada di nomor berapa. Pun untuk memudahkan penelusuran yang unik dan spesifik, Anda bisa memfoto produk dan mengunggahnya ke sistem pencarian.
Jadi pada kenyataannya, keyword teks tidak bisa mencover semua konten yang ingin ditelusuri secara spesifik. Oleh sebab itulah, penelusuran bisa diimbangi dengan bantuan gambar. Agar toko online Anda bisa selalu ditemukan oleh konsumen, maka ada baiknya Anda menyediakan fitur penelusuran berbasis gambar di toko.
Toko-toko online yang tidak memaksimalkan pencarian secara visual juga diprediksi akan lebih cepat tenggelam dan kalah dalam persaingan digital marketing.
Website-website bisnis besar seperti Amazon dan Pinterest terbukti sukses memaksimalkan usaha dan meningkatkan penjualan dengan menyediakan penelusuran visual.
Pun berdasarkan penelitian, peminat penelusuran visual memiliki persentase yang tinggi, yakni sebesar 22.6% atau kedua paling besar dibandingkan penelusuran keyword. Jika dibandingkan dengan platform ternama seperti YouTube sekalipun, penelusuran visual masih 5 kali lebih besar jumlahnya.
Angka yang besar ini menandakan bahwa penelusuran visual sangat berpotensi untuk memaksimalkan bisnis online.
Konsumen merasa amat terbantu dengan adanya penelusuran visual ini, sebab mereka bisa mencari produk yang sama persis sesuai keinginan dengan satu kali upload.
Pengunjung juga tidak akan kecewa karena gagal menemukan produk impian gara-gara terkendala di pencarian keyword. Jadi, toko online Anda dapat terus menjaring penjualan online. Rating website toko Anda juga otomatis akan naik.
Bagaimana, tertarik untuk mencoba mengaplikasikan penelusuran visual untuk toko online Anda? Lanjutkan scroll untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara memaksimalkan penelusuran visual untuk konten produk di toko online, ya!
Trik Simpel Memaksimalkan Visual Search untuk Toko Online
Anda telah melihat apa itu penelusuran visual dan bagaimana efeknya untuk bisnis online. Sekarang, bagaimana cara memaksimalkan penelusuran berbasis gambar ini untuk toko online Anda?
Tidak perlu pusing, inilah cara-cara sederhana untuk memaksimalkan visibilitas konten toko online Anda melalui penelusuran visual oleh konsumen:
Memakai File Gambar yang Descriptive
Kunci pertama kesuksesan penelusuran gambar secara online adalah foto yang Anda upload harus descriptive alias file nama-foto.jpg harus informasi produk Anda. Memakai nama file yang sesuai dengan isi gambar akan lebih mudah mesin pencari untuk menemukan foto konten produk.
Semisal Anda mengupload foto produk makanan kucing, maka nama file foto tersebut juga harus disesuaikan seperti: makanan_kucing.jpg – sebab, nama inilah yang akan dideteksi oleh mesin pencari. Anda juga bisa menyertakan keyword pada nama file foto.
Pastikan Semua Konten di Web Bisa Dibeli
Posting konten yang memang bisa dibeli oleh konsumen. Pisahkan website untuk berdagang dengan website konten blog. Cara ini terbukti untuk meningkatkan ROI web secara signifikan.
Mencampur konten promosi dengan konten jualan akan menyulitkan sistem penelusuran untuk bekerja mendeteksi produk memakai gambar terlebih jika semua konten Anda memuat gambar. Konsumen juga bisa merasa ‘tertipu’ jika foto produk yang ia klik ternyata konten promosi saja.
Memakai Alt Tag pada Foto Produk
Anda juga bisa memakai alt tag pada foto produk. Alt tag dapat membantu search engine lebih mudah memperoleh informasi yang dibawa oleh gambar. Alt tag biasanya berisi informasi singkat terkait produk dan diekspresikan dengan kode tag <alt> yang disisipkan di HTML.
Memakai Image Sitemaps dan Meta Description
Trik lainnya selain memakai tag alt adalah dengan memakai image sitemaps. Image sitemaps adalah elemen javascript yang memungkinkan Google untuk mengumpulkan metadata pada konten gambar, sehingga, penelusuran gambar dimungkinkan oleh sistem.
Ada juga alternatif berikutnya yakni meta description. Meta description tak hanya terdapat pada SEO, tetapi juga penting untuk diinput pada foto produk agar konten produk bisa muncul di hasil penelusuran konsumen.
Kesimpulannya, penelusuran visual dapat meningkatkan penjualan sekaligus ekspektasi konsumen terhadap kualitas toko Anda. Toko-toko yang sudah dilengkapi dengan sistem penelusuran visual ini sering mendapat cap sebagai toko yang baik, kekinian, dan mampu memberikan level kenyamanan yang maksimal.
Apalagi penelusuran visual jauh lebih baik ketimbang penelusuran berbasis keyword yang bisa mencover produk-produk secara spesifik. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba penelusuran berbasis visual ini?
Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang konsep visual search yang benar untuk memaksimalkan usaha online Anda. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda, ya! Jangan lupa juga untuk selalu stay tune di Markey agar tidak ketinggalan banyak artikel menarik dan informatif seputar dunia martech.
Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap Sekaligus Termudah untuk Pemula
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.