Last Updated on May 31, 2022 by
Jika membahas mengenai konten digital yang ada sekarang ini, akan ada banyak sekali jenisnya. Mulai dari penggunaan sosial media, website, blog, vlog, Youtube dan banyak lagi jenis lainnya.
Media tersebut tidak hanya digunakan sebagai alat penyebaran informasi tetapi juga dipergunakan sebagai alat pemasaran (Digital Marketing). Tren selalu terus menerus mengalami perubahan.
Device yang kita miliki awalnya bernama handphone, kemudian setelah mengalami perubahan menuju pembaharuan sampai pada akhirnya handphone berubah nama menjadi smartphone.
Dikarenakan keunggulan aplikasi pada smartphone yang benar-benar pintar untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala hal.
Daftar Isi
Digitalisasi
Kegiatan konvensional lambat laun berubah menjadi digital di segala aspek, termasuk persebaran informasi dan pemasaran. Adanya smartphone, memudahkan semua orang dalam mengakses informasi secara real time.
Tidak perlu lagi menunggu berita tayang di televisi ataupun menunggu tukang koran mengantarkan koran terbaru. Anda cukup mengakses semuanya melalui smartphone Anda. Dimana saja dan kapan saja.
Dilatarbelakangi hal ini, media informasi dan pemasaran gencar melakukan perubahan dari konvensional menuju digital. Salah satunya dengan menggunakan blog sebagai medianya
Blog
Pastinya Anda cukup sering mendengar istilah vlog dan blog. Sebenarnya keduanya merupakan sebuah singkatan. Vlog berasal dari kata video blog dan blog sendiri berasal dari kata web log.
Dimana, blog itu merupakan aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat pada halaman web. Awalnya, kebanyakan blog berupa jurnal pribadi online milik seseorang untuk berbagi ceritanya kepada banyak orang.
Lambat laun tema tulisan pada blog berubah menjadi tema yang banyak diminati orang, seperti kecantikan, fotografi, editing, fashion, masakan dan masih banyak lagi tema menarik lainnya. Terkadang, website-website yang menawarkan penjualan produk atau jasa juga memiliki blog dalam website mereka.
Blog ini selain berfungsi dalam berbagi informasi yang terkait dengan produk ataupun jasa mereka, juga berfungsi sebagai penghasil traffic. Traffic merupakan laporan jumlah orang yang mengunjungi website dan durasi waktu kunjungan yang viewers lakukan.
Singkatnya, traffic merupakan laporan lalu lintas yang terjadi pada website. Semakin tinggi traffic yang dihasilkan, maka semakin bagus posisi website tersebut dalam hasil tampilan pada search engine.
Baca juga : Apa Itu SEO? Belajar Tuntas Ilmu Dasar SEO Paling Lengkap!
SEO (Search Engine Optimization)
Untuk bisa meraih posisi teratas ataupun ditampilkan pada halaman pertama dari pencarian search engine. Blog dapat menggunakan beberapa cara, yaitu SEO dan SEM. SEO merupakan cara pertumbuhan website secara organik (gratis), sedangkan SEM berbayar dengan menggunakan iklan.
Walaupun hasil dari penggunaan SEM lebih cepat daripada SEO, tetapi metode SEO masih banyak digemari oleh blog creator. SEO sendiri merupakan cara-cara untuk bisa mengoptimalisasikan semua hal hanya dengan mengandalkan search engine saja untuk mempengaruhi ranking website atau blog Anda.
Keuntungan Menggunakan SEO Dalam Penulisan Artikel
Semua orang kini dapat dengan mudah mengakses internet. Bahkan untuk membuat blog, bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan profesional. Sudah banyak juga tersedia situs-situs penyedia blog atau website gratis yang bisa Anda pergunakan tanpa perlu membeli domain untuk mengaktifkan situs Anda tersebut.
Bisa Anda bayangkan, berapa banyak blog dan website yang tersedia di internet baik yang berbayar dan gratis. Lalu Anda harus bersaing dengan seluruh situs tersebut untuk bisa berada di hasil pencarian pada halaman pertama.
Tentunya semua itu membutuhkan usaha ekstra, salah satunya dengan menerapkan SEO. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menerapkan SEO pada tulisan Anda antara lain :
- Memperoleh posisi atau ranking yang optimal pada hasil mesin pencarian
- Meningkatkan traffic dari web Anda
Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi SEO dalam artikel Anda, contohnya:
- Fokus pada keyword
- Pemakaian sub-heading
- Menyisipkan URL konten sebelumnya pada artikel baru
- Pengaturan meta data (meta description)
- Jumlah minimum penyebutan keyword dalam artikel
- Panjang teks
- Penyebutan keyword pada sub-heading
- Keyword di judul & paragraf pertama
- Slug yang memuat keyword
- Dan lainnya
Slug Pada WordPress
Apa itu slug? bagi orang-orang yang menulis pada situs mereka tanpa menggunakan SEO, pastinya istilah ini cukup asing bagi mereka. Ini adalah sebuah teks yang kita atur atau muncul setelah nama domain situs. Slug ini menjadi bagian dari permalink yang nantinya akan mengarahkan pengunjung untuk masuk ke konten pada situs Anda.
Permalink ini adalah bagian dari URL yang merupakan alamat website. Contohnya pada alamat https://appkey.id/, jadi URL (alamat website-nya) adalah appkey.id, agak sedikit berbeda dengan permalink.
Jika kita membuka salah satu artikel yang ada pada Appkey, maka Anda akan bisa melihat https://appkey.id/blog/pengembangan/mvc/ sebagai contohnya pada address bar. Jadi permalink pada konten tersebut adalah pengembangan mvc yang dipisahkan dengan tanda slash (/) dan /blog/ merupakan kategorinya.
Ada banyak contoh cara penulisan sebuah slug. Ada yang dilengkapi dengan kategori, tanggal ataupun hal lainnya. Tanda pemisah antara kata satu dengan kata yang lain juga bisa menggunakan hyphen (-), selain menggunakan slash (/).
Adanya slug ini akan menghemat waktu Anda untuk mendapatkan informasi yang Anda inginkan. Misalnya saja, jika Anda sudah pernah mengakses satu artikel yang berisikan tutorial kemudian Anda ingin mengakses artikel itu kembali.
Anda bisa langsung memanfaatkan slug, agar langsung masuk ke dalam konten dan tidak perlu lagi mengakses halaman utama dan sub-fitur lainnya untuk bisa membaca artikel itu kembali. Dengan cara, langsung menuliskan URL dan slug terkait pada address bar search engine Anda. Slug juga memudahkan content creator dalam menyisipkan persyaratan SEO.
Cara Membuat Slug Pada WordPress
Saat Anda sudah selesai membuat artikel yang nantinya akan Anda pos, Anda bisa melakukan pengaturan slug pada pengaturan yang ada sebelah kanan pada artikel Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturannya, Anda bisa menekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + , lihat permalink pada bagian pos → slug di pengaturan blok.
Slug biasanya langsung diatur oleh WordPress, tapi itu tidak akan sesuai ekspektasi Anda yang bisa mendukung SEO pada konten Anda. Berikut ini tips cara membuat slug agar efektif meningkatkan SEO website Anda.
- Ganti Spasi dengan Tanda Hubung atau Tanda Pisah
Saat Anda mengatur ulang slug artikel Anda, pastikan tidak menggunakan spasi. Untuk memisahkan kata per kata, gunakanlah tanda pemisah seperti hyphen (-) atau slash (/).
- Hanya Menggunakan Huruf Kecil
Penulisan slug hanya boleh menggunakan huruf kecil saja. WordPress biasanya secara otomatis akan mengubah judul artikel Anda menjadi slug dan langsung merubah tulisannya ke lowercase (huruf kecil).
- Singkat
Pembuatan slug haruslah singkat, tidak terlalu panjang dan tepat sasaran. Serta memuat keyword yang sudah ditentukan dalam SEO pada artikel Anda. Keyword tidak hanya ditulis pada judul, sub-heading tetapi juga slug untuk mendapatkan hasil yang optimal.
- Tidak Menggunakan Kata Penghubung
Penulisan slug yang dituntut singkat, sehingga mendorongnya content creator menghindari kata penghubung. Baik itu slug dalam artikel berbahasa Indonesia ataupun berbahasa asing. Contohnya seperti tidak menggunakan kata penghubung pada, di, ke dan dari.
- Mengatur Redirect
Jika saat Anda membaca artikel ini tetapi Anda sudah terlanjur menggunakan slug yang diberikan dari WordPress, Anda tidak perlu panik. Anda tetapi bisa mengatur ulang slug pada artikel-artikel yang sudah Anda posting sebelumnya.
Tapi, jangan lupa untuk membuat 301 redirect yang akan mengalihkan pengunjung dari slug lama ke slug baru. Hal ini akan menghindari pengunjung Anda tidak bisa menemukan konten Anda karena mengakses situs menggunakan slug lama.
Sekian penjelasan mengenai slug dan cara membuatnya untuk meningkatkan SEO website situs Anda. Agar bisa mendapatkan posisi yang optimal pada hasil dari mesin pencarian sesuai dengan tema konten artikel Anda.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.