Cara Kerja Ojek Online (Mekanisme Go-jek dan Grab)

 

Cara kerja Go-jek dan Grab: Wawasan model bisnis dan pendapatan

Gojek and Grab adalah On Demand Transfer Service yang merevolusi industri taksi di Indonesia. Model bisnis Gojek dan Grab memudahkan orang untuk memanggil taksi secepat mungkin ke tempat pelanggan menggunakan smartphone mereka.

Aplikasi ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat karena kehadirannya hampir bersamaan dengan meningkatnya popularitas smartphone. Apa sih rahasia layanan ojek online ini hingga menarik perhatian masyarakat.

Jasa pembuatan aplikasi ojek online

Mekanisme monetisasi Gojek dan Grab sangat sederhana

Pertama, Gojek dan Grab memberikan pengalaman penggunaan yang luar biasa. Gojek dan Grab dapat memberikan layanan taksi atau ojek secara online kepada pengguna  hanya dengan 2 ketukan dari smartphone.

Jika kita memesan mobil favorit Anda menggunakan aplikasi, mobil akan menjemput Anda pada waktu dan tempat yang tepat. Dengan menggunakan fungsi GPS (informasi lokasi) pada smartphone, kita dapat menemukan taksi di peta yang lokasinya terdekat dengan lokasi real time kita.

Setelah memesan, kita juga akan mendapatkan pemberitahuan tentang perkiraan waktu kedatangan taxi dan perkiraan ongkosnya. Selain pembayaran tunai, sistem ojek online ini juga menyediakan sistem pembayaran online dengan kartu kredit, sehingga bagi kita yang sedang terburu-buru tidak perlu repot menyiapkan uang tunai saat turun dari ojek. Pembayaran menggunakan kartu kredit ini disediakan bukan hanya untuk kenyamanan pelanggan. Layanan ojek online ini telah menciptakan sistem yang dapat menghindari terjadinya transaksi langsung antara driver ojek dan penumpang, dengan demikian perusahaannya dapat memperoleh keuntungan.

Selain itu Go-jek dan Grab juga dilengkapi dengan fitur dimana penumpang dapat mengevaluasi pengemudi dan pelayanannya setelah naik ojek online ini. Di satu sisi, pengemudi juga dapat mengambil penumpang berdasarkan informasi pelanggan yang sudah dinilai oleh pengemudi lain sebelumnya. Dengan cara ini, mereka secara konsisten dapat mengelola layanan, transaksi hingga evaluasi yang diterima sehubungan dengan layanan yang mereka sediakan serta terus meningkatkan kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan.

6 Faktor yang menjadi kekuatan bisnis ojek online

Jika hal-hal berikut ini dapat dilakukan dengan maksimal, maka kita bisa membuat model bisnis yang dapat bersaing. Gojek dan Grab dapat tumbuh secara eksplosif sebagai startupp dengan memasukkan 6 elemen ini dengan baik ke dalam bisnis mereka.

・1.Margin tinggi
・2.Sumber daya yang melimpah
・3.Pelanggan tetap
・4.Skala diperbesar
・5.Bisa mendukung banyak tempat
・6.Cakupan pemasaran luas

Ongkos taksi yang tinggi mungkin sudah umum, tetapi Gojek dan Grab dapat memperoleh lebih banyak manfaat karena mereka memberikan layanan menggunakan kendaraan pribadi si pengemudi, hal inilah yang membedakannya dengan perusahaan taksi pada umumnya. Dalam layanan ini, pengemudi tidak diharuskan memiliki motor atau mobil dari Go-jek/Grab, namun dapat menggunakan kendaraan pribadi. Karena banyaknya keperluan mobilisasi, menjadikan banyak orang menggunakan layanan ini. Bisnis ini dapat tumbuh dengan pesat karena penggunanya bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan jumlah investasi yang terjangkau. Dengan model yang sama, jenis layanan ini bahkan dapat digunakan di bidang lain. Besarnya pangsa pasar taksi online karena banyaknya pengguna layanan ini.

Pengguna dapat menghindari ketidaknyamanan ketika menggunakan taksi biasa, karena dalam menggunakan ojek online ini kita hanya menekan 1 tombol, tidak ada cancel, tidak perlu bernegosiasi dan banyak lagi kenyamanan lainnya. Ketika jumlah driver meningkat, penumpang akan dapat menemukan mobil lebih cepat, karena jumlah penumpang bertambah, efek jaringan yang dikumpulkan oleh pengendara juga bekerja, demikianlah layanan taksi dan ojek online tumbuh dalam waktu singkat dan menghancurkan industri taksi.

2 latar belakang yang menjadikan bisnis ojek online kuat

2-1. Populer di era sharing economy, apa itu model layanan ride sharing?

Faktor kedua yang membuat model bisnis Gojek dan Grab berhasil adalah tren era ekspansi ekonomi berbagi.

Gojek dan Grab adalah layanan “Gerakan Ekonomi Berbagi” yang cocok dengan pengguna yang ingin bepergian lebih efisien dengan mobil dan pengemudi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan menggunakan mobil dalam waktu yang bersamaan.

Ekonomi berbagi didefinisikan sebagai “mekanisme ekonomi pasar yang ditetapkan dengan berbagi pengguna dan layanan yang dimiliki oleh penyedia.” Meminjam barang dan layanan saat pemilik tidak menggunakan akan menguntungkan baik pemilik maupun pengguna. Pemilik dapat memperoleh uang dari biaya penggunaan, dan pengguna dapat mengoptimalkan anggaran dengan membayar sebanyak yang mereka perlukan.

Dalam hal ini, layanan yang sangat khas adalah layanan yang mengangkut penumpang menggunakan mobil pribadi. Ini adalah “Ride Sharing” yang lahir dari tren ekonomi berbagi, yaitu untuk menyediakan layanan berkendara bersama penumpang. Tidak seperti taksi pada umumnya, bentuk dari layanan ini adalah menjadikan warga sipil sebagai pengemudi dan kendaraan pribadinya sebagai armada.

Sponsor Link

2-2. Perkembangan smartphone sebagai latar belakang lahirnya layanan ojek online

Salah satu alasan berkembangnya bisnis Go-jek dan Grab adalah bisa dibilang karena banyaknya orang yang merasa “percuma membeli kendaraan pribadi jika tidak begitu sering digunakan”.

Dan lahirnya sistem ekonomi berbagi ini adalah karena berkembangnya teknologi smartphone. Model peminjaman seperti ini sebenarnya sudah lama ada, namun masih memiliki ruang lingkup yang terbatas. Namun, dengan menggunakan smartphone dan media sosial, menjadi mungkin untuk berbagi informasi dengan banyak orang secara real time. Kini perkembangan teknologi tersebut telah mempermudah komunikasi antara orang yang ingin meminjamkan atau menjual barang dan orang yang memerlukannya.

Menuju dunia yang bisa menggerakan produk dan layanan melalu smartphone

Kekuatan terbesar yang dimiliki Gojek dan Grab adalah “membangun jaringan transportasi”. Ada banyak kendaraan yang bergabung dengan mereka. Jika situasi seperti itu dapat terwujud, Gojek dan Grab dapat menangani tidak hanya pekerjaan taksi tetapi juga transportasi perkotaan dan infrastruktur logistik seperti layanan pengiriman ke rumah-rumah penduduk.

Kini bisnis Go-jek dan Grab sudah tidak terbatas pada pengiriman angkutan saja. Visi mereka jauh melampaui itu, yaitu untuk membangun infrastruktur yang menangani permasalahan transportasi semua orang dan barang, dengan membangun mekanisme pengiriman yang cepat.


Sponsor Link

Rangkuman

Layaknya layanan berbagi tumpangan dari Go-jek dan Grab, berbagi barang melalui alat IT seperti smartphone adalah kesempatan yang baik untuk merevitalisasi ekonomi pasar.

Biaya yang rendah, tingkat kebutuhan dan kenyamanan yang tinggi, diperkirakan layanan berbagi ini akan menjadi lebih populer di masa depan. Akibatnya, perubahan waktu dan struktur industri akan menjadi lebih kuat, industri yang ada akan dihilangkan, dan model bisnis baru yang tidak pernah ada dapat dikembangkan.

 

Apakah Anda ingin mengembangkan aplikasi seperti Go-jek atau Grab?(keyword : cara membuat aplikasi seperti gojek)

Di PT APPKEY, kami menjual dengan harga murah paket aplikasi seperti Go-jek dan Grab.

Mulai dari aplikasi untuk driver dan pengguna, back end admin, server, dapat Anda diskusikan di sini walaupun Anda tidak begitu paham IT.

Bagi Anda yang mempertimbangkan model bisnis seperti ini, silahkan berkonsultasi dengan APPKEY.

 

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
4Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry