Last Updated on September 27, 2022 by appkey
Siapa bilang pemasaran produk makanan tidak bisa dilakukan secara gratis? Berikut ini kami punya 10 contoh pemasaran produk makanan kekinian tanpa modal dan dijamin ampuh menarik konsumen!
Industri makanan masih menjadi bisnis paling menguntungkan abad ini. Apabila dipasarkan dengan tepat, produk makanan Anda sangat bisa meraup untung jutaan rupiah dalam waktu singkat.
Anda juga tidak perlu cemas memikirkan modal untuk mempromosikan usaha makanan. Yuk langsung intip 10 contoh pemasaran produk makanan kecil dan rumahan berikut ini, semuanya bisa dijalankan gratis!
Daftar Isi
Gratis! 10 Contoh Pemasaran Produk Makanan Kekinian untuk Bisnis Kecil
Mempromosikan produk makanan ke konsumen bukan hal yang sulit. Pertama-tama, Anda perlu mencari dan memahami siapa target konsumen restoran Anda. Hal ini penting supaya promosi berjalan tepat sasaran.
Setelahnya, barulah Anda bisa memilih dan menerapkan contoh-contoh pemasaran produk makanan berikut:
Baca juga : 10 Contoh Pemasaran Produk Makanan Kekinian Tanpa Modal
1. Promosi di Sosmed
Manfaatkanlah teknologi online untuk memasarkan produk bisnis seluas-luasnya. Tidak perlu repot memakai website atau aplikasi yang rumit, Anda bisa mulai dari sosial media yang simpel.
Saat ini hampir semua brand memiliki akun sosial media sendiri. Platform sosmed bisa digunakan untuk beragam kebutuhan sekaligus, seperti mempromosikan produk, menumbuhkan awareness, memposting katalog, dan transaksi melayani konsumen.
Beberapa tips yang bisa dicoba untuk pemasaran makanan di sosmed:
- Pilih sosial media yang paling ramai dikunjungi oleh target konsumen.
- Rajin posting konten setiap hari di jam-jam terbaik (ketika mayoritas followers Anda sedang online).
- Jangan posting terlalu banyak konten sekaligus.
- Jangan gunakan terlalu banyak sosial media demi menjaga fokus dan mengoptimalkan promosi.
- Optimasi profil akun Anda, seperti menggunakan foto profil, deskripsi bio, caption postingan, dan lain-lain.
- Balas chat konsumen dengan cepat dan ramah.
2. Update Media Pembayaran Toko
Kolaborasi resto dengan media pembayaran digital juga merupakan contoh pemasaran produk makanan kekinian. Coba perhatikan bagaimana masyarakat kekinian tergerak memesan makanan karena ada promo eksklusif dari GoPay, OVO, ShopeePay dan lain-lain.
Jadi jangan sampai bisnis Anda ketinggalan kereta. Dengan mengupdate media pembayaran toko Anda dengan payment gateway, Anda tidak hanya memperoleh kesempatan promosi gratis tapi juga dimudahkan dari segi transaksi.
3. Open Reseller
Bisnis makanan juga bisa open reseller, lho. Membuka program reseller akan membantu proses pemasaran produk tanpa modal.
Para reseller lah yang akan memasarkan produk ke pembeli, sedangkan Anda hanya perlu menyediakan produk makanannya saja. Begitu ada pesanan masuk, Anda bisa langsung mengirimkan makanan ke konsumen langsung.
Semakin banyak dan luas jaringan reseller Anda maka hasilnya cenderung lebih baik. Bayangkan jika 1 reseller bisa mendatangkan keuntungan 100 ribu per hari. Kalau Anda punya 10 reseller, maka total pendapatan bisa menembus 100 ribu x 10 = 1 juta rupiah sehari!
Baca juga : 15 Cara Foto Makanan untuk Jualan Online yang Bikin Konsumen Tergoda
4. Gunakan Katalog Foto Produk yang Bagus
Sudah rajin mempromosikan produk makanan di sosial media tapi masih sepi pembeli? Bisa jadi Anda belum mengoptimalkan tampilan foto produk saat ini.
Daya tarik bisnis makanan terletak pada tampilan visual dagangan Anda. Hampir semua konsumen terpancing oleh foto produk makanan yang jelas, proporsional dan menarik menggugah selera.
Misalnya Anda berbisnis jualan pisang cokelat lumer. Supaya dagangan lebih menarik, postinglah foto kue piscok berukuran besar dan padat berisi lelehan cokelat.
Atau perhatikan cara restoran cepat saji menampilkan menu ayam goreng dan hamburger mereka. Kebanyakan menu sengaja ditampilkan agak zoom dan dengan hightlight warna khusus. Cara ini ampuh untuk mempertegas bentuk, tekstur dan kesegaran makanan pada konsumen.
Tips penting lain ketika membuat katalog produk makanan:
- Boleh sisipkan watermark atau logo kecil untuk menjaga orisinalitas foto.
- Jangan terlalu banyak mengedit foto katalog, apalagi kalau tampilan akhirnya jadi “terlalu jauh” dibandingkan produk asli.
- Ciptakan beragam variasi dan perspektif dengan memfoto produk dari berbagai sisi.
- Buat set khusus atau gunakan latar belakang foto yang bagus.
- Pelajari sebanyak mungkin contoh foto katalog makanan terbaru dari sosial media.
5. Buat Kemasan yang Menarik
Contoh pemasaran produk makanan lainnya adalah dengan memanfaatkan kemasan produk. Setiap makanan pasti akan dibungkus untuk menjaga kebersihan dan kandungannya. Namun akhir-akhir ini, tak jarang masyarakat membeli makanan karena tertarik dengan kemasannya.
Misalnya brand Chatime yang mengemas Purple Series Tea mereka dengan cup limited edition karakter BTS BT21. Produk tersebut sukses viral karena mayoritas pembeli ingin mengoleksi cup kemasannya.
Di lebih banyak kasus, konsumen sering “jatuh cinta” dengan sebuah produk makanan karena kemasannya yang menarik. Bungkus yang menjanjikan juga dapat meningkatkan kepercayaan pembeli pada produk Anda, lho.
Tips tambahan terkait pengemasan produk:
- Buatlah kemasan yang paling sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya bungkus makanan yang ramah lingkungan dan aman bagi anak akan lebih disukai oleh ibu rumah tangga; sedangkan bungkus makanan lucu lebih mudah menarik perhatian gadis remaja.
- Pelajari contoh-contoh kemasan yang digunakan oleh kompetitor.
- Kombinasikan kemasan dengan trend saat ini agar produk lebih eye catching.
- Pastikan kemasan memuat logo, label komposisi, dan warna yang identik dengan brand.
- Buat kemasan yang efisien agar tidak terkesan boros atau mencoba ‘menipu’ publik.
- Jangan takut untuk melakukan sejumlah trial and error demi menemukan bentuk kemasan produk terbaik.
6. Repost UGC (User Generated Content)
Pelanggan Anda pernah mereview atau memberi testimoni produk? Jangan sia-siakan dengan merepost konten tersebut di akun sosmed bisnis!
Konten review buatan konsumen sering disebut dengan nama UGC (User Generated Content). Postingan ini sering dijadikan bukti sosial oleh brand, dan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan massa.
Dengan kata lain, semakin banyak orang memberi testimoni positif pada brand Anda, maka kualitas produk makanan yang Anda jual tidak perlu lagi dipertanyakan.
Memposting ulang konten dari audiens juga bisa menjadi bentuk ‘terima kasih’ dan kepedulian Anda terhadap suara konsumen. Ini juga merupakan langkah awal yang baik untuk membangun loyalitas pembeli.
7. Daftarkan Bisnis di Google My Business
Contoh pemasaran produk makanan gratis lainnya adalah menggunakan Google My Business. Ini adalah fitur khusus dari Google untuk mempermudah pemasaran usaha-usaha offline di internet.
Banyak pemilik bisnis makanan mendaftarkan outlet mereka di platform ini, supaya konsumen bisa melihat seluruh informasi terkait resto, seperti:
- Alamat dan rute ke lokasi dengan Google Maps.
- Rating toko dan testimoni pengunjung sebelumnya.
- Deskripsi toko.
- Jam operasional.
- Menu yang dijual.
Sangat lengkap, bukan? Bisnis yang terdaftar di Google My Business juga berkesempatan muncul di kolom teratas beranda konsumen saat ditelusuri.
Bagusnya lagi, seluruh proses pendaftaran ini gratis. Anda bisa langsung mulai dengan mengunjungi situs Google My Business dan mempelajari mekanisme pendaftarannya.
8. Lengkapi Deskripsi Produk dengan Copywriting
Lengkapi deskripsi atau caption produk dengan gaya penulisan persuasif (copywriting). Taktik copywriting sering dimanfaatkan di semua ranah bisnis karena ampuh meyakinkan konsumen untuk berbelanja.
Ada banyak contoh copywriting menarik untuk bisnis makanan yang bisa Anda modifikasi. Beberapa di antaranya seperti, “Diskon 50% off Khusus Senin”, “Beli 1 Gratis 1”, atau “Gratis Makanan untuk yang Ultah di Bulan Ini!”
9. Melakukan Giveaway Kecil-Kecilan
Promosi giveaway juga sangat menarik bagi banyak orang. Tidak hanya konsumen atau peserta giveaway saja yang akan diuntungkan, tapi juga bisnis Anda. Bagaimana caranya?
Giveaway selalu terbukti ampuh untuk menciptakan promosi yang viral di dunia maya. Misalnya Anda mengadakan giveaway dengan hadiah 1 set box makanan gratis dengan syarat merepost postingan tertentu.
Secara otomatis, masyarakat yang ingin mendapat hadiah akan mengikuti aturan giveaway tadi. Mereka akan memposting konten promosi Anda, alias, tanpa sadar membantu mengiklankan produk.
Tips mengadakan giveaway yang sukses:
- Sesuaikan rules atau aturan giveaway dengan tujuan promosi Anda – seperti menambah followers, mempromosikan konten, mempopulerkan hashtag, dan lain-lain.
- Anda bisa memberi hadiah yang sederhana saja, seperti produk makanan ke pemenang.
- Sesuaikan kemampuan Anda, jangan memberi terlalu banyak hadiah saat giveaway.
- Selalu umumkan pemenang giveaway secara terbuka untuk meningkatkan kredibilitas brand.
10. Menyediakan Layanan Delivery
Contoh pemasaran produk makanan yang terakhir adalah menyediakan layanan delivery. Poin ini masih sejalan dengan mengupdate media pembayaran yang telah dijelaskan sebelumnya.
Faktanya, masyarakat masa kini tertarik memesan makanan lewat platform delivery—seperti ShopeeFood, GoFood dan GrabFood. Layanan pesan antar online dirasa lebih praktis dan mempunyai banyak promo.
Anda bisa mencoba mendaftarkan bisnis resto saat ini ke layanan-layanan serupa demi memaksimalkan jumlah pembeli. Dengan bergabung, toko Anda akan berkesempatan dipromosikan secara gratis dan memiliki jasa delivery khusus dari platform. Menarik, bukan?
Beberapa layanan delivery ini tidak mengenakan biaya pendaftaran. Namun ada baiknya untuk tetap mengecek syarat dan ketentuan yang berlaku demi mencegah terjadinya miskomunikasi.
Itulah 10 contoh pemasaran produk makanan yang bisa Anda coba dari sekarang. Nah, supaya hasil promosinya lebih maksimal, kombinasikan juga cara-cara di atas dengan aneka tips lain di MARKEY.
Temukan lebih banyak rahasia sukses bisnis online hanya di https://markey.id/ atau baca gratis via MARKEY APP (Playstore dan AppStore). Selamat mencoba dan sampai bertemu lagi!
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.