Versi Untuk Disimpan : Rangkuman Seluruh Metode Strategi Pemasaran Internet yang Dapat Dipahami dalam Waktu 10 Menit.

Dalam melakukan pemasaran melalui internet, diperlukan startegi pemasaran untuk menarik perhatian dan minat pelanggan agar mengunjungi situs Anda.

Saat seseorang berkata “ Tolong jelaskan seluruh strategi pemasaran internet untuk menarik pelanggan! ”, bukankah hanya sedikit dari Anda yang dapat langsung menjawab?

Walaupun pemasaran internet dikatakan dapat dilakukan dengan mudah, hanya beberapa orang yang dapat membayangkan keseluruhan dari strategi pemasaran dengan jelas. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan hasilnya, pertama-tama setelah Anda mengetahui tentang pemasaran internet secara luas, Anda perlu membentuk strategi pemasaran.

Perbedaan Pemasaran Biasa dan Pemasaran Internet

Pertama-tama sebagai dasarnya, mari kita susun karateristik dari ‘pemasaran internet’ yang terdapat dalam pemasaran atau marketing.

Pemasaran internet memiliki karakteristik seperti di bawah ini.
1. Tingkat efisiensi dapat diukur
2. Kecepatan tinggi
3. Biaya rendah
4. Pendekatan pribadi
Mari kita lihat satu persatu.

1. Tingkat efisiensi dapat diukur

Anda dapat memverifikasi strategi pemasaran yang telah dilakukan karena dalam pemasaran internet anda dapat mengetahui data kuantitatif dari biaya dan tingkat efisiensi dari strategi pemasaran tersebut.

2. Kecepatan tinggi

Anda hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menjalankan strategi pemasaran yang telah Anda putuskan dalam pemasaran internet. Oleh karena itu, kecepatan terasa berbeda dari metode pemasaran tradisional atau pemasaran biasa.

3. Biaya rendah

Pemasaran internet dapat dimulai dari skala yang sangat kecil. Bahkan perusahaan dengan anggaran rendah dapat memulai dengan menggunakan strategi pemasaran yang mudah memperoleh hasil.

4. Pendekatan pribadi

Anda dapat melakukan strategi pemasaran yang berbeda kepada setiap target dalam pemasaran internet. Ini dapat mengurangi hal yang sia-sia dan membuat pemasaran internet lebih efektif daripada metode pemasaran tradisional.
Berdasarkan dasar tersebut, kami akan memperkenalkan seluruh strategi pemasaran yang dapat diterapkan dalam pemasaran internet.

 

Bagaimana gambaran luas dari pemasaran internet?

Langkah-langkah dalam pemasaran internet secara garis besar dibagi menjadi ‘strategi menarik pelanggan’, ‘strategi pelayanan’, dan ‘strategi kunjungan kembali’.

Penjelasan mudah masing-masing strategi adalah sebagai berikut.

● Strategi menarik pelanggan: strategi untuk menarik pengguna internet untuk berkunjung ke situs internet
● Strategi pelayanan: strategi untuk membuat pengguna internet melakukan kegiatan (pembelian, permintaan dokumen, pertanyaan, dan lain-lain) saat berada di situs internet. Selain itu juga untuk mengetahui tentang pengguna internet agar terjadi kegiatan tersebut.
● Strategi kunjungan kembali: strategi untuk menjaga hubungan dengan pengguna internet yang pernah berkunjung dan membuatnya berkunjung kembali.

Strategi Menarik Minat Pelanggan (Strategi Untuk Membuat Banyak Pengguna Internet Berkunjung)

Kami akan menjelaskan setiap strategi secara mendasar.

SEO (Search Engine Optimization)

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆
Strategi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah akses melalui hasil pencarian dari mesin pencari seperti Yahoo! dan Google.
Pada dasarnya strategi ini tidak memiliki efek langsung, tetapi dalam jangka panjang arus keluar-masuk akan meningkat secara alami, jadi dapat dikatakan bahwa strategi ini sangat diperlukan untuk menarik pengguna internet.

Jaringan Iklan atau Networsk Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆
Ini adalah jaringan yang dapat mengirim iklan yang berbentuk teks atau spanduk ke berbagai macam media di internet.
Iklan ini dapat mencapai lebih banyak pengguna internet daripada iklan listing.
Contoh yang terkenal adalah “ Google Adsense ” dan “ Yahoo! Display Ads Network ”.

Iklan Listing atau Listing Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah iklan yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian.
Karena iklan akan segera tampil pada bagian atas jika Anda membayar, iklan ini dapat dikatakan memiliki efek yang lebih dicari dari SEO, tetapi iklan ini memerlukan pengoperasian dan manajemen yang mendetail.
Contohnya adalah “ Google AdWords ”, “ Yahoo! Promotional Ads ”, dan “ REMORA Listing ”.

SMM (Social Media Marketing)

Biaya ★☆☆☆☆
Efektifitas langsung ★☆☆☆☆
Metode ini dilakukan dengan membuat akun media sosial seperti Facebook dan Twitter perusahaan Anda untuk menarik perhatian pengguna internet dan mendapatkan pelanggan.
Postingan yang memiliki kepopuleran akan menyebar dengan sendirinya melalui komentar antara pengguna internet. Tetapi, Anda perlu untuk mengelola merk Anda dan terus melakukan hubungan langsung dengan pengguna internet secara bersamaan.

Iklan Afiliasi atau Affiliate Ads

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★☆☆☆
Saat ada pengguna internet yang berkunjung dan melakukan pembelian, pendaftaran, pertanyaan, atau permintaan dokumen melalui link yang dilampirkan pada blog, situs internet, atau majalah email, Anda perlu membayar jasa kepada media (afiliasi) yang telah melampirkan link Anda, inilah yang disebut dengan iklan afiliasi.
Walaupun sistem pembayarannya baik karena berdasarkan tingkat efisiensi, iklan ini memiliki resiko merugikan merk Anda karena jumlah parameter menarik pelanggannya relatif kecil.

Pemasaran email

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan mengirimkan email kepada pengguna internet agar kembali berkunjung.
Untuk mendapatkan kunjungan kembali, Anda tidak mengirimkan email yang sama kepada seluruh pengguna internet yang pernah berkunjung, tetapi Anda hanya perlu mengirimkan email atau kupon kepada pengguna yang sangat memungkinkan untuk menjadi pelanggan.

Iklan Media Sosial

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah iklan yang dikirimkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter.
Walaupun iklan ini memerlukan biaya berbeda dengan SMM, iklan dapat segera ditampilkan pada halaman media sosial seperti iklan listing. Strategi ini juga memerlukan manejemen yang detail agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Strategi pemasaran offline

Biaya ★★★★★
Efektifitas langsung ★★★★☆
Strategi untuk menarik pengguna internet untuk mengunjungi situs internet Anda tidak hanya dapat dilakukan melalui internet.
Walaupun memerlukan biaya, Anda dapat menarik pengguna internet untuk mengakses situs internet Anda dalam jumlah yang sangat besar sesuai dengan strategi yang Anda gunakan. Salah satu kunci untuk mengundang pengguna internet untuk mengunjungi situs internet Anda dengan mudah adalah dengan menggunakan kode QR.

LPO (Landing Page Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi halaman yang menjadi pintu masuk situs internet Anda.
Anda dapat melakukannya dengan membuat halaman yang sesuai dengan aliran masuk iklan internet atau melakukan percobaan dengan membuat beberapa halaman dan mengujinya untuk mengetahui halaman yang lebih baik.

Alat pelayanan dalam situs internet

Biaya ★★★☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah alat yang dapat membuat kupon dan mengirim chat kepada pengguna internet yang berkunjung secara langsung.
Banyak yang memperhatikan alat ini walaupun hanya beberapa situs internet yang menggunakannya. Contoh yang terkenal adalah “flipdesk” dan “KARTE”.

Pengiriman iklan kepada media lain (seperti iklan murni dan iklan asli)

Biaya ★★★★☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Ini adalah strategi yang dilakukan untuk mendapatkan akses dari pengguna internet dengan menaruh iklan pada situs internet atau aplikasi yang sudah memiliki banyak akses.
Karena sudah banyak media yang dapat mencantumkan iklan memiliki ‘data media’ tentang berapa banyak, untuk pengguna yang seperti apa, dan seberapa jauh jangkauan yang akan diterima, Anda dapat menjadikannya sebagai referensi dan membuat gambaran secara garis besar.

Strategi Kunjungan Kembali (strategi untuk mengundang agar pengguna internet berkunjung kembali)

Iklan target ulang
Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★★☆
Strategi ini dilakukan untuk mendorong kunjungan kembali dengan mengirimkan iklan kepada pengguna internet yang pernah berkunjung ke situs internet Anda.
Walaupun membutuhkan biaya, strategi ini efektif karena pengguna internet yang pernah berkunjung memiliki minat yang tinggi terhadap situs internet Anda. Tetapi strategi ini tidak dapat dilakukan pada situs internet yang memiliki jumlah akses yang sangat kecil. Untuk meningkatkan jumlah target pengguna yang akan dikirimkan iklan, Anda juga perlu melakukan strategi menarik pelanggan secara bersamaan.

EFO (Entry Form Optimization)

Biaya ★★☆☆☆
Efektifitas langsung ★★★☆☆
Strategi ini dilakukan untuk mengoptimasi formulir situs internet Anda.
Walaupun Anda berhasil menarik minat pengguna internet (memuaskan pengguna internet), terkadang ada pengguna internet yang keluar dari situs internet saat akan mengisi formulir. Optimasi formulir diperlukan untuk memberikan efektifitas langsung karena pengisian formulir berada dekat dengan tahap sukses untuk pendaftaran, pembelian, pertanyaan, dan permintaan dokumen.

Rangkuman: Apa Tugas dari Pemasar Internet atau Web Marketer?

Bagaimana?

Kami akan memberikan tambahan agar tidak terjadi kesalahpahaman, tugas dari pemasar internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut.

Hal terpenting dari pemasaran internet bukanlah melakukan seluruh strategi tersebut, melainkan menekan biaya dengan mengetahui seluruh karakteristik strategi dan memilih strategi yang sekiranya paling banyak mengumpulkan calon pelanggan yang akan menjadi target perusahaan Anda.

Pemasar internet bukanlah orang yang melakukan strategi internet secara khusus, tetapi harus seorang generalist yang memilih dan memutuskan strategi yang akan digunakan.

Setelah membaca artikel ini, bagaimana jika Anda mencoba untuk mempertimbangkan dan memperbaiki pemasaran internet perusahaan Anda dengan mencoba untuk menggunakan strategi yang belum Anda lakukan?

Dalam “ LISKUL ” yang perusahan kami, SoldOut kembangkan, terdapat berbagai macam cara dan petunjuk untuk melakukan pemasaran internet dan lain-lain. Silahkan mengunjunginya jika anda berminat.

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry

0 Comments

Leave a comment