Strategi Bisnis Ampuh & Jitu Memulai Bisnis Baru

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Pada era milenial seperti saat ini pasti sudah tidak menjadi hal yang baru lagi untuk kita dengar bahwa banyak anak muda atau generasi milenial yang sukses di usia muda. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Dan banyak pula bidang yang mereka tekuni hingga dapat membuat mereka bisa menjadi sukses. Mulai dari memulai suatu usaha/bisnis secara mandiri, melalui hobi hingga dapat menghasilkan pundi-pundi, atau ada juga yang sukses meneruskan usaha yang telah dimiliki oleh orang tuanya.

Memang usaha atau bisnis saat ini banyak digemari dan digeluti oleh kaum muda. Karena dengan kita berbisnis kita dapat mengelolanya, merancangnya, membuat, semuanya secara mandiri dan sesuai dengan apa yang kita mau dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Nah, untuk bisa sukses dan berkembang pada kegiatan bisnis (entrepreneur) mari simak strategi bisnis berikut ini.

Niat yang Kuat

Ibarat membangun sebuah rumah, tanpa dibangun pondasi yang kuat pasti rumah tersebut nantinya akan mudah roboh. Begitu juga ketika kita akan memulai atau sudah menjalankan suatu bidang bisnis. Perlu Anda niatkan untuk menjadi alasan terkuat Anda ketika pada suatu saat nanti bisnis Anda mengalami suatu kendala nantinya akan menjadi semangat Anda untuk bangkit dan dapat mengembangkan bisnis Anda.

Memiliki Keinginan Kuat

Selain Anda harus memiliki atau membulatkan niat Anda untuk benar-benar ingin merintis atau mempertahankan suatu usaha, Anda juga harus memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan usaha Anda, memiliki keinginan untuk selalu membuat hal-hal yang baru, memiliki keinginan untuk sukses dibidang bisnis Anda. Karena apabila keinginan kuat Anda lemah maka seperti tidak ada nyawa dalam perjalanan bisnis Anda.

Berani Mencoba

Sponsor Link

Dalam dunia bisnis, apalagi kalau Anda adalah seorang entrepreneur muda yang masih pada tahap memulai atau merintis suatu usaha, beranilah untuk mencoba atau menguji suatu usaha tersebut pada khalayak.

Karena dalam suatu bisnis kita harus memulai bisnis Anda dengan membuat orang menjadi tahu dan mengenali terlebih dahulu nama dan usaha Anda bergerak dibidang apa. Juga dalam hal ini berani mencoba untuk membuat sesuatu hal yang baru kaitannya dengan produk. Jadilah beda diantara yang lainnya untuk menjadi hebat di mata mereka. Maksudnya bagaimana?

Makna dalam kalimat tersebut lebih mengarah pada jangan malu atau jangan takut untuk memulai suatu bisnis yang belum pernah ada orang yang membuat sebelumnya. Dan baru Anda yang mengawalinya, karena sesuatu yang kita mau, yang kita angan-angankan apabila belum pernah sama sekali kita tunjukkan, berani kita perlihatkan pada semua orang, Anda tidak akan pernah tahu hasil dan reaksi ataupun respon dari pelanggan Anda.

Untuk itu, jangan pernah takut dan ragu untuk mencoba hal-hal baru, selagi itu dapat membuat bisnis Anda berkembang mengapa tidak untuk dilakukan?

Berani Mengambil Resiko

Seorang bisnisman (entrepreneur) juga wajib memiliki sifat atau memiliki karakter menjadi seorang Risk Taker atau menjadi seorang pengambil resiko. Terkadang pasti Anda pernah mengenal atau mendengar cerita seseorang yang ingin sukses, ingin memiliki usaha atau bisnis yang maju, yang berkembang. Tetapi, tidak mau mengambil resiko atau kemungkinan-kemungkinan hal-hal buruk yang terjadi ketika menjalankan suatu bisnis.

Nah, untuk orang yang memiliki karakter atau sikap semacam ini nantinya akan kekurangan akan pengalaman-pengalaman yang buruk atau tidak enak yang berhubungan dengan bisnisnya. Pastinya semua orang ingin memulai, mengelola, mengembangkan bisnisnya dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Tapi, mereka akan kehilangan suatu pengalaman yang dapat memperkokoh atau dapat mempertahankan bisnisnya.

Ketika seseorang telah mengalami suatu kepahitan dari sebuah resiko yang pernah diambilnya, pasti ia akan mudah bangkit dan belajar dari kesalahan yang lalu. Dan lebih cepat mengambil keputusan ketika sesuatu hal buruk terjadi dalam bisnisnya. Tanpa perlu meminta pertimbangan yang terlalu banyak dari beberapa orang, dan membutuhkan waktu yang amat lama untuk mengambil sebuah keputusan.

Sesuaikan dengan Harga Pasar

Semua orang didunia ini pasti ada yang memiliki pemikiran mendapatkan barang dengan kualitas terbaik dengan harga yang termurah. Itu terkadang menjadi pemikiran yang wajar-wajar saja dalam dunia bisnis. Sebagai seorang bisnisman Anda juga harus mempertimbangkan harga yang akan Anda berikan atau terjunkan kepada masyarakat nantinya.

Apabila Anda masih pada tahap pemula atau baru terjun dalam dunia bisnis, sesuaikanlah harga jual Anda dengan harga yang telah beredar di masyarakat. Untuk menarik pelanggan atau pelanggan agar tergiur dan merasa penasaran dengan produk yang Anda produksi, pada tahap awal berilah harga promo atau berilah mereka gift atau hadiah yang menarik di setiap pembeliannya.

Agar mereka senang dan mengenal, dan merasakan dahulu produk-produk yang Anda buat. Lalu setelah sudah banyak yang mengenalnya, menyukainya, tertarik pada produk yang Anda buat barulah Anda berikan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang Anda buat.

Tetapi, perlu diingat jangan memberikan harga yang terlampau jauh dengan harga yang telah beredar di masyarakat sebelumnya. Tetap sesuaikan dan juga tetap pantau harga pasaran yang beredar untuk menjaga kualitas dan dapat menambah pelanggan tetap Anda.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Pasar

Strategi selanjutnya yakni Anda harus terus memantau kebutuhan dari pasar atau dalam hal ini keinginan atau kebutuhan pelanggan Anda yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membuat suatu rancangan produk yang akan Anda luncurkan ke masyarakat. Jangan sampai Anda membuat suatu produk yang saat ini kurang dibutuhkan atau kurang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dikhawatirkan nantinya produk yang Anda buat kurang memiliki daya tarik yang bisa menghasilkan pundi-pundi lebih sesuai yang Anda targetkan. Semisal Anda akan membuat bisnis dibidang kuliner, pada era saat ini masyarakat khususnya pada kaula muda lebih tertarik pada jajanan jaman old atau jadul, seperti yang pernah mereka rasakan pada saat mereka masih duduk dibangku sekolah dasar.

Jajanan-jajanan tersebut misalnya: sate telur, rambut nenek, es gabus, mie Lidi, dan masih banyak lagi contoh dari jajanan yang dulu sempat menjadi favorit sekarang eksis kembali dan peminatnya juga semakin meluas. Dan untuk tidak mengurangi khas kekinian, Anda bisa mengemasnya menjadi lebih kekinian dan dapat menarik minat pelanggan.

Tentunya ada beberapa pelanggan yang tidak hanya mempertimbangkan soal rasa saja, tetapi juga kemasan yang menjaga kualitas dari suatu produk tersebut juga menjadi bahan pertimbangan minat atau daya tarik pelanggan. Atau juga apabila Anda memiliki minat membuka usaha dibidang jasa & barang,

Anda dapat memanfaatkan momen yang ada pada saat ini. Semisal pada beberapa bulan ini dan beberapa bulan kedepan banyak siswa-siswi atau para mahasiswa-mahasiswi yang merayakan kelulusannya dalam bidang akademik. Anda dapat membuka jasa pembuatan buket bunga, boneka, atau selempang yang menjadi ciri khas dari perayaan momen-momen berharga tersebut. Tentunya apabila Anda membuat dengan khas gaya ala kekinian dan juga dengan budget yang standar tentunya pasti banyak para peminat yang datang dan mempercayakan untuk proses pembuatannya kepada Anda.

Jadi memantau kebutuhan, dan juga lihai dalam memanfaatkan moment itu juga bisa menjadi ladang usaha Anda untuk lebih berkembang dan dikenal oleh banyak pelanggan.

Marketing Menjadi Jurus Jitu

Strategi marketing dalam langkah pengembangan sebuah bisnis juga dibutuhkan sebagai cara jitu untuk menaikkan atau menambah pelanggan untuk dapat mengenal produk Anda. Marketing saat ini juga dapat dilakukan pada media apa saja, baik dalam berupa media elektronik (sosial media) maupun pada media non elektronik yaitu seperti koran, majalah, baliho, spanduk, brosur, pamflet, dan lain sebagainya.

Memang dalam proses pembuatan media marketing ini pasti Anda harus mengeluarkan biaya yang bervariasi pada setiap media yang dibuat untuk sarana pengiklanan produk Anda. Tetapi imbal baliknya juga Anda yang merasakan dari setelah dipublikasikannya media-media tersebut yang dapat membuat usaha Anda semakin banyak yang mengenalnya.

Pada era milenial saat ini marketing yang sangat ampuh yakni melalui endorsement atau pengiklanan melalui aplikasi sosial media IG (Instagram) yang dimana si pengiklan ini memiliki ribuan hingga jutaan followers aktif yang mengikuti akun instagram mereka.

Nah, disinilah Anda dapat memanfaatkannya menjadi sebuah ladang usaha baginya dan juga untuk Anda. Dalam proses endorsement juga memiliki alur yang harus kita ketahui seperti berapa kali jenis usaha Anda dipublikasikan melalui postingan, atau dijadikan story dalam akun IG tersebut. Untuk berapa kalinya pasti ada paket harga tersendiri tergantung dari masing-masing pemilik akun IG tersebut.

Apabila Anda memiliki rekan yang memiliki jumlah followers aktif banyak pada akun ig nya. Anda dapat menjalin kerja sama dengannya untuk lebih membuat usaha Anda dapat dikenal oleh lebih banyak khalayak. Dan dapat meningkatkan presentasi penjualan produk Anda.

Sponsor Link

Bedakan antara Urusan Pribadi dengan Bisnis

Apabila Anda menjalin sebuah kerjasama bisnis dengan teman Anda. Pastilah dalam lika-liku perjalanannya pasti menemukan perdebatan dalam proses pengembangan usaha tersebut. Ketika beberapa orang disatukan dalam satu proyek pasti isi dari setiap kepala (ide) dari tiap individunya juga berbeda-beda.

Tak jarang juga masalah bisnis dilibatkan atau dicampur adukkan ketika berada diluar pertemuan urusan bisnis. Dan juga terjadi sebaliknya. Ketika semua partner Anda termasuk Anda memahami etika dalam berbisnis tidak sepantasnya atau tidak sepatutnya Anda ataupun teman dekat Anda yang telah menjadi partner bisnis Anda ketika dalam lingkup bisnis membawa permasalahan pribadi antar individu, dan begitu juga sebaliknya.

Pandai-pandailah memilih tempat untuk membahas atau mempersoalkan tentang lingkup pribadi, maupun pada lingkup bisnis agar semua berjalan dengan lancar, bisnis Anda berjalan dengan semestinya dan hubungan pertemanan Anda pun juga makin erat yaitu dengan meningkatkan tingkat profesionalisme Anda dan rekan kerja (teman) Anda.

Meningkatkan Relasi Bisnis

Perluaslah jalinan pertemanan dengan rekan sesama pebisnis. Karena semakin Anda memperluas jaringan relasi bisnis, akan ada banyak pengalaman baru yang akan Anda dapat, banyak masukan yang logis yang Anda terima, juga dapat menambah pengetahuan Anda mengenai dunia bisnis sehingga Anda dapat mengambil peluang-peluang yang ada untuk dapat Anda manfaatkan menjadi ladang perluasan bisnis Anda.

Memiliki Target

Untuk menjadi pebisnis handal Anda harus memiliki sejumlah target yang harus Anda capai dalam kurun waktu yang juga harus Anda tentukan. Apa keuntungan kita memasang target?

Memiliki banyak target semakin baik, karena membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam berbisnis dan semakin giat untuk melakukan lebih dalam menjalankan bisnis. Membuat suatu target juga membuat Anda menjadi disiplin dalam menjalankan setiap kegiatan berbisnis. Ketika Anda melakukan hal diluar target pasti Anda akan menyadari dan segera kembali pada tujuan awal yaitu memenuhi dan melakukan sesuai bahkan lebih dari target.

Mengikuti Seminar Bisnis

Selain memperbanyak relasi pertemanan dalam lingkup bisnis, Anda juga sebaiknya mengikuti kegiatan seminar-seminar yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan, atau suatu perkumpulan para pebisnis yang dimana dalam setiap pertemuannya pasti banyak hal yang akan dibahas dan dikupas tentang dunia bisnis.

Atau biasanya dalam kegiatan seminar bisnis terdapat juga orang yang akan bercerita mengenai sepak terjangnya dalam dunia bisnis yang saat ini sudah menikmati hasil dari jerih payahnya dalam membangun dan mengembangkan usahanya hingga sukses dan berkembang pesat seperti saat ini.

Bagaimana langkah ia ketika usahanya dalam keadaan genting, bagaimana mensiasati ketika bahan baku untuk proses produksinya habis, langka, atau harga nya merangkak naik, dan tentang lika-liku lainnya. Yang dapat membuat Anda semakin terinspirasi dan semakin termotivasi untuk mengembangkan usaha Anda.

Juga materi di dalamnya pasti juga membahas mengenai kiat-kiat untuk sukses dalam berbisnis, tips-tips untuk sukses dalam membangun sebuah bisnis, dan masih banyak ilmu yang akan Anda dapat ketika mengikuti seminar yang semakin membuat Anda berambisi untuk giat dalam menjalankan bisnis Anda.

Selalu Berinovasi

Dalam dunia bisnis, dibutuhkan orang yang kreatif, dan inovatif. Dalam membuat suatu produk Anda juga harus membuat suatu inovasi atau temuan baru, yang akan Anda berikan pada sentuhan produk Anda.

Sehingga membuat produk Anda terlihat perbedaannya dengan produk serupa tetapi milik orang lain. Berilah sesuatu yang menjadi ciri khas dari suatu produk tersebut agar tanpa melihat dari merk dagang atau nama usaha Anda, pelanggan sudah paham dan tahu bahwa itu adalah produk yang Anda produksi.

Sehingga dalam pembuatan suatu produk, Anda harus memberikan sentuhan inovasi pada produk Anda agar berbeda dari produk yang juga diproduksi atau dibuat oleh orang lain.

Pantang Menyerah

Dalam menjalankan suatu bisnis tak mungkin jika ketika Anda membuat produk, banyak peminat, langsung laku keras di pasaran, selalu banyak peminat, dan tidak akan ada komplain dari pelanggan.

Pasti akan terjadi hal-hal diluar itu yang membuat Anda merasa down, putus asa, marah, kecewa, karena hasil yang berada dalam realita tidak sesuai atau tidak sama dengan ekspektasi yang telah Anda bayangkan dan Anda harapkan.

Untuk itu pilihlah teman, rekan, sahabat, saudara, yang dapat memberi Anda dukungan penuh kepada Anda, memberi semangat kepada Anda untuk tetap terus semangat dan bangkit dari kegagalan.

Dan pada saat Anda down kembali Anda harus tetap mengingat kembali mereka yang telah memberikan Anda semangat dan motivasi untuk membangkitkan kembali semangat Anda yang redup.

Nah, itu dia beberapa strategi-strategi dalam berbisnis yang wajib Anda ketahui dan harus Anda lakukan agar usaha Anda semakin banyak peminat, semakin banyak dikenali oleh khalayak, semakin berkembang, dan lebih sukses kedepannya. Semoga berhasil and stay positive.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol