Media Bisnis Online | by APPKEY

BlogBisnisPemasok Adalah? Fungsi & Hubungannya dengan Perusahaan

Pemasok Adalah? Fungsi & Hubungannya dengan Perusahaan

-

Last Updated on August 19, 2022 by

Selamat siang. Apa kabar sahabat dunia maya? Semoga artikel-artikel saya sebelumnya bisa menambah pengetahuan Anda semua dalam berbagai bidang bisnis.

Melanjutkan tulisan tersebut, kali ini saya ingin kembali menulis tentang pengertian pemasok di dalam bisnis perdagangan. Selengkapnya, mari simak artikel ini sampai selesai. Selamat membaca!

Pengertian Pemasok Adalah?

Pemasok adalah salah satu mitra (orang ataupun badang usaha) yang menyalurkan bahan baku yang dibutuhkan perusahaan dalam produksi barang ataupun jasa. Selain itu, pemasok adalah orang atau perusahaan yang menyediakan produk atau layanan kepada entitas atau perusahaan lain. Peranan atau fungsi pemasok dalam bisnis perusahaan adalah menyediakan produk-produk berkualitas tinggi dari produsen dengan harga yang baik kepada distributor atau pengecer untuk kemudian dijual kembali.

Pemasok dalam bisnis adalah seseorang yang bertindak sebagai perantara antara produsen dan pengecer, memastikan bahwa komunikasi akan terjadi dan stok memiliki kualitas yang memadai.

Artikel terkait  5 Cara Monetisasi Google Ads YouTube Lewat HP

 

1. Dalam perdagangan-pembeli dan pemasok adalah

Dalam perdagangan apa pun, setidaknya harus ada dua pihak. Salah satunya adalah pemasok atau yang disebut juga sebagai penjual, sedangkan yang lainnya adalah pembeli atau dikenal dengan pelanggan.

2. Negara pemasok adalah

Kita cenderung menganggap pemasok sebagai orang atau perusahaan. Namun, kita juga bisa menggunakan istilah ini untuk sebuah negara. Sebagai contoh, Jepang mengimpor hampir semua minyak dan gasnya. Pemasok minyak terbesar Jepang adalah Arab Saudi, diikuti oleh Uni Emirat Arab, dan kemudian Qatar. Kuwait, Rusia, Irak, Meksiko, dan Kazakhstan juga merupakan pemasok Jepang. Amerika Serikat adalah salah satu pemasok kedelai utama Cina. Karena Cina menaikkan tarif kedelai Amerika, pembelian kedelai dari Brazil dan Argentina pu semakin meningkat.

3. Pemasok dalam manajemen rantai pasokan

Manajemen rantai pasokan adalah manajemen aliran produk dan layanan dari pemasok hingga ke perusahaaan. Ini adalah istilah bisnis. Manajemen rantai pasokan melibatkan pergerakan dan penyimpanan bahan baku, inventaris dalam proses, dan produk jadi dari asal mereka hingga sampai ke konsumen. ‘Pemasok’ atau ‘vendor’ adalah ketentuan manajemen rantai pasokan. Istilah ini berarti entitas yang menyediakan barang atau jasa kepada individu atau perusahaan.

Pemasok dapat membuat barang yang dapat diinventarisasi dan kemudian menjualnya kepada pelanggan. Rantai pasokan adalah seluruh proses pembuatan dan penjualan produk komersial. Ini mencakup setiap tahap, mulai dari pasokan bahan baku hingga pengiriman produk ke konsumen akhir.

Misalnya, Anda adalah toko roti. Beberapa pemasok Anda bisa menjadi perusahaan penggilingan tepung (memasok perusahaan Anda dengan tepung), perusahaan listrik (memasok Anda dengan listrik), bisnis pertanian (memasok Anda dengan berbagai biji-bijian seperti gandum, jagung, dan lain-lain).

Semua entitas ini bisa disebut sebagai pemasok. Beberapa buku akuntansi menyebutkan bahwa “pemasok,” secara khusus berarti penyedia bahan baku (seperti biji-bijian, kayu, mineral mentah seperti tembaga, dan lain-lain). Mereka tidak mengacu pada pemasok layanan seperti listrik, air, perbaikan, dan lain-lain. Hanya pemasok produk barang yang disebut sebagai pemasok.

Fungsi dan Peranan Pemasok dalam Siklus Peredaran Produk

Pemasok memiliki fungsi yang sangat penting di dalam setiap tahap siklus peredaran produk barang maupun jasa. Dalam hal ini peranan penting pemasok adalah mulai dari penyediaan sumber bahan baku untuk membantu meningkatkan produksi, dan untuk menemukan pilihan yang lebih baik untuk bahan baku di saat pasar mulai jenuh. Sebuah perusahaan perlu bekerja sama dengan pemasok mereka untuk mendapatkan bahan baku yang terbaik untuk produk mereka.

Beberapa contoh peranan pemasok adalah sebagai berikut

Peran pemasok dalam bisnis dapat menjadi tuntutan karena pengecer mengharapkan tingkat kualitas tertentu, dan produsen mengharapkan pemasok untuk menjual banyak stok. Karena pemasok ini harus fleksibel dan mengerti cara mengelola hubungan. Elemen penting lainnya dari peran pemasok adalah sebagai berikut.

Artikel terkait  TCO Adalah? Cara Menggunakan Total Cost of Ownership

Kepatuhan terhadap hukum setempat

Pemasok adalah orang atau lembaga yang memiliki peran sangat penting dalam peredaran barang maupun jasa. Oleh karena itu seorang pemasok harus mematuhi semua hukum dan standar yang berlaku di masyarakat, termasuk perlindungan terhadap hak asasi manusia dan pekerja di bawah umur.

Melakukan transaksi yang adil pada semua pengecer

Dalam mengedarkan produk, pemasok harus memberikan peluang yang sama bagi semua pengecer untuk melakukan bisnis dengan mereka. Dalam hal ini, pengecer tidak boleh ditolak oleh pemasok karena lokasinya yang jauh, atau alasan lainnya.

Kemungkinan harga terbaik

Untuk produk yang diedarkannya, Pemasok harus bisa menjamin harga dan kualitas terbaik kepada pengecer untuk mempertahankan kepercayaan di antara mereka. Ini akan membantu terjalinnya hubungan bisnis jangka panjang dan berulang di masa depan.

Tidak ada konflik kepentingan untuk pemasok

Peranan dari seorang Pemasok adalah tidak boleh berbisnis dengan mereka yang mungkin memiliki konflik kepentingan dengan mereka. Ini akan termasuk anggota keluarga, teman, dan kolega baru atau lama. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan perlakuan tidak adil di antara pelanggan lain.

Manajemen Hubungan Pemasok Adalah?

Manajemen hubungan pemasok adalah proses perencanaan dan pengelolaan semua hubungan dengan vendor yang memasok produk atau layanan apa pun ke perusahaan. Hubungan ini mungkin melibatkan pemasok bahan baku, pemasok utilitas atau pemasok layanan kebersihan. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk mengelola hubungan ini sehingga bisnis dapat memastikan pasokan produk dan layanan yang efisien bagi perusahaan.

Membuat dan memelihara sebuah Proses Manajemen Pemasok yang secara eksplisit dalam menguraikan rute yang harus diambil untuk mengelola pemasok adalah sangat penting agar perusahaan dapat memilih pemasok yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dari perusahaan. Proses Manajemen Pemasok ini lebih dari sekadar memilih perusahaan vendor yang tepat, namun hal ini juga menguraikan proses membangun kepercayaan dengan pemasok dan meningkatkan layanan yang diberikan oleh mereka.

 

Bagi perusahaan, manfaat manajemen hubungan pemasok adalah ?

Mengelola hubungan adalah bagian yang sangat penting bagi departemen mana pun di dalam perusahaan, tetapi lebih penting lagi bagi pemasok, karena ini adalah entitas yang berada di luar perusahaan. Pemasok ada di luar bisnis yang berarti bahwa perusahaan perlu berhati-hati dengan informasi yang diberikannya oleh pemasok.

Bisnis harus mencapai keseimbangan yang tepat karena pemasok perlu mengetahui nilai bisnis perusahaan sebelum mereka memberikan produk atau layanan yang baik dan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Lalu apa saja manfaat manajemen pemasok bagi perusahaan?

Artikel terkait  Biaya Overhead : Cara Menghitung dan Contohnya Lengkap

1. Pengurangan Biaya

Mengelola hubungan dengan pemasok berarti bahwa pemasok tetap bersama perusahaan untuk waktu yang lama dan perputaran dijaga agar tetap minimum. Bekerja dengan satu atau dua pemasok yang dapat menyediakan banyak bahan berbeda lebih baik daripada memiliki banyak pemasok berbeda. Ini berarti perusahaan dapat bekerja untuk meningkatkan layanan pemasok dan mengurangi biaya.

2. Mendorong Inovasi

Ketika sebuah perusahaan bekerja sama dengan pemasok, mereka dapat bekerja sama untuk melakukan inovasi. Melalui hal ini, kedua belah pihak dapat meningkatkan penawaran mereka secara eksponensial.

3. Kolaborasi

Ketika perusahaan membangun hubungan yang kuat dengan pemasok mereka, umpan balik dan komunikasi menjadi lebih terbuka dan mudah. Kolaborasi menjadi lebih mudah dilakukan dengan cara ini dan perusahaan dapat memberikan pengawasan kepada pemasok mereka sehubungan dengan cara meningkatkan layanan kepada perusahaan dan sebaliknya.

4. Peningkatan proses kerjasama di kedua belah pihak

Ketika umpan balik menjadi hal yang biasa, perusahaan dan pemasok akan mulai memahami cara kerja dalam mempertahankan hubungan baik mereka. Pemasok akan mulai memahami produk apa yang mungkin diminati perusahaan, dan perusahaan akan tahu waktu yang tepat untuk memesan produk atau bahan baku dari pemasok mereka sehingga mereka bisa menerima pesanan yang benar di waktu yang tepat.

Penerapan Manajemen Hubungan Pemasok

1. Membangun kerja sama yang langgeng

Jika sebuah perusahaan berniat menggunakan vendor lebih dari satu kali, perusahaan itu harus berusaha untuk membangun hubungan yang langgeng di mana mereka dapat melakukan komunikasi dengan mudah bahkan hanya melalaui telepon tanpa adanya kekhawatiran apapun.

Hubungan yang langgeng ini akan memastikan bahwa mereka akan memahami sepenuhnya kemampuan dari pemasok mereka sehingga pelaku bisnis tahu kapan mereka meminta lebih banyak dari pemasok mereka. Membangun hubungan yang kuat akan memastikan bahwa pemasok mereka akan mengurus kebutuhan bisnis perusahaan di masa depan sebelum perusahaan yang lain.

2. Berinvestasi melalui teknologi

Dengan adanya perangkat lunak yang serba guna, kini sangat mudah bagi kita untuk menemukan perangkat lunak manajemen pemasok yang tepat untuk perusahaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan eksplisit dari perusahaan.

Dengan adanya teknologi ini, perusahaan dapat melakukan pencarian pemasok yang cocok, membuat dasbor untuk mengambil snapshot tentang bagaimana semuanya berjalan, dan dengan cepat menemukan titik-titik yang kurang melalui data-data yang mudah dibaca.

Artikel terkait  AI dan Contoh Revolusi di Berbagai Sektor Industri

3. Melakukan pembayaran ke pemasok tepat waktu

Hal ini memang terdengar sepele akan tetapi membayar pemasok tepat waktu adalah cara yang bagus untuk menjaga hubungan yang baik dengan pemasok. Beberapa perusahaan yang tidak melacak pengiriman dan pesanan menunjukkan bahwa pembayaran yang mereka lakukan mungkin tidak tepat waktu. Hal ini akan membuat pemasok kesulitan karena arus kas mereka tidak stabil dan mereka mungkin tidak mempercayai pelanggan yang sudah ada ini sebanyak kepercayaan mereka kepada pelanggan yang baru mereka peroleh.

Dengan menggunakan perangkat lunak pelacakan dan proses manajemen pemasok yang baik, perusahaan dapat memastikan bahwa pembayaran dilakukan tepat waktu dan pemasok tetap senang bekerja sama dengan perusahaan Anda.

4. Perjanjian pemasok yang disederhanakan

Perjanjian pemasok yang disederhanakan adalah berarti semua pemasok menerima perlakuan yang sama terlepas dari jenis layanan apa yang mereka sediakan untuk perusahaan. Ketika berhubungan dengan pemasok baru, biasanya prosesnya akan jauh lebih cepat karena perjanjiannya akan sama untuk semua pemasok.

Dalam hal ini perubahan-perubahan kecil di dalam perjanjian tentunya dapat dilakukan, namun hal ini dapat dilakukan dlam dokumen yang terdiri dari beberapa puluh halaman. Kemudian untuk memudahkan pengelolaan hubungan, semua orang yang ada di departemen perusahaan harus tahu bagaimana bentuk perjanjian tersebut.

5. Evaluasi Risiko

Perusahaan harus meneliti pemasok sebelum mereka melakukan bisnis dengan mereka untuk memastikan mereka stabil secara finansial. Bisnis perusahaan harus selalu mencari referensi pemasok untuk menanyakan tentang masalah tertentu yang mungkin dimiliki perusahaan.

Menanyakan referensi bagaimana pemasok menangani peningkatan kapasitas, apakah mereka konsisten dengan waktu pengiriman dan kualitas dari produk yang mereka kirimkan, apakah pemasok akan memberikan informasi penting sehubungan dengan produk, tingkat layanan purna jual, dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memahami manajemen risiko tersebut. Mengevaluasi risiko sebelum menjalin kerja sama dengan pemasok dapat mengurangi ketidakpastian di kemudian hari.

Perbedaan Distributor dengan Pemasok Adalah?

Seperti yang telah kita bahas di atas, pemasok adalah orang atau perusahaan yang memasok produk atau jasa ke pada perusahaan lain, sedangkan distributor biasanya yang akan menjualnya ke pedagang besar atau pengecer. Pemasok juga dapat menjadi produsen produk dan distributor produk. Lebih sering mereka tidak dapat mengambil beban kerja tambahan distribusi sehingga mereka melakukan outsourcing kegiatan ini ke perusahaan lain.

Distributor, di sisi lain, sumber produk yang mereka edarkan dari pemasok dan menjualnya ke pedagang besar atau pengecer dengan harga yang sedikit lebih tinggi untuk mendapatkan sedikit keuntungan bagi diri mereka sendiri. Perbedaan utama antara kedua kelompok ini adalah bahwa yang satu bekerja lebih erat dengan pabrikan (pemasok), dan yang lainnya bekerja erat dengan pengecer (distributor).

Artikel terkait  15 Pinjaman Online Terbaik yang Aman dan Cepat Cair!

Apa yang Membuat Pemasok Menjadi Baik?

Sebagian besar perusahaan yang sedang berkembang biasanya akan fokus pada satu sifat pemasok mereka: harga. Harga tentu saja adalah hal yang sangat penting ketika Anda memilih pemasok yang menemani Anda saat Anda mengembangkan perusahaan. Memang kadang-kadang biaya yang dibutuhkan perusahaan untuk keperluan dengan pemasok cenderung lebih banyak daripada permintaan dari pembeli produk atau layanan dari perusahaan.

Tapi perlu diingat juga, bahwa pemasok juga berbisnis untuk menghasilkan uang. Jika Anda meminta potongan harga untuk setiap tagihan atau Anda tidak bisa melakukan pembayaran tepat waktu, jangan kaget jika tiba-tiba mereka memutuskan untuk berhenti menjadi pemasok untuk perusahaan Anda.

Setelah harga, keandalan mungkin merupakan faktor kunci yang harus dicari dari pemasok. Pemasok yang baik akan mengirimkan barang dalam jumlah yang tepat, seperti yang dijanjikan, tepat waktu sehingga mereka tiba dalam kondisi yang baik. Untuk tujuan ini Anda bisa mencari pemasok besar dan handal.

Perusahaan-perusahaan ini memiliki sumber daya untuk dicurahkan ke sistem dan sumber cadangan sehingga, jika terjadi kesalahan, mereka masih dapat memenuhi tanggung jawab mereka kepada perusahaan. Namun, bukan berarti Anda bisa meremehkan pemasok kecil. Jika Anda pelanggan besar dari sebuah perusahaan kecil, Anda akan mendapatkan lebih banyak perhatian dan layanan serta keandalan yang lebih baik daripada jika Anda adalah pelanggan kecil dari pemasok besar.

Anda juga harus mempertimbangkan memecah pesanan Anda di antara dua perusahaan kecil. Ini dapat memberi Anda cadangan jika terjadi masalah pada salah satu pemasok tersebut. Stabilitas adalah indikator kunci lainnya.

Anda tentunya ingin berbisnis dengan vendor yang sudah lama berkecimpung di bidangnya dan melakukannya tanpa mengubah bisnis setiap beberapa tahun. Perusahaan yang memiliki eksekutif senior yang sudah berpengalaman adalah pertanda baik lainnya, dan reputasi yang kuat dengan pelanggan lain merupakan indikator yang menjanjikan bahwa perusahaan itu stabil. Selain itu, perhatikan juga tanda-tanda lainnya dari vendor, seperti pengiriman yang tiba lebih awal dari yang Anda minta – ini bisa menjadi tanda vendor yang kekurangan pesanan dan perlu secepatnya mendapatkan penghasilan.

Jangan lupa lokasinya. Barang dagangan yang dipesan dari pemasok yang jauh dapat membutuhkan waktu lama untuk sampai ke perusahaan Anda dan menghasilkan biaya pengiriman tambahan. Cari tahu berapa lama kiriman akan tiba di perusahaan Anda. Jika Anda cenderung membutuhkan sesuatu dengan cepat, pemasok yang jauh dapat menjadi masalah. Anda juga perlu menentukan kebijakan pengiriman pemasok sebelum Anda memesan.

Jika Anda memesan dalam jumlah tertentu misalnya, Anda mungkin mendapatkan gratis ongkos kirim. Anda mungkin dapat menggabungkan dua atau lebih pesanan menjadi satu untuk menghemat biaya pengiriman. Lebih baik lagi, temukan pemasok yang sebanding dengan lokasi yang lebih dekat ke rumah untuk menghemat biaya dan fleksibilitas pemesanan.

Yang terakhir, ada segudang sifat yang umumnya bisa disebut kompetensi. Anda akan menginginkan pemasok yang dapat menawarkan produk dan layanan terbaru dan paling canggih.

Mereka harus memiliki karyawan yang terlatih untuk menjual dan memperbaiki barang-barang mereka. Mereka harus dapat menawarkan kepada Anda berbagai persyaratan keuangan yang menarik untuk pembelian. Dan mereka harus memiliki sikap realistis terhadap pelanggan mereka, sehingga bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

Yuk terus ikuti MARKEY dan temukan lebih banyak insight menarik seputar bisnis online lainnya hanya di sini. Sampai bertemu lagi!

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Paket Aplikasi Android dan iOS

Pasang iklan

- Advertisement -

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

11 Aplikasi Desain Jersey Android Terbaik yang bisa Anda coba!

Anda sedang mencari inspirasi bisnis? Mengapa tidak mencoba merintis bisnis jersey tim sepak bola kenamaan saja? Mari mencobanya dengan...

Startup Repair Adalah? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Startup repair adalah salah satu jenis problem yang sering ditemukan pada PC, hal ini menyebabkan PC sering gagal booting. Saat...

Cara Mengedit Aplikasi Android Dengan Apk Editor

Pernahkah Anda berpikir untuk mengedit aplikasi Android? Jika pernah, ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengedit aplikasi Android yang...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Seperti apa contoh-contoh iklan penawaran yang menarik konsumen? Buat Anda yang sering bingung menyusun kata-kata iklan penawaran, jangan lewatkan...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

Perangkat komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, ternyata memiliki jaringan yang rumit dan juga kompleks. Sebab, hingga saat ini...

Standar Biaya Pembuatan Aplikasi Android dan IOS

Hal yang membedakan standar biaya pembuatan aplikasi Appkey adalah perangkat yang dibutuhkan dan support aplikasi untuk keperluan development. Seperti...

Cara Cepat Belajar IT Secara Otodidak untuk Pemula

Belajar IT atau coding bisa dibilang hal yang tidak mudah apalagi bagi pemula. Karenanya memang butuh beberapa tahun untuk...

Website

WordPress

Maintenance

Server / Hosting

Domain

Front end

Backend

Laravel

Web programming

Teknologi web

Biaya pembuatan website

Aplikasi

Aplikasi Game

Aplikasi Android

Aplikasi iOS

Mobile Programming

Cross-platform

Biaya pembuatan aplikasi

Desain

Design Web

Design App

Design UI

Designer tools

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya