5 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Motivasi Kerja

 

Apakah Anda tidak mengalami permasalahan ketika motivasi kerja menurun sekarang ini?  “ merasa tertekan, tidak ada yang memotivasi…” ingin melakukan sesuatu yang bisa menyegarkan pikiran dari perasaan yang menyedihkan itu,  Apa yang akan terjadi jika motivasi kerja saya menurun? Terkadang saya juga tidak ingin pergi ke kantor, maka dari itu sudah saatnya menghadapinya di awal.

1. APAKAH 5 HAL YANG MENYEBABKAN MOTIVASI KERJA MENURUN?

Setelah Anda berhasil memiliki motivasi, Anda akan lebih mudah mengendalikannya. Jika Anda berlatih mulai sekarang, Anda akan dapat melakukan pekerjaan dengan menyenangkan.

Pertama- tama, mengapa motivasi kerja menurun? Mari kita sama-sama pelajari penyebabnya.

1-2. Tidak dihargai meskipun telah melakukan yang terbaik

Pernahkan Anda mengalami frustasi di tempat kerja? Meskipun Anda telah berbicara dengan atasan tentang pendapat Anda, namun hanya dijawab dengan “ Saya perlu meningkatkan pendapatan, jangan merasa bahwa itu hanya usahamu”. Baiklah, tidak ada alasan lagi bagi Anda berusaha untuk tidak mengakuinya bahwa Anda sudah berusaha keras.

Pengalaman yang menyakitkan seperti ini sekali atau dua kali pasti terjadi pada setiap orang di masyarakat. Tindakan massa adalah sebuah proses yang diperlukan untuk mencapai kompetensi, namun buruknya hal itu mengarah pada keadaan yang disebut “sindrom kelelahan”.

Bahkan, jika hasilnya tidak dapat dinaikkan, motivasi akan dipertahankan jika ada lingkungan yang menempatkan kata-kata yang tidak jelas berdasarkan proses usaha. Namun pada tempat kerja yang hanya mementingkan hasil, maka akan semakin banyak orang yang tidak dapat membuat hasil dan motivasi kerjapun akan menurun.

1-3. Jam kerja yang panjang dan lingkungan kerja yang buruk

Bagaimanakah motivasi kerja Anda jika melakukan pekerjaan berdasarkan “ melakukan pekerjaan atas keinginan sendiri ” atau “ dipaksa oleh orang lain ”?

Ada manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda bekerja lembur, seperti jenjang karir atau peningkatan gaji? Di sisi lain, jika Anda “ bekerja karena terpaksa ”, Maka akan timbul pemikiran “ Jika bekerja sebanyak ini, hasilnya akan sebesar ini” dalam diri Anda, dengan kata lain, Anda hanya akan bekerja dengan motivasi lama.

1-4. Tidak ada seseorang pun ditempat kerja yang memahami Anda

Dalam lingkungan kerja, adanya “pemahaman”  merupakan hal yang sangat penting. Keberadaan seseorang yang dapat memahami Anda di tempat kerja, akan memudahkan Anda untuk berdiskusi mengenai masalah yang sedang Anda hadapi. Namun, jika tidak ada, maka Anda harus menanggung keluhan dan masalah serta mencari solusinya sendiri. Dan wajar jika Anda kehilangan motivasi kerja dalam keadaan seperti itu.

Tidak adanya pengertian di tempat kerja menjadi bukti nyata tidak adanya hubungan yang baik dengan lingkungan kerja. Dengan kata lain, tidak adanya kecocokan Anda dengan orang-orang di sekitar. Hal inilah yang akan menjadi faktor utama dalam mengurangi motivasi kerja.

Jika Anda sering kali melakukan kerja lembur atau lingkungan tempat kerja tidak sesuai dengan Anda, jelas bahwa motivasi Anda untuk bekerja akan menurun dan perasaan “ingin berhenti” pun akan semakin kuat.

1-5. Faktor-faktor ketidakhadiran dan Lain-lain.

Sampai disini, kita telah membahas 4 alasan yang menyebabkan mengapa motivasi kerja menurun. Namun, kenyataannya hal-hal lain berikut inipun dapat menjadi penyebab turunnya motivasi kerja:

  • Kontrak kerja yang tidak stabil, sulit untuk mengetahui kapan pemecatan/ pemberhentian kerja akan dilakukan.
  • Terjadi pelecehan di tempat kerja.
  • Anda melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.
  • Informasi tentang kebijakan manajemen perusahaan dan rencana bisnis tidak diungkapkan ( ada kemungkinan ide perusahaan tidak dipahami dengan baik atau tidak sesuai dengan Anda).

Itulah factor-faktor yang dapat menurunkan motivasi kerja. Apakah Anda mengalami salah satunya?

 


Sponsor Link

2. TIGA KERUGIAN YANG TERJADI AKIBAT MOTIVASI KERJA MENURUN.

Tiga kerugian akan terjadi pada Anda ketika motivasi kerja menurun. Kerugian inilah yang paling berperan mempengaruhi masa depan Anda. Apa saja kerugian itu? kami akan menjelaskannya secara mendetail.

2-1. Hilangnya kepercayaan diri

Ketika Anda merasa tidak termotivasi untuk bekerja. Anda akan cenderung enyalahkan diri sendiri. Anda terbelenggu dalam pemikiran negatif yang pada akhirnya membuat Anda merasa tidak berdaya dan menganggap diri sebagai individu yang tidak berguna”. Akibatnya Anda tidak akan bisa menunjukkan kualitas diri dan menjadi pribadi yang pasif

Hal inilah yang menyebabkan orang-orang yang penting di sekitar Anda akan menjauhi Anda. Ini akan menjadi kerugian yang besar tidak hanya dalam hal pekerjaan, tetapi juga untuk keseluruhan hidup Anda. Dan kita harus segera mencari solusinya.

2-2. Perkembangan bakat terhenti dan kemampuan menurun

Ketika motivasi kerja menurun, Anda akan kehilangan “subjektivitas” diri dalam mengerjakan pekerjaan Anda. Secara khusus, Anda akan menyadari bahwa Anda sedang “ tertipu ‘ oleh pekerjaan Anda.

Seorang staf konsultan mengatakan bahwa waktu untuk karyawan berkembang dengan cepat adalah ketika mereka masih sebagai pegawai baru. Maka dari itu, ingatlah ketika pertama kali Anda menjadi bagian suatu perusahaan, dari tidak adanya pengalaman yang Anda miliki,  keputus asaan Anda untuk belajar bekerja dan berubah menjadi kekuatan. Anda membutuhkan waktu seminggu, sebulan, atau bahkan setahun sampai Anda berhasil mengingat semua pekerjaan Anda.

Apakah ini dilakukan dari diri sendiri? atau apakah Anda bekerja dengan kesadaran bahwa Anda sedang “tertipu”? perbedaan ini akan mempengaruhi kurva pertumbuhan Anda secara langsung.

2-3. Penilaian dan kepercayaan dari orang-orang sekitar menurun

Tidak peduli apapun jenis pekerjaannya, hubungan kepercayaan dengan orang-orang di tempat kerja yang sama sangatlah penting. Jika Anda menunjukkan figure sebagai seseorang yang mengalami penurunan motivasi kepada orang di sekitar, Anda akan terlihat mengkhawatirkan. Tentu saja, ada beberapa orang yang sementara waktu tidak termotivasi. Tetapi, memperpanjang hal tersebut akan memperpanjang kerugian. Intinya, ini akan menjadi image Anda yang terlihat oleh orang disekitar Anda dan membuat Anda akan kehilangan kredibilitas.

Perusahaan perlu terus meningkatkan produktivitas untuk manajemen yang lebih baik. Orang- orang dengan motivasi yang selalu rendah akan dinilai kurang efektif, tidak memiliki nilai dan tidak bisa dipercaya

 


Sponsor Link

3. DAN, TIGA HAL BERIKUT ADALAH CARA UNTUK MENINGKATKAN MEMOTIVASI KERJA ANDA

Setiap orang memiliki momen untuk termotivasi. Namun, hal utama yang dapat meningkatkan motivasi adalah emosi. Emosi hanyalah sebuah fenomena yang di ciptakan oleh kinerja otak yang kemudian menciptakan “fenomena motivasi” di dalam otak kita.

Singkatnya, cara menaikkan motivasi Anda yang bisa dikatakan “hanya itu”. Disini, kami akan memperkenalkan 3 cara meningkatkan motivasi kerja sehingga Anda bisa merasakan efeknya dengan segera dan cepat.

3-1. Tiga hal yang dapat melepasakan otak dari kelelahan, mulai hari ini.

Apakah Anda tidak merasa bahwa motivasi Anda tidak mengalami peningkatan sebagai “ kelelahan kronis”. Jika demikian, saya bisa merasakan dengan baik kepedihan yang Anda alami. Sejujurnya, di masa lalu saya, ada suatu masa ketika saya tidak dapat menahan diri karena “kelelahan”. Saya mengalami ketidaknyamanan pada keluarga dan pekerja saya.

Namun,  dengan kesempatan itu memberi saya tinjauan tentang pentingnya manajemen kesehatan, dan saya mampu memenuhi langkah-langkah perbaikan konkrit yang telah di buktikan secara ilmiah.

Apakah cara terbaik untuk melepaskan otak dari kelelahan,

  • Tidur siang selama 15 hingga 30 menit.
  • Latihan untuk meningkatkakn denyut jantung secara bertahap.
  • Mengkonsumsi makanan manis dan coklat.

Seperti itulah, jika Anda tidak mendapatkan kekuatan karena kelelahan, cobalah tiga cara berikut,

3-2. Tidur siang selama 15 hingga 30 menit.

Tingkat rekomendasi rata-rata : ★★★★★

Efek : Menbersihkan pikiran, penggabungan memori, meredakan kecemasan, menyegarkan pikiran, efek relaksasi, dll.

Seorang Psikolog Sosial Amerika, James Mars, mengatakan “ Tidur siang selama 15 menit hingga 30 menit data memaksimalkan manfaat tidur per jam, hal inilah yang disebut dengan “tidur siang”. Saya Pikir Anda pasti sudah mengetahui efek dari tidur siang itu sendiri, dan mungkin sejauh ini ada yang sudah pengalaman mencobanya.

Tapi, apakah Anda tahu bagaimana menggAndakan efeknya? Saya merangkumnya di bawah. Jika Anda melakukannya, efek dari tidur siang akan semakin besar.

Bagaimana cara menggAndakan efek tidur siang!
  • Gunakan earplug/penutup telinga dan penutup mata.
  • Tingkatkan kualitas tidur dengan meminimalkan stimulasi otak.
  • Jangan tidur siang terlalu lama.

Ketika tidur siang lebih dari 30 menit, itu akan menjadi dominasi parasimpatis dan akan mengarah ke mode tidur nyenyak. Jika Anda membiarkannya, Anda akan tertidur nyenyak. Oleh karena itu gunakan pengatur waktu untuk mencegah tidur siang yang terlalu lama.

  • Minum kopi sebelum tidur.

Kafein tidak segera berpengaruh setelah Anda meminumnya. Sekitar 30 menit kemudian, efek kafein akan bekerja dan hal itu terjadi secara perlahan.

Jika Anda terbangun di pagi hari, berdirilah di dekat jendela, buka tirai dan biarkan sinar matahari masuk sekitar satu menit atau lebih. Pada saat itu, ketika Anda meminum air dingin, organ internal di aktifkan dan Anda dapat mengirimkan sinyal “bangun” dari dalam ke otak.

3-3. Melakukan “Olahraga” yang akan sedikit meningkatkan denyut jantung.

Tingkat rekomendasi rata-rata : ★ ★ ★ ★ ☆

Efek: Mengurangi stres, memperkuat konsentrasi, menstabilkan keadaan mental (sekresi serotonin)

Di Berlin Free University di Jerman, 12 siswa dengan depresi berat diminta untuk melakukan jogging selama 30 hari sehari selama 10 hari, dan sebuah penelitian dilakukan untuk melihat efeknya. Akibatnya, ada laporan bahwa tingkat depresi telah menurun hingga 25% secara maksimal. Ini dikatakan memiliki efek yang sama dengan minum antidepresan selama sekitar 3 minggu. Dengan kata lain, olahraga dapat mengurangi stres dan mencegah hilangnya mood.

Selain itu, banyak psikiater dan peneliti yang telah membuktikan bahwa terapi olahraga dan terapi okupasi membantu mengatasi depresi. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa neurotransmiter seperti endorfin dan serotonin pada yang berolahraga membantu mencegah hilangnya motivasi.

Berolahraga untuk menghindari kelelahan otak.

Pada dasarnya hal terbaik adalah melakukan olahraga favorit Anda sendiri, tetapi hal yang disarankan berikut ini relatif lebih mudah untuk dilakukan ialah jenis aktivitas  yang menempatkan beban pada tubuh Anda ketika Anda menjalani kehidupan normal seperti biasanya.

“Membaca komik”, “Berjalan-jalan”, “Melakukan yoga”, “Menari,” “Jogging”

Daripada melakukannya hanya  sekali, Mari kita berolah raga secara teratur dengan melakukan gerakan biasa, hal yang menyegarkan dan selesaikanlah.

3-4. Mengkonsumsi coklat dan makanan manis.

Tingkat rekomendasi rata-rata : ★ ★ ★ ★ ☆

Efek: Memulihkan kelelahan, relaksasi stres,  memberi efek relaksasi … dll

Sangat mudah! Anda hanya perlu pergi ke toko dan belilah cokelat! Saya tidak dapat menyisihkan waktu untuk bersantai, Saya kekurangan waktu tidur. Hal ini di anjurkan bagi mereka yang menyukainya.

 Mari kita membuat “Rencana kehidupan” yang akan membuatmu bangkit dengan cepat.

Jika Anda merasa bahwa “Baru-baru ini, motivasi tidak meningkat”, mungkin Anda tidak memiliki rencana hidup yang membuat Anda bersemangat hanya dengan membayangkan. Mari kita ambil catatan dan tuliskan apa yang ingin kita capai di masa depan.

Apakah Anda ingin menikah dengan orang yang baik? Apakah Anda ingin tinggal di rumah besar? Menjadi pemilik pemilik jangka panjang? Perjalanan keliling dunia? Segalanya baik-baik saja. Mengapa Anda tidak menulis apa yang ingin Anda tulis.

3-5. Metode untuk Pemulihan Motivasi

3-5-1. Tentukan stres dalam kata-kata

Saya akan mengungkapkan perasaan yang saya rasakan sekarang, seperti “Ini tidak baik”, “Saya tidak bisa melakukannya”, “Saya tidak ingin melakukannya”. Pada saat itu, mari kita secara konkret menggunakan kata-kata seperti apa yang kita derita sekarang.

Contohnya :  Saya tidak dapat mencapai batas waktu yang ditentukan untuk dikirim besok. Saya sibuk dengan pekerjaan. tidak ada waktu. mengantuk. lelah. Sepertinya saya akan mati.

3-5-2. Mainkan karakter utama dalam  tragedi (berikan tanggung jawab kepada orang lain)

Faktanya, apa yang harus Anda lakukan di tempat pertama, itu buruk ○ ○ ○! “Dan saya akan menyalahkan penyebabnya lainnya selain diri saya sendiri. Anda dapat melakukan apa pun dari orang lain, di lingkungan, pada waktunya, dalam cuaca. Saya akan lulus pada tanggung jawab.

Jika Anda keluar dari lingkungan sekitar, Anda mungkin marah dengan suara yang keras.

※ Harap berhati-hati untuk tidak meminta orang lain melihat atau melihat situasi saat ini.

3-5-3. Bersikap tenang dalam merancang “daftar hal-hal yang dilakukan”.

Selanjutnya, apa yang harus saya lakukan sekarang? Seluruhnya akan tersusun. Kami akan memprioritaskan dalam urutan apa yang harus dilakukan.

3-5-4. Sebenarnya bekerja mulai dari hal pertama dalam daftar

Datang ke sini, ini luar biasa! Untuk beberapa alasan apa yang harus kita lakukan diklarifikasi dan bergerak dengan alam. Jangan terburu-buru, saya merancang “daftar hal-hal yang dilakukan”!.

…Bagaimana itu. Apakah Anda tidak berpikir prosedur ini sangat sederhana ?

Namun, ini adalah metode yang sangat kuat sebagai cara untuk menghilangkan neurotransmiter yang menyebabkan akumulasi stres di otak. Terutama, saya merasa lega dengan menghembuskan perasaan saya dengan bebas. Sekresi hormon otak seperti noradrenalin dan kortisol secara perlahan ditekan. Jika perasaan menjadi mudah, Anda akan dapat memikirkan hal-hal dengan tenang. Mari kita buat daftar yang Anda lakukan dengan acuh tak acuh dengan pikiran yang tenang. Kemudian, saya perhatikan bahwa apa yang harus saya lakukan ternyata sesuatu yang sederhana.

Setelah itu, saya hanya memutuskan urutan apa yang harus saya lakukan dan hanya mengerjakannya. Meskipun itu mudah, ini adalah metode yang sangat kuat.

 


4. DUA PILIHAN KETIKA MOTIVASI TIDAK MENGALAMI KENAIKAN MESKIPUN DILAKUKAN DENGAN CARA APA PUN.

Saya mencoba berbagai metode untuk meningkatkan motivasi kerja. Namun, mungkin ada orang yang tidak dapat menemukan cara untuk menyesuaikan diri. Orang tersebut mencobanya, tetapi hal itu tidak berhasil. Saya juga akan memberitahu Anda bahwa Anda memiliki dua pilihan sebagai berikut,

4-1. Saya tiba-tiba berhenti dari pekerjaan.

Sulit untuk istirahat dari pekerjaan pada hari-hari sibuk. Orang-orang di sekitar saya juga akan mengalami ketidaknyamanan, dan pekerjaan saya akan tertunda sebanyak saya beristirahat. Namun, hal itu juga berarti terlalu berlebihan  “kewajiban” dan “tanggung jawab” terlalu besar sehingga Anda tidak dapat mengambil hari libur ketika Anda ingin mengambilnya pada saat yang sama. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa tidak ada batas kapasitas.

Orang yang berpikir bahwa “sulit untuk mendapatkan istirahat” atau “Saya sulit untuk beristirahat sekarang” memiliki tingkat stres yang lebih tinggi, sehingga diperlukan penyegaran secara teratur.  Jika tidak, Anda tidak dapat mempertahankan kinerja tinggi dalam jangka panjang.

Dengan mengatur waktu tempuh secara temporer dan jarak pengerjaan, Anda dapat bertukar perasaan dan mendapatkan perspektif baru tentang pekerjaan. Saya lega untuk beristirahat. Juga ingat bahwa cara-cara seperti itu efektif.

4-2. Saya akan memperhatikan karir saya dan membuat bakat saya semakin berkembang.

Mengulangi perubahan tidak perlu melakukan pekerjaan tambahan. Jika tidak ada alasan yang sah, itu karena penampilan yang disebut “orang yang tidak bertahan dalam pekerjaannya” tiba. Namun, mereka yang tidak dapat memenuhi “Surga/ kebahagiaan” akan keluar dengan masalah motivasi dalam jangka panjang.

Mengapa Anda tidak berpikir bahwa ada petunjuk untuk tantangan baru ketika Anda memiliki konflik / dilema Anda sendiri? Jika Anda tidak memiliki motivasi untuk pekerjaan Anda saat ini, mari ubah pekerjaan Anda secara tidak terduga. Karena ada kemungkinan hal itu akan dihadapi dengan kebahagiaan.

 


5. HAL YANG HARUS DINIKMATI BUKAN DISEMANGATI.

Jika hidup terhitung selama 80 tahun, kita bisa menghabiskan sekitar 30 ribu hari. Di antara itu, dengan asumsi bahwa Anda adalah pekerja sosial yang mengenyam pendidikan sampai lulus dari universitas hingga usia pensiun, itu akan menjadi sekitar 40 tahun (15.000 hari). Berapa lama kita bisa tumbuh ketika kita terus berusaha setelah 40 tahun. Misalnya, menyusun batu kecil 1 cm per hari, 5 cm dalam 5 hari, dan menjadi 365 cm dalam satu tahun.

Melanjutkan hal ini, dalam lima tahun karir menjadi 18 meter 25 sentimeter. Meskipun hanya batu-batu kecil, jika Anda membangun selama 40 tahun, tingginya akan mencapai 146 meter! ! Ini adalah ketinggian yang sama dengan piramida Raja Mesir Kufu (setara dengan gedung tinggi bertingkat 50  bergaya modern)

Selama kita melanjutkan upaya kita sehari-hari, kita dapat membuat pencapaian yang sangat besar. Harap berikan perhatian yang baik terhadap motivasi yang kami sampaikan kepada Anda, dapatkan kembali kehidupan yang Anda geluti setiap hari!

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry

0 Comments

Leave a comment