Pengertian & Manfaat Lingkungan Bisnis Bagi Perusahaan

 

Bagi para pelaku bisnis, lingkungan bisnis yang baik sangat mempengaruhi kinerja bisnis itu sendiri. Dalam hal ini pemahaman tentang lingkungan bisnis dan mengapa hal ini penting bagi perusahaan sangat diperlukan.

Pada artikel kami kali ini, kami akan membagi sedikit pengetahuan yang kami dapatkan dari berguru di dunia maya. Semoga tulisan kami ini bisa sedikit menambah pengetahuan Anda yang “barang kali” belum begitu memahami tentang tema ini. Langsung saja ya, kita simak ulasan di bawah ini.

Ketika ditanya “apa itu lingkungan?” yang muncul di kepala penulis adalah, “semua hal yang ada di sekitar kita”. Bahkan hingga saat ini persepsi penulis tentang lingkungan tidak banyak berubah. Namun sejalan dengan itu, istilah yang kemudian berhubungan dengan kata “lingkungan” ternyata sangat banyak sekali. Di sinilah kemudian penulis mulai mengenal kosakata yang disebut sebagai lingkungan bisnis.

Pengenalan Tentang Lingkungan Bisnis

Sebuah bisnis dapat didirikan, tetapi untuk berhasil mempertahankannya, bisnis membutuhkan sumber daya seperti keuangan, yang harus bergantung pada lembaga keuangan. Penerimaan norma-norma sosial, yang harus bergantung pada masyarakat. Kondisi pasar yang tepat, yang mana harus bergantung pada pasar. Penjualan produk atau layanan, yang harus bergantung pada pelanggan. Buruh, yang padanya harus bergantung pada masyarakat.

Lalu ada sumber daya alam dan bahan baku, yang harus bergantung pada alam. Juga, dukungan hukum dari pemerintah, yang mana harus bergantung pada pemerintah. Ada banyak faktor dan dimensi yang mempengaruhi lingkungan bisnis. Faktor-faktor ini terdiri dari komponen berbeda-beda dari konsep tunggal yang disebut dengan lingkungan bisnis.

Faktor-faktor ini yang bergantung pada bisnis tidak terhenti, mereka sangat dinamis dan selalu berubah. Misalnya saja faktor tren. Contohnya tren dalam dunia fashion. Fashion yang sedang tren di tahun 2018 bisa saja sangat berbeda dengan tren yang ada di tahun 2019. Itulah mengapa tren itu dikatakan sangat dinamis alias selalu berubah-ubah.

Perubahan tren kebutuhan pelanggan dan inovasi baru di pasar adalah bagian dari lingkungan bisnis. Tantangan bagi bisnis di era teknologi ini bukan untuk memasuki pasar tetapi untuk bertahan di pasar. Untuk bertahan hidup di pasar berarti beradaptasi dengan perubahan secepat mungkin. Untuk beradaptasi dengan perubahan berarti menyadari lingkungan bisnis yang ada saat ini.

Sponsor Link

Pengertian dari Lingkungan Bisnis

Arti singkat lingkungan bisnis adalah “jumlah total dari semua individu, institusi, dan kekuatan lain yang berada di luar kendali perusahaan bisnis, tetapi bisnis masih bergantung pada mereka karena mereka mempengaruhi kinerja keseluruhan serta keberlanjutan bisnis”.

Kekuatan yang membentuk lingkungan bisnis adalah pemasok, pesaing, kelompok konsumen, media, pemerintah, pelanggan, kondisi ekonomi, kondisi pasar, investor, teknologi, tren, dan berbagai institusi lain yang bekerja secara eksternal dari suatu bisnis membentuk lingkungan bisnisnya. Kekuatan-kekuatan ini memengaruhi bisnis meskipun mereka berada di luar batas bisnis.

Misalnya, perubahan pajak oleh pemerintah dapat membuat pelanggan membeli lebih sedikit. Di sini bisnis harus menetapkan kembali harganya untuk selamat dari perubahan. Meskipun bisnis tidak memiliki keterlibatan dalam memprakarsai perubahan itu, bisnis masih harus beradaptasi untuk bertahan atau menggunakan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Lalu apa sih pentingnya lingkungan bisnis itu? Di bawah ini akan kita bahas secara detail.

Pentingnya Lingkungan Bisnis Bagi Perusahaan

Berdasarkan hal-hal di atas, dapat dikatakan bahwa lingkungan bisnis adalah aspek yang paling penting bagi bisnis mana pun dan apa pun. Menyadari perubahan yang sedang berlangsung, tidak hanya membantu bisnis untuk beradaptasi dengan perubahan ini, tetapi juga menggunakannya sebagai peluang.

Lingkungan bisnis menghadirkan ancaman serta peluang untuk bisnis apa pun. Pelaku bisnis yang baik tidak hanya mengidentifikasi dan mengevaluasi lingkungan, tetapi juga bereaksi terhadap kekuatan eksternal ini.

Pentingnya lingkungan bisnis dapat dipahami dengan baik jika kita mempertimbangkan fakta-fakta berikut.

1. Memungkinkan kita untuk mengidentifikasi peluang bisnis

Semua bentuk perubahan tidaklah bersifat negatif. Jika bisa dipahami dan dievaluasi, mereka dapat menjadi alasan keberhasilan bisnis kita. Maka itu, kita sangat perlu untuk mengidentifikasi perubahan dan menggunakannya sebagai alat untuk menyelesaikan masalah bisnis yang dihadapi.

Misalnya, Mr. Phanindra Sama adalah seorang warga negara India yang merasa sangat tidak nyaman dengan kondisi pemesanan tiket di India. Dia biasa melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi agen perjalanan untuk memesan tiket, tetapi bahkan setelah melakukan perjalanan sejauh itu dia masih tidak bisa memastikan bahwa dia mendapatkan tempat duduk.

Dalam situasi ini ia melihat peluang untuk membangun aplikasi dalam menghadapi masalah ini dan kemudian berkontribusi ikut mendirikan aplikasi pemesanan tiket online yang disebut ‘redBus’ di India.

2. Memanfaatkan sumber daya dengan baik

Pemindaian yang cermat terhadap lingkungan bisnis akan membantu kita dalam memanfaatkan sumber daya bermanfaat yang diperlukan untuk bisnis. Ini bisa membantu perusahaan untuk melacak sumber daya dan kemudian mengubahnya menjadi barang dan jasa.

3. Menghadapi perubahan

Bisnis harus menyadari perubahan yang sedang berlangsung di lingkungan bisnis, apakah itu perubahan dalam persyaratan pelanggan, tren yang muncul, kebijakan pemerintah baru, hingga perubahan teknologi. Jika bisnis menyadari perubahan mendasar ini, maka hal itu dapat menimbulkan respons untuk menangani perubahan tersebut.

Misalnya, ketika pasar OS Android sedang marak dan pelanggan lebih memilih perangkat Android karena desain antarmuka dan aplikasinya yang mudah, Nokia gagal mengatasi perubahan dengan tidak menerapkan OS Android pada perangkat mereka. Mereka gagal beradaptasi dan kehilangan nilai pasar yang luar biasa.

Sponsor Link

4. Bantuan dalam perencanaan

Ini adalah aspek lain dari pentingnya lingkungan bisnis. Perencanaan dengan sungguh-sungguh berarti merencanakan apa yang harus dilakukan di masa depan. Ketika lingkungan bisnis menghadirkan masalah atau peluang, maka kewajiban pelaku bisnis untuk memutuskan rencana apa yang harus dibuat untuk mengatasi masa depan dan memecahkan masalah atau memanfaatkan peluang. Setelah menganalisis perubahan yang ada, bisnis dapat menggabungkan rencana untuk menangkal perubahan untuk masa depan yang aman.

5. Membantu bisnis untuk meningkatkan kinerja

Perusahaan yang benar-benar memperhatikan lingkungan mereka tidak hanya berurusan dengan perubahan yang terjadi tetapi juga berkembang bersama mereka. Beradaptasi dengan kekuatan eksternal membantu bisnis untuk meningkatkan kinerja dan bertahan di pasar.

Beberapa Manfaat dari Lingkungan Bisnis yang Baik

Pemahaman dan kesadaran akan lingkungan bisnis harus dimiliki oleh setiap pengusaha karena ketidaktahuan tentang lingkungan bisnis dapat membuat pengusaha keluar dari pasar.

Pemahaman dan kesadaran yang tepat tentang lingkungan bisnis membawa banyak manfaat bagi pengusaha dan manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi peluang dan mendapatkan keuntungan penggerak pertama

Pengusaha yang mampu memahami dan memindai peluang lingkungan bisnis pada tahap awal mereka mendapatkan manfaat maksimal atau mereka dapat menangkap bagian besar di pasar. Mereka bisa jauh lebih maju dari pesaing mereka.

Misalnya, ketika Maruti Company berencana untuk menandatangani kontrak dengan Suzuki Company of Japan, maka Goodlass Nerolac Company adalah perusahaan pertama yang memahami lingkungan dan untuk mengetahui bahwa segera akan ada permintaan besar untuk pengecatan mobil di India dan tidak ada perusahaan cat di negara kita sedang memiliki teknologi cat mobil.

Jadi, Perusahaan Nerolac memanfaatkan kesempatan ini dan menandatangani kontrak dengan Kansai Paint Company untuk mengimpor teknologi pengecatan mobil dan ketika Maruti memulai pembuatan mobilnya di India, maka perusahaan Nerolac mendapatkan semua kontrak pengecatan mobil perusahaan Maruti dan hari ini juga 90% pekerjaan cat mobil Maruti dilakukan oleh Nerolac Goodlass Company.

Dengan mengenali dan memahami lingkungan pada tahap awal, Nerolac Company mendapat keuntungan sebagai penggerak pertama. Setelah itu banyak lagi perusahaan cat yang mendapatkan teknologi pengecatan mobil, tetapi Goodlass Nerolac mendapat manfaat maksimal dengan mengenali peluang paling awal. Mereka mendapat keuntungan sebagai penggerak pertama.

2. Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi ancaman dan sinyal peringatan dini

Pengusaha yang mampu memindai dan memahami lingkungan bisnis tepat waktu mendapatkan sinyal peringatan untuk menghadapi kendala atau kebijakan negatif lingkungan bisnis.

Pemindaian tepat waktu dari lingkungan bisnis dan informasi kualitatif yang diperoleh pengusaha diambil sebagai sinyal peringatan dan dilakukanlah perubahan dalam perusahaan. Misalnya, pada pemindaian lingkungan bisnis, Perusahaan Maruti Udyog mendapatkan informasi kualitatif bahwa lebih banyak perusahaan manufaktur mobil asing akan mendirikan bisnis mereka di India.

Mereka menganggapnya sebagai sinyal peringatan dan mulai meningkatkan kapasitas produksi mereka. Mereka meningkatkan kapasitas produksi mereka sebanyak 3 kali lipat, khususnya produksi mobil Esteem yang mereka produksi 65 mobil per hari meningkat menjadi 80 mobil per hari.

Akibatnya, penjualan Esteem meningkat menjadi 42.000 mobil per tahun dari penjualan sebelumnya 25.400 mobil per tahun. Perusahaan Maruti menerima masuknya perusahaan mobil asing sebagai sinyal peringatan dan meningkatkan produksi mereka untuk memasok mobil tanpa masa tunggu untuk bersaing dengan perusahaan baru.

3. Bermanfaat dalam mendeteksi dan merakit sumber daya

Pengusaha harus memasok barang ke pasar sesuai dengan permintaan di pasar. Untuk memasok output mereka membutuhkan input, bahan baku, dan lain-lain. Mereka memperoleh bahan baku dan sumber daya lainnya dengan mengingat output yang diminta berdasarkan lingkungan masing-masing.

Mereka memilih sumber daya sesuai dengan ketersediaan di lingkungan dan permintaan keluaran di lingkungan masing-masing. Misalnya, dengan permintaan warna layar datar TV. Produsen mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi TV warna layar datar daripada mengumpulkan sumber daya dari TV yang hitam putih.

Mereka menggunakan laporan pemindaian sebagai input untuk membuat perubahan pada output yang sesuai dengan selera pelanggan saat ini.

4. Membantu untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang cepat

Perubahan yang terjadi kini berlangsung sangat cepat dan perubahan ini berdampak besar pada bisnis. Jadi, penting untuk memahami perubahan ini sedini mungkin. Pemindaian lingkungan bisnis membantu perusahaan untuk memindai dan memahami perubahan ini dengan pemindaian lingkungan.

Pengusaha membuat perubahan di lingkungan internal mereka juga agar sesuai dengan lingkungan eksternal. Jadi, pemindaian lingkungan membantu mengatasi perubahan dengan cepat. Dengan memindai lingkungan bisnis, Mr. Ambani menyadari bahwa lingkungan saat ini menuntut keputusan cepat sehingga mereka beralih dari sentralisasi ke desentralisasi.

Sponsor Link

5. Membantu dalam perencanaan dan penetapan kebijakan

Strategi atau rencana dan kebijakan utama dalam organisasi dibentuk dengan mengingat lingkungan bisnis karena kebijakan dan strategi tersebut harus diimplementasikan di hadapan faktor lingkungan.

Jadi, ini harus dibuat dengan mengingat faktor lingkungan. Pemindaian faktor lingkungan membantu dalam menemukan peluang bisnis dan strategi dapat dibuat untuk mengambil peluang ini.

Sebagai contoh, pada pemindaian lingkungan bisnis India pihak di sana menemukan ada ruang lingkup yang besar untuk industri pariwisata di negara ini. Jadi, pengusaha di sana merencanakan strategi untuk meraih peluang ini.

Berbagai hotel swasta, sektor publik, grup ITC kini sedang membuat strategi baru untuk menyambut wisatawan yang datang ke sana. Ada segmen perjalanan yang terpisah yang diatur dan segmen liburan dan hiburan yang terpisah disiapkan untuk mendapatkan manfaat dari industri pariwisata yang akan datang.

6. Peningkatan dalam kinerja

Dengan pemahaman berkelanjutan terhadap lingkungan bisnis, perusahaan dapat dengan mudah meningkatkan kinerjanya. Dengan membuat perubahan dalam lingkungan internal yang sesuai dengan lingkungan eksternal, organisasi dapat makmur dan meningkatkan pangsa pasar mereka.

Sebagai contoh, perusahaan Weston yang tidak dapat bekerjasama dengan lingkungan yang berubah mulai menderita kerugian dan kehilangan namanya di pasar TV. Memang memindai lingkungan dengan baik dan masih bersaing dengan sukses dengan banyak perusahaan multinasional.

Itulah pembahasan mengenai lingkungan bisnis yang dapat penulis sampaikan. Dengan mengenal istilah lingkungan bisnis, serta mengetahui manfaat dari lingkungan bisnis tersebut, diharapkan seseorang yang ingin memulai bisnisnya dapat mengenal lebih baik konsep dari lingkungan bisnis itu sendiri.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry