Sejarah Perkembangan Google Indonesia dan Produknya

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Google telah berkembang dari sebuah perusahaan startup kecil menjadi salah satu raksasa internet dunia yang menguasai hampir seluruh jagad rambahan kita di dunia digital. Berbagai produk yang memudahkan pengguna selama berselancar telah kurang lebih merupakan jasa dari berbagai layanan yang diberikan Google kepada penggunanya. Kini perusahaan yang memiliki basis di California ini berencana untuk semakin dapat menyentuh banyak pengguna internet di seluruh dunia dengan ekspansi yang bersifat lebih domestik, termasuk dalam pendirian Google Indonesia.

Google telah terlibat dalam diskusi ketat dengan pemerintah Indonesia selama beberapa tahun dalam upaya mereka untuk mencoba mendirikan kantor di dalam negeri dan berupaya untuk melayani 220 juta penduduk Indonesia dengan lebih baik. Faktanya adalah, Indonesia merupakan cabang kantor keempat dari Google di Asia Tenggara.

Sebelum peluncuran Google Indonesia, perusahaan ini telah memperdalam dampak kehadiran mereka di Thailand dan Malaysia serta kantor pusatnya di Asia Pasifik yang berbasis di Singapura.

Penambahan Indonesia ke dalam list ini merupakan keputusan yang sangat penting karena Indonesia telah dengan cepat menjadi salah satu pasar utama bagi perusahaan website, berkat pertumbuhan akses internet di antara populasi yang besar.

Sejarah Masuknya Google Indonesia

Pada pertengahan tahun 2012 lalu, Google secara resmi meluncurkan kantornya di Jakarta. Google Indonesia hadir di sini bertujuan untuk semakin meningkatkan seluruh ekosistem teknologi dan internet di Indonesia dan membantu para pemilik bisnis lokal untuk lebih mendayagunakan dunia online dalam pengembangannya.

Acara peluncuran Google Indonesia berlangsung di Kuningan, Jakarta dan dihadiri oleh dua menteri dari kabinet Indonesia Bersatu II diantaranya Dr. Mari E. Pangestu, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Gita Wirjawan, serta Menteri Perdagangan. Sementara itu, Julian Persaud, yang merupakan Managing Director untuk Google wilayah Asia Tenggara, ditugaskan untuk menyiapkan segala kebutuhan dalam proses pendirian hingga acara peluncuran tersebut.

Dalam acara ini juga, Google Indonesia mengumumkan country head pertama untuk kantor Google Indonesia dimana selama perintisan awal ekspansi Google di Indonesia, sosok mantan direktur MNC Group, Rudy Ramawy, didapuk untuk memimpin operasional Google di Indonesia bersama Krishna Zulkarnaen, yang akan menjabat sebagai Chief Marketing Officer. Kini Google Indonesia telah memasuki babak baru dalam merajut ekspansi ke level yang lebih tinggi di bawah kepemimpinan Randy Jusuf yang ditunjuk untuk menjadi Country Head terbaru di awal Oktober tahun lalu.

Kantor Google Indonesia

Kantor Google adalah salah satu tempat kerja dengan desain yang paling unik. Dan kantor Google selalu berhasil mendapatkan peringkat terbaik dalam ranking tempat kerja terbaik di dunia. Dengan merek dagang yang menyertakan konsep menyenangkan, Google memperlakukan karyawan mereka dengan kenyamanan dan tempat kerja yang menyenangkan untuk menelurkan ide-ide besar lainnya.

Kantor Google selalu memiliki gaya mereka sendiri tetapi hanya karena Google dimulai di Amerika, bukan berarti kantor Google di Indonesia tidak bisa menambahkan beberapa elemen budaya Indonesia dalam menciptakan kantor yang masih dibuat dengan konsep menyenangkan ini.

Kantor Google Indonesia yang berlokasi di wilayah Kuningan merupakan salah satu spot di area bisnis terbaik yang mengarah ke Stadion Gelora Bung Karno. Di pintu masuk, logo Google yang ikonik ditampilkan dengan ornamen batik. Dan Anda dapat melihat beberapa mural dengan tema Indonesia seperti wayang dan tempat-tempat terkenal di Indonesia tertempel di dinding mereka. Kantor Google Indonesia juga menggunakan beberapa nama unik dalam tema Indonesia untuk penamaan ruangan pertemuan, misalnya ‘Gudang Rezeki’, ‘Pangkalan Ojek’, dan ‘Gelora Asmara’. Pemilihan nama-nama ini mungkin terdengar aneh di luar, namun memberikan kesan yang sangat Indonesia dan pastinya menarik perhatian.

Dengan konsep yang menyenangkan dan menenangkan, hal lain yang membuat kantor Google Indonesia begitu nyaman adalah lounge dengan tempat tidur dan sederet bantal yang pastinya sangat nyaman. Ruangan favorit karyawan Google Indonesia lainnya adalah ruang permainan. Google menyediakan ruangan ini dengan set permainan Xbox, treadmill, dan meja biliar. Jika para pekerja merasa bosan, mereka dapat beristirahat atau bersantai sejenak sembari menunggu ide brilian lainnya datang.

Namun tidak hanya tentang menyenangkan, kantor Google Indonesia juga memiliki sederet intonasi serius dengan 100 cubicle khas kantoran dengan ruang telekonferensi yang memastikan komunikasi selama rapat tidak terganggu. Ada banyak akses yang sangat berbau teknologi terbaru di kantor Google yang diharapkan dapat memantik ide-ide terbaik untuk keluar dari para pekerjanya.

Jika melihat dari skema desain interiornya, Google Indonesia terlihat sangat santai dalam pemilihan beberapa jenis wayang dan tata letak yang menggunakan batik dan memberikan kesan modern, namun tetap Indonesia. Sejalan dengan merek dagang mereka, kantor Google Indonesia juga selalu penuh dengan permainan warna. Untuk desain lantai, Google Indonesia menggunakan ubin Al Mosaic Spotter dengan menggabungkan ubin mosaik pola acak untuk membuat ruang-ruang di dalam kantor ini menjadi lebih dinamis.

Sponsor Link

Visi Misi dan Proyek Google Indonesia

Dengan membentuk dan merekrut tim lokal di Indonesia, ekspansi ini akan sejalan dengan visi Google untuk menjadikan layanannya sebagai sesuatu yang dapat membantu kehidupan sehari-hari. Intensi untuk mengembangkan sayap di Indonesia telah diperlihatkan Google dari beberapa tahun yang lalu. Meski tidak memiliki representasi di Indonesia, Google telah dengan secara mendalam menjalankan berbagai proyek-proyek menarik dengan mitra lokal di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Bisnis Lokal Go Online yang diluncurkan pada bulan Januari 2012 yang bertujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) agar produk dan layanan mereka dapat tersedia secara online.

Berdasarkan klaim Google, pada awalnya Indonesia hanya memiliki 75.000 bisnis yang telah merambah dunia online meski pada dasarnya memiliki lebih dari 17 juta usaha kecil menengah. Google Indonesia juga secara rutin setiap tahunnya mengadakan seminar untuk 1.000 pemilik UKM untuk mengedukasi mereka tentang ekspansi bisnis 4.0 ini. Google juga telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan lokal seperti Kompas, Kapanlagi, Gramedia, BliBli, dan TouchTen, untuk Chrome Web Store.

Beberapa produk Google juga telah ditingkatkan untuk kebutuhan pengguna Indonesia; misalnya, Google Voice Search yang kini telah lengkap dengan dukungan untuk mengakumulasi perintah dalam bahasa Indonesia yang juga telah diluncurkan pada beberapa platform termasuk Android, iOS dan Blackberry. Sejak tahun 2011, pengguna Google Maps juga dapat melihat situasi lalu lintas di jalan-jalan di beberapa kota besar di Indonesia sehingga mereka dapat merencanakan perjalanan mereka dengan bijak. Dan tentunya produk Google Places yang merupakan platform terbuka untuk bisnis lokal yang ingin mendaftar secara gratis.

Google juga telah rutin melaksanakan beberapa acara dan program melalui Google Indonesia. Salah satunya ada Family Safety Day yang mana Google bekerja dengan Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi untuk membuat produknya menjadi aman untuk digunakan keluarga, dan kemudian ada Google Business Group Indonesia di Jakarta dan Jogjakarta, sebuah komunitas yang membantu perusahaan memahami cara menggunakan produk dan teknologi Google. Terakhir, ada Google DevFest, acara tahunan di mana Google mengundang para pengembang di Indonesia untuk membuka produk Google dari sudut pandang mereka.

Proyek Terbaru dan Berkelanjutan dari Google Indonesia

Google cukup sadar bahwa dengan semakin akrabnya rakyat Indonesia dengan internet maka semakin besar pula dampak positif yang dapat dihasilkan dengan melakukan kerjasama dalam upaya merajut program berkelanjutan di Indonesia. Tren belanja online di Indonesia yang semakin meningkat membuat semakin banyak raksasa pemasaran online mulai melirik ekspansi ke tanah air yang pada tahun 2025 mendatang diperkirakan akan memiliki nilai transaksi sebesar 100 miliar USD.

Google Indonesia dalam hal ini tidak hanya berencana untuk melanjutkan sederet program yang telah membantu para pengguna dan pebisnis tanah air, namun juga lebih mulai peduli kepada rilisan berbagai produk yang dianggap dapat memudahkan para pengguna internet di Indonesia. YouTube yang merupakan produk yang dianggap paling memberikan dampak besar bagi image Google telah dirombak dalam skema yang memudahkan pengguna dalam bentuk YouTube GO yang dapat menghemat kuota.

Perbaikan dari sisi Google Maps untuk sederet tempat wisata terkenal di Indonesia seperti di Pulau Komodo dan beberapa lokasi lainnya telah ditambahkan. Tidak berhenti disitu perbaikan di Google Assistant juga menjadi salah satu fokus Google Indonesia dimana dalam rilis pers selama acara Google for Indonesia mengklaim bahwa Google Assistant Indonesia kini telah memiliki kapabilitas yang luas dengan tambahan beberapa aksi dan ekspansi API yang lebih baik.

Ekosistem Google Go selain YouTube Go juga akan diperkenalkan ke pengguna internet Indonesia yang pada dasarnya masih memiliki masalah keterbatasan atas akses internet yang merata. Jobs on Google Search juga akhirnya menyentuh Indonesia, Google Indonesia mengharapkan bahwa fitur dan produk terbaru mereka ini akan mempermudah para pencari pekerjaan untuk menemukan perusahaan impian mereka dan juga bagi perusahaan lokal untuk mendapatkan pekerja yang memiliki kualifikasi terbaik.

Intensi untuk lebih memajukan lini produk juga diperkuat oleh Google Indonesia dengan melakukan pelatihan coding pada banyak developer muda Indonesia. Berdasarkan laporan yang telah dirilis Google Indonesia akhir tahun lalu, organisasi ini telah bekerjasama dengan kelompok developer-developer lokal untuk memberikan seminar di setidaknya 12 kota di Indonesia. Google juga telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan kurikulum berbasis Android dan digital marketing yang diharapkan dapat mengembangkan banyak minat muda di sektor ini.

Bukan hanya pada sektor industri dan bisnis, Google Indonesia juga telah secara aktif membantu pemerintah dalam meminimalisir potensi masalah di bidang kelautan dan pemberantasan berita hoaks.

Google Indonesia melalui kemampuan komputasi dan algoritme terbaru mereka, memberikan bantuan dalam bentuk aplikasi Global Fishing Watch yang akan dapat memberikan gambaran melalui Google Earth tentang potensi pencurian ikan di laut lepas. Dengan data ini, para penegak hukum dapat bekerja lebih cepat untuk menanggulangi masalah ini.

Pemberantasan berita hoaks juga menjadi salah satu fitur yang dibanggakan oleh Google Indonesia yang mengklaim bahwa algoritme terbaru mereka kini dapat memilah dan memilih berita-berita yang berpotensi hoaks untuk tidak lagi di indeks dalam laman hasil pencarian mereka. Dengan cara ini, Google Indonesia telah setidaknya mencoba untuk menutup ruang dan mempersempit ruang gerak para provokator pembuat berita palsu tersebut.

Namun yang paling mencuri perhatian banyak orang adalah rencana peluncuran WizPhone, sebuah ponsel yang memiliki banderol harga yang sangat murah yakni Rp. 99.000 yang bisa didapatkan melalui gerai Alfamart. Ponsel ini mengadopsi pendekatan yang sangat klasik dalam desainnya dan dioptimalkan untuk penggunaan Google Assistant yang terbukti dengan hadirnya satu tombol yang di dekasikan untuk layanan ini.

Sponsor Link

Transformasi Bisnis Online dengan Google Indonesia

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa Google Indonesia memiliki peran yang cukup penting dalam memajukan bisnis digital di Indonesia.

Perusahaan ini mengklaim bahwa mereka telah berhasil mengedukasi lebih dari satu juta UKM untuk Go Digital dengan bisnis mereka.

Tidak berhenti disitu, program 1 juta UKM ini juga akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya dengan fokus tambahan selanjutnya bagi Google Indonesia adalah mengedukasi para siswa untuk juga mulai melihat ranah digital marketing sebagai opsi pilihan karir mereka.

Google Indonesia berencana memulai langkah ini dengan melakukan edukasi pada setidaknya 12.000 siswa di seluruh Indonesia. Bukannya hanya membantu dalam kaidah pemberian informasi, Google Indonesia telah memberikan panduan dalam bentuk materi pembelajaran yang mudah dimengerti oleh para pengusaha UKM kecil menengah yang merupakan target utama dari Google Indonesia.

Google Bisnisku juga telah diluncurkan sebagai platform baru bagi para pengusaha di Indonesia untuk lebih memperkenalkan produk mereka ke pasaran baik pada tingkat lokal maupun internasional.

Namun Google juga tidak serta merta membiarkan para penggunanya untuk mendaftarkan bisnis mereka tanpa aturan. Ada sederet peraturan yang ketat yang harus dilalui sebelum dapat memperkenalkan bisnis Anda di Google Bisnisku.

Dari jenis usaha hingga kepemilikan usaha, Google Indonesia akan sangat selektif dalam proses menyaringnya.

Selain tentang jenis dan kepemilikan usaha, Google Indonesia juga memastikan bahwa pengguna yang menggunakan platform Google Bisnisku dapat memberikan sederet penjelasan yang jelas dan konten yang rapi dalam indeks bisnis mereka. Konten seksual, cabul dan menyesatkan pengguna akan langsung ditolak Google Indonesia, juga deskripsi bisnis yang menampilkan promosi dan berlawanan dengan Undang-Undang.

Google Indonesia juga memperhatikan dengan sangat mendetil penyalahgunaan gambar termasuk eksploitasi wanita dan anak-anak dalam platform Google Bisnisku milik mereka. Sektor privasi data yang bersifat personal juga akan diperiksa secara mendetil oleh Google Indonesia sebelum akhirnya menentukan apakah usaha tersebut valid atau tidak.

Dampak Jangka Panjang Kehadiran Google di Indonesia

Kehadiran Google Indonesia telah menghadirkan banyak dimensi baru dalam promosi usaha secara digital di Indonesia. Secara mikro, kita dapat melihat usaha kecil menengah untuk mendapatkan eksposur yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka sementara bagi perusahaan yang datang dalam skala yang lebih tinggi, Google Indonesia dapat membantu lebih banyak pengiklan dalam skala makro ini untuk membantu mereka meraih pelosok internet yang kemungkinan memiliki brand yang belum terekspos sebelumnya.

Ekspansi Google menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang cukup untuk menempatkan kaki di sana meskipun perusahaan ini telah memiliki kantor regional di Singapura. Bukti Google ingin lebih dekat ke tempat di mana mereka memiliki basis pengguna yang besar dan muda serta memiliki mobilitas tinggi adalah langkah nyata bahwa Indonesia memiliki potensi besar. Semoga kehadiran Google Indonesia akan membuka lebih banyak pintu kesempatan bagi rakyat Indonesia dalam mempromosikan konten lokal, serta memudahkan perusahaan lokal untuk bekerjasama dengan raksasa mesin pencari ini dalam mengembangkan usaha mereka.

Apakah Anda memiliki masalah dalam menjalankan bisnis online? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol