Google Facebook: Search Engine dan Medsos Terbaik

 

Google telah menjadi salah satu mesin pencari terbesar dan terbanyak penggunanya di seluruh dunia. Mesin pencari, Youtube, Gmail, dan Google Maps menjadi produk unggulan saat ini. meskipun secara global menjadi peringkat pertama namun data analisis dari Oxford Internet Institute menyebutkan Facebook menduduki peringkat kedua dan patut diperhitungkan menjadi pesaing dari Google. Berbicara mengenai wilayah, Facebook menduduki peringkat pertama dengan banyaknya pengguna di wilayah seperti Afrika Utara dan Timur Tengah. Sedangkan Google merajai tingkat pertama kedudukan di wilayah Amerika, Eropa, Oseania.

Anda pasti mengenal Google sebagai sebuah mesin pencari pertama yang akan Anda gunakan untuk mencari sumber referensi, sedangkan mengenal Facebook sebagai situs pertemanan pertama. Sejauh ini Google telah berhasil mengeksekusi 100 perusahaan lebih dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Melihat data rekam jejak Google dan Facebook, Anda tentu tidak akan melihat persaingannya secara langsung karena fitur yang dibandingkan berbeda, namun apabila kita melihat dari segi sosial media kita akan melihat perbedaannya.

Persaingan Dari Fitur Sosial Media Google Facebook

Bila dilihat survei pasti banyak orang yang memang lebih familiar dengan Facebook daripada Google Plus, namun bila dilihat dari daftar pengguna, keduanya hampir seimbang. Google Plus memiliki fitur berbagi posting, status, upload video dan upload gambar, fitur membuat halaman dan grup yang ada pada Facebook pun juga dimiliki oleh Google Plus. Secara pengguna dan popularitas di bidang sosial media, Facebook masih unggul dibandingkan dengan Google Plus.

Sponsor Link

Media Iklan Google Facebook

Akhir-akhir ini, Facebook meluncurkan program periklanan yang menambah rentetan persaingan antara Google dan Facebook. Kerja keras Facebook bisa dilihat langsung di halaman ruang Facebook berbeda dengan Google AdSense yang memerlukan media perantara lain (seperti blog atau website) sebagai media beriklan, namun memasang iklan di Google AdSense tentu memiliki kelebihan yaitu target pasar yang lebih luas karena iklan sering kali dipasang pada mesin pencari maupun situs berbagai video populer Youtube.

Jika demikian, dalam persaingan tempat beriklan ini Google lebih unggul dibandingkan Facebook yang belum bisa menjangkau pasar dengan lebih luas, namun bukan tidak mungkin Facebook mampu bersaing dengan Google lantaran mereka sampai saat ini terus mengembangkan layanannya.

Email Facebook Messenger, Layanan Pesaing Gmail dari Google

Di tahun 2010 perusahaan sosial media Facebook mengenalkan layanan teknologi pesan terbaru dari Messenger, layanan ini memungkinkan penggunanya untuk memiliki akun email dengan user@facebook.com yang akan menyaingi Google Mail atau Gmail. Peluncuran email Facebook ini sebagai balasan atas fitur sosial media Google Plus dari perusahaan Google.

Graph Search Layanan Baru Dari Facebook

Dalam ranah mesin pencari Facebook, kembali memanaskan persaingan dengan meluncurkan Graph Search, sebuah mesin pencari yang di gadang-gadang akan melengserkan mesin pencari Google. Langkah membuat Graph Search disinyalir sebagai langkah untuk bisa menggulingkan Google dari tahta bisnis menguntungkan dan terbesar di internet. Graph Search hanya akan memberikan jawaban di situs Facebook dari data yang telah terjadi di situs jejaring sosial. Ke depannya Facebook ingin supaya Graph Search ini menjadi sebuah bisnis dimana mereka akan memfokuskan diri supaya restoran atau rumah makan bisa berikan di layanannya.

Google Facebook Sempat Saling Menyerang

Google Facebook sempat mengalami fase berseteru dengan saling serang. Hal ini lantaran beberapa waktu belakangan ini Google memblokir salah satu fitur milik Facebook lantaran fitur itu bisa menarik data kontak di Gmail ke Facebook. Dalam hal ini, Google menuduh Facebook mencuri data pengguna untuk diekspos Facebook secara otomatis. Mengapa Google bisa sampai memblokir hal itu lantaran pengguna Facebook bisa menarik data dari Gmail tetapi pengguna Gmail tidak bisa menarik data dari Facebook, hal ini dirasa sebagai sebuah ketidakadilan oleh pihak Google yang menuding Facebook tidak terbuka.

Perekrutan Ahli dan Teknisi Terbaik Google Facebook

Persaingan para ahli dan teknisi handal ini terjadi di lembah Silikon, pusat industri di bidang IT California. Google sempat mengumumkan kenaikan gaji karyawan sampai 10% untuk menghindari eksodus tenaga ahli dan teknisi terbaik mereka. Setelah sebelumnya Google harus rela Buchheit yang dikenal karena membuat Gmail keluar dari Google, meskipun pihaknya sudah memberikan keterangan bahwa tidak akan bergabung dengan Facebook dan tidak ada campur tangan dalam proyek email Facebook, namun keluarnya dia menjadi tanda tanya. Di lain pihak Facebook juga sempat kehilangan tenaga ahlinya yang memilih bergabung dengan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi startup.

Sponsor Link

Akuisisi yang Dilakukan Google

Dari tahun 2001 sampai 2015 Google telah mengakuisisi perusahaan sebanyak 187. Tercatat ada beberapa Akuisisi dari brand terkenal yang sudah sering kita dengar. Yaitu ada Youtube, HTC, Doubleclick dll.  Akuisisi yang dilakukan Google berfokus pada tujuan apa yang ingin perusahaan raksasa ini raih, berikut daftar akuisisi Google berdasarkan kebutuhannya.

Media Periklanan Doubleclick dan Admob

Doubleclick adalah perusahaan yang bergerak di bidang penayangan iklan dan manajemen periklanan, perusahaan Doubleclick menawarkan solusi bagi pengguna untuk bisa membeli, menjual dan membuat iklan yang dilakukan secara online. Nilai Akuisisi yang dikeluarkan Google untuk membeli perusahaan Doubleclick sebesar 3,1 miliar US dolar, dari data yang ada Google Doubleclick telah mencapai peningkatan pendapatan sampai 9,8% dengan nilai pemasukan sebesar 1,3 miliar US dolar. Doubleclick ini menjadi perusahaan yang mendukung Google AdSense.

Selanjutnya ada Admod, perusahaan yang juga bergerak di bidang periklanan ini bergerak pada platform mobile. Google mengakuisisi perusahaan Admob di tahun 2009 dengan harga 750 juta US dolar, tercatat sejak 18 bulan di akuisisi Google pemasukan dari Admob telah mencapai 1 miliar US dolar.

Perangkat Mobile

Dari data yang ada Google pernah mengakuisisi perusahaan perangkat mobile seperti Motorola dan HTC. Akuisisi terhadap Motorola ini menjadi akuisisi dengan nilai terbesar yang dilakukan oleh Google di tahun 2011.  Meskipun pada akhirnya Google menjual kembali Motorola yang dibeli oleh perusahaan Lenovo di tahun 2014.

Akuisisi Android

Sebelum ke perangkat mobile terlebih dahulu Google melakukan akuisisi terhadap Android. Saat Google mengakuisisi Android, saat itu perusahaan Android masih dalam tahap perkembangan, langkah Google ini merupakan langkah yang paling tepat karena setelah membeli Android pihak Google lalu mengadakan pengujian Android ke sistem smartphone dan hasilnya beragam versi android bisa dinikmati oleh pengguna dengan sistem operasi terbuka yang memudahkannya.

Google membeli Android dengan nilai 50 juta US dollar pada pertengahan tahun 2005. Data 2011 pengguna android pada perangkat telepon pintar sudah mencapai 550 ribu pengguna aktif setiap harinya. Melihat besarnya peluang Android membuat Google akhirnya mengakuisisi perusahaan Motorola.

Akuisisi Motorola Oleh Google Kenapa Dilepas Lagi?

Motorola menjadi brand perangkat seluler yang bisa dibilang paling tua berdiri sejak tahun 1928 sampai saat ini. Meskipun di Indonesia produk Motorola sudah tidak kita jumpai, namun Motorola adalah sebuah pelopor telepon genggam yang menjadi ide pembuatan smartphone.

Dalam akuisisi yang dilakukan Google pada Motorola tentunya pihak Google sudah memperhitungkan dengan matang untung dan rugi membeli Motorola yang waktu itu tengah dalam keadaan sulit. Setelah diselidiki alasan dibalik akuisisi itu tidak lain dan bukan karena hak kekayaan paten yang ada di Motorola. Motorola memiliki hak kekayaan paten dan portofolio lebih dari 24.500, hak kekayaan paten yang dimiliki Motorola ini yang nantinya akan membantu ekosistem Android. Seperti yang anda diketahui Android sering di serang oleh perusahaan besar seperti Microsoft, Apple dan Oracle dengan tuntutan hukum mengenai hak paten dan lisensi. Dengan adanya hak paten dari Motorola ini untuk melindungi Android yang merupakan lisensi operasi terbuka supaya perusahaan lain tidak kembali mengusiknya.

Karena langkah Google untuk mengamankan Android dari gencarnya hukum hak paten dan lisensi dengan mengakuisisi perangkat mobile Motorola menimbulkan rasa kecemburuan oleh Vendor perangkat seluler lain pengguna Android, sehingga perangkat-perangkat ini membuat sistem operasi non Android seperti Tizen dari Samsung dan WebOS dari LG.  Dengan adanya kecemburuan itu pun akhirnya Google dengan Androidnya mengalah dan melepaskan Motorola di tahun 2014 dan memilih menjadi sistem operasi yang netral bagi vendor-vendor yang menggunakannya.

Akuisisi HTC Untuk Google Pixel 2

Akuisisi HTC oleh Google dengan nilai 1,1 miliar US dolar ini merupakan akuisisi yang dilakukan untuk menarik 2000 teknisi di divisi Smartphone HTC untuk bergabung dengan Google dan mengembangkan Google pixel. Selain 2000 karyawan, Google juga mendapatkan lisensi non-eksekutif dari properti intelektual HTC yang merupakan vendor perangkat seluler pintar dari Taiwan.

Alasan Google mengakuisisi HTC disampaikan oleh Osterloh yang merupakan senior VP Hardware dari Google. HTC merupakan pemain yang mengeluarkan inovasi dalam teknologi perangkat mobile yang pertama mengeluarkan smartphone dengan jaringan 3G pada tahun 2005, selain itu HTC juga mengeluarkan perangkat seluler unibody yang telah berbalut utuh di tahun 2013. Anda pernah dengar smartphone Nexus? Nexus merupakan smartphone pertama hasil kerjasama Google dengan HTC sebelum akuisisi terjadi, setelah itu HTC juga ikut adil dalam pembuatan Google Pixel dan setelah akuisisi terjadi HTC akan menggarap Google Pixel 2 yang sudah meluncur di 2017.

Akuisisi Youtube Sebagai Langkah Revolusioner Google

Anda pasti sering mengguna situs berbagi video youtube sebagai media hiburan untuk melihat video. Youtube menjadi salah satu aset atau fitur unggulan yang dimiliki oleh Google. Youtube di akuisisi oleh Google di tahun 2006 dengan nilai sebesar 1,65 Miliar US dolar. Di tahun 2010 Youtube telah menghasilkan keuntungan bersih senilai 544 juta US dolar selang 4 tahun akuisisi sekarang Youtube menjadi situs berbagai video nomor satu paling banyak diakses penggunanya.

Pada awalnya Youtube adalah sebuah startup layanan video yang memiliki banyak penggemar namun senantiasa mengalami kerugian, Susan Wojcicki yang saat itu memantau perkembangan Youtube melihat peluang besar dalam Youtube dimana semua orang bisa menghadirkan konten kreatif tontonan layaknya TV tanpa harus keluar biaya yang mahal untuk membuat video, merasakan peluang itu akhirnya Wojcicki yang memimpin akuisisi Youtube di tahun 2006 dan pada 2014 ditunjuk sebagai CEO dari Youtube.

Google Akuisisi Pesaing Terberatnya Dalam Layanan Petunjuk Arah

Merasa tidak puas dengan layanan petunjuk arah Google Maps, pihak Google di bulan Juni 2013 mengakuisisi Waze yang merupakan saingan beratnya dalam layanan petunjuk arah berbasisi komunitas dari Israel senilai 1,3 miliar US dolar. Mengapa Google mau mengakuisisi Waze setelah memiliki Google Maps? Ada 4 kemungkinan yang bisa anda ketahui.

  • Pertama, Google ingin mengait basis pengguna dari Waze, perbedaan Waze dan Google maps yang pertama adalah Waze mampu menciptakan sebuah budaya user engagement di penggunanya, peta-peta di Waze banyak dibuat dengan menggunakan GPS dari para penggunanya yang pada saat itu hampir mencapai 50 juta pengguna aktif. Tidak hanya peta, kemacetan jalan, info lalu lintas, penyuntingan peta meningkatkan kultur saling tolong menolong di pengguna yang dihargai dengan badge dan point dari Waze.
  • Kedua, dengan mengait pengguna Waze Google menambahkan beberapa fitur di Google maps.
  • Ketiga, Waze sebagai alternatif selain Google Maps.
  • Keempat, yang menjadi topik persaingan antara Google dan Facebook yaitu Google mengamankan Waze dari Facebook supaya Google bisa selangkah lebih maju dibandingkan Facebook dalam segi mapping.

Tidak mau kalah dengan Google Facebook juga melakukan berbagai akuisisi guna untuk mendukung kemajuan situsnya, berikut daftar akuisisi Facebook yang menjadi sebuah titik point memperkuat persaingannya dengan Google.

Sponsor Link

Akuisisi yang Dilakukan oleh Google Facebook

Akuisisi sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh sebuah perusahan besar untuk mengait mitra. Akuisisi sendiri merupakan pembelian yang dilakukan oleh satu perusahaan oleh perusahaan lain atau investor yang memiliki kekuatan lebih dari perusahaan yang dibeli. Akuisisi sering terjadi untuk menjaga ketersediaan jaminan produk yang akan diserap nantinya oleh pasar. Dalam melakukan akuisisi, Google dan Facebook tentu memiliki pertimbangan-pertimbangan yang matang sebelum menggelontorkan uang dalam jumlah yang besar.

Facebook Mengakuisisi Instagram

Facebook mengakuisisi instagram dengan mengeluarkan 9,6 miliar rupiah dan tidak sampai satu tahun Mark Zuckerberg sebagai penggagas Facebook mengumumkan bahwa Facebook telah mengantongi keuntungan penuh dari akuisisi Instagram.  Ada 4 pendapat mengapa Facebook mau mengakuisisi Instagram yaitu:

  • Pertama, Facebook yang mulai bergerak ke ancaman terbesarnya yaitu daya tarik dari aplikasi Facebook sendiri adalah bisa upload foto ke media sosial sedangkan Instagram adalah aplikasi yang memungkinkan untuk itu, ada banyak pendapat bahwa bila tidak segera di akuisisi, Instagram yang akan membunuh Facebook.
  • Kedua, akuisisi Instagram sebagai cara Facebook untuk masuk ke pasar smartphone.
  • Ketiga, persaingan Facebook dengan Yahoo akuisisi Instagram sebagai cara untuk menyamai Yahoo dengan aplikasi fotonya Flick atau Google dengan youtube nya.
  • Keempat, yaitu untuk menguatkan IPO sebagai penjualan saham pertama go publik.

Facebook Mengakuisisi WhatsApp

Facebook sudah memiliki layanan messenger untuk aplikasi pesan instan mereka namun mengapa Facebook masih mengakuisisi WhatsApp dengan harga yang begitu mahal 223 miliar rupiah dan termasuk 3 miliar US dolar dalam bentuk saham yang akan diberikan kepada karyawan WhatsApp dalam jangka waktu 4 tahun, total Facebook membeli WhatsApp senilai 293 triliun. Hal ini karena layanan Messenger dari Facebook yang dinilai gagal dalam menjaring penggunanya, orang lebih membutuhkan berbagi pesan dengan cepat, ringan dan personal, di situlah Facebook mencoba untuk meraih pengguna lebih banyak melalui WhatsApp, dengan akuisisi ini Facebook bisa mengambil data kontak dari What’s Up dengan mencocokkan kontak yang ada dengan akun pengguna yang ada di Facebook hal ini memungkinkan Facebook untuk bisa membagikan iklan produk yang sesuai dengan penggunanya.

Uniknya akuisisi yang dilakukan Facebook ke Instagram dan WhatsApp ini tidak mematikan layanannya, namun tetap mempertahankan brand sebelumnya dari yang sudah ada.  WhatsApp memiliki pengguna 1 miliar sementara Facebook 1,7 miliar.

Apakah Anda memiliki masalah dalam menjalankan bisnis online? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry