fbpx

Kunci sukses dan Cara jualan online untuk pemula

 

Dalam beberapa tahun belakangan ini berbelanja di Internet sudah menjadi hal yang biasa, dan pemesanan produk dan layananpun semakin berkembang. Tentunya banyak dari kita berpikir untuk mulai berjualan secara online, bahkan perusahaanpun pasti berpikir sama.

Namun, itu tidak berarti bahwa hasil penjualan pasti akan meningkat ketika kita mulai berjualan secara online.  Dan situasi yang sering kita temui sekarang ini adalah kita gagal memulai bisnis karena kurangnya persiapan.  Agar perusahaan Anda bisa terpilih dari sekian banyak toko online yang ada, penting untuk Anda membuat konsep toko dan membuat pemosisian perusahaan. Oleh karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan titik keberhasilan penjualan online dan proses sampai dengan pembukaan bisnis.

 

1. Apa itu toko yang berhasil jualan online

Perbedaan antara toko yang berhasil dalam jualan online dan toko yang gagal adalah apakah konsepnya jelas atau tidak. Konsep adalah hal yang paling penting dalam pemasaran, tetapi juga merupakan hal yang mudah dilupakan karena merupakan bagian yang mendasar.

Perbedaan antara net shop dan real shop adalah “konsep yang lebih sempit”

Mengapa konsep menjadi hal yang paling penting? karena konsep memberikan kita keuntungan penjualan (karena bisa dijual di seluruh negeri). Dan area perdagangan dari toko online adalah minimal tingkat nasional.

Kita mungkin sering beranggapan dengan dikenalnya toko kita secara luas, maka akan mempermudah kita menjual produk. Namun, di sisi lain wilayah perdagangan yang luas juga akan memunculkan banyak pesaing untuk usaha kita. Untuk membuat perbedaan di tengah banyaknya pesaing, kita perlu mempersempit konsep toko online yang kita miliki. Karena biasanya konsep yang lebih terfokus akan menghasilkan keuntungan yang nyata.

Namun pada toko riil dengan konsep fashion wanita, toko dengan konsep target fashion untuk wanita ukuran besar akan lebih sulit berhasil. Pada toko online, konsep yang lebih terfokus dapat meningkatkan daya tari dari toko kita, karena toko online memiliki area komersial yang luas.

Sedangkan pada toko riil, walaupun konsep kita terfokus dan kita memiliki produk yang diperlukan pengguna, namun karena toko tidak bisa ditemukan, kemungkinan bangkrutpun sangat tinggi. Namun, di internet, pengguna dapat mencari yang mereka inginkan dengan mudah hanya dengan memasukkan kata kunci, bahkan produk yang cacat pun bisa memiliki daya jual. Selain itu, jika kita memfokuskan konsep, kita juga akan bisa menentukan target dan bahasa yang bagaimana akan digunakan dalam beriklan. Membuat konsep yang solid dan menetapkan strategi penjualan adalah kunci menuju kesuksesan.

 


Sponsor Link

2. 7 poin penting dalam alur memulai bisnis

Sebelumnya kita sudah membahan tentang poin sukses. Tapi, walaupun kita berpikir untuk memulai berjualan secara online, pasti banyak dari kita yang tidak tahu harus memulai mempersiapkan dari mana. Untuk itu, sekarang kita akan membahas bagaimana persiapan yang harus dilakukan untuk memulai bisnis.

2-1. Mengikuti prosedur dan mendapatkan izin untuk membuka toko online

Hal mendasar  memulai jualan online adalah mendapatkan izin terlebih dahulu. Karena untuk beberapa makanan, minuman beralkohol, barang bekas, hewan peliharaan, obat-obatan, dll kita memerlukan izin dan prosedur lainnya untuk dapat menjualnya. Perlu diperhatikan juga, bahwa kita juga akan memerlukan izin ketika menjual barang-barang import. Terkadang prosedur jualan online bisa lebih rumit dari pada jualan offline. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan ahlinya. Selain itu, ada beberapa konten yang dibatasi secara hukum seperti larangan menyebarkan berita bohong, atau kewajiban untuk menampilkan iklan, maka ada baiknya kita melakukan pengecekan terlebih dahulu.

2-2. Menentukan konsep dan target toko online

Konsep merupakan bagian penting yang dapat menjadi pilar kebijakan manajemen di masa depan. Dan 3 poin berikut ini perlu kita pertimbangkan pada saat membuat konsep jualan online. Dalam masing-masing poinnya kita juga harus memikirkan 1. sudut pandang pelanggan dan 2. sudut pandang penyedia.

2-2. Menentukan konsep dan target toko online

(1) Dalam menentukan target, sebisa mungkin menentukan target yang terfokus. Dengan membuat daya tarik yang tepat untuk konsumen yang benar-benar membutuhkan barang, sebagai hasilnya kita bisa mendapatkan pelanggan setia.

(2) Nilai yang harus ditawarkan adalah nilai yang dapat diperoleh pelanggan dengan membeli produk perusahaan kita. Kita harus memikirkan masalah pelanggan apa yang bisa dipecahkan dengan membeli produk kita dan apakah mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan itu.

(3) Keunikan adalah titik yang hanya kita yang memiliki dan tidak ada di perusahaan lain. Yang membedakan perusahaan kita dengan perusahaan lain adalah bisa atau tidaknya kita menonjolkan poin ini. Namun, kita tidak perlu menjadi yang nomor 1. Kita hanya perlu menemukan keunikan yang kita miliki.

 

Konsumen juga merasa lebih tertarik dengan dengan toko yang memiliki konsep yang sesuai dengan dirinya daripada toko dengan konsep yang tidak jelas. Dengan demikian kita  dapat mengirimkan pesan kepada pengguna dengan menetapkan konsep dan target yang terfokus. Konsep adalah hal penting harus kita pikirkan karena akan menjadi pilar bisnis kita di masa depan.

 


Sponsor Link

2-3. Membuat WEB page

Dua poin penting dalam halaman WEB adalah “mudah dilihat” dan “sesuai dengan konsep”.Meskipun konsepnya solid, jika kita tidak bisa memberikan kesan pertama yang menarik, pelanggan akan pergi dengan kesan yang tidak jelas. Untuk membuat website kita mudah ditemukan, pastikan untuk membuat catch copy yang menonjol, mencocokkan skema warna dengan konsep, dll.

“Visibilitas situs” adalah bagian yang secara langsung terkait dengan kepuasan pelanggan. Misalnya, ada baiknya kita menyiapkan lebih dari satu gambar produk, dengan demikian kita dapat lebih memperjelas gambaran produk yang kita jual kepada pelanggan.

Selain itu, pada sistem jualan online, kita dapat pindah ke halaman sebelumnya atau halaman toko lainnya hanya dengan mengklik suatu tombol. Oleh karena itu, proses pembebelian yang panjang, atau jika kita memasukkan terlalu banyak informasi yang tidak berguna di layar pembelian, ini dapat membuat konsumen merasa tidak nyaman dan batal membeli.

Halaman WEB adalah “toko” di internet yang berinteraksi dengan konsumen. Setelah halaman WEB selesai, kita dapat melakukan ujicoba dengan mengecek kemudahan mencari produk dan kemudahan dalam melakukan pembelian dari sisi pelanggan. Serta jangan lupa membuat desain yang sesuai dengan konsep dan mudah digunakan oleh pelanggan.

 


2-4. Menentukan cara pembayaran

Metode pembayaran juga merupakan poin penting bagi konsumen untuk melakukan pembelian.

Dan metode pembayaran yang umum digunakan adalah sebagai berikut:·

  • Pembayaran menggunakan kartu kredit
  • Pembayaran melalui minimart
  • Pembayaran dengan pulsa
  • Transfer pos
  • Transfer bank
  • COD

dan lain sebagainya.

Penggunaan sistem pembayaran biasanya akan berbeda sesuai dengan kondisi pelanggan. Akan sulit bagi kita untuk mencakup banyaknya sistem pembayaran yang ada, namun setidaknya kita harus bisa mencakup 2 atau 3 di antaranya.

Metode pembayaran juga merupakan salah satu layanan bagi konsumen. Kita dapat mempertimbangkannya sesuai dengan kebijakan manajemen perusahaan Anda.

2-5. Persiapan peralatan untuk online shop

Hal-hal yang diperlukan untuk sebuah online shop adalah sebagai berikut:

・Kamera untuk foto produk

・Komputer pribadi

・Software pendukung(tindakan pengamanan, pengelola gambar dll.)

・Printer

・FAX

・Telepon

Dalam hal ini yang harus tekankan adalah “peralatan untuk mengambil gambar”.

Bahkan di restoran atau toko riil, kita akan melihat gambar papan menu di toko, kita tidak akan pernah memasuki toko tersebut kecuali gambar menunya terlihat lezat. Hal yang sama juga berlaku untuk toko online, tombol pembelian tidak akan diklik jika gambar yang kita pasang tidak berkualitas. Dan sebagian besar produk yang tidak laku dijual online adalah produk yang memiliki gambar yang kurang menarik.

Di Indonesia, ada banyak situs web dengan kualitas gambar produk yang rendah dan tidak menarik. Lebih baik kita tidak mengunggah photo yang seperti itu karena akan memberikan kesan negatif terhadap produk yang kita jual.

Dalam menggambarkan suatu produk, kita memerlukan dua jenis gambar yaitu “foto detail” untuk menyampaikan rincian barang dan “foto penggunaan” untuk menyampaikan cara penggunaan. Beda halnya dengan toko riil, dalam kasus jualan online pengguna akan menggunakan foto produk untuk memutuskan membeli, karena barang sesungguhnya tidak bisa mereka sentuh.

 


2-6. Memikirkan cara untuk menarik pelanggan

Metode menarik pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang diinginkan di masa depan, dan tidak boleh diabaikan. Metode utama untuk menarik pelanggan dapat dibagi menjadi empat pola berikut.

2-6. Memikirkan cara untuk menarik pelanggan

Dalam hal ini yang banyak digunakan untuk menarik pelanggan adalah iklan tautan pencarian (2). Ketika beriklan, disarankan untuk menggunakan kata kunci yang sesempit mungkin sesuai dengan konsep yang kita miliki. Misalnya, kata kunci “Ladies outer murah” akan lebih menarik minat pembeli daripada kata kunci “Ladies outer” saja.

Setelah menentukan konsep yang jelas, kita bisa melakukan promosi yang tepat ke target yang tepat. Namun, lebih daripada itu, ketika Anda kesulitan dalam menarik pelanggan karena kurangnya pengetahuan, berkonsultasi kepada ahlinya adalah hal yang wajib dilakukan.

Rangkuman

Dengan meningkatnya jumlah yang menggratiskan layanan dan paketnya, toko online menjadi relative mudah untuk dibuka. Yang artinya mengintensifkan terjadinya persaingan. Jika Anda akan membuka online shop, saya sarankan agar Anda memiliki konsep yang tidak dapat dikubur dengan mudah dan mulai mengelolanya. Kami akan sangat senang jika artikel ini dapat berguna bagi Anda yang akan membuka toko online.

 

APPKEY juga mendukung pengembangan dan pengelolaan situs EC.

Silahkan tanyakan apapun di sini.

cara jualan online PT APPKEY
 

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
Tentang Aplikasi Tentang Website
Pengenalan Perusahaan Kontak Kami
Sponsor Link

 

Tell Us What You Think
2Like0Love0Haha0Wow1Sad0Angry

0 Comments

Leave a comment