Cara Jualan Online di Facebook Agar Cepat Laku

Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi

 

Facebook merupakan jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg. Meski kemunculannya di jagat maya sudah sangat lama, Facebook tetap diminati oleh orang di seluruh dunia. Setiap harinya ratusan bahkan ribuan orang login dan berlama-lama menggunakan jejaring sosial ini. Ini menjadi alasan mengapa banyak seller online shop lebih suka menjajakan dagangannya di Facebook.

Trik Jualan Online Tepat Sasaran di Facebook

Mungkin ada diantara Anda yang merasa berjualan di Facebook kurang menjanjikan, berarti Anda masih belum mengetahui trik jualan online yang tepat sasaran. Yuk simak cara jualan online di Facebook agar cepat laku berikut ini.

Sponsor Link

Cantumkan Identitas yang Jelas dalam Facebook

Sewaktu membuat akun facebook untuk online shop, dalam profile ataupun deskripsi di facebook bisa Anda tambahkan identitas pribadi Anda seperti foto profil, nomor ponsel, nomor rekening, nama dan alamat lengkap.

Fungsinya mencantumkan identitas yang lengkap adalah untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap online shop Anda. Bahwa online shop tersebut bukan online shop abal-abal.

Maraknya penipuan yang dilakukan melalui media sosial membuat pembeli seakan trauma membeli barang secara online. Karena seperti yang kita ketahui bahwa di dunia maya, orang tidak bertemu secara langsung melakukan transaksi jual beli, hanya berkomunikasi melalui ponsel dan jejaring sosial.

Hal ini menyebabkan kurangnya kepercayaan dari pembeli terhadap penjual. Kejahatan yang dilakukan ini seringkali berkedok toko online, karena sistem yang diberlakukan tiap transaksi online adalah transfer uang, konfirmasi dan proses kirim barang.

Karena sistem inilah yang membuat para penjual nakal cenderung membawa lari uang transferan dan tidak mengirimkan barang yang dipesan. Cara melarikan diri penjual abal-abal ini adalah dengan memblokir semua akses ke pelanggan. Cara ini merupakan cara termudah melakukan kejahatan di era milenial.

Untuk itu, jika Anda memutuskan membuka online shop, cantumkan identitas Anda sejelas – jelasnya dan pastikan Anda mengirimkan barang sesuai pesanan. Jika barang yang diinginkan pelanggan habis, segeralah konfirmasi ke pelanggan agar menimbulkan kesan bahwa Anda adalah seller yang baik dan jujur.

Tentukan Target Pasar

Cara jualan di Facebook yang pertama adalah menentukan target pemasaran dari produk yang Anda jual sangat penting. Target yang dibuat ini bertujuan untuk lebih fokus terhadap sasaran orang yang suatu saat akan menjadi pelanggan Anda.

Misal di Facebook yang Anda jual adalah segala jenis pakaian wanita beserta aksesorisnya maka target pasar Anda adalah kalangan ibu – ibu, mahasiswa, wanita karier yang dirasa akan sangat membutuhkan banyak pakaian untuk menunjang penampilan. Facebook sangat sesuai untuk pemasaran produk karena hampir 99% wanita di Indonesia dari berbagai usia mulai 14 tahun – 50 tahun memiliki Facebook dan selalu online menggunakan Facebook.

Setelah target pemasaran Anda rancang, selanjutnya adalah menambahkan wanita-wanita yang Anda rasa cocok menjadi target Anda. Biasanya orang yang suka belanja mudah dikenali dari penampilannya, lihat juga di beranda masing – masing target Anda. Wanita karier biasanya juga akan lebih suka berbelanja online yang dirasakan lebih mudah. Contoh wanita karir yang bisa menjadi target pasar Anda adalah profesi pegawai bank, guru, dokter, customer service hingga sosialita. Cara jualan di Facebook ini terbukti selalu berhasil di kalangan seller online shop.

Rutin Update Dagangan

Cara jualan di Facebook selanjutnya adalah update foto dagangan Anda. Foto dagangan juga harus sangat menarik, Anda bisa mendisplay dagangan Anda di manekin, atau menggantung baju yang Anda jual dengan hanger dan di foto di dinding berlatar belakang putih.

Agar lebih meyakinkan pembeli bahwa barang yang Anda jual asli atau real picture, Anda bisa menjadikan diri Anda sendiri model yang mengenakan pakaian tersebut. Tuliskan caption yang menarik, mengundang dan jangan lupa tambahkan spesifikasi barang mulai dari bahan hingga harga jual.

Dalam menentukan harga jual produk, Anda harus bisa dan membandingkan harga yang akan Anda tawarkan dengan harga di pasaran. Jangan sampai Anda mengambil keuntungan yang terlalu banyak atau melebihi harga pasaran karena calon pelanggan Anda bisa ‘kabur’ karena harga jual yang terlalu tinggi.

Setelah Anda mempersiapkan foto barang yang akan Anda jual, langkah selanjutnya adalah update foto semaksimal mungkin. Di Facebook setiap detiknya ada saja orang yang melakukan update status sehingga status yang lebih lama akan tergeser oleh status yang baru. Update status yang rutin dan maksimal akan membuat postingan Anda selalu dibaca orang dan dengan posisi teratas. Jangan minder jika ada yang mengatakan Anda sangat mengganggu mereka karena dianggap sebagai spam. Itu hak Anda karena Anda adalah pemilik akun dan memiliki tujuan yang baik yaitu pemasaran barang. Semakin Anda sering memposting barang dagangan Anda, semakin toko online di Facebook mulai dikenal orang.

Sponsor Link

Selalu Stay di Facebook

Kunci utama cara jualan di Facebook adalah fast respon atau merespon segala tanggapan calon pelanggan dengan cepat. Saat ini, kita semakin dipermudah dengan hadirnya aplikasi Facebook yang membuat Anda selalu stay ketika ada yang merespon foto Anda. Aplikasi Facebook sangat mudah didapat karena tersedia di play Store dan Anda hanya tinggal mengunduhnya. Hal yang membuat aplikasi ini menarik adalah adanya notifikasi di layar ponsel saat ada yang merespon postingan Anda.

Nah, ini fungsi penting aplikasi facebook untuk para seller online. Ketika ada yang memberi komentar barang dagangan Anda misalnya calon pelanggan bertanya mengenai pengiriman, Anda bisa dengan mudah menanggapinya. Jangan sampai calon pelanggan Anda menunggu balasan terlalu lama bahkan sampai berhari – hari, sebab bisa hilang minat untuk membeli produk yang kita jual.

Cara Anda menanggapi komentar calon pelanggan biasanya juga diperhitungkan apakah seller tersebut ramah atau jahat. Cara menanggapi sebagai penjual yang baik adalah memberikan sapaan pada calon pelanggan. Usahakan buat seramah dan bersahabat mungkin agar calon pelanggan menjadi lebih dekat dengan Anda. Contoh ucapan yang lazim disampaikan oleh para seller online shop “Hallo, sis ada yang bisa saya bantu? Jangan ragu ya menanyakan produk pada saya ☺”.

Jangan menanggapi komentar dengan cuek, karena siapapun pasti tidak akan mau jika diperlakukan dengan acuh termasuk calon pelanggan Anda.

Cantumkan Testimoni Pelanggan

Ini juga merupakan salah satu poin terpenting pemilik usaha online di Facebook yaitu testimoni pembeli. Saat ini, orang yang ingin membeli barang di suatu toko online pasti melihat review dari pelanggan sebelumnya untuk melihat kualitas dan apakah online shop yang mereka tuju terpercaya atau tidak. Biasanya review yang bagus akan lebih menarik minat mereka berbelanja, terutama calon pelanggan wanita pasti lebih jeli dalam memilih barang serta online shop.

Usahakan upload semua testimoni  pelanggan Anda, biasanya berupa screenshot percakapan di chat whatsapp atau chat BBM, resi pengiriman barang ke pelanggan, atau bisa juga dengan mengirim bukti transfer. Beri label pada tiap testimoni Anda dengan nama toko Anda sehingga tidak mudah dicomot online shop abal-abal.

Jika pelanggan Anda adalah para tetangga atau teman kerja, buat testimoni dengan memotret mereka yang membawa produk yang telah dibeli di online shop Anda. Upload semua testimoni yang ada.

Membagikan testimoni  langsung ke beranda Anda merupakan teknik soft selling yang artinya tidak langsung menjual, namun mengedukasi ke calon pelanggan bahwa mereka akan mendapatkan informasi dan produk terbaik jika berbelanja di online shop Anda. Adanya testimoni untuk membangun kepercayaan di masyarakat dunia maya terhadap online shop Anda.

Gabung Grup Marketing di Facebook

Di facebook ada begitu banyak grup bisnis marketing yang bisa Anda masuki. Di setiap grup biasanya dijelaskan tips untuk meningkatkan omzet penjualan per bulan serta cara jualan di Facebook dengan baik.

Anda juga bisa memperoleh teman yang seprofesi dengan Anda dan saling bertukar pikiran. Selain itu, di grup facebook ini bisa digunakan untuk mempelajari tingkat ketertarikan target market Anda, disini Anda bisa bertanya pada orang yang jauh berpengalaman di atas Anda.

Tawarkan Diskon Kepada Pelanggan

Diskon adalah hal yang paling disukai pelanggan terutama jika target pemasaran Anda adalah wanita. Namun, cara memberikan tawaran diskon ini dengan tenggang waktu.

Tawaran diskon dengan tenggang waktu berkala ini bisa Anda lakukan dengan memberikan potongan harga ada tiap produk hingga tanggal yang sudah Anda tentukan. Misalnya pada moment Ramadhan seperti ini, jual produk pakaian Anda (misalnya) dengan harga yang lebih rendah namun tidak membuat Anda tekor.

Lakukan promosi dengan tekik copy writing yang menarik dan yakinkan mereka bahwa mereka akan rugi jika tidak membeli produk yang Anda jual saat ini juga. Hal ini sangat penting untuk menarik antusiasme mereka akan barang Anda.

Manfaatkan Marketplace

Marketplace merupakan fitur baru di Facebook. Fitur ini bertujuan untuk menghubungkan penjual dan pembeli agar lebih aman dan nyaman bertransaksi. Fitur ini cenderung lebih rapi dan terstruktur jika dibandingkan dengan di post Facebook.

Anda bisa menjual produk pakaian Anda di Marketplace, jadi tidak hanya menawarkan melalui beranda namun bisa juga promosi dan upload produk di laman ini. Jangan lupa berikan deskripsi dan spesifikasi produk dengan lengkap dan gunakan foto real barang saat upload di marketplace.

Jangan Lupakan Grup Jual Beli Online

Nah, Anda tidak boleh melupakan grup jual beli atau grup komunitas orang searea. Karena di grup – grup inilah orang akan merespon dengan lebih cepat. Grup yang populer inilah yang bisa menjadi target Anda untuk memasarkan produk dagangan. Beberapa riset membuktikan bahwa barang yang dijual melalui grup jual beli lebih mendapat respon dari banyak orang daripada hanya mengupload produk di beranda.

Beberapa cara jualan di Facebook di atas bisa Anda jadikan pelajaran untuk berjualan di Facebook. Jadilah penjual yang jujur. Dalam berbisnis online pastikan Anda mempelajari etika berbisnis agar suatu saat tidak terjadi salah paham dan akhirnya mengecewakan salah satu pihak. Beberapa etika berbisnis adalah sebagai berikut.

Bertanggung Jawab

Sebagai seller online shop yang baik, sikap pertama yang diterapkan harus tanggung jawab. Apa yang kita ucapkan atau tulis di caption produk harus sesuai. Jika Anda memberlakukan diskon pada suatu produk, Anda juga harus konsekuen dalam potongan harga yang telah Anda terapkan sebelumnya.

Tanggung jawab juga bisa berarti mensinkronkan diri antara Anda dan pihak ekspedisi pengiriman, jika Anda menjanjikan barang diterima oleh pelanggan dengan estimasi waktu tertentu, Anda juga harus rajin mengecek ke ekspedisi. Jika barang ternyata belum diterima pelanggan, lakukan kroscek kepada pihak ekspedisi mengenai barang yang Anda kirimkan. Jangan sampai lepas tangan, karena akan mengecewakan pelanggan.

Tepat Janji

Berikan kepastian pada pelanggan, menjelaskan kepada pelanggan mengenai estimasi pemrosesan barang dari mengemas hingga mengirim barang. Hal yang harus diperhatikan penjual online shop adalah penjual yang profesional itu selalu menepati janjinya.

Jika sudah deal dengan pelanggan bahwa Anda akan mengirimkan barang 3 hari setelah pengemasan, itu juga yang harus Anda lakukan dan jangan lupa berikan resi pengiriman barang agar posisi barang mudah dilacak oleh pelanggan. Jangan memberikan janji palsu ke pelanggan lalu menghilang, itu bukan contoh penjual yang baik.

Peduli dan Menerima Kritikan dengan Lapang

Menjadi penjual yang profesional itu dengan menerima segala kritikan para pelanggan. Tanggapi kritikan mereka dengan sabar dan berikan mereka pengertian.

Tutur kata pelanggan memang kadang ada yang kurang mengenakkan didengar, jangan balas mereka dengan kata – kata kasar karena malah akan membuat image Anda dan toko online shop Anda menjadi semakin buruk.

Jujur

Salah satu kunci kesuksesan dalam berdagang adalah jujur. Terapkan kejujuran dalam diri Anda termasuk menjelaskan kualitas barang, harga, ketersediaan stok barang. Ini yang kadang membuat banyak orang yang kecewa membeli barang online adalah karena sellernya kurang jujur.

Bagaimana tidak, terkadang seller mempromosikan barang dengan ekspektasi yang tinggi, direspon pelanggan dan menjelaskan hal yang sama seperti yang dipromosikan. Ternyata saat barang sudah diterima pelanggan adalah barang dengan kualitas yang buruk. Jelaskan dalam promosi Anda bahwa harga menentukan kualitas dan jelaskan barang yang Anda jual apa adanya.

Sponsor Link

Ramah

Poin terakhir dalam etika berdagang online adalah ramah. Seller yang ramah dan friendly akan lebih disukai oleh pelanggan. Pelanggan adalah raja dan pelanggan memang hendaknya dilayani dengan sebaik – baiknya. Tutur kata seller yang ramah dan sopan ini akan memberikan kesan tersendiri di hati pelanggan.

Bahkan tidak jarang ada pelanggan yang merekomendasikan seller yang jadi langganan mereka ke teman – teman atau para koleganya. Jika Anda bisa menjadi seller yang jujur dan ramah maka peluang untuk mendapatkan pelanggan akan semakin tinggi. Juga jangan segan berteman dengan siapapun karena bisa jadi itu yang akan menjadi calon pelanggan Anda dan hindari berteman di Facebook dengan orang yang hanya mengganggu.

Nah, itu dia beberapa poin yang sangat penting dalam mengetahui cara jualan di facebook yang sangat fenomenal ini. Intinya manfaatkan jejaring sosial sebaik – baiknya, dan jangan gunakan media sosial sebagai media untuk berkeluh kesah. Selain membuat Anda semakin terpuruk juga tidak nyaman bagi orang yang membaca beranda Anda. Jangan mudah menyerah jika dagangan Anda belum laku saat ini juga, siapa tahu besok atau lupa pelanggan akan menghampiri Anda. Kuncinya adalah selalu sabar dan tetap melakukan promosi seperti yang telah dijelaskan di atas.

Namun, sangat penting untuk membuat peta pencapaian untuk strategi ke depan. Bagaimana peta tersebut akan terisi baik dengan pencapaian yang tinggi atau rendah hal ini bukan menjadi masalah. Namun yang dipentingkan adalah strategi untuk mencapai goals yang baru sehingga roda perputaran bisnis bisa tetap berjalan.

Apakah Anda memiliki masalah dalam menjalankan bisnis online? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol