fbpx

Rekomendasi 4 Model Cara Bisnis Online yang tepat

 

Saya Nakamura, mewakili PT. APPKEY.

Meskipun perusahaan kami adalah perusahaan yang berfokus pada penugasan, kami juga ingin membuat layanan bisnis online sendiri dan terus mengeksplorasi layanan bisnis online baru setiap harinya.

Tetapi, banyak yang berhenti ketika berada di tahap bagaimana cara menghasilkan uang meskipun telah memiliki rencana proyek yang menarik.

Poin dalam menghasilkan uang berbeda untuk setiap layanan, dan karena saat ini banyak muncul model bisnis terbaru, sehingga perusahaan manapun memiliki kemungkinan untuk menargetkan pemerolehan uang melalui internet.

Jika demikian, kami menyarankan untuk lebih baik mengatur dan merangkum karakteristik dan pola model bisnis yang ideal pada layanan bisnis online sebagai pengetahuan dasar.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan model bisnis utama dengan menggunakan internet sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara bisnis online.

Kami merekomendasikan kepada Anda yang berencana untuk memulai bisnis menggunakan internet tetapi tidak mengetahui bagaimana cara meningkatkan keuntungan melalui internet untuk memastikannya dengan membaca artikel berikut ini.

Pembagian Bisnis Online Dibagi Menjadi 4 Bagian.

Saat ini empat (4) tren utama model bisnis yang diselesaikan melalui internet adalah sebagai berikut.

  • Model bisnis pendapatan penjualan toko online
  • Model bisnis biaya konten/konten layanan/layanan
  • Model bisnis pendapatan iklan
  • Model bisnis layanan pencocokkan

Kami akan menjelaskan setiap model bisnis dengan menampilkan contoh perusahaan yang sesuai sebagai berikut.

Cara Bisnis Online E-Comerce

Apa itu model bisnis pendapatan penjualan toko online?

Sumber Pendapatan Harga Penjualan
Orang yang mengeluarkan uang Pembeli
Key Performance Indicator Tingkat pembelian, jumlah pembelian, harga satuan pembelian, tingkat pembelian ulang
Keuntungan Skala sistem tidak lagi diperlukan untuk meningkatkan keuntungan
Hambatan Pemeliharaan logistik, line-up produk-produk menarik
Contoh secara nyata Amazon, Shopee, ZALORA, dan situs EC pada umumnya.

 

Meskipun sepertinya ini tidak perlu dijelaskan, model bisnis pendapatan penjualan toko online adalah memperoleh penghasilan dengan menjual produk.

Dibandingkan dengan model bisnis biaya konten atau layanan, memunculkan motivasi bagi pengguna untuk membayar relatif lebih mudah dengan menjual produk yang sebenarnya.

Tergantung pada karakteristik produk yang akan ditangani, produk tersebut dapat membuat bisnis yang menguntungkan meskipun dalam skala yang relatif kecil. Tidak hanya menjual, model bisnis yang memberikan tingkat berkelanjutan seperti berlangganan juga terus meningkat.

Di sisi lain, keperluan logistik adalah hal yang paling membedakan model bisnis ini dengan model bisnis lain. Memulai bisnis manufaktur, grosir, dan eceran adalah hal mudah, tetapi dapat dikatakan bahwa untuk memulai bagian lain selain itu merupakan salah satu rintangan bagi pendatang baru.

Kemampuan untuk menentukan produk yang menarik dan menjaga keseimbangan dalam arus kas biaya juga diperlukan untuk berhasil dalam model bisnis pendapatan penjualan toko online.

Masalah model bisnis pendapatan penjualan toko online.

Model bisnis ini memiliki kesulitan yang muncul karena terdapat hal yang tidak bisa diselesaikan melalui internet, tetapi jika Anda dapat menyelesaikannya dengan memperhitungkan dengan baik hal-hal di bawah ini, model bisnis ini dapat menjadi model bisnis yang memiliki tingkat berkelanjutan yang tidak dapat dibandingkan dengan model bisnis lainnya.

Sistem distribusi seperti apa yang dilakukan dari pengadaan hingga pengiriman produk?

Bisakah Anda membuat arus kas yang masuk akal dan menghasilkan keuntungan yang cukup untuk melanjutkan bisnis?

Bisakah Anda mengumpulkan produk yang menarik?

Untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan, berapa banyak pelanggan yang perlu dikumpulkan? Dan bagaimana caranya?
 


Sponsor Link

 Cara Bisnis Online Model Bisnis Biaya Layanan

Apa itu model bisnis biaya penagihan konten/layanan?

Sumber pendapatan Biaya penggunaan
Orang yang mengeluarkan uang Pengguna
Key Performance Indicato Tingkat biaya, jumlah biaya, harga satuan biaya, tingkat penggunaan ulang, dan lain-lain
Keuntungan Mudah mendapatkan keuntungan setelah berada pada track yang tepat
Hambatan Menyedikan layanan berkualitas tinggi yang sepadan dengan biaya secara terus-menerus, menjaga jumlah pengguna ketika harga satuan rendah
Contoh nyata Dropbox, situs surat kabar, game jejaring sosial, dan lain-lain

 

Model bisnis biaya penagihan konten/layanan adalah model bisnis yang didasarkan pada biaya penggunaan layanan sebagai sumber pendapatan utama.

Ada banyak jenis model bisnis ini yang berbentuk freemium yang pada dasarnya gratis, tetapi membutuhkan biaya penggunaan opsional seperti Dropbox.

Selama jumlah pengguna dan tingkat keaktifan tidak menurun, tingkat keuntungan tidak akan berubah karena faktor eksternal, ini adalah model yang sangat stabil dibandingkan dengan model bisnis periklanan.

Di sisi lain, untuk mendapatkan bayaran, Anda harus menyediakan konten atau layanan menarik yang dapat membuat pengguna tidak ragu untuk mengeluarkan biaya. Konten atau layanan Anda harus memiliki tingkat kenyamanan yang luar biasa, keuntungan yang luar biasa, dan sangat menyenangkan untuk membuat pengguna ingin mendapatkannya walaupun harus mengeluarkan biaya. Membuat layanan yang ingin digunakan walaupun memerlukan biaya adalah rintangan yang sangat sulit di dunia internet, yang mana pengguna dapat melakukan apa saja secara gratis. Jika harga satuan biaya rendah, model bisnis ini memerlukan struktur seperti model bisnis periklanan.

Masalah model bisnis penagihan biaya konten/layanan.

Jika Anda memulai layanan model bisnis biaya konten/layanan, desain dari bagian berapa banyak nilai ekonomi yang terdapat dalam informasi dan pengalaman yang diperoleh melalui layanan Anda akan menjadi hal penting. Selain itu, Anda perlu berhati-hati memperkirakan hal-hal sebagai berikut.

Bisakah Anda memberikan konten atau mekanisme yang ingin didapatkan pengguna walaupun mereka harus mengeluarkan biaya?

Prosedur seperti apa yang diperlukan untuk memasok konten atau mekanisme secara stabil?

Apakah Anda sudah mengatur harga menjadi harga yang dapat membuat pengguna menjadi ingin membayar?

Untuk mencapai harga satuan yang diinginkan, berapa banyak pengguna yang perlu dikumpulkan? Dan bagaimana caranya?
 


Sponsor Link

Cara Bisnis Online Model Bisnis Pendapatan Iklan

Model bisnis periklanan ini adalah model bisnis yang mudah terpikirkan ketika seseorang memikirkan bisnis baru.

Selain menampilkan apa yang disebut iklan banner dan iklan teks, mengunggah konten tie-up dan menerima sponsor juga merupakan bagian dari model bisnis periklanan.

Apa itu model bisnis pendapatan iklan?

Sumber pendapatan Biaya iklan
Orang yang mengeluarkan uang Pemilik iklan
Key Performance Indicato Page View、Unique Userなど

Page View (jumlah halaman dilihat), Unique User (jumlah pengguna), dan lain-lain

Keuntungan Tingkat fleksibilitas pengiriman yang tinggi
Hambatan Mendapatkan traffic pengguna yang besar, infrastruktur untuk mengelola traffic
Contoh nyata Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain

 

Model bisnis ini unggul karena mekanisme layanan dan pendapatan yang terpisah, sehingga tingkat kebebasan ide relatif tinggi.

Di sisi lain, jika traffic pengguna tidak mencapai batas minimal, dapat dikatakan bahwa bisnis tersebut tidak berhasil.

Banyak kasus di mana PAGE VIEW yang dalam beberapa bulan hanya berjumlah sekitar beberapa ratus ribu tidak berhasil membuat bisnis terus berjalan, dan seperti di Twitter, ada juga kasus di mana pemilik bisnis tidak berhasil mendapatkan keuntungan karena biaya mengatur traffic dan pendapatan iklan tidak dapat diseimbangkan.

Sebagai dasar ekonomi, model bisnis ini kurang stabil karena tingkat keuntungan dapat menurun oleh faktor eksternal, walaupun tidak ada kerusakan atau masalah dalam layanan.

Banyak orang yang memilih model bisnis periklanan memikirkan ide terlebih dahulu, tetapi perlu diingat bahwa hambatan untuk menjadikannya sebagai bisnis cukup tinggi dari perkiraan.

Masalah model bisnis pendapatan iklan.

Untuk menggunakan model bisnis ini, Anda harus mempertimbangkan hal berikut ini secara menyeluruh.

Bagaimana cara mengumpulkan traffic dalam jumlah besar dan menempatkan track-nya?

Apakah biaya operasi infrastruktur manajemen traffic seimbang dengan pendapatan dan biaya iklan?

Berapa banyak traffic yang dibutuhkan untuk meningkatkan target penjualan Anda?

Bagaimana cara meningkatkan jumlah pengguna dan tingkat penggunaannya?

Cara Bisnis Online Melalui Layanan Pencocokkan (Matching)

Apa itu bisnis matching (pencocokkan)?

Sumber pendapatan Biaya mediasi, biaya penggunaan
Orang yang mengeluarkan uang Pengguna, pendaftar
Key Performance Indicato Tingkat kontrak yang dilakukan, jumlah kontrak yang dilakukan, harga unit per kontrak, tingkat pengguna ulang, dan lain-lain
Keuntungan Skala sistem tidak lagi diperlukan untuk meningkatkan keuntungan
Hambatan Pengetahuan khusus dan jaringan industri
Contoh nyata Situs real estate, situs lowongan pekerjaan, situs pelelangan online, dan situs yang cocok untuk industri

 

Model bisnis layanan pencocokkan adalah model bisnis yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dengan menghubungkan penyedia layanan dan pengguna yang mencari layanan tersebut.

Ada penyedia layanan atau pengguna yang membayar dalam jumlah yang tetap dan ada juga yang menerima biaya mediasi berdasarkan hasil kinerja.

Kategori bisnis dan industri model bisnis ini berkisar di bisnis properti, pemanfaatan sumber daya manusia, wedding organizer, lowongan pekerjaan, dan pelelangan.

Model bisnis ini memiliki kelebihan yaitu tergantung pada pengaturan harga, Anda bisa membuatnya menjadi menguntungkan tanpa tergantung pada struktur dan tanpa memerlukan konten atau persediaan.

Di sisi lain, Anda akan sering membutuhkan jaringan dan pengetahuan khusus tentang industri target untuk merancang layanan. Model bisnis ini cenderung memiliki penghalang utama selain internet seperti; banyak bagian yang membutuhkan waktu dan upaya untuk meningkatkan dasar-dasar bisnis, seperti pertukaran sumber daya manusia untuk penyedia layanan.

Masalah dalam model bisnis layanan matching (pencocokkan).

Tetapi di sisi lain, jika Anda dapat mempertimbangkan hal-hal berikut, dapat dikatakan bahwa ini adalah model bisnis yang dapat dengan mudah dilanjutkan dengan memanfaatkan keuntungan sebelumnya.

Apakah Anda berencana menggunakan biaya tetap? Apakah pembayaran dilakukan berdasarkan hasil yang diperoleh? Bagaimana pengaturan harga yang wajar untuk dipertimbangkan?

Bagaimana cara mengumpulkan pengguna dan penyedia layanan?

Bisakah menawarkan nilai yang bisa membuat hubungan saling menguntungkan antara pengguna dan penyedia layanan?

Berapa jumlah kontrak yang diperlukan untuk mencapai jumlah uang yang diharapkan?

 Simpulan

Faktanya, ada banyak orang yang tidak hanya menggunakan satu jenis tetapi menggunakan kombinasi dari empat jenis model bisnis yang telah dipaparkan sebelumnya ketika memulai cara bisnis online. Selain itu, setiap model bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Besarnya kerugian biasanya berupa hambatan untuk masuk dan dalam beberapa kasus, hal tersebut menjadi benteng untuk menghentikan pendatang baru.

Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, apa pun model bisnis yang Anda pilih, Anda membutuhkan banyak pekerjaan yang melelahkan dan membosankan hingga Anda mencapai keberhasilan. Ada banyak hal yang tidak akan Anda ketahui sebelum mencobanya.

Tetapi, terlepas dari asumsi-asumsi seperti itu, Anda tidak akan sia-sia memilih dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari model bisnis yang akan Anda pilih terlebih dahulu, daripada terburu-buru memutuskan model bisnis dengan mudah hanya berdasarkan keuntungan.

Apakah Anda Memiliki Masalah dalam Pembuatan Website?

Tidak banyak perusahaan produksi atau pengembang website yang kuat dalam strategi internet, tetapi kami adalah salah satu dari perusahaan yang sedikit itu. Kami adalah perusahaan pengembang website berbentuk konsultasi yang dapat mengusulkan cara menggunakan situs internet terbaik untuk bisnis klien, tidak hanya membuatnya seperti yang diinginkan oleh klien. Jika Anda memiliki masalah, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Apakah Anda memiliki masalah dalam mengelola dan mengembangkan Website? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website, kami juga memiliki kemampuan dalam mengelola website dan meningkatkan strategi SEO serta konten pemasaran sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan setiap permasalahan Anda.
Tentang Kami Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan Kontak Kami
Sponsor Link
Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry