Bisnis Online di Instagram | Cara Agar Kebanjiran Order

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol

Menjalankan bisnis online pasti tak akan lepas dari internet sebagai medianya. Diantara sekian banyak media yang ada, Instagram termasuk salah satu media sosial sekaligus aplikasi yang banyak digunakan untuk menjalankan dan berjualan berbagai macam produk secara online.

Menjalankan sebuah bisnis online di Instagram merupakan upaya dengan hasil yang sangat menyakinkan. Sebab, saat ini Instagram termasuk salah satu bagian dari media sosial yang banyak digandrungi oleh semua orang dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan remaja, mahasiswa, karyawan hingga para ibu rumah tangga sekalipun banyak yang menggunakan Instagram.

Dengan kepopuleran Instagram saat ini, apakah Anda tidak ingin memanfaatkannya untuk meningkatkan penghasilan dari bisnis online yang telah Anda lakoni selama ini?

Tak jauh berbeda dengan jenis media sosial lainnya, Instagram juga termasuk salah satu bagian untuk eksistensi diri, yakni yang bisa digunakan dengan membagi berbagai foto dan video di dalamnya.

Namun akan sangat disayangkan apabila penggunanya hanya menggunakan Instagram sebagai media untuk eksistensi diri saja (kecuali jika Anda seorang artis atau selebgram) itu adalah hal yang wajar, namun akan lebih baik lagi jika Anda memanfaatkan kehadirannya untuk menambah pundi-pundi penghasilan dengan cara berjualan online lewat Instagram.

Bisnis Online di Instagram dan Kelebihannya

Walaupun sekilas sama dengan media sosial lainnya, namun Instagram memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh media sosial yang lain. Yang mana, diantaranya meliputi.

Sponsor Link

Dapat Menyimpan Banyak Foto dan Video

Foto maupun video yang telah diunggah ke dalam Instagram tidak akan hilang, karena Instagram tidak pernah membatasi jumlah foto dan video yang diupload dan dibagikan oleh masing-masing penggunanya.

Sebab, Instagram dapat menyimpan foto dan video dalam jumlah yang sangat banyak. Dengan demikian, Anda bisa membagikan hal apapun yang berhubungan dengan produk-produk yang dijual.

Dapat Mengupload Beberapa Foto Dalam Satu Waktu

Ketika menjalankan bisnis online di Instagram, Anda tidak boleh absen untuk mengupload foto produk stok terbaru. Di dalam Instagram sudah tersedia fasilitas untuk mengupload beberapa foto dalam satu waktu.

Nah, untuk mempersingkat waktu, Anda bisa memanfaatkannya, yakni dengan membagikan foto produk yang sama namun memiliki beberapa varian warna, ukuran maupun motif dari produk tersebut.

Dapat Membuat Story

Fitur story di dalam Instagram dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk menginformasikan apabila ada promo, big sale, diskon maupun informasi stok produk baru di dalam akun Instagram jualan Anda. Dengan demikian, para pengikut atau followers Anda bisa langsung mengetahuinya lewat story yang telah Anda buat.

Memiliki Jaringan yang Luas

Foto maupun video yang akan atau yang sudah Anda bagikan di dalam akun Instagram, Anda pun masih dapat membagikannya ke dalam media sosial yang lain, seperti Facebook atau Twitter.

Nah, bagi Anda yang berjualan online di beberapa media sosial sekalipun, seperti di dalam Instagram dan juga Facebook, maka kelebihan yang satu ini akan lebih memudahkan pekerjaan Anda, karena Anda bisa mengupload foto berisi caption dan juga penggunaan hashtag yang menarik untuk dibagikan ke dalam beberapa media sosial sekaligus.

Jumlah Followers Tak Terbatas

Facebook yang memiliki banyak sekali pengguna memiliki kekurangan dalam hal kapasitas teman, yaitu cuma mencapai 5000 pertemanan. Namun untuk jumlah followers di Instagram tak terbatas, karena akun Anda bisa diikuti oleh jutaan orang dan akun Anda pun juga dapat melakukan hal sebaliknya. Semakin banyak jumlah followers yang berhasil Anda dapatkan, maka semakin banyak pula pelanggan yang Anda miliki.

Dianggap Lebih Kekinian

Saat ini, kehadiran dari Instagram dianggap sebagai media sosial yang kekinian. Sebab, setiap hari jumlah penggunanya selalu meningkat setiap harinya. Dengan semakin bertambah banyak pengguna Instagram, hal ini dapat dijadikan peluang besar dalam mengembangkan bisnis yang Anda jalani saat ini.

Menjalankan bisnis online di Instagram memang gampang-gampang susah, karena Anda memang harus mampu bersaing dengan toko-toko online lainnya. Ketika menerapkan bisnis online dengan memanfaatkan media sosial Instagram, akan lebih baik jika Anda tidak mudah berkecil hati, ketika melihat toko online lain lain yang sudah memiliki jutaan followers. Sebab, masih ada banyak kemungkinan yang terjadi, diantaranya seperti:

  • Bisa saja toko online tersebut membeli Followers aktif
  • Bisa saja toko online tersebut sudah berdiri sejak lama
  • Bisa saja toko online tersebut hanya menjual barang murah namun tidak berkualitas
  • Dan segala kemungkinan lainnya.

Intinya adalah, jangan mudah berkecil hati apalagi sampai patah semangat. Sebagai akun toko online yang baru saja dibuat, sangatlah wajar apabila Anda belum memiliki banyak followers. Jika semangat berjualan sudah terbangun sejak dini, maka tak akan sulit untuk menerapkan cara menjalankan bisnis di Instagram agar kebanjiran orderan.

Bisnis Online di Instagram dan Cara Rahasia Agar Kebanjiran Orderan

Bisnis online di instagram ternyata memiliki cara tersendiri agar produk mudah terjual. Berikut ini rahasianya:

Jangan ‘Gembok’ Akun Instagram Anda

Dikarenakan bisnis online di Instagram Anda jalankan dengan tujuan agar mendapatkan banyak orderan, sebaiknya jangan menggembok akun Anda. Biarkanlah mereka yang juga bukan termasuk followers Anda dapat memberikan penilaian, bahwa toko online yang Anda miliki merupakan tempat yang terpercaya, amanah, dapat diandalkan, bukan akun fake maupun tukang tipu.

Sebab, sebelum menjadi followers sekaligus pelanggan Anda, biasanya orang-orang akan mencari tahu kualitas produk yang Anda jual dan keaslian dari toko online Anda lewat testimoni-testimoni dari para pelanggan sebelumnya. Yang mana, itu semua dapat mereka lihat langsung di dalam akun Instagram toko online Anda.

Gunakanlah Akun Bisnis

Agar toko online Anda terlihat lebih profesional, maka gunakanlah akun bisnis, jangan gunakan akun pribadi. Untuk mengubah akun pribadi menjadi sebuah akun bisnis tidaklah sulit, karena Anda harus masuk ke menu pengaturan / setting untuk mengubahnya secara otomatis. Tampilan dari akun Instagram pribadi menjadi akun bisnis tidak banyak mengalami perubahan, sehingga Anda tetap bisa mengoperasikannya dengan baik.

Gunakan Bio Semenarik Mungkin

Hal pertama yang akan dilihat oleh setiap orang ketika membuka akun bisnis online di Instagram Anda adalah keterangan Bio. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menggunakan bio yang menarik perhatian pelanggan namun tetap berguna bagi mereka, seperti menuliskan bio berupa jenis produk, brand hingga alamat toko online Anda. Kemudian jelaskan pula secara singkat mengenai keunggulan dari produk yang Anda jual ke dalam bio profil akun bisnis Instagram Anda.

Cari Followers Sesuai Segmentasi Pasar

Jangan langsung bermimpi akun Instagram Anda akan memiliki banyak Followers secara otomatis. Sebab, Anda perlu memperkenalkan produk dan brand yang Anda miliki kepada publik, yakni dengan memfollow atau mengikuti akun-akun yang sekiranya sesuai dengan segmentasi pasar Anda. Maksudnya adalah, Anda harus mengikuti orang-orang yang sekiranya akan membeli produk Anda.

Semisal, jika Anda menjual kebutuhan fashion wanita dan kecantikan, maka Anda harus mengikuti pengguna Instagram yang merupakan remaja putri, karyawati hingga ibu-ibu rumah tangga. Sebaiknya hindari untuk membeli Followers, karena jumlah followers yang didapatkan secara instan belum tentu dapat meningkatkan penghasilan Anda.

Lakukan Komunikasi dengan Orang-Orang yang Anda Ikuti

Ingat bahwa tujuan Anda mengikuti akun-akun Instagram orang lain merupakan ajang perkenalan agar calon konsumen mengetahui keberadaan Anda. Tingkatkan hal itu dengan sering berkomunikasi dengan orang-orang yang Anda ikuti, cara paling sederhana adalah dengan rajin memberikan like maupun komentar.

Dengan melakukan komunikasi-komunikasi tersebut secara intens, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan follback. Namun jika tidak, setidaknya Anda tidak akan merasa sungkan untuk meminta mereka mem-follow akun Anda.

Lakukan Unfollow

Untuk mengurangi jumlah following Anda, maka lakukanlah unfollow di beberapa akun yang memang tidak menunjukkan itikad baik atau pasif terhadap akun Anda, seperti tidak memberikan like, tidak pernah membalas komentar, tidak pernah memberikan komentar bahkan tidak pernah memberikan follback walaupun sudah terjalin komunikasi dengan baik.

Apabila sudah memiliki cukup banyak followers, maka dengan mempunyai following dalam jumlah yang lebih sedikit dapat membuat akun Anda terlihat jauh lebih profesional dari sebelumnya.

Hindari Spam dan Berkomentar Sembarangan

Sebagai akun bisnis online di Instagram, tentu saja Anda harus menjaga nama baik dari toko Anda. Untuk itu, hindari melakukan spam dengan berpromosi dalam komentar postingan orang lain, karena akan sangat mengganggu.

Selain itu, jangan berkomentar sembarangan, karena bisa saja apa yang Anda tuliskan dapat menyakiti perasaan banyak pihak.

Sponsor Link

Upload Foto Produk Semenarik Mungkin

Sebaiknya, hindari kebiasaan untuk mengupload foto dari hasil asal jepret. Coba lihat dan contohlah gambar-gambar yang telah diupload oleh akun profesional. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda selalu mengupload foto berkualitas tinggi.

Selain itu, Anda juga harus memberikan warna yang senada dengan karakter brand yang Anda jual. Hal ini bisa dilakukan dengan cara selalu menggunakan filter dan proses pengeditan yang sama untuk setiap produk dari brand serupa.

Tuliskan Caption yang Menarik

Setelah hasil foto telah dibuat semenarik mungkin, maka sempurnakanlah dengan menggunakan caption yang menarik. Sebaiknya jangan hanya sampaikan caption yang berisi mengenai keterangan dari produk yang Anda jual saja. Sebab, Anda juga perlu untuk menuliskan caption yang singkat namun tetap menarik.

Contoh seperti: Misalnya, Anda menjual produk minuman kesehatan yang menyegarkan, maka Anda bisa mengupload foto sekumpulan anak muda yang lelah berolahraga dengan caption, “Lelah beraktivitas hari ini? Tingkatkan kembali upgrade semangat dan kesehatanmu dengan minuman ini”.

Gunakan Hashtag yang Relevan

Menambahkan hashtag atau tanda pagar (“#”) dalam setiap postingan akun bisnis online di Instagram Anda memang sangat diperlukan. Sebab, keberadaan hastag juga dapat dijadikan sebagai promosi, karena dengan adanya hastag para audiens dapat lebih mudah untuk menemukan postingan Anda.

Namun, hindari pemakaian hashtag yang berlebihan, cukup menggunakan 3 sampai 5 hastag saja dalam setiap postingan. Pilih hashtag yang populer dan sesuai dengan konten postingan Anda. Jika diharuskan untuk menggunakan lebih banyak hashtag, maka Anda bisa menuliskannya di dalam kolom komentar.

Posting Secara Berkala

Ketika banyak orang sudah merasa tertarik dengan produk-produk yang telah Anda posting, maka jangan lupa untuk posting secara berkala atau terjadwal. Dengan demikian, toko online yang Anda jalankan tetap akan diingat dan memiliki kesan tersendiri bagi para pelanggan, sehingga tidak memungkinkan bahwa banyak dari mereka yang akan menunggu produk-produk terbaru dari toko Anda.

Manfaatkanlah Fitur Promotion

Kembali ke pembahasan sebelumnya. Pada saat akun Instagram Anda sudah beralih menjadi akun bisnis, maka ada fitur promotion yang dapat Anda manfaatkan dengan baik. Caranya cukup mudah, yakni tinggal mempromosikan akun Anda dengan menggunakan fitur promotion.

Alhasil, postingan Anda yang menggunakan fitur promotion akan muncul home yang dapat dilihat oleh para audiens yang telah Anda tentukan. Bukan hanya itu saja, dengan fitur ini Anda juga bisa menentukan berapa lama waktu Anda dalam melakukan promosi.

Sesekali Berikan Diskon Maupun Promo

Dua hal yang paling ditunggu oleh para pelanggan tentu saja diskon (potongan harga) maupun promo. Untuk menambah jumlah pelanggan, Anda bisa menerapkan diskon hingga promosi sebulan sekali. Jika hendak mengadakan promo, maka lakukanlah dengan hal yang unik. Contohnya seperti: calon pembeli harus melakukan repost gambar produk yang hendak dibeli ke dalam akun Instagram mereka.

Kemudian harus tag akun Instagram toko online Anda dan beberapa akun lain untuk mendapatkan promosi buy one get one (selama stok masih ada). Tujuannya adalah, bisnis online di Instagram Anda akan semakin dikenal oleh publik, karena calon pembeli yang ingin mendapatkan promosi tersebut harus melakukan repost dan tag akun beberapa followingnya (orang yang diikuti).

Endorse Artis Atau Selebgram

Kalau perlu, Anda memang harus endorse beberapa artis maupun selebgram. Sebab cara ini terbukti akurat untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Namun, Anda harus pilih artis atau selebgram yang bukan hanya memiliki banyak followers, melainkan juga yang memiliki reputasi baik, karena nantinya hal tersebut juga berhubungan dengan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online di Instagram Anda.

Sponsor Link

Memasang Iklan

Instagram juga menyediakan layanan iklan, namun caranya memang sedikit rumit, terlebih lagi Anda juga memerlukan biaya yang besar untuk itu. Namun hal tersebut tidak akan sia-sia, karena setiap hari akan ada banyak orang yang melihat iklan Anda di Instagram, sehingga banyak dari mereka yang mengetahui produk yang Anda jual.

Jika bisnis Anda dalam kategori pemula atau baru saja dirintis, maka tidak perlu untuk endorse ataupun memasang iklan, karena biaya yang diperlukan juga terbilang besar. Cukuplah dengan cara meningkatkan penghasilan dengan mengoptimalkan penggunaan Instagram seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sebab, cara-cara tersebut bukan hanya dapat menjadikan bisnis online di Instagram Anda dikenal banyak orang, karena jumlah followers dan pelanggan pun akan meningkat. Namun, setiap tata cara tersebut harus dilakukan secara konsisten. Bahkan, akan lebih baik jika Anda sudah menguasai ilmu marketing dengan baik, sehingga setiap strategi penjualan dapat berjalan lancar dan Anda pun akan mendapatkan hasil sesuai harapan.

Apakah cara yang sama bisa diterapkan di media sosial lainnya? Tentu saja bisa, karena intinya untuk mendapatkan banyak orderan, Anda hanya perlu memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media sosial yang Anda gunakan untuk berjualan online.

Apabila sudah berhasil untuk mendapatkan banyak orderan, sekaligus dapat meningkatkan jumlah pelanggan, maka Anda harus membangun kepercayaan mereka dan jangan sampai mengecewakannya.

Apakah Anda khawatir terhadap perencanaan bisnis online Anda? | PT APPKEY
Tidak hanya mengembangkan sistem website dan aplikasi, kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Tentang Kami
Pengenalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Sponsor Link

Jika Anda menyukai artikel ini
Acungkan jempol