Pengertian Pemasaran, Dasar-Dasar Pemasaran Internet dan 3 Langkah yang Perlu Dilakukan

Pemasaran umumnya dilakukan untuk meningkatkan penjualan dari sebuah usaha. Pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui internet. Berikut dijelaskan tentang pengertian pemasaran dan dasar-dasar pemasaran internet.

Pengertian pemasaran atau marketing dapat dikatakan mudah, namun sulit untuk dijelaskan. Pertama-tama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian pemasaran. Peter Ferdinand Drucker, salah satu pakar bisnis yang paling terkenal memberikan penjelasan mengenai pengertian pemasaran sebagai berikut.

“ Tujuan ideal dari pemasaran adalah untuk meniadakan kegiatan penjualan. Pemasaran dilakukan untuk memahami pelanggan, menyesuaikan pelayanan dan produk dengan pelanggan agar dapat terjual dengan sendirinya ”.

Kesimpulannya, tujuan ideal dari pemasaran yang diutarakan oleh Drucker adalah meningkatkan jumlah penjualan tanpa melakukan promosi penjualan. Di era seperti sekarang, pemberitahuan tentang informasi yang tepat kepada calon pelanggan dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya dengan memanfaatkan internet. Pemasaran melalui internet dapat mengurangi permasalahan yang dihadapi saat menggunakan metode penjualan tradisional. Pada artikel ini, akan dijelaskan dasar-dasar pemasaran internet yang perlu diketahui.

Dasar-Dasar Pemasaran atau Marketing

‘Memahami kebutuhan pelanggan’, merupakan dasar dari pemasaran dan juga merupakan hal terpenting dalam pemasaran melalui internet. Oleh karena itu, Anda perlu memahami teori dasar dari pemasaran atau marketing. Penjelasan dalam artikel ini akan berfokus pada pengertian 4P dan 4C yang merupakan kerangka kerja pemasaran yang sangat serbaguna.

Sebelum memasuki penjelasan tentang 4P dan 4C, pertama-tama akan dijelaskan tentang STP (Segmentation Targeting Point) yang merupakan salah satu kerangka kerja pemasaran. STP sangat penting untuk melaksanakan kerangka kerja pemasaran yang menggunakan 4P dan 4C.

Pengertian STP

STP merupakan singkatan dari tiga urutan kata, antara lain ‘Segmentation (pembagian)’, ‘Targeting (mengarahkan)’, ‘Positioning (memposisikan)’.

‘Segmentation’ adalah tahap pembagian kebutuhan pasar menjadi beberapa kelompok. Tahap menentukan kelompok dan kebutuhan seperti apa yang akan diincar disebut dengan ‘Targeting’. Sedangkan, ‘Positioning’ adalah tahap menentukan bagaimana posisi dari harga yang ditawarkan perusahaan Anda dalam pasar saat dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya.

Selanjutnya, penjelasan tentang 4P dan 4C, tetapi sebelumnya perlu dipahami bahwa menentukan target dalam STP adalah hal yang paling mendasar dari rencana pemasaran yang perlu dilakukan saat Anda menggunakan sistem framework (kerangka kerja).

Pengertian 4P

4P adalah singkatan dari empat komponen kata yang terdiri dari ‘Product (produk)’, ‘Price (harga)’, ‘Place (penyaluran)’, dan ‘Promotion (promosi penjualan)’. Kerangka kerja ini diimplementasikan untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan dari produk atau layanan perusahaan Anda dalam pasar dengan melakukan pengelompokkan pasar dan menentukan produk atau layanan perusahaan Anda berdasarkan empat poin tersebut. Metode ini disebut dengan pemasaran campur atau Marketing Mix yang dikemukakan oleh Jerome McCarthy dari Amerika pada tahun 1960.

Pengertian 4P

Pengertian 4C

30 tahun setelah istilah 4P dikemukakan, Robert Lauterborn kemudian mengemukakan istilah 4C. Walaupun 4C memiliki hubungan erat dengan 4P, dapat dikatakan bahwa 4C merupakan kerangka kerja yang dilakukan dengan mendalami sudut pandang pelanggan, berbeda dengan 4P yang dilakukan berdasarkan pengeluaran produk dari sudut pAndang penjual.

Pengertian 4C

Hubungan Antara 4P dan 4C

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, 4C adalah kerangka kerja yang dilakukan dengan lebih menganalisis dari sudut pAndang pelanggan untuk mendukung komponen-komponen 4P. Anda perlu menggunakan kedua kerangka kerja tersebut dengan efektif, tidak membandingkan mana yang terkesan jadul atau mana yang benar. Tetapi, dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing kerangka kerja, Anda dapat membaca lebih detail tentang 4P, 4C, dan STP melalui link di bawah ini.

Tiga Karakteristik Pemasaran Internet

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian pemasaran dan dasar-dasar analisis pemasaran atau marketing, berikutnya akan dijelaskan mengenai karakteristik pemasaran internet. Apakah Anda mengetahui perbedaan dari pemasaran tradisional dan pemasaran internet? Berikut penjelasannya yang terbagi ke dalam tiga poin.

1. Kecepatan

Pemasaran internet memerlukan lead time (waktu tunggu) yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan periklanan massal yang digunakan dalam pemasaran tradisional. Selain itu, berbeda dengan periklanan melalui video atau gambar seperti iklan televisi atau media cetak, Anda dapat melakukan proses uji coba dengan mudah karena internet mudah untuk diubah dan ter-update. Seluruh proses dapat terasa cepat karena karakteristik unik yang dimiliki internet.

2. Personalisasi / Segmentasi

Pemasaran internet dapat melakukan pengembangan iklan berdasarkan data atribut pelanggan (golongan/data pribadi). Berbeda dengan pemasaran massal seperti iklan televisi atau iklan majalah yang memiliki keterbatasan dalam membagi karakteristik target iklan, internet dapat membagi langkah-langkah yang perlu dilakukan dengan menentukan target iklan secara detail dan mengubah isi iklan sesuai dengan data atribut target.

3. Kuantitativitas

Sebagian besar hasil dari langkah-langkah pemasaran internet yang telah dilakukan dapat diketahui dalam bentuk data kuantitatif. Dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya, Anda dapat mengetahui data kuantitatif secara detail seperti jumlah tayangan dan klik pada iklan internet, jumlah akses ke situs internet, jumlah penjualan melalui jaringan iklan, dan jumlah pendaftar yang masuk untuk berlangganan.

Tiga Langkah dalam Pemasaran Internet

Bagaimanakah cara untuk meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan situs internet yang Anda miliki? Berikut akan dijelaskan tiga tahap pokok yang perlu dilakukan dalam pemasaran internet.

Tahap 1: Pre-Access Untuk Menarik Pelanggan

Tahap yang paling pertama adalah pra-akses, yaitu tahap persiapan agar pengguna internet mengakses situs internet Anda. Tahap ini dilakukan untuk meningkatkan arus calon pelanggan yang mengakses situs internet Anda. Anda perlu memperhatikan bahwa menarik pelanggan dalam pemasaran internet adalah dengan meningkatkan jumlah akses calon pelanggan bukan dengan asal meningkatkan jumlah akses pada situs internet Anda.

Langkah utama yang perlu dilakukan adalah membuat situs internet yang memiliki konten yang menarik dan berkualitas. Pada saat yang sama, Anda perlu mengambil langkah-langkah untuk membuat situs internet Anda dikenal luas dengan memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization: pengoptimalan mesin telusur), iklan listing, iklan tampilan, iklan jaringan, iklan afiliasi, iklan media sosial, dan lain-lain.

Distribusi siaran pers juga efektif. Anda dapat menargetkan lebih banyak eksposur dan penyebaran informasi dengan menggunakan layanan distribusi siaran pers, tidak hanya dari situs internet Anda sendiri.

Tahap 2: On-Access Untuk Melayani Pelanggan

Tahap ini adalah proses untuk melayani pengguna internet yang mengunjungi situs internet Anda. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan akses kunjungan biasa dengan pertanyaan, pendaftaran, dan penjualan.

Pada tahap ini diperlukan agar pengunjung merasa nyaman saat berkunjung dan mencegah pengunjung keluar dari situs internet Anda. Untuk itu perlu dilakukan LPO (Landing Page Optimization: optimasi halaman arahan), EFO (Entry Form Optimization: optimasi formulir masuk), optimasi ponsel pintar (smartphone) dengan membuat desain yang responsif, dan lain-lain. Dari sisi sistem, penyempurnaan metode pembayaran juga efektif. Contohnya pada situs EC (E-Commerce), ada kemungkinan calon pelanggan keluar dari situs sebelum membeli karena metode pembayaran hanya dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.

Selain itu, tidak perlu dikatakan lagi bahwa hal-hal seperti kualitas konten dan kemudahan UI (User Interface) adalah hal yang penting. Penerbitan informasi yang dicari oleh pengguna internet, kemudahan dalam mencari informasi tersebut, membuat informasi yang mudah dibaca, dan kemudahan saat ingin berpindah menuju halaman informasi terkait merupakan hal-hal yang sangat penting.

Tahap 3: Post-Access Untuk Mendorong Kunjungan Kembali

Ini adalah tahap untuk mendorong agar pengguna internet yang pernah mengakses situs internet Anda berkunjung kembali. Anda perlu melakukan langkah agar hubungan dengan pengguna internet yang p

ernah berkunjung tidak menjadi sia-sia dan dapat terus berkunjung kembali ke situs Anda.
Majalah email (E-Zine) yang dikirim ke daftar pelanggan dan pemasaran email yang mendekati pelanggan secara langsung melalui email dapat dipastikan efektif. Anda perlu menarik kembali minat pengguna internet agar menjadi kemungkinan pengguna tersebut melakukan akses kembali. Selain itu, iklan target ulang yang dilakukan dengan menampilkan kembali iklan perusahaan Anda kepada pelanggan yang pernah berkunjung juga efektif.

Untuk melakukan langkah-langkah ini secara efisien, anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Otomasi Pemasaran (MA). Otomasi Pemasaran adalah sistem yang menyusun dan mengoptimalkan serangkaian arus pemasaran internet kepada pengguna yang mengunjungi situs internet Anda. Contohnya, dengan membuat daftar calon pelanggan dari pengguna internet yang pernah berkunjung dan melakukan pemasaran email atau mengirim majalah email, Anda dapat menyaringnya menjadi calon pelanggan tetap yang memiliki hubungan erat dengan situs internet Anda.

Seperti yang dijelaskan pada tahap 1, tujuan sebenarnya dari menarik pelanggan pada pemasaran internet bukanlah hanya sebatas meningkatkan jumlah akses. Penting untuk mengumpulkan akses dari calon pelanggan dan sangat penting untuk menindaklanjuti pengguna yang pernah berkunjung dengan teliti.

Untuk Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Kebutuhan Pelanggan

Hal yang penting dalam pemasaran internet tidak hanya mengetahui data pelanggan. Tetapi juga memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan aliran atau mekanisme untuk menarik pelanggan. Jika Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan dengan benar, Anda dapat mendekati calon pelanggan dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Namun, di sisi lain, ada banyak kasus dimana sebuah perusahaan tidak dapat melakukan pemasaran internet dengan baik hanya dengan pemasaran secara internal yang dilakukan oleh perusahaan tersebut karena untuk menganalisis data iklan atau akses dan mengukur tingkat keefektifan diperlukan keahlian khusus. Dalam kasus seperti itu, penggunaan alat otomatisasi pemasaran akan menjadi bantuan yang kuat dalam kegiatan pemasaran di internet. Selain analisis data yang akurat, Anda juga dapat melakukan pemasaran email sesuai dengan karakteristik pelanggan dan mengukur efektivitasnya secara efisien.

Pada artikel kali ini, kami telah menjelaskan secara luas tentang pengetahuan dasar pemasaran, dari pre-access sampai on-access dalam pemasaran internet dan penggunaan otomatisasi pemasaran pada post-access. Terapkan strategi pemasaran internet, perdalam pemahaman tentang pemasaran internet, dengan tujuan untuk mencapai tingkat efisiensi yang tinggi, pertimbangkanlah penggunaan otomatisasi pemasaran.

Tell Us What You Think
0Like0Love0Haha0Wow0Sad0Angry

0 Comments

Leave a comment