Media Bisnis Online | by APPKEY

News Domestik Resep Digital untuk UMKM di Tengah COVID-19

Resep Digital untuk UMKM di Tengah COVID-19

-

Di tengah pandemi ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia sangat rentan terkena dampak ekonomi dari virus ini, karena transportasi, gangguan rantaian pasokan, permintaan serta pembatasan pergerakan orang. Guna membantu mereka bertahan hidup di tengan pandemi seperti ini, pemerintah Indonesia telah mengumumkan paket stimulus ekonomi utama untuk UMKM.

Menurut Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dana sebesar Rp735 triliun telah dialokasikan untuk kebangkitan UMKM. “Kami optimis bahwa jika Rp735 triliun disalurkan untuk anggaran UMKM (kebangkitan), ekonomi dapat diaktifkan kembali,” ujar menteri.

Dengan adanya anggaran pemerintah, lembaga, dan badan usaha milik negara untuk UMKM artinya nanti diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian nasional. “Kami harus mempertahankan (UMKM) karena pasar kami agak signifikan dengan 250 juta orang (dilayani oleh bisnis semacam itu). Jika ada komitmen di antara orang-orang untuk membeli dari UMKM, itu akan meningkatkan permintaan (produk yang dibuat) oleh UMKM,” ujarnya.

Selain anggaran, Kementerian juga telah memberikan relaksasi pada pinjaman UMKM melalui penundaan angsuran, subsidi kredit, pengampunan pajak, dan ketentuan untuk modal baru yang lebih terjangkau bagi UMKM guna memastikan produktivitas mereka tetap terjaga.

Digitalisasi UMKM

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UMKM tengah mempersiapkan katalog digital dan halaman khusus untuk UMKM dengan bantuan Lembaga Pemerintah untuk Penyediaan Barang dan Jasa (LKPP).

Pada paruh pertama tahun 2019, Indonesia memiliki 64,1 juta bisnis UMKM artinya dari jumlah keseluruhan, 63,3 juta, atau 98,6 persen terdiri dari usaha mikro. Dari total UMKM hanya sekitar 13 persen, atau 8,3 juta telah memanfaatkan digitalisasi untuk menjalankan bisnis mereka.

Sementara itu, terdapat sekitar 60,66 juta UMKM yang telah terhubung dengan pendanaan, dan lembaga perbankan. Kebijakan mendukung UMKM dinilai sebagai langkah yang strategis karena sektor ini menyumbang sekitar 57 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Selain itu, Pusat Investasi Pemerintah dari Kementerian Keuangan telah meluncurkan skema pembiayaan mikro ultra (UMi) senilai Rp400 miliar untuk turut membantu mempertahankan UMKM di tengan pandemi ini. Skema ini akan dilakukan dengan bekerja sama dengan PT Pegadaian, yang nantinya akan memperluas fasilitas UMi ke bisnis mikro.

“Dari Rp400 miliar, Rp100 miliar akan dalam pembiayaan Syariah, yang merupakan penyerahan pertama dari Pusat Investasi Pemerintah ke Pegadaian. Saya sangat menghargai kerja sama Pegadaian dalam program ini,” kata Ririn Kadariyah, direktur pelaksana Pusat Investasi Pemerintah, Kementerian Keuangan.

Per 24 Juni tahun ini, Pegadaian telah menyediakan Rp618,36 miliar di UMi kepada lebih dari 93.604 debitur. Melalui pendanaan sebesar Rp400 miliar pada tahap pertama, pada bulan-bulan yang tersisa pada tahun 2020, perusahaan diharapkan dapat mengejar target distribusi Rp1,2 triliun pada akhir tahun, Kuswiyoto, presiden direktur PT Pegadaian, mengatakan.

Sementara itu, Covid-19 telah memicu digitalisasi di berbagai sektor, termasuk UMKM artinya, ini suatu kemajuan yang bagus. Ditambah lagi dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), infrastruktur dan layanan digital telah berkembang menjadi hal baru yang diandalkan untuk berbagai kegiatan produktif, termasuk bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan penjualan online.

Dengan adanya transformasi digital, ini dapat membantu mendorong perkembangan UMKM di Indonesia, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. Tranfromasi digital tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga mempromosikan inklusivitas.

Oleh karena itu, pemerintah telah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang kondusif guna mendukung UMKM menjalankan bisnis mereka secara online. Pemerintah juga telah mendorong transaksi perdagangan berbasis elektronik, atau e-commerce, sebagai bentuk untuk mewujudkan kesetaraan ekonomi.

Tidak semua orang mampu beradaptasi langsung dengan sistem digital seperti ini, bahkan ada yang belum mengakses atau memanfaatkan layanan digital. Pemerintah berencana mendorong mereka untuk lebih mengurangi biaya agar mencapai digitalisasi. Smartphone juga diharapkan menjadi lebih terjangkau sehingga nantinya akan lebih banyak orang yang menggunakannya.

Berita ini dilansir dari situs ANTARA News.
[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Belakangan ini kita sering mendengar perusahaan-perusahaan gadget yang menawarkan aneka produk nirkabel untuk lebih memudahkan aneka pekerjaan masyarakat. Biasanya, kita...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya