Media Bisnis Online | by APPKEY

News Bisnis Bagaimana Transformasi Digital Menciptakan Kembali Strategi Pemasaran dan PR?

Bagaimana Transformasi Digital Menciptakan Kembali Strategi Pemasaran dan PR?

-

Transformasi digital telah menunjukkan kepada kita bahwa melanjutkan bisnis seperti biasa tidak akan berhasil lagi dan hal yang sama berlaku untuk pemasaran serta hubungan masyarakat. Teknologi seluler, cloud computing, dan media sosial telah secara dramatis mengubah model bisnis, ekspektasi konsumen, saluran komunikasi, dan akibatnya apa yang diperlukan untuk sukses dalam PR dan pemasaran saat ini.

Bagaimana transformasi digital menciptakan kembali PR dan strategi pemasaran? Taktik apa yang diperlukan untuk memastikan bahwa realitas baru bisnis digital selaras dengan komunikasi perusahaan?

Sosial, Seluler, dan Cloud

Media sosial membantu perusahaan dapat menjangkau, terhubung, dan belajar dari pelanggan dan masyarakat umum. Faktanya, ini adalah salah satu cara terbaik untuk membantu pemasar berbagi konten mereka dan mengarahkan lalu lintas web hari ini.

Dengan mayoritas pengguna mengakses media sosial dari aplikasi seluler dan lebih dari setengah pengunjung ke sebagian besar situs 62% dan akan terus bertambah berasal dari perangkat seluler, organisasi harus mengoptimalkan aliran konten dengan mudah antara desktop dan perangkat seluler untuk melibatkan pemirsa secara efektif.

Strategi pengoptimalan meliputi:

  • Buatlah konten lebih pendek, perangkat seluler memiliki layer yang lebih kecil. Konten yang panjang dan paragraf yang tebal mungkin membuatnya menjauh.
  • Keterbacaan dan kompatibilitas, hampir semua jenis konten yang Anda kembangkan dapat dilihat di perangkat seluler. Menciptakan pengalaman pengguna yang kuat memerlukan semua konten siap untuk perangkat seluler, ini termasuk menyesuaikan halaman agar pas di layar yang lebih kecil dan ukuran font yang cukup besar untuk dibaca di perangkat kecil. Sejalan dengan itu, hanya gambar dan video yang kompatibel dengan perangkat seluler yang akan muncul di situs Anda.

Cloud computing telah menyamakan kedudukan antara perusahaan kecil dan besar dengan menyediakan opsi infrastruktur yang terjangkau dan peluang baru untuk transformasi bisnis. Teknologi ini memungkinkan perusahaan dari semua ukuran untuk mengintegrasikan dan menganalisis data mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik di setiap departemen, termasuk pemasaran.

Selain itu, cloud memberi perusahaan aksesibilitas yang lebih besar ke perangkat lunak pemasaran, membantu mereka menyederhanakan aktivitas dan mengakses wawasan berharga.

Upaya Terintegrasi antara PR, Pemasaran dan Kelompok Lain

Sama seperti transformasi digital yang telah memecah silo antara bisnis dan TI, hal yang sama juga berlaku untuk PR dan pemasaran. Para profesional komunikasi membuat dan memelihara hubungan atas nama klien mereka.

Namun, transformasi digital memungkinkan mereka melangkah lebih jauh dari sebelumnya. Mereka dapat memanfaatkan kumpulan data yang sangat besar, serta teknologi dan media baru, untuk membuat strategi baru untuk keterlibatan lintas saluran.

Pada saat yang sama, para pemimpin bisnis melihat apa yang mungkin dan meminta inisiatif pemasaran yang lebih kompleks yang membutuhkan keahlian khusus, termasuk media sosial terintegrasi, riset pasar, dan program rujukan pelanggan.

Dengan meningkatkan berbagi data dan analisisnya di seluruh PR, pemasaran, dan departemen terkait lainnya, kampanye dapat menjadi lebih kolaboratif, mendorong hasil yang lebih baik, dan mengurangi upaya ganda. Merek akan meraih kesuksesan dengan mengintegrasikan upaya di seluruh PR dan pemasaran untuk menggunakan media yang diperoleh, dimiliki, dan dibayar untuk mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

Berdasarkan Data, Pergeseran dari Metrik Vanity ke Metrik yang Dapat Ditindaklanjuti

Metrik vanity adalah metrik yang terlihat bagus di atas kertas tetapi sebenarnya tidak terlalu berarti bagi bisnis. Ini termasuk jumlah pelanggan, tampilan halaman, pengikut media sosial dan analitik lainnya.

Di sisi lain, metrik yang dapat ditindaklanjuti memberdayakan profesional pemasaran untuk mengambil tindakan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis. Ini termasuk rasio klik-tayang, halaman per sesi, keterlibatan, pangsa suara dan sentimen yang kompetitif. Metrik ini memungkinkan Anda untuk menautkan aktivitas tertentu ke konversi yang tidak mungkin dilakukan dengan metrik vanity.

Multimedia Konten Omni Channel

Seiring perkembangan teknologi, jumlah saluran komunikasi telah berkembang, ada iklan online dan offline, pemasaran mesin pencari, pengoptimalan mesin pencari, media sosial, situs konten, pemasaran influencer, pemasaran aplikasi seluler, dan situs web Anda sendiri. Saluran tradisional juga tetap ada: PR, tanggapan langsung, acara online dan offline, dan banyak lagi.

Dalam lanskap baru ini, perjalanan pembeli menjadi lebih rumit, tetapi juga menghadirkan peluang baru untuk mendorong keterlibatan dan penarikan kembali merek. Sementara strategi multisaluran / omni channel bergantung pada merilis konten dan memeriksa pengalaman konsumen di berbagai saluran, omni channel berarti memperluas aktivitas tersebut di semua saluran.

Strategi omni channel melibatkan pemahaman jenis konten mana yang akan beresonansi di saluran mana dan dengan pemirsa mana. Jadi, satu konten bentuk panjang, seperti kertas putih, dapat dibayangkan kembali sebagai infografis, artikel, posting blog, dan posting sosial.

Didorong oleh SEO

Pengoptimalan mesin telusur (SEO) harus menjadi bagian dari strategi Anda untuk mengarahkan pelanggan ke bisnis Anda. Google Analytics terus mengubah algoritma peringkatnya seiring dengan perubahan perilaku online pencari, menjadikan SEO sebagai rangkaian praktik yang selalu berkembang. Itulah mengapa Anda perlu terus meninjau dan mengoptimalkan konten Anda sesuai dengan praktik terbaik terbaru.

Fokus penting pada SEO juga berlaku untuk media. Pendapatan iklan untuk media telah berpindah ke klik, dengan ketergantungan yang lebih besar pada peringkat halaman pencarian Google, yang berarti para profesional komunikasi dapat meningkatkan kesuksesan mereka dengan menghadirkan sudut cerita yang sejalan dengan strategi SEO mereka. Ini termasuk cerita yang selalu menarik dengan relevansi jangka panjang dengan industri.

Alih-alih membuat upaya pemasaran dan PR menjadi tidak relevan, ledakan teknologi dan platform berbagi informasi menjadikan layanan ini penting bagi organisasi untuk membuat dan menyebarkan pesan yang konsisten.

Transformasi digital telah mengubah secara signifikan bagaimana dan kapan organisasi melibatkan audiens mereka, dan strategi serta taktik PR dan pemasaran tetap sejalan dengan perubahan tersebut. Gunakan strategi di atas untuk menemukan, menarik, dan mempertahankan perhatian audiens target Anda.

Berita ini dilansir dari situs ITProPortal.
[business-about]

Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang IT, Bisnis, Ekonomi, Berita Domestik dan Global langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Blog Post Ranking 10

7 Jenis Font Paling Sering Digunakan Oleh Para Profesional Dalam Desain Grafis

Anda seorang desainer grafis? Atau, Anda baru hendak terjun kedalam dunia desain grafis? Pekerjaan membuat desain, meski terlihat mudah,...

10 Contoh Iklan Penawaran Jasa dan Produk Paling Menarik!

Jika Anda pernah mengeluarkan produk atau layanan baru, Anda tahu betapa sulitnya mengeluarkan kata. Anda mungkin melakukan iklan penawaran...

7 Prinsip Desain Grafis yang Perlu Kamu Ketahui & Pelajari

Pernahkah Anda melihat sebuah film animasi atau sebuah gambar dengan desain grafis yang cantik, estetik dan menarik? Pernahkah Anda...

Startup Repair Adalah ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat ini laptop menjadi alat yang memiliki peran begitu penting. Hampir semua orang menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaannya atau...

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa di Indonesia

Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditi yang dipromosikan ke masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk sudah jelas...

14 Aplikasi Desain Taman Untuk Pemula (Gratis)

Anda adalah salah seorang yang ingin memiliki rumah dengan desain taman yang menarik maka sangat cocok sekali beberapa informasi...

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut...

Facebook Ads dan Panduan Utamanya Untuk Bisnis Anda

Hampir semua orang pernah mengakses Facebook dan dari hasil pengumpulan survey, jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2018...

Teknologi Jaringan Tanpa Kabel Disebut ? | Pengertian & Ulasannya

Apa sih sebenarnya teknologi jaringan tanpa kabel itu? Teknologi jaringan tanpa kabel disebut dengan nirkabel. Yang mana jaringan tersebut...

25 Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya