Tahun 2020 telah memaksa Anda merombak kembali strategi pemasaran digital yang telah Anda susun dari jauh hari. Anda harus mampu beradaptasi dengan keadaan yang baru sembari tetap mempertahankan bisnis yang Anda miliki.
Namun di sisi lain, 2020 juga telah membentuk tren baru yang bisa Anda rencanakan untuk strategi di 2021.
Berikut beberapa berita utama pemasaran digital tahun 2020 yang bisa Anda perhitungkan saat merencanakan tahun 2021 :
Pandemi mendorong pembeli untuk melakukan transaksi online dan lokal
Dengan banyaknya bisnis yang harus menutup toko fisik mereka di seluruh dunia, tren belanja e-commerce menjadi sangat penting. Bahkan saat ini belanja e-niaga tampaknya telah menjadi kebiasaan baru dalam membeli lebih banyak produk.
Sebuah laporan yang diterbitkan Shopify menemukan bahwa 81% konsumen berencana untuk terus berbelanja online, bahkan setelah 2020.
Jika bisnis Anda menawarkan produk yang dapat dijual secara online, berinvestasilah dalam solusi e-commerce jangka panjang. Perlu juga untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk pembelian.
Membeli barang lokal saat ini juga menjadi tren yang digemari karena usaha kecil menengah saat ini tengah berjuang tetap bertahan selama pandemi. Dalam laporan yang sama, lebih dari 57% pembeli mencari bisnis lokal yang dimiliki secara independen untuk membeli dan mendukung. Sementara 61% konsumen berencana terus membeli produk lokal di masa mendatang.
Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis lokal ini untuk mengembangkan bisnis Anda di 2021.
Konsumen membelanjakan 22% lebih banyak untuk belanja online untuk Black Friday dan Cyber Monday 2020
Dengan beralihnya konsumen ke belanja virtual, bisnis akan dengan cepat beralih ke iklan online dan menampilkan produk serta penawaran mereka di depan basis pelanggan.
Pergeseran online telah membayangi Black Friday, Cyber Monday, dan liburan berfokus pada belanja lainnya selama beberapa tahun. Maka, strategi pemasaran digital Anda harus cerdas bersaing dalam penjualan online, karena tidak satu orang saja yang mencoba berbisnis online ketika telah menjadi tren baru.
Anda juga harus berinvestasi dalam transaksi dan kampanye yang lebih lama untuk tahun-tahun mendatang selama siklus pembelian puncak. Jangan takut untuk menguji strategi yang berbeda terkait dengan iklan Anda.
YouTube dan Twitch melihat peningkatan penayangan lebih dari 30%
Kita semua tahu bahwa video semakin populer dalam waktu yang lama, dapat dilihat pada 2020 terjadi peningkatan dalam konsumsi video. Tak heran, karena banyak orang yang membutuhkan hiburan saat berdiam diri di rumah saja.
Pembuat konten YouTube melaporkan peningkatan tayangan video sebesar 20-30%. Platform streaming Twitch dan Facebook Live juga mengalampi peningkatan kepemirsaan yang serupa sebesar 30%.
Anda bisa membuat konten video dalam mempromosikan produk atau layanan Anda, karena video merupakan cara terbaik agar lebih terhubung dengan audiens. Membuat YouTube chanel untuk perusahaan Anda sendiri akan menjadi langkah yang baik kedepannya.
Platform dan alat acara virtual muncul saat acara langsung dibatalkan
Acara tatap muka berubah menjadi virtual di tahun 2020. Dengan banyaknya acara virtual, munculah berbagai platform acara virtual. Lalu pertanyaannya adalah apakah tren event virtual ini akan berlanjut sampai 2021?
Sebuah survei yang diterbitkan Conde Nast, 90% responden mengatakan bahwa setelah kondisi normal dan pertemuan tatap muka dibebaskan, mereka masih tertarik dengan penawaran virtual.
Jika Anda ingin berinvestasi dalam platform acara berteknologi tinggi atau lebih hemat anggaran, inilah saatnya Anda bereksperimen dengan acara virtual untuk strategi pemasaran digital Anda.
Pembaruan Inti Desember Google adalah yang terbesar di tahun 2020
Terjadinya perubahan pada lalu lintas belakangan ini, kemungkinan besar situs Anda dipengaruhi oleh pembaruan bulan Desember.
Jika Anda melihat lonjakan lalu lintas yang bagus sejak peluncuran 3 Desember lalu, itu berarti Anda mendapatkan hasil baik dari Google dan strategi SEO Anda berhasil. Namun sebaliknya, jika mengalami penurunan, tidak jelas sepenuhnya apakah ada yang salah dengan laman atau situs web Anda.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.