Semua rencana yang telah disusun tahun ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Banyak rencana yang berantakan akibat hadirnya pandemi COVID-19.
Berikut lima fakta tentang tahun 2020 yang mungkin bisa Anda gunakan untuk membuat rencana di 2021.
Pengecer harus mencari cara baru karena banyaknya perubahan
Tahun ini perilaku pelanggan sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Orang-orang yang dulu pergi ke toko saat ini mereka tinggal di rumah dan berbelanja online.
Lantas, apakah mereka akan terus berbelanja online? tentu strategi pemasaran tahun ini bisa saja tidak cocok digunakan untuk tahun 2021.
Pola belanja konsumen saat ini telah berubah drastis. Jadi, pemasar harus belajar bagaimana memprediksi perubahan perilaku seperti ini.
Semua data berubah
Perubahan perilaku yang terjadi telah mengganggu data. Biasanya pemasar bisa memperbarui model mereka secara teratur setiap beberapa kuartal. Namun saat ini kecepatan perubahan tersebut semakin cepat dan tidak dapat ditebak.
Maka dari itu, tidak ada yang bisa memprediksi secara tepat apa yang akan terjadi pada 2021.
Sesuaikan strategi lama dengan keadaan masa kini
Lihat kembali seluruh strategi pemasaran yang sudah Anda persiapkan. Seperti email kepada pelanggan untuk mengucapkan selamat datang. Apakah itu masih relevan untuk tahun mendatang?
Kemudian periksa kembali otomatisasi Anda, pesan transaksional juga perlu dicek kembali, dan perhatikan bagaimana segmen pelanggan Anda saat ini, karena tentu akan ada perbedaan.
Model dan data baru diperlukan
Anda perlu meminta data baru jika tidak memiliki model ekstensif yang kehabisan CRM dan didorong ke ESP secara teratur. Namun jangan hanya meminta saja, Anda perlu menemukan cara baru agar Anda mendapatkan data tersebut tanpa meminta.
Cara alternatif yang bisa Anda gunakan seperi bertanya langsung kepada pelanggan. Jika dilakukan dengan cara yang benar, maka hasilnya akan luar biasa. Anda bisa memanfaatkan email orientasi yang didalamnya berisi beberapa pertanyaan kunci yang akan mendapatkan jawaban dari pelanggan.
Saling bantu satu sama lain
Ini bukan waktunya untuk bersaing dengan sengit satu sama lain. Saat ini adalah waktunya bagi pemasar untuk terlibat satu sama lain untuk berbagi ide, saling bertanya dan belajar satu sama lain mengenai strategi pemasaran yang tepat 2021 mendatang.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.