Saat Anda memiliki bisnis, Anda pasti sudah tahu bahwa ulasan pelanggan online sangatlah berpengaruh bagi kelangsungan bisnis Anda. Saat ini, ulasan Google dapat membentuk bisnis Anda lebih dari sekadar Iklan Google.
Menurut survei Zendesk, 90% peserta menyatakan bahwa ulasan online yang positif memengaruhi keputusan pembelian mereka dan 86% mengatakan keputusan mereka dipengaruhi oleh ulasan negatif.
Banyak bisnis berfokus pada apa yang harus dilakukan terhadap satu atau dua ulasan buruk, tetapi cara paling efektif untuk memerangi beberapa kata negatif adalah dengan memuat ulasan hangat. Ini berarti Anda harus mendorong pelanggan Anda yang puas untuk meluangkan waktu untuk menulis tentang pengalaman mereka. Berikut adalah tips agar pelanggan Anda bersemangat meninggalkan review bisnis Anda:
1. Tanyakan Pelanggan Anda
Ingin tahu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah riview bisnis Anda? Tanya saja. Pelanggan Anda memahami betapa pentingnya ulasan bagi bisnis Anda dan selama Anda memberikan produk atau layanan yang baik, mereka tidak akan terganggu jika Anda meminta ulasan. Jangan menunggu terlalu lama, karena pelanggan lebih cenderung langsung memberi Anda umpan balik.
2. Mudahkan Para Pelanggan Untuk Meninggalkan Review
Kebanyakan orang hanya akan meninggalkan review apabila mereka memiliki pengalaman negatif untuk dibagikan dan rata-rata pelanggan tidak akan memberikan ulasan apabila mereka mendapatkan pengalaman yang sebaliknya.
Itulah mengapa Anda perlu meminta mereka untuk memposting ulasan dan membuatnya semudah mungkin untuk melakukannya.
3. Terima Reviewer Anda
Jika situs ulasan mengizinkannya, ucapkan terima kasih kepada setiap orang yang mengulas produk atau layanan Anda. Selain itu, Anda bahkan dapat mengejutkan pengulas top dengan mengirimkan kode diskon atau freebie setelah mereka memposting ulasan. Tindakan sederhana ini akan mengubah pelanggan yang puas menjadi pelanggan setia.
4. Jadikan Review sebagai Bagian dari Proses Kerja Anda
Pastikan semua layanan pelanggan dan karyawan penjualan memahami pentingnya meminta ulasan dari pelanggan yang bekerja dengan mereka. Di beberapa perusahaan, saya melihat jumlah ulasan meningkat setelah menerapkan program insentif di mana karyawan menerima bonus tunai untuk setiap review.
Pilih jenis bonus dan program yang sesuai untuk bisnis Anda. Ini hanya insentif tambahan untuk membantu karyawan mengingat untuk meminta ulasan. Mengingat pentingnya ulasan dalam proses keputusan pelanggan, ini adalah salah satu cara paling efektif untuk membelanjakan dana pemasaran Anda.
Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.